Manfaat Minum Jus Buah Bit Untuk Kesehatan

Nesiaverse.com – Siapa yang tidak mengenal dengan buah Bit yang dimana terkenal sebagai salah satu buah yang memiliki banyak manfaat di dalamnya, nah untuk kamu yang ingin tahu apa saja manfaat minum jus buah bit untuk kesehatan yuk simak ulasannya dibawah ini.

Buah Bit merupakan salah satu tanaman yang berasal dari jenis umbi-umbi an atau Amaranthaceae-Chenopodiaceae yaitu buah Bit ini yang masih termasuk kedalam sayuran seperti lobak dan juga sayuran berakar yang lainnya.

Manfaat Minum Jus Buah Bit Untuk Kesehatan

Advertisment

Pada umumnya kebanyakan orang yang lebih menyukai dengan menggunakan akarnya yang memiliki rasa yang manis serta unik yang dijadikan sebagai obat kesehatan tubuh, tetapi sekarang ini sudah banyak orang yang mengkonsumsi daun dan daging buah Bit hal ini dikarenakan keduanya yang mempunyai kandungan nutrisi yang melimpah.

Advertisment

Dengan memiliki rasa yang unik dan manis ini yang biasanya disebut dengan beetroot yang dimana memiliki khasiat yang sangat bagi untuk kesehatan dan terutama untuk antioksidan , kebanyakan orang yang cara mengolah buah Bit ini yaitu dengan dibuat menjadi minuman jus.

Dimana kandungan nutrisi yang terdapat didalam buah Bit, yaitu buah Bit dalam 100 gram kamu yang bisa menemukan berbagai kandungan nutrisi didalamnya yaitu:

  • Vitamin B1 (thiamin) 0.02 mg
  • Vitamin B2 (riboflavin) 0.05 mg
  • Vitamin c 10 mg
  • Tembaga 0.20 mg
  • Natrium 29 mg
  • Kalium 404.9 mg
  • Niasin 0.3 mg
  • Karoten total 20 mcg
  • Seng 0.7 mg
  • Kalsium 27 mg
  • Fosfor 43 mg
  • Zat besi 1.0 mg
  • Air 87.6 gram
  • Karbohidrat 9.6 gram
  • Lemak 0.1 gram
  • Serat 2.6 gram
  • Protein 1.6 gram

Beetroot atau akar buah Bit ini memang sudah dipercaya dan tidak diragukan lagi karena mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan, dimana buah Bit yang memiliki banyak kandungan zat besi di dalamnya sehingga sangat baik untuk kesehatan.

Dimana buah Bit yang tidak hanya digunakan sebagai pewarna makanan alami saja dan juga pemanis campuran di dalam minuman atau makanan tetapi buah Bit juga memiliki manfaat jika minum jus buah bit untuk kesehatan.

Detoksifikasi Racun

Dengan mengkonsumsi jus buah Bit yang ternyata dapat mendetoksifikasi racun di dalam tubuh diantaranya pada organ hati atau liver, paru-paru, ginjal dan kulit, apalagi jika mengkonsumsi buah Bit ini yang secara rutin maka proses detoksifikasi racun didalam tubuh menjadi semakin maksimal.

Pada bagian akar buah Bit ini yang memiliki kandungan betalains yang termasuk ke dalam kelompok fitonutrien, sehingga dengan adanya kandungan betalains yang mampu untuk membantu membuang racun yang ada di dalam tubuh dan sekaligus dapat mencegah peradangan.

Antioksidan yang sangat Baik

Buah Bit yang tinggi akan antioksidan didalamnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh yang berguna untuk menangkal radikal bebas, selain itu juga dengan mengkonsumsi jus buah Bit ini yang akan membantu menjaga tubuh tetap sehat dari berbagai penyakit yang berbahaya.

Dapat mencegah Anemia

Tingginya kandungan zat besi, vitamin C, dan juga asam folat dalam buah Bit ini yang sangat baik dalam membantu untuk meningkatkan kadar hemoglobin, dan dapat mencegah anemia sehingga untuk para penderita anemia yang dianjurkan untuk mengkonsumsi jus buah Bit ini secara rutin untuk membantu pembentukan sel darah merah.

Dapat Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat minum jus buah bit untuk kesehatan yaitu dapat membantu dalam mengontrol tekanan darah, selain dengan mengkonsumsi bagian umbinya kamu bisa mengkonsumsi bagian daun karena daun yang memiliki kandungan zat nitrat yang sangat baik untuk tubuh yaitu mencegah darah tinggi dan juga penyakit jantung.

Dapat Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat minum jus buah bit untuk kesehatan yaitu dapat menjaga kesehatan pada pencernaan, hal ini dikarenakan buah Bit yang memiliki kandungan yang kaya akan zat gizi, vitamin penting, dan juga serat sehingga buah Bit ini cocok dikonsumsi oleh penderita saluran pencernaan yang bermasalah.

Buah Bit juga yang mengandung senyawa betalains didalamnya yang sangat bagus untuk mencegah kembung, meningkatkan penyerapan nutrisi makanan, menjaga pertumbuhan bakteri yang baik, selain itu juga jus buah Bit ini jika dikonsumsi oleh ibu hamil yang mampu mencegah terjadinya risiko bayi cacat lahir tetapi dalam mengkonsumsinya yang sesuai dengan anjuran dokter.

Mungkin hanya itu saja beberapa manfaat minum jus buah bit untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui, namun perlu dipastikan untuk mengkonsumsi jus buah Bit ini yang sesuai dengan aturan jangan sampai berlebihan karena terdapat efek sampingnya semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

buah bitjus buah bitmanfaat buah bit