Manfaat Rebusan Daun Kelor Untuk Kesehatan

Nesiaverse.com – Manfaat rebusan daun kelor mungkin masih banyak orang yang belum tahu, untuk itu kamu perlu mengetahui apa saja manfaatnya untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari mengkonsumsi rebusan daun kelor ini.

Tanaman kelor atau bisa dikenal dengan nama moringa oleifera yang merupakan salah satu tanaman herbal yang berasal dari India yang berkembang dan tumbuh didaerah tropis dan juga subtropis seperti di benua Asia hingga benua Afrika, dimana tanaman ini yang dikenal sebagai tanaman superfood karena memiliki manfaat dan khasiat yang sangat banyak.

Manfaat ini yang berasal dari kandungan nutrisi, mineral dan vitamin di dalamnya seperti vitamin A, vitamin C, chlorogenic acid, quercetin, antioksidan, klorogenat antioksidan, polifenol, kalium dan juga masih banyak lagi kandungan lainnya yang terkandung di dalam daun kelor ini.

Advertisment

Dengan beragam kandungan nutrisi, vitamin dan mineral di dalamnya yang memiliki peran penting untuk kesehatan tubuh, untuk merasakan dan mendapatkan manfaatnya kamu bisa mengkonsumsi daun kelor ini yang diolah dengan merebus menjadi teh atau dimasak.

Tentunya kamu penasaran apa saja manfaat rebusan daun kelor, nah untuk mengetahui beberapa manfaatnya dari mengkonsumsi daun kelor yaitu dengan menyimak ulasannya dibawah ini.

Advertisment

Manfaat Rebusan Daun Kelor Untuk Kesehatan

Tanaman kelor memiliki tinggi pohon sekitar 7 hingga 14 meter memiliki bentuk daun kelor yang bulat seperti telur yang tersusun daunnya majemuk, terdapat bunga dan juga bijinya dan semua bagian yang terdapat dari pohon kelor dimulai dari daun, kulit batang, buah dan bijinya yang memiliki manfaatnya untuk kesehatannya.

Adapun untuk beberapa manfaat yang terdapat dari rebusan daun kelor untuk kesehatan diantaranya sebagai berikut:

Membantu Menurunkan Kolesterol

Daun kelor mengandung serat di dalamnya yang dapat membantu untuk mengurangi kadar lemak yang ada didalam tubuh, kandungan serat ini yang bisa mengurangi kemampuan tubuh dalam menyerap kolesterol dalam aliran darah.

Dengan mengkonsumsi daun kelor yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol yang ada didalam tubuh, dengan kadar kolesterol yang terjaga maka hal ini bisa membantu untuk mencegah resiko terjadinya penyakit jantung.

Membantu Mencegah Diabetes

Dimana sebuah studi yang telah menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi sekitar 1,5 sendok teh bubuk daun kelor yang direbus menjadi teh dalam tiga bulan yang bermanfaat untuk membantu mengurangi kadar gula darah sekitar 13,5%, sedangkan untuk daun kelor yang kering sekitar 50 gram yang dicampur pada makanan yang bisa membantu mengurangi gula darah sekitar 21%.

Sehingga dengan begitu manfaat dari mengkonsumsi rebusan daun kelor yang bisa kamu rasakan dan kamu dapatkan untuk membantu menurunkan kadar gula darah yang menjadi salah satu penyebab diabetes.

Mencegah Risiko Kanker

Kandungan antioksidan dan potasium yang sangat tinggi di dalam daun kelor ini yang bermanfaat untuk membantu menghambat proses pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh, hal ini yang dapat digunakan sebagai salah satu pencegahan terjadinya kanker seperti kanker pankreas, payudara, adn juga kolorektal.

Membantu Melawan Radikal Bebas

Manfaat rebusan daun kelor yang lainnya yaitu membantu dalam melawan radikal bebas yang berhubungan pada penyakit kronis seperti diabetes dan jantung, manfaat ini yang berasal dari kandungan antioksidan yang tinggi didalam daun kelor ini dan untuk kamu yang mengkonsumsi 1,5 sendok teh bubuk daun kelor selama tiga bulan  yang bisa meningkatkan kadar antioksidan didalam darah yang secara signifikan.

Membantu Mengurangi Peradangan

Daun kelor yang memiliki kandungan anti inflamasi didalamnya yang memiliki peran penting untuk membantu dalam mengurangi peradangan, dimana peradangan memang perlu untuk dikurangi hal ini dikarenakan sistem perlindungan tubuh yang akan menjadi melemah pada saat mengalami peradangan yang diakibatkan cedera atau infeksi.

Kesehatan Prostat

Manfaat daun kelor lainnya untuk organ vital pria yaitu membantu untuk menjaga kesehatan prostat, manfaat ini berasal dari kandungan glukosinolat atau belerang yang bisa membantu untuk menghambat pertumbuhan sel kanker prostat pada pria.

Selain itu juga pada ekstrak daun kelor yang dapat membantu untuk mengurangi kadar antigen spesifik prostat, kandungan protein yang diproduksi oleh kelenjar prostat, untuk merasakan manfaatnya dengan mengkonsumsi rebusan daun kelor secara rutin.

Membantu Menurunkan Asam Urat

Manfaat dari rebusan daun kelor yang bisa membantu untuk menurunkan kadar asam urat hal ini dikarenakan daun kelor yang mengandung alkaloid, tanin dan juga flavonoid, selain itu juga daun kelor yang memiliki sifat anti inflamasi yang dipercaya bermanfaat untuk membantu mengatasi nyeri, pegal linu dan bahkan rematik.

Membantu Melindungi Keracunan Arsenik

Dimana sebuah penelitian yang telah mengungkapkan bahwa daun kelor ini yang bermanfaat untuk membantu melindungi tubuh dari adanya keracunan atau toksisitas arsenik, untuk kamu yang bekerja di industri tekstil atau pertambangan yang mungkin sangat rentan tubuh terpapar arsenik dengan zat kimia yang tertentu.

Selain itu juga untuk kamu yang biasa dalam menggunakan obat pembunuh serangga atau insektisida maka kemungkinan sejumlah partikel yang menempel dan juga terhirup oleh tubuh, sehingga dengan begitu menimbulkan risiko keracunan arsenik dan kondisi ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi rebusan daun kelor.

Membantu Meningkatkan Produksi ASI

Manfaat rebusan daun kelor untuk wanita yaitu membantu meningkatkan produksi ASI hal ini dikarenakan daun kelor yang mengandung protein, vitamin C dan juga zat besi, dengan kandungan ini yang akan membuat ASI yang semakin banyak dan sekaligus juga berkualitas untuk bayi.

Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Untuk kamu yang memiliki tekanan darah tinggi maka kamu bisa dengan mengkonsumsi daun kelor yang bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah, hal ini dikarenakan daun kelor yang memiliki kandungan nitrile, glikosida dan juga thiocarbamate yang memiliki peran untuk menurunkan tekanan darah didalam tubuh.

Sumber Vitamin dan Mineral

Daun kelor yang merupakan sumber vitamin dan juga mineral yang memiliki peran penting untuk tubuh, dimana dalam secangkir daun kelor segar yang mengandung vitamin A, vitamin B6, vitamin C, protein, magnesium, riboflavin dan juga zat besi di dalamnya.

Selain itu juga daun kelor  yang mengandung anti nutrisi didalamnya seperti mengurangi penyerapan mineral dan juga protein jenis lainnya, dengan semua kandungan nutrisi, mineral dan vitamin ini yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Sumber Vitamin A

Daun kelor yang memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, sehingga manfaat yang bisa didapatkan dari rebusan daun kelor yaitu membantu untuk menjaga kesehatan mata seperti mengurangi risiko terjadinya mata minus, mata plus, silinder dan bahkan hingga katarak.

Selain itu juga vitamin A pada daun kelor yang dapat membantu mencegah penuaan dini hal ini muncul karena daun kelor yang bersifat anti aging, dengan cara memperlambat  munculnya efek penuaan dini pada wajah seperti noda-noda hitam, garis-garis halus dan juga yang lainnya.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Untuk kamu yang sedang menjalankan proses diet untuk menurunkan berat badan maka kamu bisa dengan mengkonsumsi daun kelor, dimana daun kelor yang bisa membantu untuk mengurangi proses pembentukan lemak dan juga meningkatkan proses pemecahan lemak sehingga dengan begitu membantu untuk menurunkan berat badan.

Mungkin hanya itu saja beberapa manfaat yang didapatkan dari rebusan daun kelor untuk kesehatan tubuh, untuk cara merebus daun kelor menjadi teh sendiri sangat mudah dan praktis dan semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

daun kelormanfaat daun kelor