7 Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan

Nesiaverse.com – Terdapat banyak sekali manfaat bisa didapatkan dari ubi ungu untuk kesehatan yang sangat sayang dilewatkan, untuk kamu yang ingin tahu dengan berbagai manfaatnya bisa simak ulasan di bawah ini.

Siapa yang tidak kenal dengan ubi ungu, dimana ubi ungu merupakan salah satu tanaman umbi-umbian yang umumnya pada bagian akarnya dimanfaatkan sebagai pengganti nasi atau sumber karbohidrat, ubi ungu yang memiliki nama latin Ipomoea batatas L.

Sedangkan dalam bahasa Inggris ubi ungu ini yang dikenal dengan sebutan nama purple sweet potato atau biasa juga sweet potato, okinawa sweet potato dan juga purple yam, jika dilihat dari tempat asal dan juga bentuknya menyerupai kentang.

Advertisment

Namun jika dibandingkan dengan jenis ubi jalar yang lainnya atau yang biasanya tentu saja terdapat berbagai perbedaan cukup mencolok dimulai dari warnanya yang ungu, cenderung memiliki aroma lebih khas dan rasanya yang bervariatif ada yang sangat manis, sedikit manis, pahit dan sedikit pahit.

Bahkan selain memiliki warna yang menarik dan rasanya yang manis ubi ungu juga yang memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan, bahan pangan yang satu ini mempunyai kandungan nutrisi karbohidrat dan juga sumber kalori cukup tinggi.

Advertisment

Dimana ubi ungu ini yang mempunyai 3 kali lebih banyak kandungan antosianin dibandingkan buah blueberry, hal ini yang menjadi salah satu alasan kenapa ubi ungu yang dikenal dengan memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Nah untuk kamu yang penasaran dan ingin tahu dengan apa saja manfaat ubi ungu untuk kesehatan yang bisa didapatkan, maka dengan begitu kamu bisa dengan simak ulasan di bawah ini dengan seksama untuk mengetahuinya.

Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan

Ubi ungu memiliki manfaat melimpah untuk kesehatan dimulai dari adanya kandungan antioksidan yang sangat baik untuk sistem pencernaan, jantung, kesehatan hati dan juga fungsi kognitif, bahkan ubi ungu juga yang baik untuk para penderita diabetes.

Selain itu ubi ungu juga mengandung beta karoten dan juga pigmen antosianin bertindak sebagai antioksidan, sehingga dengan mengkonsumsi ubi ungu tersebut yang bisa membantu dalam mengurangi peradangan serta membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Kandungan gizi terdapat dalam ubi ungu yaitu sebagai berikut:

  • 140 kalori
  • Karbohidrat 27 gram
  • Serat 4 gram
  • Protein 1 gram
  • Lemak 0,1 gram
  • Vitamin C 40% dari kebutuhan harian
  • Potasium 13,5% dari kebutuhan harian
  • Sodium 0,83% dari kebutuhan harian
  • Vitamin A 4% dari kebutuhan harian
  • Zat besi 4% dari kebutuhan harian
  • Kalsium 2% dari kebutuhan harian

Tidak hanya itu saja ubi ungu juga yang mempunyai kandungan serat tidak dapat larut  yang bermanfaat untuk membantu menjaga usus agar tetap teratur dan sehat, adapun untuk beberapa manfaat ubi ungu untuk kesehatan yaitu sebagai berikut:

Membantu Meningkatkan Fungsi Kognitif

Salah satu manfaat ubi ungu untuk kesehatan yaitu meningkatkan fungsi kognitif sehingga memberikan efek positif pada aktivitas otak, ubi ungu yang mengandung antosianin yang dapat mengurangi peradangan mempengaruhi kinerja kognitif.

Sehingga dengan begitu berpotensi meningkatkan fungsi memori dan juga akan berdampak baik pada otak, sebuah percobaan para peneliti yang menemukan bahwa ubi ungu mengandung antosianin memiliki efek perlindungan dalam aktivitas otak.

Kandungan antosianin ini yang berfungsi membantu otak pulih setelah stroke dengan cara meningkatkan protein tertentu memperbaiki jaringan otak  yang mengalami rusak, dengan demikian secara tidak langsung ubi ungu bisa meningkatkan konsentrasi, daya ingat serta fokus.

Menurunkan Tekanan Darah

Ternyata dengan memasukkan ubi ungu ke dalam menu makanan harian yang memberikan manfaat baik untuk kesehatan terutama untuk penderita hipertensi, karena ubi ungu ini yang bisa membantu dalam menurunkan tekanan darah menjadi normal.

Sebuah studi melibatkan orang dewasa dengan memiliki tekanan darah tinggi yang menemukan bahwa manfaat ubi ungu untuk kesehatan dapat membantu menurunkan tekanan darah, dengan konsumsi jus ubi ungu sekitar 250 ml setiap harinya selama 4 minggu dan mencatat bahwa tekanan darah sistolik yang secara signifikan lebih rendah di akhir masa percobaan.

Tidak hanya itu peneliti lain yang menemukan bahwa ubi ungu ini yang memiliki kandungan antosianin tinggi dengan memiliki efek yang positif dalam membantu menurunkan hipertensi, dari hasil banyak penelitian yang menunjukan efek baik dari antioksidan terkandung dalam ubi ungu bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Menurunkan Berat Badan

Selanjutnya manfaat ubi ungu untuk kesehatan yaitu membantu dalam menurunkan berat badan atau diet, dengan memasukkan ubi ungu dalam makanan diet bisa membantu menghilangkan lemak sehingga berat badan yang akan menurun.

Karena ubi ungu yang tinggi akan serat di dalamnya yang akan membuat kamu menjadi merasa kenyang lebih lama, selain itu kandungan antosianin dalam ubi ungu ini yang berfungsi mencegah lemak menumpuk di tubuh.

Salah satu penelitian yang menemukan bahwa suplemen mengandung ubi ungu di dalamnya bisa mencegah penambah berat badan dan juga penumpukan lemak, selain itu para ilmuan mengatasi ubi ungu juga bermanfaat memperbaiki fungsi hati, ginjal dan mengurangi risiko komplikasi obesitas.

Kesehatan Pencernaan

Ubi ungu yang dipanggang atau dibuat jus ternyata bisa memberikan manfaat untuk kesehatan yaitu bisa membantu dalam meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, dalam studi 2016 yang menemukan bahwa manfaat ubi ungu dipercaya bisa meningkatkan mikrobiota usus.

Dimana kandungan antosianin ini  yang berperan penting dalam meningkatkan jumlah probiotik bermanfaat dan membantu sistem pencernaan, selain itu ubi ungu yang memiliki kualitas probiotik bertindak sebagai makanan bakteri usus sehat (probiotik).

Manfaat ubi ungu untuk kesehatan juga sangat baik untuk penderita sistem pencernaan kronis atau akut, sebuah jurnal Digestive Diseases and Sciences yang melaporkan ubi  ungu termasuk jenis makanan tidak memicu gejala pencernaan seperti gastroparesis.

Bersifat Antikanker

Ubi ungu yang kaya akan antioksidan bermanfaat mencegah perkembangan dan penyebaran sel kanker, kandungan antosianin yang bisa mencegah kanker kolorektal dengan cara membunuh sel-sel ganas, untuk beberapa ilmuwan menemukan bahwa fraksi kandungan antioksidan ini bisa mencegah mutasi sel.

Dimana kanker ini merupakan penyakit yang begitu kompleks dan bahkan tidak ada satupun jenis makanan bisa menyembuhkan kondisi ini, tetapi dengan memasukkan makanan kaya akan antioksidan dalam diet yang membantu mengurangi risiko kanker yang tertentu.

Mencegah Penuaan

Khasiat ubi ungu untuk kesehatan lainnya bisa membantu mencegah dan memperlambat proses penuaan, karena kandungan antosianin dalam ubi ungu merupakan antioksidan yang kuat dapat membantu menunda penuaan.

Sebuah penelitian yang dimana para ilmuwan mencatat bahwa kandungan antosianin dalam ubi ungu yang bisa membantu membunuh radikal bebas di dalam tubuh, selain itu ubi ungu ini bisa menurunkan glukosa darah dan juga mencegah tumor.

Kesehatan Hati

Kandungan senyawa yang terdapat didalam ubi ungu ini yang memiliki efek cukup baik dan menguntungkan hati di tubuh dan bahkan bisa membantu mencegah terjadinya kerusakan hati, sehingga manfaat ubi ungu lainnya yaitu untuk kesehatan hati.

Dimana menurut jurnal Food and Chemical Toxicology bahwa ekstrak ubi ungu yang bermanfaat membantu mengurangi jaringan parut pada hati, kandungan antosianin bisa membantu memperbaiki gejala fibrosis hati dan senyawa dalam ubi ungu bisa menurunkan peradangan hati.

Mengurangi Asma

Asma merupakan penyakit peradangan kronis pada saluran udara, sebuah penelitian yang menunjukan bahwa makanan yang tinggi antioksidan yang dikaitkan dengan penurunan gejala asma, selain itu makanan asupan vitamin C rendah  yang memiliki risiko meningkatkan asam sekitar 12%.

Namun ubi ungu ini yang kaya akan kandungan antioksidan termasuk juga vitamin A dan vitamin C di dalamnya, sehingga ubi ungu yang bisa membantu untuk meningkat asupan harian vitamin tersebut.

Baik Bagi Penderita Diabetes

Dengan konsumsi ubi ungu yang ternyata bisa membantu dalam mengelola gejala diabetes, hal ini dikarenakan kandungan flavonoid yang terdapat dalam ubi ungu berfungsi menurunkan kadar glukosa darah, sebuah studi menemukan bahwa dengan konsumsi ekstrak ubi ungu yang terbukti bisa menurunkan kadar lemak darah serta kadar glukosa darah.

Mencegah Asam Urat

Terakhir manfaat ubi ungu untuk kesehatan yaitu bisa membantu dalam mencegah terjadinya asam urat, sehingga ubi ungu sangat baik untuk penderita asam urat dan jurnal Food & Function yang melaporkan bahwa kandungan antosianin dalam ubi ungu ini dapat menurunkan asam urat.

Tidak hanya itu saja sebuah studi juga yang menemukan bahwa ekstrak ubi ungu ini yang secara signifikan membantu menghambat enzim mempengaruhi kadar asam urat, sehingga ubi ungu sangat baik untuk mengatasi dan mencegah asam urat.

Manfaat ubi ungu untuk kesehatan memang begitu sangat banyak dan sebagian besarnya dikarenakan kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya, tetapi perlu berhati-hati juga agar tidak konsumsi ubi ungu secara berlebihan karena tidak baik juga untuk kesehatan.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa manfaat ubi ungu untuk kesehatan yang bisa kamu ketahui dan bisa kamu rasakan manfaatnya dengan maksimal, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

manfaat ubi unguubi ungu