10 Manfaat Minyak Ikan Salmon Untuk Wajah

Nesiaverse.com – Ada banyak sekali manfaat dari minyak ikan salmon, diantaranya untuk kesehatan kulit wajah juga. Minyak ikan tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh saja tapi bagi kecantikan dan kulit wajah memiliki peranannya tersendiri. Bahkan manfaat dari minyak ikan satu ini dapat membantu untuk menurunkan resiko terkena kanker kulit. 

Minyak ikan atau fish oil merupakan salah satu jenis minyak yang hanya bisa didapatkan dari ikan laut, misalnya salmon, ikan tuna hingga ikan kembung. Saat ini banyak sekali minyak ikan yang sudah dikemas dalam bentuk suplemen. Khasiat dan manfaat dari minyak ikan salmon ini memang banyak, sebagai kesehatan jantung, otak hingga reproduksi sekalipun. 

Manfaat Minyak Ikan Salmon Untuk Wajah 

Advertisment

Minyak ikan memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan wajah, termasuk minyak ikan salmon. Minyak ikan disebut mampu untuk mengatasi dan bikin kulit wajah menjadi mulus. Hal ini dikarenakan kandungan asam lemak omega- 3 di dalam minyak ikan salmon. Nah, untuk merasakan manfaat tersebut kamu juga harus mengkonsumsi minyak ikan dengan anjuran atau dosis yang sudah disesuaikan. 

Advertisment

Dalam sebuah penelitian di American Academy of Dermatology dikatakan, mengkonsumsi minyak ikan secara berlebihan dapat menyebabkan munculnya rasa nyeri perut hingga diare. Minyak ini juga dapat dikonsumsi secara oral, maksudnya dioleskan ke area kulit secara langsung. 

Bagi kamu yang masih ragu, berikut kami sudah merangkum beberapa manfaat dari minyak ikan salmon untuk kesehatan wajah. 

Melindungi Kulit Dari Bahaya Sinar Matahari

Manfaat pertama dari minyak ikan salmon untuk wajah adalah melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Omega-3 merupakan salah satu kandungan utama dari minyak ikan, yang mana mampu melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari UVA dan UVB. Sehingga fungsi dari omega-3 ini bekerja dari dalam. 

Dalam sebuah penelitian menunjukkan, bahwa kandungan akan omega-3 , DHA, EPA dalam minyak ikan mampu membantu untuk mengurangi sensitivitas kulit seseorang terhadap sinar UV. Bahkan dalams ebuahs tudi lainnya, dimana terdapat responden yang mengoleskan minyak ikan dengan EPA dan DHA ke kulit secara langsung setelah terpapar UVB, kemudian 25% lebih sedikit mengalami kemerahan. 

Maka, kandungan omega-3 inilah yang dipercaya untuk mengurangi gejala fotosensitivitas yang terjadi karena adanya paparan sinar matahari secara langsung terhadap kulit wajah.

Mencegah dan Mengobati Jerawat

Bagi kamu yang memiliki kulit rentang terkena jerawat, maka mengkonsumsi minyak ikan salmon bermanfaat untuk wajah. Salah satu manfaat minyak ikan salmon adalah untuk kulit, dimana dapat mencegah dan mengobati jerawat di wajah. Hal ini dikarenakan kandungan omega-3 di dalamnya. 

Dalam sebuah penelitian, dilaporkan adanya penurunan lesi jerawat ketika mendapatkan nutrisi omega-3 , baik itu terjadi sendiri maupun bersamaan dengan nutrisi lainnya. Selain itu suplemen omega -3 juga dapat mengurangi efek samping isotretinoin, sebagai obat jerawat yang parah hingga resistan. Maka, kamu dapat mengandalkan manfaat dari minyak ikan untuk melawan jerawat. 

Mempercepat Penyembuhan Luka

Minyak ikan salmon bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka, baik di wajah atau area tubuh lainnya. Proses penyembuhan luka merupakan salah satu proses dalam tubuh yang cukup kompleks, dimana akan melibatkan berbagai sel di dalam tubuh. 

Dalam sebuah penelitian pada hewan, menunjukkan bahwa omega-3 ini diberikan secara intravena dan dioles sama-sama dapat mempercepat proses penyembuhan lukanya. Selain itu, membutuhkan penelitian lanjut untuk melihat manfaat dari minyak ikan lainnya, bagi kulit. 

Menurunkan Risiko Kanker Kulit

Dalams ebuha penelitian terkait diet Mediterania yang mana diet ini memang didominasi oleh makanan sehat yang kaya akan omega -3. Kemudian dalam penelitian tersebut menunjukkan bahwa terjadi proses penurunan pertumbuhan tumor pada hewan. 

Selain itu dalam studi lainnya yang dilakukan oleh Universitas Manchester tahun 2013, menemukan bahwa omega-3 merupakan nutrisi yang potensial untuk melindungi diri dari kanker kulit. Maka, dengan mengkonsumsi atau menggunakan produk yang memiliki kandungan dari minyak ikan salmon atau omega-3 ini dapat menghindari dari terjangkitnya risiko kanker kulit. 

Mengurangi Efek Penuaan Dini

Manfaat dari minyak ikan salmon berhubungan dengan proses penuaan dini. Penggunaan minyak ikan dapat membantu kamu untuk tampil lebih awet mdua. Penuaan dini umumnya disebabkan oleh banyak faktor,mulai dari lingkungan, makanan, kosmetik yang tidak cocok hingga paparan sinar UV matahari.

Asam lemak yang terkandung di dalam minyak ikan salmon, memiliki manfaat yang dapat membantu untuk mengurangi efek penuaan yang menjadi dampak dari sinar matahari dan faktor lainnya. Penuaan dini yang dimaksud mulai dari bercak hitam, kerutan hingga garis halus dan masih banyak lainnya. 

Mencegah dan Membantu Mengatasi Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi merupakan salah satu kondisi ketika satu atau beberapa area kulit tampak menghitam. Hal ini diakibatkan karena adanya peningkatan kadar melanin. Terdapat beberapa penyebab terjadinya hiperpigmentasi yang meliputi perubahan hormon, penuaan, efek samping obat, sinar UV, hingga trauma. 

Dalam sebuah penelitian juga ditemukan bahwa minyak ikan memiliki potensi untuk mengatasi terjadinya hiperpigmentasi. Karena kandungan DHA di dalam minyak ikan dapat menghambat produksi melanin di dalamnya. Manfaat dari minyak ikan sangatlah banyak, bahkan dapat mencegah dan membantu masalah hiperpigmentasi yang cukup kompleks.

Mengurangi Mata Panda

Mata panda merupakan kondisi yang cukup mengganggu dimana kulit bagian bawah mata menggelap karena hiperpigmentasi. Minyak ikan salmon memiliki manfaat untuk wajah, salah satunya untuk mengurangi mata panda. Karena minyak ikan memiliki manfaat untuk mengurangi proses hiperpigmentasi. Sehingga tentunya dapat mengatasi gangguan pada mata panda dengan menggunakan minyak ikan ini. 

Mencegah Inflamasi 

Berikutnya manfaat lain dari minyak ikan adalah untuk membantu mencegah proses inflamasi. Yang mana manfaat dari minyak ikan ini dapat mengatasi inflamasi atau reaksi kekebalan alami dalam tubuh untuk melawan berbagai infeksi, penyakit hingga mikroorganisme jahat. 

Sehingga dengan kandungan minyak ikan dapat mencegah proses inflamasi dan dapat menghindari dari kanker sebagai salah satu jenis peradangan yang kronis. Ketika seseorang mengalami kekurangan asupan asam lemak omega 3, maka memiliki resiko terkena peradangan kronis seperti kanker, inflamasi dan radang sendi hingga jantung.

Maka, kamu disarankan untuk mengkonsumsi minyak ikan untuk memenuhi kebutuhan omega-3 dalam tubuh. Maka, kamu akan terhindar dari inflamasi hingga peradangan kronis. 

Mengatasi Kulit Kering

Manfaat dari minyak ikan salmon untuk wajah adalah untuk mengatasi kulit kering. Kulit kering dapat diatasi dengan mengkonsumsi minyak ikan. Karena kandungan dari minyak ikan dapat berfungsi untuk melembabkan kulit. Seseorang yang memiliki kulit kering artinya tidak sehat, karena kelembabannya tidak terjaga, bahkan memiliki resiko terkena iritasi yang lebih tinggi. 

Selain mengonsumsi minyak ikan, kamu juga dianjurkan untuk menjaga pola makan agar kulit menjadi lebih sehat lagi. Hal paling penting adalah kamu dianjurkan untuk mengonsumsi air yang cukup, untuk membantu menghidrasi kulit. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan tampak lebih sehat dan akan terhindar dari berbagai macam permasalahan kulit lainnya. 

Membantu Penurunan Berat Badan

Terakhir, suplemen minyak ikan memiliki manfaat bagi kesehatan jantung, khususnya bagi orang -orang yang menderita obesitas. Mengonsumsi minyak ikan dan diet yang tepat dapat membuat menurunkan berat badan hingga mengecilkan lingkar pinggul, nantinya rasio lingkar pinggang terhadap pinggul akan baik. 

Demikian pembahasan mengenai manfaat dari minyak ikan salmon untuk wajah dan juga membantu proses penurunan berat badan. Manfaat dari minyak ikan salmon sangatlah banyak bagi kesehatan, dengan memanfaatkan fungsi dan manfaatnya secara maksimal kamu bisa mendapatkan kulit wajah dan tubuh yang sehat dan cantik.

minyak ikanminyak ikan salmonsalmon