5 Manfaat Minum Air Santan Tanpa Dimasak

Nesiaverse.com – Biasanya kamu sering melihat santan pada saat akan memasak yang menggunakan santan seperti rendang, opor, gulai, soto betawi dan masih banyak lagi menu masakan lainnya, ternyata air santan selain digunakan untuk bahan masakan namun dengan minum air santan tanpa dimasak juga yang memberikan manfaat untuk kesehatan.

Dimana santan dalam masakan yang dikenal dapat memberikan sensasi rasa gurih yang sangat khas dan juga membuat rasa dari makanan tersebut yang menjadi lebih pekat, memang santan ini merupakan bahan masakan yang cukup populer di Indonesia dan biasanya untuk makanan yang mengandung santan yang biasanya memiliki rasa lebih gurih dan juga kental.

Dibalik rasanya yang nikmat dan gurih ternyata santan juga yang menyimpan berbagai kandungan nutrisi yang sangat penting dan baik untuk kesehatan tubuh, apalagi untuk pembuatan santan ini yang cukup mudah untuk dilakukan dimana kamu hanya cukup dengan memarut kelapa utuh dan tambahkan 1 1/2 gelas air panas dan biarkan sampai dingin lalu saring dan bisa diminum secara langsung tanpa dimasak terlebih dahulu.

Advertisment

Nah untuk kamu yang ingin tahu dengan apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan minum air santan tanpa dimasak, untuk mengetahui hal tersebut maka kamu bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini dengan baik.

Manfaat Minum Air Santan Tanpa Dimasak

Advertisment

Mungkin banyak orang jarang minum air santan secara langsung tanpa dimasak tetapi hal ini jangan dianggap sepele, karena dengan minum secara langsung santan kelapa yang dapat memberikan manfaat yang tidak terduga untuk kesehatan tubuh dan bahkan dijadikan sebagai obat alami penyakit yang berbahaya.

Memang sudah banyak sekali orang yang memilih untuk meracik obat alami untuk bisa menyembuhkan berbagai penyakit dan salah satunya santan kelapa ini yang dijadikan sebagai obat alami, santan ini yang sama-sama berasal dari buah Kelapa sehingga memiliki manfaat tak kalah dengan buah Kelapanya.

Dengan rasanya yang gurih dan sedikit manis sehingga air santan ini yang dapat digunakan untuk memasak dengan berbagai jenis masakan atau diolah menjadi minuman, selain itu juga air santan ini yang memang sudah dipercaya sebagai bahan masakan dengan memiliki manfaat untuk tubuh sejak zaman dulu.

Manfaat ini tentu saja berasal dari kandungan nutrisi yang beragam terdapat pada air santan dimana dalam porsi 100 gram air santan yang terdapat kandungan gizi sebagai berikut:

  • 324 kalori energi
  • 54,9 gram air
  • 34,3 gram lemak
  • 5,6 gram karbohidrat
  • 4,2 gram protein
  • 514,1 miligram (mg) kalium
  • 45 mg fosfor
  • 18 mg natrium
  • 14 mg kalsium
  • 2 mg vitamin C
  • 1,9 mg besi, dan juga
  • 0,9 mg zinc

Selain itu juga air santan juga yang diperkaya dengan kandungan antioksidan di dalamnya sehingga dengan begitu air santan ini yang sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan tubuh yang secara keseluruhan, adapun untuk beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan minum air santan tanpa dimasak yaitu sebagai berikut:

Membantu Mencegah Kanker

Manfaat yang bisa didapatkan dari minum air santan tanpa dimasak untuk kesehatan yaitu membantu dalam mencegah terjadinya penyakit kanker, manfaat ini yang berasal dari kandungan asam laurat yang terdapat di dalam air santan tersebut sehingga air santan tanpa dimasak aman untuk diminum dan bahkan bisa memberikan manfaat.

Dimana sebuah studi dari Cell Death Discovery yang telah melakukan penelitian mengenai efek dari asam laurat pada minyak kelapa terhadap pertumbuhan sel kanker payudara, hasil penelitian tersebut yang menunjukan bahwa kandungan asam laurat ini yang mampu membantu untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker untuk pengidap kanker payudara.

Membantu Menjaga Berat Badan

Dimana manfaat yang bisa didapatkan dari minum air santan tanpa dimasak yaitu dapat membantu dalam menjaga berat badan agar tetap ideal, terdapat berbagai pendapat yang menyatakan bahwa air santan ini yang mengandung lemak jenuh dengan kadar yang tinggi yaitu lemak jenuh trigliserida rantai sedang.

Kandungan  trigliserida rantai sedang yang mempunyai struktur molekul yang sederhana  yang artinya lemak jenuh yang satu ini dapat dengan mudah larut dalam air dan lebih mudah berpindah dari usus kecil menuju hari sehingga bisa dengan lebih cepat menghasilkan energi, dikarenakan untuk lemak jenuh ini yang langsung dibakar menjadi energi dan hanya sedikit lemak yang tersisa dan menumpuk di jaringan lemak.

Selain itu trigliserida rantai sedang juga yang ternyata dapat membantu mempercepat metabolisme tubuh, sehingga minum air santan ini  yang cocok untuk kamu yang ingin mengurangi berat badan yang justru akan mendapatkan asupan lemak sehat yang berasal dari santan.

Membantu Memelihara Kinerja Otak

Untuk kamu yang ingin mengoptimalkan kinerja atau fungsi otak maka kamu bisa mendapatkan manfaat tersebut hanya dengan meminum air santan tanpa dimasak, karena memang air santan ini yang dipercaya bisa membantu dalam memelihara fungsi atau kinerja otak dengan baik yang berkat kandungan asam lemak rantai sedang yang mudah diserap oleh hati dan akan diubah menjadi keton.

Keton yang dibutuhkan sebagai energi memiliki peran penting untuk otak, selain itu juga keton yang bermanfaat untuk mereka yang mempunyai masalah pada ingatannya yaitu seperti penyakit alzheimer, dan bahkan tidak hanya itu air santan yang mengandung antioksidan yang tinggi baik untuk sumber energi otak.

Membantu Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Masih banyak orang yang beranggapan bahwa air santan tidak baik untuk jantung hal ini dikarenakan kadar lemak yang tinggi dan berisiko dapat meningkatkan kolesterol, namun ternyata manfaat minum air santan tanpa dimasak yang bisa kamu rasakan justru mampu membantu dalam menjaga kesehatan jantung dan juga pembuluh darah.

Dimana menurut studi dari Jurnal Nutrition and Metabolism Research yang menyatakan bahwa air santan justru sangat efektif untuk menjaga kadar kolesterol baik dalam darah, sehingga dengan mengkonsumsi air santan dengan jumlah yang cukup dapat membantu kamu terhindar dari penyakit jantung dan juga pembuluh darah termasuk stroke.

Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dengan minum air santan tanpa dimasak yang memberikan manfaat lainnya yaitu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh berkat kandungan antioksidan yang terdapat di dalam air santan tersebut, sebuah penelitian dari Journal of Chemical and Pharmaceutical Research juga yang menyatakan bahwa kandungan antioksidan dalam air santan yang jauh lebih tinggi dibandingkan susu sapi atau susu kambing.

Bahkan selain itu juga air santan ini yang mengandung zat antimikroba dan juga asam kaprat yang memiliki peran penting fungsi antibakteri, antivirus dan juga antifungi, dengan fungsi-fungsi tersebut yang akan membantu untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dari adanya serangan berbagai infeksi bakteri dan virus yang berbahaya.

Setelah kamu mengetahui dengan beberapa manfaat minum air santan tanpa dimasak yang terdapat diatas dan kamu ingin mendapatkan manfaatnya, maka kamu perlu memperhatikan pada saat akan meminum air santan tersebut yaitu diantaranya memilih santan tidak mengandung bahan pengawet di dalamnya hal ini agar kandungan gizi pada air santan tidak terganggu.

Untuk kamu yang ingin lebih aman untuk bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari air santan yang secara maksimal maka kamu bisa dengan membuatnya sendiri santan buatan rumahan, adapun untuk beberapa cara membuat santan rumahan yang cukup mudah yaitu sebagai berikut:

  • Terlebih dahulu siapkan Kelapa parut segar yang terbebas dari gula, garam atau bahan yang lainnya.
  • Kemudian masukkan ke dalam blender dan tambahkan air panas.
  • Silahkan blender sampai lembut dan saring untuk mendapatkan ekstrak kelapa dengan teksturnya yang halus.
  • Terakhir simpan di dalam suhu ruangan.

Perlu kamu ingat di samping untuk bisa mendapatkan manfaat dari air santan yang baik kamu juga perlu mempertimbangkan dalam pemilihan santan yang aman hal ini bertujuan agar khasiatnya yang tetap terjaga, selain itu juga untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal bisa meminum air santan ini secara rutin dengan jumlah yang pas.

Mungkin hanya itu saja beberapa manfaat minum air santan tanpa dimasak yang dapat kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba mendapatkan manfaatnya.

kelapasantan kelapa