10 Manfaat Sit Up Setiap Hari Sebelum Tidur Untuk Pria dan Wanita

Nesiaverse.com – Sit up memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, jika dilakukan setiap hari sebelum tidur baik untuk pria dan wanita. Manfaat dari melakukan olahraga sit up ini akan terasa, khususnya di bagian otot inti perut karena memang sit up sendiri merupakan olahraga yang berpusat di area perut. 

Dengan memiliki badan yang sehat merupakan salah satu dambaan setiap orang, apalagi jika kamu memiliki tujuan untuk membentuk otot dengan body goal tertentu. Maka, salah satu gerakan olahraga yang harus kamu lakukan adalah olahraga sit up. Bahkan olahraga sit up sendiri bisa kamu lakukan sebelum waktu tidur, kamu juga tidak membutuhkan peralatan tambahan hanya tempat dan waktu saja. 

Manfaat Sit Up Setiap Hari Sebelum Tidur Untuk Pria dan Wanita

Advertisment

Sit up bisa dilakukan setiap hari sebelum tidur, untuk pria dan wanita manfaat sit up sendiri sangat banyak. Jenis olahraga satu ini juga sangat efektif untuk membantu kamu yangs edang emnajlani program diet. Kamu akan terbantu dan dapat membentuk otot perut yang baik

Advertisment

Sit up dapat membantu pembentukan perut dengan baik, bahkan gerakan ini dapat mengecilkan lingkar pinggang dan menghilangkan perut buncit. Hal ini dikarenakan gerakan sit up akan berfokus pada perut, sehingga gerakannya juga dapat membantu area sekitar, begitupun dengan pembakaran kalori sekitar. 

Banyak orang yang menganggap push up dan sit up yang dilakukan sebelum tidur ini sebelah mata dan tidak memiliki efek apapun. Padahal olahraga satu ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat dari gerakan sit up setiap hari sebelum tidur, untuk pria dan wanita. 

Membakar Kalori Tubuh

Manfaat sit up pertama yang bisa kamu dapatkan adalah sit up dapat membantu untuk membakar kalori tubuh. Ketika kamu melakukan sit up sebelum waktu tidur secara rutin,a artinya kamu dapat membakar kalori dalam tubuh setiap harinya. Dengan begitu bagi kamu yang memiliki kelebihan berat badan melakukan gerakan sit up sebelum tidur memiliki manfaatnya tersendiri. Sit up juga merupakan salah satu gerakan olahraga yang bisa dilakukan sebagai salah satu aktivitas fisik yang efektif untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. 

Mengurangi Risiko Osteoporosis

Ketika kamu rajin melakukan kegiatan sit up sebelum tidur, ini bisa menjadi salah satu investasi kesehatan dimasa tua. Dimana kamu akan merasakannya saat usia bertambah, umumnya serangan tulang yang mudah keropos hingga menyebabkan osteoporosisi kerap kali menyerang orang yang sudah lanjut usia.

Sehingga dengan rajin melakukan olahraga seperti sit up, kamu sudah bisa mengurangi resiko terkena osteoporosis. Menjaga tulang sejak dini tidak bermanfaat saat masa kini saja, namun di masa akan datang hal ini memiliki peranan yang sangat penting.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat sit up sebelum tidur diantaranya dapat menjaga kesehatan jantung. Gerakan olahraga sit up ini bisa membantu peningkatan proses pemompaan darah dari jantung ke tubuh dengan baik. Sehingga bagi kamu yang memiliki keluhan dan ke dalam seperti plak yang menempel di pembuluh darah dapat mengatasinya dengan melakukan sit up sebelum tidur. 

Selain itu sit up merupakan salah satu olahraga yang mengandalkan tubuh bagian atas, sehingga dapat melatih otot dan sendi sekitar tubuh. Termasuk otot dada yang mana dekat dengan jantung. Sehingga nantinya sistem kerja dari jantung ini akan berfungsi dengan baik untuk mengedarkan darah dari jantung ke seluruh tubuh juga. Maka, dengan melakukan sit up setiap hari sebelum tidur bermanfaat untuk kesehatan jantung pria dan wanita. 

Mencegah Cedera Bahu dan Punggung Bawah

 Selanjutnya manfaat lain dari melakukan sit up adalah dapat mencegah terjadinya cedera pada bagian bahu dan punggung area bawah. Hal ini dikarenakan gerakan sit up sama dengan push up yang akan membuat otot-otot pada bagian tubuh atas menjadi stabil. Olahraga ini juga akan mendukung fungsi dari kekuatan otot primer dan sekunder, khususnya pada area bahu dan punggung bawah. Maka, dengan demikian dapat mencegah dan mengurangi efek cedera pada area tersebut. 

Meningkatkan Proses Metabolisme Tubuh

Sit up sebelum tidur setiap hari memiliki manfaat untuk membantu meningkatkan proses metabolisme didalam tubuh. Hal ini dapat dilakukan ketika kamu melakukan gerakan push up secara rutin. Sehingga nantinya sistem kerja otot pada tubuh akan terlatih dengan baik. Maka, hal inilah yang memebuta aliran dalam tubuh lancar dikarenakannya. 

Laju metabolisme tubuh lancar tentunya akan membuat lemak dalam tubuh hancur dan dibuang dengan cepat. Bahkan dengan metabolisme yang lancar kamu akan terhindar dari resiko terkena obesitas , karena proses pengolahan makanan yang terhitung lama daripada normalnya. Sehingga terbentuknya sit up yang dilakukan setiap hari memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh. 

Membentuk Otot Bagian Atas Tubuh

Manfaat dari olahraga sit up lainnya adalah dapat membantu untuk membentuk otot pada bagian atas tubuh. Hal ini yang akan membantu untuk membuat massa otot meningkat dan menjadi lebih kuat. Khususnya pada bagian otot lengan atas dan otot dada. Maka, gerakan sit up sendiri memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan pembentukan otot tungkai, otot perut secara optimal. Dengan melakukannya setiap hari kamu akan mendapatkan badan yang sehat dan terbentuk dengan baik. Kamu hanya perlu melakukan sit up sebanyak 3 set dengan repetisi 7 hingga 10 kali sebelum tidur. 

Meningkatkan Mood 

Dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa ketika kamu melakukan kegiatan sit up sebelum tidur, maka keesokan harinya suasana hati kamu akan menjadi lebih baik lagi. Hal ini dikarenakan sit up sebelum tidur dapat menghadirkan hormon yang membuat perasaanmu menjadi lebih baik yaitu hormon endorfin. Sehingga keesokan paginya kamu akan segar dan kondisi mood kamu pun sangat baik untuk menjalani aktivitas setiap harinya. 

Memperbaiki Keseimbangan Tubuh

Sit up memiliki fungsi dan manfaat untuk memperbaiki keseimbangan tubuh juga. Hal dikarenakan gerakan sit up dapat melatih otot pada bagian punggung, pinggang serta area perut. Sehingga dapat mendukung keseimbangan pada tubuh saat beraktivitas sehari-hari. Mengingat pinggul sendiri merupakan salah satu bagian yang menyeimbangkan gerakan manusia. Jadi manfaat lain dari gerakan sit up yang kamu lakukan setiap hari adalah untuk membantu keseimbangan pada tubuh. 

Memperbaiki Postur Tubuh

Tubuh yang ideal merupakan tubuh yang memiliki postur yang baik, sehingga bagi kamu yang memiliki kendala postur tubuh seperti bungkuk dapat mengatasinya dengan melakukan sit up. Hal ini akan membantu postur tubuh kamu kembali menjadi seperti semula dan ideal lagi. Dengan melakukan sit up secara teratur maka kamu dapat memperbaiki postur menjadi lebih baik lagi. Sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri juga kedepannya. 

Demikian pembahasan mengenai manfaat dari olahraga sit up yang bisa dilakukan setiap hari, sebelum tidur baik untuk pria dan wanita. Dengan melakukan secara rutin gerakan sit up akan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Gerakan sit up tidak hanya akan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh saja, namun juga untuk kesehatan mental pelakunya.

Lakukanlah secara rutin bagi kamu yang menjalani program diet, kareena manfaat yang didapatkan adalah pembakaran kalori yang tinggi disertai peningkatan laju metabolisme tubuh yang baik. Sit up bisa kamu lakukan secara bertahap dari segi frekuensi dan repitisinya, sehingga akan mudah bagi tubuh kamu untuk beradaptasi ketika menambah repetisi saat latihan sit up setiap harinya. Secara optimal kamu dapat melakukan sit up 3 hingga 4 kali dalam kurun waktu seminggu.

sit up