6 Manfaat Minum Air Jahe di Pagi Hari

Nesiaverse.com – Manfaat minum air jahe di pagi hari yang masih banyak orang yang belum tahu, sehingga dengan begitu pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya karena manfaat dihasilkan dari jahe ini sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Jahe yang merupakan salah satu tanaman obat yang berupa tumbuhan rumpun berbatang semu, jahe sendiri yang berasal dari Asia Pasifik tersebar dari India hingga Cina, sehingga oleh karena itu untuk kedua negara tersebut yang disebut sebagai bangsa pertama kali memanfaatkan jahe.

Beragam masyarakat memilih untuk memanfaatkan jahe ini yang dijadikan sebagai bahan minuman, bumbu  masakan dan bahkan dijadikan obat-obatan tradisional, dan memang sudah banyak orang yang menggunakan jahe ini untuk minuman penghangat dan juga ramuan tradisional sejak dulu.

Advertisment

Berdasarkan dengan kandungan nutrisi yang terdapat didalam jahe ini yang terdapat seperti vitamin C, karbohidrat, potasium, zat besi, serat, protein dan masih banyak lagi yang lainnya, untuk kamu yang penasaran dengan manfaat minum air jahe di pagi hari bisa simak ulasan di bawah ini.

Manfaat Minum Air Jahe di Pagi Hari

Advertisment

Jahe sendiri adalah tanaman rimpang biasanya digunakan sebagai minuman herbal dan juga rempah bumbu masakan, dengan mengkonsumsi air jahe atau teh jahe di pagi hari yang ternyata mempunyai banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Dimana dengan minum segelas air jahe di pagi hari yang akan terasa nikmat karena bisa menghangatkan tubuh dan juga menyehatkan sistem pencernaan, bahkan sudah zaman dulu jahe yang dijadikan sebagai obat alami untuk sembelit.

Hal ini dikarenakan jahe yang mempunyai senyawa aktif didalamnya yang berfungsi melancarkan sistem pencernaan dan juga mengatasi peradangan, sehingga tidak heran jika jahe yang dijadikan sebagai obat alami untuk sembelit.

Dari banyaknya rempah-rempah namun jahe ini yang terkenal sebagai salah satu rempah-rempah yang memiliki khasiat yang sangat manjur dan juga berpotensi sebagai obat alami dan juga efektif untuk masalah pencernaan seperti sembelit.

Bahkan tidak hanya itu saja jahe juga yang memiliki sifat anti inflamasi dan juga antibiotik yang berfungsi dalam berkontribusi terhadap kesehatan usus yang secara menyeluruh, air jahe atau teh jahe ini bisa dibuat dari jahe yang sudah kering.

Dengan jahe kering yang mempunyai sifat snigdha tidak mengeringkan dan juga sangat baik untuk digunakan dalam jangka panjang, tidak hanya itu bisa juga dengan menggunakan bubuk jahe yang memiliki sifat yang sama.

Dengan minum air jahe di pagi hari dengan perut kosong yang dapat menjaga kadar darah agar tetap normal dan seimbang serta menekan nafsu makan, tidak hanya itu air jahe yang mengurangi risiko penyakit jantung dengan menyeimbangkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Jahe adalah sumber makanan alami dipercaya dapat membantu dalam mempercepat menstruasi, jahe juga yang mengandung emmenagogues didalamnya menjadi properti untuk menstimulasi laju menstruasi, tentu saja manfaat ini sangat baik untuk para wanita.

Manfaat minum air jahe di pagi hari ini yang tidak hanya mengatasi sembelit saja namun terdapat beberapa manfaat lainnya yaitu seperti berikut:

Kaya Akan Antioksidan

Jahe kering merupakan sumber antioksidan yang tinggi berperan penting dalam melindungi dari efek buruk radikal bebas berasal dari lingkungan sekitar seperti radiasi, sinar matahari, asap rokok, ozon sehingga polusi udara, radikal bebas tersebut menjadi faktor risiko berbagai penyakit kronis seperti kanker, tumor hingga penyakit jantung.

Menghilangkan Rasa Mual

Jahe terkenal sebagai obat penghilang mual dan juga pencegah mabuk perjalanan yang sudah tidak perlu diragukan lagi manfaatnya, sehingga dengan minum air jahe bisa meredakan mual dan muntah termasuk muncul efek samping pemulihan sesudah kemoterapi, operasi dan juga kehamilan.

Membantu Meredakan Sakit dan Nyeri

Kandungan gingerol dan fenol terdapat dalam jahe yaitu senyawa kimia yang bersifat anti nyeri yang dapat meredakan rasa nyeri dan sakit, dengan keduanya yang bermanfaat meredakan gejala iritasi lambung, nyeri otot, hingga meredakan kram perut pada saat haid.

Penelitian yang telah dilakukan melibatkan 60 orang dewasa yang pengidap migrain melaporkan air jahe yang bekerja lebih baik untuk membantu meredakan  gejala migrain jika digunakan sebelum melakukan terapi tambahan.

Membantu Melawan Peradangan Rematik

Dengan rutin minum air jahe yang bisa membantu dalam mencegah serta mengurangi peradangan disebabkan oleh nyeri sendi osteoarthritis serta rematik, manfaat ini berkat sejumlah komponen aktif terdapat dalam jahe yaitu ada gingerdione, gingerol, zingeron.

Tidak hanya itu saja jahe juga yang mengandung oleoresin bekerja peradangan, dimana sebuah penelitian yang menemukan bahwa jahe ini yang bisa mengurangi gejala peradangan diakibatkan oleh alergi.

Untuk meracik minuman air jahe yang bisa dilakukan dengan sangat mudah dengan jahe kering yang cukup dengan menyeduhnya menggunakan air panas, selain itu bisa juga dengan merebusnya dengan airnya cukup sampai mendidih dalam beberapa saat kemudian saring untuk memisahkan air dengan jahenya lalu minum selagi masih hangat.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Penelitian dilakukan pada 10 pria dilaporkan bahwa dengan rutin minum air jahe panas setelah sarapan yang bisa menimbulkan rasa kenyang lebih lama daripada dengan makan pagi, selain itu jahe juga yang ternyata bisa membantu mengurangi nafsu makan.

Sebuah laman yang melaporkan bahwa jahe yang dapat mengendalikan kadar gula darah serta kolesterol, meningkatkan laju metabolisme sehingga dengan begitu tubuh yang akan lebih efektif dalam membakar lemak sehingga berat badan yang bisa menurun.

Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah Diabetes

Sebuah penelitian yang menambahkan bahwa di Iran menemukan bahwa jahe bisa membantu menurunkan dan mengontrol gula darah puasa,untuk pengidap diabetes tipe 2 minum suplemen jahe yang bisa mengalami penurunan gula darah puasa cukup drastis.

Tidak hanya itu sifat anti radang terdapat dalam jahe berfungsi mencegah komplikasi diabetes yaitu seperti penyakit jantung, retinopati diabetik, dan juga stroke, penelitian melaporkan air jahe dicampur bubuk kayu manis yang terasa lebih menguntungkan.

Untuk kamu yang masih bingung cara menyeduh jahe dengan menggunakan bubuk jahe yang bisa dengan menggunakan 2 gram bubuk jahe atau 1 sendok teh menggunakan air hangat, lalu campurkan hingga merata dan dapat dikonsumsi di pagi hari.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa manfaat minum air jahe di pagi hari yang bisa kamu ketahui dan bisa rasakan manfaatnya dengan maksimal, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat mencoba merasakan manfaatnya.

air jahejahe