5 Manfaat Public Speaking Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Nesiaverse.com – Manfaat apa saja yang didapatkan jika menguasai public speaking dalam kehidupaan sehari hari? Mengingat jika public speaking merupakan salah satu keterampilan berkomunikasi yang sangat berharga dan penting untuk dikuasai setiap orang saat ini. 

Seseorang yang memiliki kemampuan dalam public speaking yang baik tentunya dapat menginspirasi, mempengaruhi, menyampaikan informasi atau pesan dengan jelas langsung terhadap audiens atau pendengar. 

Selain itu bentuk manfaat apa saja yang didapatkan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari jika seseorang memahami dan menguasai public speaking dengan baik menjadi pertanyaan banyak orang. Nah, untuk mengetahui alasannya kamu bisa menyimak artikel kami secara mendalam. 

Advertisment

Manfaat Public Speaking Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Advertisment

Public speaking merupakan salah satu kemampuan atau keterampilan berbicara di depan umum atau khalayak banyak. Umumnya, kemampuan public speaking ini identik dengan kemampuan untuk orang-orang yang pada dasarnya memiliki aktivitas dan terbiasa berbicara didepan umum. 

Biasanya meliputi MC, juru kampanye, pembaca berita, pekerja didik seperti guru, dosen dan masih banyak lagi. Jadi, mereka yang umumnya berprofesi atau bekerja tidak masuk ke dalam kategori yang dimaksudkan, sehingga merasa dirinya tidak perlu mempelajari public speaking. 

Padahal, kenyataannya public speaking ini harus dikuasai oleh banyak orang. Setidaknya menguasai dasar-dasarnya saja lebih dulu. Karena setiap orang akan berinteraksi atau bersosialisasi dengan orang lainnya. Sehingga kemampuan public speaking ini sangat diperlukan. 

Mungkin tidak sedikit dari kamu yang pernah mengenal seseorang yang terlihat terbiasa atau natural memiliki karir yang cukup tinggi. Mereka yang memiliki bisnis yang sukses, umumnya mereka adalah seorang yang memiliki kemampuan public speaking yang baik. 

Kemampuan dalam public speaking yang tidak hanya berguna bagi orang di bidang pekerjaannya juga enghadruskan dirinya berada di atas panggung, berbicara dengan didepan banyak orang. Kemampuan public speaking ini jugalah yang akan ditemui setiap harinya. 

Karena begitu pentingnya kemampuan public speaking, sehingga Mark Zuckerberg juga bersedia untuk mempelajarinya secara khusus. Sebagaimana yang diketahui, bahwa pencipta aplikasi Facebook tersebut menjadi salah satu orang tersukses dan terkaya di dunia. 

Nah, langsung saja, berikut beberapa manfaat dari public speaking dalam kehidupan sehari-hari yang harus kamu ketahui.

Memupuk Rasa percaya Diri

Manfaat public speaking dalam kehidupan sehari-hari yang pertama adalah untuk memupuk rasa percaya diri. Seseorang yang memiliki rasa percaya diri yang prima, tentunya tidak hanya diperlukan untuk berbicara di depan khalayak umum saja. 

Memiliki rasa percaya diri juga tentunya diperlukan ketika kamu sedang berbicara dengan satu orang saja. misalnya, ketika kamu harus bertemu dengan salah satu calon investor maupun manajer yang akan membantu atau bekerjasama dengan bidang, usaha atau karier kerja kamu. 

Jika kamu tidak memiliki rasa percaya diri yang prima, maka tentunya kamu tidak akan bisa menghadapi orang tersebut dengan lancar dan baik. Dimana kemungkinan kamu akan gugup dan tidak akan bisa mengatakan apa yang harus dilakukan secara baik. 

Selain itu hal inilah yang akan menghambat usaha hingga kemajuan karier kamu kedepannya. Kamu dapat membayangkan saja, jika Mark Zuckerberg tidak mempelajari tentang public speaking, tentunya dirinya akan kesulitan mendapatkan investor, bhakan melyakinkannya saja mustahil. 

Namun, karena dirinya mempelajari public speaking maka, investor yakin untuk mendukungnya, bahkan dia juga dapat berbicara dengan baik pada wartawan. Maka, pada akhirnya Facebook dikenal banyak orang, bahkan menjadi salah satu yang terbesar,sebagai sosial media. 

Membuat Orang Lain Senang Mendengarkan Kita

Selanjutnya, manfaat dari public speaking dalam kehidupan sehari-hari adalah membuat orang lain menjadi senang mendengarkan kita. Selain memiliki kepercayaan diri yang baik hal yang dibutuhkan dalam public speaking dan berkomunikasi atau berbicara yang baik. 

Hal tersebut termasuk ke dalam kemampuan untuk berkomunikasi , dimana pemilihan kata, kalimat yang digunakan tepat didukung dengan body language yang tentunya sesuai dan tidak berlebihan. Ketika kamu berbicara seperti itu, maka orang juga akan senang mendengarkan nya. 

Selain dengan gaya bicara dan pemilihan kata yang tepat, kamu dapat membantu diri kamu untuk bisa maju. Sehingga calon investor nantinya akan tertarik, begitupun dengan atasan kerja seperti manajer yang akan menilai kamu dan tertarik untuk mempromosikan. Sehingga usaha dan karir kamu maju serta berkembang dengan baik. 

Membuat Nilai Diri Semakin Bertambah

Manfaat dari public speaking dalam kehidupan sehari-hari lainnya dalam membuat nilai diri kamu menjadi semakin bertambah. Seperti Steve Jobs, yang mana dirinya tidak akan menjadi populer jika produknya tidak mendunia seperti saat ini. 

Jika mendiang selama masa hidupnya tidak memiliki kemampuan public speaking, maka produk-produknya tidak akan dikenal hingga hari ini. Dirinya pandai melakukan public speaking, dimana mempresentasikan produk-produknya,sehingga orang merasa membutuhkannya. 

Selain itu Steve jobs sendiri selalu tampil secara meyakinkan dan hal inilah yang membuat karir dan usahanya berjalan dengan baik. Dimana kamu harus melakukan perubahan pada diri dengan meningkatkan value kamu dengan menjadi sosok yang meyakinkan, dimana nilai diri kamu bertambah baik. 

Membantu berpikir Kritis

Selanjutnya, manfaat lain dari public speaking adalah akan membantu kamu untuk memiliki pemikiran yang lebih kritis. Memilih kata dan kalimat yang tepat bukanlah perkara yang mudah. hal ini membutuhkan kinerja otak yang baik agar lebih aktif dan kreatif. 

Maka, secara tidak langsung, hal inilah yang akan membantu untuk merangsang sistem dan kerja otak, sehingga kamu akan berpikir lebih kritis lagi. Selain itu kemampuan kamu dalam berpikir kritis inilah yang akan membuat kamu menjadi sosok yang tidak mudah terpengaruhi. 

Maksudnya, kamu dapat berpikir dengan jernih dan berani, sehingga tidak akan mudah terpengaruhi dengan berbagai hal yang dapat merugikan diri sendiri. Selain itu kamu dapat menjadi sosok yang lebih baik lagi kedepannya. 

Membantu Meningkatkan Kemampuan Leadership

Siapa sangka jika public speaking yang baik akan berdampak positif dengan membantu meningkatkan kemampuan leadership. Kemampuan public speaking ini akan membantu kamu berkomunikasi sesuai dengan latar belakang dari audience atau pendengar. 

Hal inilah yang menjadi kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpi. Pmeimpin yang baika adalah yang dapat berkomunikasi dengan cara yang berbeda-beda, dimana dirinya mampu menyesuaikan cara berkomunikasi dengan orang yang menjadi lawan bicaranya. 

Kamu dapat memperhatikan atasan kamu atau manajer kamu di kantor, maka kamu dapat melihat caranya berkomunikasi atau berbicara dengan orang lain akan berbeda-beda atau menyusukan. Hal inilah yang sudah seharusnya dipelajari oleh seorang pemimpin. 

Cara berkomunikasi yang berbeda dan itulah yang mana terjadi karena dirinya sudah mampu mempelajari masing-masing sifat atau karakter dari anggota timnya. Sehingga akan sesuai dengan orang yang menjadi lawan bicaranya.

Demikian pembahasan mengenai beberapa manfaat dari kemampuan public speaking dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memiliki kemampuan ini, dan dimanfaatkan secara baik dan optimal, maka akan berdampak baik pada usaha atau jenjang karir kamu di dunia pekerja atau kehidupan sehari-hari.

manfaat public speakingpublic speaking