Manfaat Tomat Untuk Wajah dan Cara Pemakaiannya

Nesiaverse.com – Sudah tidak asing lagi dengan buah Tomat ini yang biasanya digunakan sebagai bahan masakan, namun tidak hanya digunakan menjadi bahan masakan saja tetapi buah ini juga bermanfaat untuk wajah loh dan untuk cara pemakaiannya bisa dengan kamu bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini.

Buah Tomat atau Lycopersicum Esculentum Mill yang merupakan buah yang berasal dari benua Amerika, secara botani Tomat ini yang merupakan salah satu jenis buah-buahan dengan memiliki biji dan tumbuh dari bunga tanaman, biasanya buah Tomat ini yang bisa ditemukan dengan mudah di pekarangan rumah dan bahkan di pasaran.

Dimana buah Tomat ini yang memiliki warna hijau jika masih muda dengan dilengkapi bulu yang cukup keras, namun jika sudah tua atau sudah matang yang akan berubah menjadi warna merah muda, merah atau kuning mengkilat dan buahnya relatif lunak.

Advertisment

Dimana buah Tomat ini yang memiliki diameter yaitu sekitar 4 hingga 15 cm dengan rasanya yang cukup bervariasi yang dimulai dari asam sampai ada yang asam kemanisan, selain itu juga buah Tomat ini yang memiliki kandungan nutrisi didalamnya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan bahkan untuk kecantikan.

Untuk kamu yang ingin tahu lebih jelasnya lain apa saja manfaat dari buah Tomat untuk wajah dan juga cara pemakaiannya, maka kamu bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini dengan baik.

Advertisment

Manfaat Tomat Untuk Wajah

Buah Tomat yang terkenal sebagai salah satu jenis buah tetapi ada juga yang menganggapnya sebagai sayuran ini yang memiliki berbagai kandungan nutrisi didalamnya yang bermanfaat untuk membantu dalam menjaga kelembaban kulit dan bahkan dapat mencegah terjadinya atau munculnya penuaan dini.

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa buah Tomat ini yang menjadi salah satu sumber vitamin A yang sangat bagus untuk kesehatan mata, tetapi masih banyak juga yang tidak mengetahui manfaat dari buah Tomat ini untuk kesehatan kulit wajah yang ternyata bisa dijadikan sebagai kecantikan.

Bahkan selain itu juga buah Tomat yang mengandung berbagai kandungan nutrisi lainnya seperti vitamin C, vitamin E dan juga protein, diperkaya juga dengan antioksidan didalamnya seperti flavonoid dan likopen yang berfungsi untuk menjaga dan melindungi kulit dan tubuh dari adanya berbagai serangan radikal bebas.

Adapun untuk beberapa manfaat Tomat untuk wajah yang bisa kamu rasakan dan dapatkan yaitu sebagai berikut:

Memproduksi Kolagen

Manfaat Tomat untuk wajah lainnya yang dapat membantu untuk memproduksi kolagen manfaat ini berasal dari kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya yang dapat memproduksi kolagen, kolagen sendiri merupakan protein yang dibutuhkan oleh kulit untuk menjaga elastisitas sehingga kulit terlihat lebih kencang dan awet muda dan bahkan menjaga kelembaban kulit wajah.

Mengurangi Kanker Kulit

Untuk beberapa pakar yang meyakini bahwa kandungan likopen yang terdapat pada buah Tomat ini yang memiliki efek anti kanker yang kuat, sehingga manfaat Tomat untuk wajah lainnya yaitu membantu untuk mengurangi resiko kanker kulit.

Anti Penuaan

Untuk manfaat Tomat untuk wajah lainnya yaitu membantu untuk mencegah penuaan dini manfaat ini yang berasal dari kandungan vitamin B didalamnya, dengan kandungan vitamin B ini yang memiliki peran penting dalam memperbaiki sel kulit dan bahkan mencegah terjadinya tanda penuaan seperti bintik-bintik, garis halus dan juga kerutan pada wajah.

Menghilangkan Sel Kulit Mati

Kandungan flavonoid dan pektin dalam buah Tomat ini yang bermanfaat sebagai eksfoliasi wajah dan ini yang akan membantu untuk menghilangkan sel kulit mati, dengan manfaat dari Tomat untuk wajah ini yang bisa kamu gunakan sebagai alternatif sebagai bahan perawatan wajah alami untuk mengangkat sel kulit mati.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat Tomat untuk wajah lainnya yaitu membantu dalam mempersingkat atau mempercepat penyembuhan luka, manfaat ini yang berasal dari kandungan vitamin C didalam buah Tomat dan vitamin ini juga yang merupakan zat banyak ditemukan pada berbagai produk kecantikan kulit.

Dengan kandungan vitamin C pada buah Tomat yang dipercaya mampu merangsang pertumbuhan jaringan ikat bari, berkontribusi dalam proses memperbaiki luka dan juga mempersingkat atau mempercepat penyembuhan luka.

Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Sebuah penelitian yang menunjukan bahwa kandungan likopen pada buah Tomat yang dipercaya dapat membantu untuk melindungi kulit wajah dari sinar matahari, tetapi kamu juga perlu untuk menggunakan tabir surya dengan SPF min 30 untuk melindungi kulit wajah dengan maksimal pada saat beraktivitas di luar ruangan.

Melembabkan

Buah Tomat yang mengandung vitamin E di dalamnya yang bermanfaat untuk membantu dalam menjaga kelembaban kulit wajah dan ini menjadi salah satu manfaat Tomat untuk wajah, selain itu juga buah Tomat yang mengandung mineral atau kalium yang dibutuhkan oleh kulit agar tetap terhidrasi.

Mengurangi Produksi Minyak Berlebih

Manfaat Tomat untuk wajah lainnya yaitu dapat membantu untuk mengurangi produksi minyak berlebih dan juga membuat kulit wajah menjadi terlihat lebih segar, sehingga dengan memiliki kulit wajah yang sehat dan terlihat lebih segar yang akan menambah rasa percaya diri.

Cara Pemakai Buah Tomat Untuk Wajah

Dimana untuk mendapatkan manfaat dari Tomat untuk wajah yaitu bisa dengan cara mengkonsumsinya secara langsung atau dibuat sebagai masker masker wajah, bahkan selain itu juga buah Tomat ini yang dapat digunakan menjadi bahan dasar pada berbagai produk perawatan untuk kulit wajah.

Adapun untuk cara pemakaian atau memakai buah Tomat pada wajah yang bisa kamu lakukan dengan mengikuti caranya dibawah ini.

Mengoleskan Secara Langsung Pada Kulit Wajah

Untuk cara pemakaian buah Tomat agar bisa merasakan manfaatnya untuk wajah yang bisa kamu lakukan yaitu dengan membuat jus tomat murni dan mengoleskannya secara langsung pada kulit dengan menggunakan kapas dan gosokan pada wajah.

Jika sudah mengering maka bisa langsung membilas masker Tomat pada wajah tersebut dengan menggunakan air hangat hingga bersih, selain itu juga bisa dengan membuat buah Tomat menjadi pasta kemudian oleskan pada kulit wajah secara merata dan diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan menggunakan air hingga bersih.

Mengoleskan Pada Bekas Jerawat

Selain cara diatas kamu juga bisa dengan menggunakan cara lain dalam menggunakan buah Tomat untuk wajah yaitu dengan mengoleskannya pada bekas jerawat dengan menggunakan kapas, kapas tersebut yang basahi dengan sari tomat kemudian tempatkan pada bekas jerawat pada kulit wajah beberapa menit.

Dibuat Masker

Untuk cara terakhir dalam menggunakan buah Tomat untuk merasakan manfaatnya yaitu dengan dibuat masker wajah dan untuk caranya pun cukup mudah, dimana kamu cukup dengan mengoleskan buah Tomat dengan menggunakan sendok dan tambahkan gula satu sendok teh ke dalam tomat yang sudah dihaluskan sebelumnya.

Jika sudah kemudian oleskan masker Tomat tersebut pada wajah secara merata dan tunggu beberapa menit sekitar 15 hingga 20 menit, juga sudah kemudian bilas dengan menggunakan air hingga bersih.

Sehingga untuk kamu yang ingin merawat kulit wajah secara alami dan tanpa mengeluarkan uang banyak maka kamu bisa dengan mencoba untuk memanfaatkan buah Tomat untuk membantu menjaga kulit wajah tetap sehat dan juga terlihat lebih cerah.

Mungkin hanya itu saja beberapa manfaat buah Tomat untuk wajah dan cara pemakaiannya yang bisa kamu ketahui dan bisa kamu coba lakukan dirumah secara rutin untuk bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

buah tomat