7 Manfaat Minyak Wijen Untuk Kesehatan

Nesiaverse.com – Minyak wijen yang sering kamu jumpai dalam makanan ini memiliki manfaat untuk kesehatan loh. Minyak wijen sendiri memang tidak memiliki kandungan protein dan vitamin B. Namun ada kandungan lainnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. 

Penggunaan minyak wijen untuk memasak bukanlah suatu hal yang baru. Namun, siapa sangka jika minyak wijen ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Sehingga mengkonsumsinya merupakan salah satu hal yang positif juga. 

Minyak wijen yang merupakan minyak nabati ini terbuat dari ekstrak biji wijen. Nah, minyak wijen memang sudah lama menjadi salah satu minyak yang populer. Khususnya untuk memasak, karen minyak wijen memiliki rasa yang gurih. 

Advertisment

Manfaat Minyak Wijen Untuk Kesehatan 

Advertisment

Ada banyak sekali manfaat dari minyak wijen untuk kesehatan, terlepas dari fungsinya untuk memasak. Minyak wijen juga digunakan untuk jenis masakan oriental yang bisa kamu temui di kehidupan sehari-hari. 

Dalam sebuah jurnal Pharmacognosy Reviews, dimana minyak wijen ini termasuk dalam keluarga Pedaliaceae. Pedaliaceae merupakan sekelompok tanaman yang dipanen untuk benih yang kemudian dapat dimakan dengan nama ilmiah Sesamum indicum. 

Minyak wijen juga terbuat dari biji wijen yang mentah yang di press dan digunakan untuk memasak, obat dan kosmetik. Manfaat dari minyak wijen ini tidak hanya bagi kesehatan saja, namun untuk kecantikan kulit juga. 

Meskipun penggunanya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membiasakan diri dengan karakteristik minyak. Namun, kamu dapat menambahkan rasa ekstra yang juga tentunya sehat bagi kesehatan. 

Nah, tanpa berlama-lama lagi, berikut kami sudah merangkum beberapa jenis manfaat minyak wijen bagi kesehatan. 

Sumber Lemak Sehat

Di posisi pertama manfaat dari minyak wijen bagi kesehatan ini adalah sebagai sumber lemak sehat. Ada banyak sekali sumber lemak yang tersedia, baik itu jenis lemak sehat atau lemak jahat. Nah, minyak wijen bermanfaat sebagai sumber lemak sehatnya. 

” Minyak wijen ini kaya akan kandungan lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal, dan rendah lemak jenuh juga” jelas Edwina Clark, RD, yang merupakan kepala nutrisi dan kesehatan di Yummly.com. 

Lemak tak jenuh dan tak jenuh ganda ini dapat membuat kondisi jantung sehat dan mampu menjaga kadar kolesterol. Sementara lemak jenuh dan lemak trans justru meningkatkan kolesterol dan peradangan. 

Sehingga minyak wijen merupakan salah satu jenis sumber lemak yang baik dan dapat menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Tentunya hal ini bermanfaat dan berdampak baik bagi kesehatan jantung kamu. 

Meningkatkan Kesehatan Gigi dan Mulut

Selanjutnya manfaat dari minyak wijen bagi kesehatan adalah menjaga kesehatan gigi dan mulut. tidak hanya kesehatan jantung saja, namun minyak wijen bernazar bagi kesehatan mulut dan gigi.

Ketika dahulu, sikat gigi belum diciptakan, orang zaman dulu menggunakan minyak wijen untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut. Hal inilah yang membuat nafasnya tetap segar dan fresh.

” Dengan mengoleskan minyak wijen ke mulut, selama 10 menit merupakan teknik Ayurvedic lainnya. Dimana penggunaan minyak wijen ini dapat mengurangi jumlah bakteri di dalam mulut sekaligus membantu menjaga mulut dan gusi agar tetap sehat ” jelas Jillian Tuchman, MS, RDN. Seorang ahli diet terdaftar di New York City. 

Kaya Akan Antioksidan

Manfaat lainnya dari Minyak wijen bagi kesehatan ini adalah karena sifat antioksidannya. Dalam Journal of Medicinal Food, minyak wijen memiliki kandungan sesaminol, dua antioksidan yang memiliki efek kuat bagi kesehatan tubuh. 

Hal tersebut menjadi salah satu manfaat dari minyak wijen untuk kesehatan tubuh manusia. Antioksidan sendiri dapat membantu untuk mengurangi kerusakan yang terjadi pada sel. Kerusakan ini disebabkan oleh radikal bebas pada kehidupan sehari-hari. 

Radikal bebas di dalam sel tubuh inilah yang dapat menyebabkan terjadinya peradangan sehingga memicu berbagai jenis penyakit bagi tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsi minyak wijen yang bersifat antioksidan akan memebirkan tubuh yangs ehat dan baik juga. 

Mengobati Luka

Siapa sangka jika manfaat minyak wijen lainnya adalah dapat membantu untuk mengobati luka. Kamu dapat mengkonsumsinya untuk mendapatkan manfaatnya , namun juga bisa digunakan secara tipikal untuk mengobati luka bakar.

Dalam sebuah studi oleh Journal of Skin and Stem Cell, yang menunjukan jika pengobatan oles menggunakan minyak wijen ini, mampu mengurangi waktu penyembuhan luka. Dalam penelitian tersebut memang masih kurang pada manusia. 

Manfaat dari minyak wijen untuk membantu proses penyembuhan luka dan luka bakar ini, dikaitkan dengan sifat antioksidannya. Selain itu dikatakan juga dengan sifat anti inflamasi dari minyak wijen itu sendiri. 

Melindungi dari Paparan Sinar Matahari

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Pharmacognosy reviews menunjukan jika salah satu manfaat minyak wijen adalah melindungi dari kerusakan, akibat sinar UV. Manfaat ini baik bagi kesehatan tubuh serta kecantikan juga. 

Efek ini memang dipengaruhi oleh kandungan antioksidan yang cukup tinggi di dalam minyak wijen. Minyak satu ini bahkan mampu menahan 30% dari sinar UV. Sementara untuk jenis minyak lainnya hanya mampu menahan 20% saja. 

Minyak yang dimaksud adalah minyak kelapa, minyak kacang dan minyak zaitun dengan kemampuan 20% menahan sinar UV. Tentunya hal tersebut menjadi keunggulan dari minyak wijen untuk melindungi dari paparan sinar matahari. 

Mengoptimalkan Kesehatan Kulit dan Tulang

Selanjutnya, manfaat dari minyak wijen bagi kesehatan ini adalah untuk mengoptimalkan kesehatan pada tulang dan kulit. Karena minyak wijen ini memiliki profil nutrisi yang baik dan berasal dari bagian tanaman yang terisolasi. 

Namun, memiliki salah satu kandungan mineral yang kaya di dalamnya, yaitu seng. Zat seng inilah yang dibutuhkan oleh seseorang ketika mengalami pilek atau flu. Dengan seng inilah dapat membantu untuk memperpendek dan mengurangi gejala sakitnya. 

Selain itu, zat seng ini jugalah yang digunakan untuk memproduksi kolagen, sehingga membuat kulit dan tulang kamu menjadi lebih sehat. Manfaat inilah yang meningkatkan kesehatan kulit dan tulang dengan baik. 

Menjadikan Rambut Lebih Berkilau

Manfaat lainnya minyak wijen untuk kesehatan apakah dapat menutrisi rambut dan membuatnya menjadi lebih berkilauan. Kamu yang bisa menggunakan produk yang menjanjikan rambut lebih lebat dan berkilau, minyak wijen dapat melakukannya. 

Hal ini dikarenakan minyak wijen memiliki kandungan vitamin B, vitamin E, magnesium, fosfor dan kalsium di dalamnya. Yang mana kandungan itu dapat menutrisi dan menyehatkan kulit kepala juga. 

Nah, untuk mendapatkan manfaat dari minyak wijen bagi kesehatan rambut dan kulit kepala ini, kamu hanya perlu memijatnya. Pijatan-pijatan pada akar dan kulit kepala yang perlu kamu fokuskan.

” Pijatlah dengan beberapa tetes minyak wijen ke bagian dalam akar dan kulit kepala kemudian biarkan meresap. Diamkan selama 30 menit lamanya kemudian bilas dengan air hangat dan sampo keesokan paginya ” ujar Clark

Nah, demikian ulasan mengenai beberapa manfaat dari minyak wijen yang dapat kamu manfaatkan bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Kamu dapat memanfaatkan fungsinya sesuai yang kamu butuhkan.

kesehatanmanfaat minyak wijenminyak wijen