Manfaat Turbo Untuk Bebek Petelur

Nesiaverse.com – Masih banyak orang yang belum tahu dengan manfaat turbo untuk bebek petelur, hal ini tentunya perlu kamu ketahui agar bisa mendapatkan manfaat dari turbo untuk bebek menjadi lebih baik dan maksimal dan untuk mengetahui manfaatnya bisa simak ulasan di bawah ini.

Beternak bebek petelur menjadi salah satu usaha yang menguntungkan dan bahkan mulai banyak orang memilih menjadi peternak bebek petelur, karena memang telur bebek ini yang memiliki banyak penggemarnya dan bahkan harga telur bebek juga yang stabil tidak mengalami penurunan sehingga sangat menguntungkan untuk ternak.

Dalam memelihara bebek petelur kamu sebagai peternak tentunya harus memberikan perawatan yang terbaik pada bebek dan salah satunya dalam memberikan makanan atau pakan untuk bebek petelur yang menjadi komponen sangat penting dalam industri perunggasan termasuk juga pada usaha budidaya bebek petelur.

Advertisment

Dalam usaha memelihara bebek petelur yang tentunya membutuhkan biaya terutama dalam membeli pakan untuk bebek petelur, untuk pengeluaran biaya terbesar dari usaha pemeliharaan bebek petelur yaitu berasal dari biaya pembelian pakan yaitu sekitar 70% hingga 85%.

Sehingga dengan begitu jika jumlah pemberian pakan, kualitas dan juga teknik pemberian pakan bebek petelur yang tidak diperhatikan dengan baik oleh peternak, maka target performa yang tidak akan tercapai sehingga peternak yang dapat mengalami atau menderita kerugian ekonomi.

Advertisment

Dalam pemberian pakan bebek petelur yang secara prinsip tidak boleh sembarangan dilakukan seperti contohnya pada saat akan memberikan pakan pada bebek petelur maka pastikan pakan tersebut bagus dan berkualitas jangan sampai memberikan makanan yang sudah tidak layak dimakan.

Seperti contohnya memberikan pakan berupa jagung yang telah berjemur pada bebek petelur dan hal ini tidak bagus karena jagung berjamur mengandung mikotoksin dan juga berbahaya untuk kesehatan bebek, oleh karena itu sebaiknya pemberian pakan diatur dan disesuaikan dengan kebutuhan bebek setiap fasenya agar pemberian pakan tepat dan efisien.

Manfaat Turbo Untuk Bebek Petelur

Dalam proses atau masa pemeliharaan bebek petelur periode starter adalah masa yang paling menentukan karena keberhasilan dalam fase ini yang akan berpengaruh terhadap laju pertumbuhan selanjutnya yaitu fase produksi  dalam pemberian pakan fase starter untuk dapat memenuhi kebutuhan pokok yaitu pertumbuhan serta perkembangan semua organ penting di dalam tubuh bebek.

Bahkan selain itu juga untuk bisa menjaga ketahanan tubuh dalam menyesuaikan diri pada lingkungan baru atau kondisi iklim peternakan, kandungan nutrisi yang terdapat pada pakan bebek lebih memfokuskan pada parameter protein kasar, kalsium, serat kasar, dan juga energi metabolisme disesuaikan tiap fasenya.

Mengenai dengan kebutuhan nutrisi serta jumlah konsumsi harian untuk bebek petelur dan formula pakan yang digunakan oleh peternak sangat bervariasi, tergantung dengan pengetahuan peternak mengenai kebutuhan nutrisi bebek dan juga tingkat ketersediaan bahan baku pakan pada masing-masing daerahnya.

Seperti contoh bahan baku pakan sumber energi bisa diberikan pada bebek diantaranya ada dedak, bekatul, jagung, gaplek, onggok, nasi aking, dan juga menir, sementara untuk bahan pakan sumber protein seperti bungkil kelapa, bungkil kedelai, kerang, limbah ikan, keong sawah, daging bekicot, kepala udang dan juga limbah kulit.

Sedangkan untuk bahan baku sumber mineral berupa kulit kerang atau grit batu kapur, namun untuk bahan baku yang mencampurkan pakan sendiri yang bisa dibilang cukup sulit diperoleh, sehingga dianjurkan untuk menggunakan konsentrat bebek dicampur dengan bahan lain sebagai sumber energi serta tambahan protein hewani.

Agar kebutuhan nutrisi mikro lain pada bebek petelur lengkap atau terpenuhi maka kamu bisa menambahkan premiks, seperti Top Mix, Mix Plus, atau Mineral Feed Supplement-A dan juga multivitamin yaitu seperti Turbo, Egg Stimulant, atau Strong Egg.

Adapun untuk manfaat turbo untuk bebek petelur yaitu sebagai berikut:

  • Membantu meningkatkan dan memperpanjang masa produksi telur
  • Mencegah penyakit disebabkan oleh kekurangan vitamin
  • Menambah kesuburan (fertilitas)
  • Mencegah bebek mengalami stres

Bahkan selain itu juga kamu bisa dengan menambahkan Betterzym dalam campuran pakan konsentrat yang merupakan sediaan enzim fitase untuk membantu dalam meningkatkan kualitas pakan dengan cara mengikat zat anti nutrisi ada di dalam pakan tersebut sehingga kebutuhan nutrisi bebek yang bisa tercapai.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa manfaat turbo untuk bebek petelur yang bisa kamu ketahui sehingga kamu bisa memperoleh manfaatnya sesuai dengan kebutuhan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

bebekbebek petelur