9 Manfaat Minyak Ikan Untuk Kucing

Nesiaverse.com – Minyak ikan memiliki banyak kandungan yang baik untuk kucing-kucing peliharaan kamu di rumah, supaya mereka bisa tumbuh sehat. Manfaat minyak ikan untuk kucing sangat banyak dan kamu bisa memberikan minyak ikan kepada kucing secara rutin.

Kucing juga merupakan makhluk hidup seperti manusia, mereka membutuhkan asupan vitamin dan nutrisi lainnya agar kebutuhannya terpenuhi. Salah satunya adalah minyak ikan, dimana minyak ikan itu mengandung segala nutrisi yang kucing butuhkan bagi kesehatan tubuhnya.

Selain mendapatkan perawatan dari luar, tapi kucing juga memerlukan perawatan dari dalam dengan memberikan makanan yang sehat serta vitamin seperti minyak ikan. Hal itu dilakukan agar pertumbuhan kucing bisa seimbang, jadi tidak hanya mengandalkan dari makanan saja.

Advertisment

Lalu kalau begitu apa sih manfaat minyak ikan untuk kucing? Nah, disini akan memberikan beberapa penjelasan terkait manfaat minyak ikan untuk kesehatan kucing, secara menyeluruh agar dapat kamu pahami dengan baik. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Manfaat Minyak Ikan Untuk Kucing

Advertisment

Minyak ikan ternyata sangat berperan penting untuk kucing peliharaan kamu, karena memiliki banyak kandungan hewani yang berasal dari berbagai ikan laut seperti ikan COD, salmon, ikan hiu yang mengandung banyak squalene dan masih banyak lagi ikan laut lain yang sama bagus.

Kenapa harus minyak ikan? Karena kucing membutuhkan nutrisi yang terdapat pada ikan, tentu saja salah satunya adalah minyak ikan. Apalagi kucing membutuhkan kandungan asam lemak omega 3 dan 6 yang terdapat pada kandungan hewani seperti dari minyak ikan laut.

Disini minyak ikan berperan sebagai suplemen untuk kucing, jadi tidak hanya dari makanan saja. Namun, kucing juga membutuhkan nutrisi lain yang kurang dalam kandungan di pakan atau makanannya. Dengan begitu adanya minyak ikan ini bisa melengkapi nutrisi yang kurang.

Produk minyak ikan sudah banyak di pasaran dan tidak kalah hebat dengan kandungan pada makanannya, tapi minyak ikan juga memiliki banyak manfaatnya. Seperti apa saja sih manfaatnya? Berikut ada beberapa manfaat minyak ikan untuk kucing, diantaranya adalah:

Menjaga Kesehatan Jantung si Kucing

Minyak ikan dikenal dengan manfaatnya yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung kucing agar tetap stabil. Kaya akan kandungan omega 3 inilah yang berperan baik dalam memperbaiki masalah jantung kucing yang bermasalah. Makanya minyak ikan itu bagus untuk jantungnya.

Selain itu minyak ikan juga berperan sebagai antikoagulan yang mampu mencegah terjadinya penggumpalan darah pada kucing yang memiliki derita jantung atau penyakit jantung. Nah, buat kamu yang punya kucing dengan masalah kesehatan jantung, bisa berikan minyak ikan.

Menyehatkan Kulit Kucing

Seperti yang kamu ketahui, kalau kucing itu sangat rentan sekali terhadap penyakit kulit seperti jamuran, scabies, dan segala penyakit kulit akibat dari parasit atau tungau yang merusak kulit. Kandungan omega 3 yang dapat mengurangi peradangan pada kulit akibat infeksi atau iritasi.

Sedangkan kandungan asam lemak omega 6 membantu menjaga kelembaban kulit agar tidak kering dan bersisik. Tidak hanya itu, bahkan terdapat vitamin E yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, jadi rutinlah memberikan minyak ikan.

Mencegah Kucing Dari Penyakit Ginjal

Sama halnya seperti manusia, kucing juga semakin tua akan semakin rentan terhadap penyakit kronis seperti gagal ginjal akibat adanya tekanan darah tinggi. Dengan memberikan minyak ikan, ternyata dapat membantu mengurangi tekanan darah dan menurunkan protein berlebih.

Selain itu minyak ikan juga memiliki kandungan baik yang salah satunya berfungsi untuk mengurangi produksi zat pro-inflamasi yang hanya akan memperburuk kondisi ginjalnya. Buat kamu yang ingin mencegah penyakit gagal ginjal pada kucing, bisa langsung beri minyak ikan.

Meningkatkan Imunitas Tubuh Kucing

Terbentuknya imun tubuh yang kuat, tentunya membantu kucing agar tetap sehat dan tidak mudah terserang virus penyebab penyakit. Salah satu untuk meningkatkan imun tubuh kucing adalah dengan memberikan minyak ikan kepada kucing, supaya imun tubuhnya semakin kuat.

Minyak ikan ini kaya akan kandungan multivitamin seperti vitamin D dan E yang membantu kucing meningkatkan imunitas tubuhnya. Cocok untuk anak kucing yang masih dalam awal pertumbuhan dan pastinya imun tubuh mereka belum terbentuk sempurna atau masih lemah.

Menurunkan Kadar Trigliserida Yang Berlebih Dalam Darah

Tidak hanya memberikan makanan saja, tapi kamu juga bisa menambahkan minyak ikan pada makanan kucing agar membantu untuk melengkapi nutrisi dan bagus untuk memelihara kesehatan si kucing dengan membantu menurunkan kadar trigliserida yang berlebih.

Adanya kadar trigliserida dalam aliran darahnya dapat memicu penyakit jantung, pankreatitis, dan penyakit radang usus. Dengan begitu pemberian minyak ikan ini akan membantu kucing dengan derita penyakit tersebut supaya cepat pulih dan mencegah datangnya penyakit tersebut.

Membantu Melebatkan Bulu

Bulu kucing rentan sekali rontok, apalagi untuk ras kucing dengan memiliki bulu yang panjang pastinya akan mudah sekali kusut dan rontok. Disinilah peran minyak ikan yang kaya akan kandungan asam lemak omega 6 dan vit E membantu mengatasi masalah bulu kucing rontok.

Selain itu omega 6 juga membantu melembabkan bulu agar tetap halus tidak kering atau kasar, dengan begitu bulu si kucing akan terlihat semakin lembut, berkilau, dan sehat. Nah, buat kamu yang memiliki kucing dengan permasalahan bulu rontok atau kusut berilah minyak ikan.

Mengobati Kucing Dari Rematik

Menurut Arteriosclerosis, Thrombosis and Vascular Biology menjelaskan bahwa, prostaglandin adalah autacoids lipid yang berasal dari asam arakidonat dan terdapat pada minyak ikan, membantu mempertahankan fungsi homeostatis serta memediasi mekanisme patogenik.

Tentu saja hal itu dapat merangsang peradangan pada persendian dengan menurunkan produksi prostaglandin dan pada minyak ikan juga berperan sebagai anti-inflamasi. Buat kamu yang ingin mencegah kucing dari rematik atau radang sendi, bisa rutin berikan minyak ikan.

Bagus Untuk Perkembangan Otak si Kucing dan Fungsi Kognitif

Kucing dikenal karena tingkah lakunya yang lucu dan membuat orang-orang tertarik sekali untuk memelihara kucing, dan melatihnya untuk melakukan sesuatu sesuai perintah dari si pemiliknya. Hal itu tentunya memerlukan stimulasi mental yang cukup supaya semakin cerdas.

Dengan adanya minyak ikan, membantu meningkatkan fungsi otak dan kognitif pada kucing. Asam lemak omega 3 yang terkandung di dalamnya membantu meningkatkan daya ingat pada kucing, sehingga hal itu bisa mempertahankan fungsi kinerja otak agar tetap selalu berjalan.

Selain itu menurut studi A hill’s Pet Nutrition 2012 menemukan bahwa, kandungan DHA pada minyak ikan dapat meningkatkan kemampuan untuk belajar dan mempertahankan keterampilan tertentu, jika diberikan kepada anak anjing dan kucing agar semakin aktif.

Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Peran gigi atau taring bagi kucing sangatlah penting untuk kelangsungan hidupnya, seperti digunakan dalam berburu, atau untuk mengunyah makanan. Hal itu tentunya kucing perlu mendapatkan gigi yang kuat dan gusi yang sehat agar giginya tidak mudah sakit atau rusak.

Ternyata asam lemak omega 3 juga dapat membantu mencegah pembentukan plak pada gigi kucing dan mengurangi peradangan yang terjadi pada gusi si kucing. Jadi buat kamu yang ingin memberikan perawatan dalam yang aman dan menyehatkan, berilah minyak ikan pada kucing.

Itulah beberapa manfaat minyak ikan untuk kucing yang mungkin perlu kamu ketahui, supaya kamu tau seberapa pentingnya pemberian minyak ikan untuk kelangsungan hidup kucing kesayangan agar terhindar dari segala penyakit dan membantu kucing dalam pertumbuhannya.

Pastikan kamu konsisten dalam memberikan minyak ikan untuk kucing, agar hasilnya lebih maksimal. Aturlah jadwal pemberian minyak ikan untuk kucing, supaya lebih mempermudah kamu memberikannya secara teratur setiap kali kucing makan. Good Luck semoga membantu.

kucingminyak ikan