10 Manfaat Minum Air Jahe dan Madu Sebelum Tidur

Nesiaverse.com – Tidak banyak orang yang tahu ternyata dengan minum air jahe dan madu sebelum tidur yang bisa memberikan berbagai manfaat untuk tubuh, oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui dengan beberapa manfaatnya dan untuk mengetahuinya bisa dengan simak ulasan di bawah ini.

Sudah sejak dulu kombinasi antara jahe dan madu yang terkenal sebagai ramuan tradisional yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, sehingga sudah bukan rahasia lagi jika kedua bahan ini yang memberikan manfaat yang bagus untuk tubuh.

Dimana dengan kombinasi kandungan nutrisi di dalam kedua bahan tersebut yang membuatnya menjadi memiliki sifat anti inflamasi, antibakteri, antioksidan dan juga antivirus yang sangat kuat, sehingga tidak heran jika kedua bahan ini dijadikan sebagai ramuan tradisional.

Advertisment

Kandungan antioksidan yang terdapat didalam jahe dan madu yang bisa membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dengan begitu tubuh yang menjadi lebih kuat dan tahan terhadap infeksi dan juga penyakit.

Kandungan Nutrisi dan Vitamin Jahe dan Madu

Advertisment

Manfaat minum air jahe dan madu sebelum tidur ini berasal dari beragam kandungan nutrisi, vitamin, mineral dan senyawa lainnya yang sangat baik untuk kesehatan, adapun untuk beberapa  kandungan nutrisi dari jahe yaitu sebagai berikut:

  • Gingerol
  • Shogaol
  • Zingiberene
  • Vitamin C
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Vitamin B6
  • Kalium

Kandungan nutrisi dalam madu sebagai berikut:

  • Antioksidan
  • Gula alami
  • Asam amino
  • Enzim amilase dan glukosa oksidase
  • Vitamin B2
  • Vitamin B3
  • Vitamin B5
  • Vitamin B6
  • Seng
  • Kalsium
  • Kalium

Kedua bahan alami yang telah lama dimanfaatkan dan digunakan sebagai ramuan herbal untuk kesehatan, untuk kamu yang penasaran dengan manfaat minum air jahe dan madu sebelum tidur maka bisa simak informasi dibawah ini.

Manfaat Minum Air Jahe dan Madu Sebelum Tidur

Jahe (Zingiber officinale) merupakan salah satu jenis tanaman rempah-rempah yang biasanya tumbuh di daerah yang beriklim tropis, jahe terkenal dengan memiliki rasa yang pedas sangat khas, sementara madu merupakan produksi alami dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga yang digunakan sebagai pengganti gula.

Sebenarnya terdapat banyak sekali kebiasaan baik yang dapat dilakukan sebelum tidur malam dimulai dengan mendengarkan musik, bahkan mengkonsumsi makanan yang tertentu, dan masih banyak lagi hal lainnya yang baik untuk kesehatan bisa dilakukan sebelum tidur.

Dimana untuk kamu yang ingin meningkatkan kualitas kesehatan maka bisa dengan mencoba meminum air jahe dan madu sebelum tidur ternyata bisa memberikan manfaat untuk kesehatan, hal ini ternyata masih banyak orang yang belum tahu.

Adapun untuk beberapa manfaat minum air jahe dan madu sebelum tidur yang bisa diketahui yaitu sebagai berikut:

Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur

Salah satu manfaat minum air jahe dan madu sebelum tidur yaitu bisa membantu dalam meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih nyaman dan nyenyak, manfaat ini berkat adanya sidat relaksan otot bisa membantu dalam mengurangi stres dan kegelisahan.

Selain itu untuk madu yang berperan penting dalam membantu meningkatkan produksi hormon serotonin yang bisa membantu untuk mengatur pola tidur.

Melancarkan Pencernaan

Kandungan senyawa yang terdapat dalam jahe yang berfungsi dalam meningkatkan produksi enzim pencernaan dan juga membantu dalam melancarkan pergerakan usus, madu berfungsi sebagai obat alami untuk masalah pencernaan seperti diare, sembelit dan juga sakit perut.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Perpaduan antara jahe dan madu mengandung antioksidan didalamnya yang berfungsi membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, kedua bahan ini juga memiliki sifat antijamur, antibakteri, antivirus berperan dalam membantu melawan beragam infeksi dan juga penyakit.

Mengurangi Peradangan dan Rasa Sakit

Senyawa anti inflamasi dan antioksidan dalam jahe bisa memberikan manfaat dalam mengurangi rasa sakit serta masalah peradangan, selain itu madu terkenal dengan memiliki sifat anti inflamasi serta antibakteri bisa mengurangi peradangan dan juga mempercepat proses penyembuhan.

Kesehatan Jantung

Jahe yang mengandung senyawa anti inflamasi berfungsi dalam membantu mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung, selain itu madu yang berperan penting dalam membantu mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam darah.

Membantu Meningkatkan Fungsi Otak

Jahe mengandung anti inflamasi dan antioksidan didalam madu yang bisa membantu dalam meningkatkan fungsi otak serta membantu memperbaiki daya ingat, tidak hanya itu kedua bahan ini bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit parkinson dan alzheimer.

Dengan perpaduan antara jahe dan madu juga yang ternyata bisa membantu meredakan kecemasan dan stress, jahe yang mempunyai sifat relaksan otot bisa membantu dalam mengurangi stres dan ketegangan.

Sementara untuk madu yang memberikan manfaat untuk membantu dalam meningkatkan produksi hormon serotonin bisa membantu dalam meredakan kecemasan.

Membantu Meredakan Nyeri Haid

Jahe mengandung anti inflamasi yang berfungsi dalam meredakan nyeri haid atau menstruasi serta kram perut, dengan campuran kedua bahan jahe dan madu ini yang akan mengurangi ketegangan pada otot di perut serta meredakan peradangan di tubuh.

Mengatasi Batuk dan Pilek

Kandungan vitamin C, mineral dan juga mempunyai sifat antibakteri serta antijamur dalam kedua bahan tersebut yang berperan penting untuk memberikan manfaat dalam membantu mengatasi atau meredakan batuk dan juga pilek serta melawan infeksi.

Penggunaan ramuan minum air jahe dan madu sebagai obat alami yang tidak menggantikan pengobatan medis dianjurkan oleh dokter, pastikan untuk selalu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsinya sebagai pengobatan alternatif agar lebih aman untuk tubuh.

Membantu Meningkatkan Kualitas Sperma

Manfaat minum air jahe dan madu sebelum tidur lainnya yang ternyata bisa membantu meningkatkan kualitas sperma pada pria, dimana jahe memiliki senyawa didalamnya berfungsi meningkatkan jumlah dan motilitas sperma sedangkan madu meningkatkan kualitas sperma berkat kandungan antioksidan.

Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan terdapat dalam jahe yang berperan penting dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, dengan keduanya bahan ini yang bisa membantu memperbaiki dan juga menghidrasi kulit sehingga kulit yang akan terlihat lebih bercahaya dan juga sehat.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa manfaat minum air jahe dan madu sebelum tidur yang bisa kamu ketahui dan bisa kamu rasakan manfaatnya, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat mencoba merasakan manfaatnya.

air jahejahemadu