10 Manfaat Mendengarkan Musik Untuk Kesehatan Otak

Nesiaverse.com – Jika kamu adalah orang yang suka mendengarkan musik, maka kamu bisa mendapatkan manfaat dari mendengarkan musik juga. Karena faktanya mendengarkan musik tidak hanya sekedar hiburan saja, tapi juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Mendengarkan musik merupakan salah satu aktivitas yang seringkali dilakukan, seperti kegiatan sehari-hari bagi seseorang. 

Sebagian orang menganggap musik adalah bentuk seni yang dapat digunakan untuk bersenang-senang. Selain itu ada manfaat lain dari mendengarkan musik, karena dapat berdampak pada kesehatan pada jiwa dan raga manusia secara bersamaan. Merupakan salah satu bentuk universal, musik dapat memberikan efek positif bagi fisik dan mental , jadi tidak hanya sekedar untuk hiburan semata. 

Manfaat Mendengarkan Musik Untuk Kesehatan Otak

Advertisment

Banyak yang belum tahu jika musik tidak hanya untuk menemani aktivitas dan untuk bersenang-senang saja. Karena mendengarkan musik juga dapat menjadi healing bagi mereka yang tengah stres atau pikiran yang penat. Bahkan musik memiliki manfaat bagi kesehatan juga. Dengan mendengarkan musik akan mempengaruhi perasaan, pikiran hingga perilaku seseorang.

Advertisment

Musik merupakan salah satu bagian penting dalam kehidupan manusia. Kamu pastinya mendengarkannya setiap hari, baik sengaja maupun tidak sengaja. Umumnya terjadi karena kamu sedang tidak sadar, sebuah musik akan langsung muncul di benak kamu dan kemudian secara tidak sengaja mendapati diri ikut bernyanyi.

Para ilmuwan juga mengetahui sesuatu yang membuat kita menyukai dan menjadikan musik menjadi sebuah hobi. Mendengarkan musik tidak hanya bermanfaat secara individu dan kolektif, namun kekuatan dari musik ini dapat meningkatkan kesehatan mental, fisik hingga emosional. Nah, berikut kami sudah membahas mengenai beberapa manfaat dari aktivitas mendengarkan musik, yang bisa kamu dapatkan. 

Membuat Mood Menjadi Baik

Manfaat pertama dari aktivitas atau kegiatan mendengarkan musik adalah dapat membantu untuk membuat mood menjadi lebih baik. Untuk dapat meningkatkan dan membangkitkan mood serta rasa semangat, kamu dapat mendengarkan lagu favorit selama 15 menit.

Maka, nantinya secara otomatis rasa senang akan meningkat secara alami dan pikiran kamu akan hal-hal baik akan tumbuh kembali. Ketika kamu mendengarkan musik favoritmu, maka otak secara otomatis akan melepaskan dopamin, yang mana dopamin merupakan senyawa dalam otak yang berfungsi untuk memunculkan rasa “nyaman”.

Meningkatkan Kualitas Tidur Menjadi Lebih Baik

Bagi kamu yang sering mengalami gangguan insomnia di malam hari, hal ini kerap kali terjadi karena adanya masalah yang tidak bisa kamu lepas. Sehingga hal inilah yang membuat pikiran kamu terus bekerja, hingga waktu tidur dan belum selesai. Salah satu upaya yang dapat kamu lakukan adalah dengan mendengarkan musik. 

Kamu disarankan untuk mematikan lampu kamar, kemudian pejamkanlah mata dengan mendengarkan jenis musik klasik dengan volume yang minim. Dengan mendengarkan musik klasik santai selama 45 menit sebelum tidur, maka kamu akan memiliki kualitas tidur yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan apapun menuju waktu tidurnya. 

Mengurangi Depresi

Depresi merupakan kondisi psikis yang cukup mengkhawatirkan, bahkan saking peliknya masalah yang dihadapi tercatat sebanyak 350 juta orang menderita depresi di dunia. Begitupun di indonesia, depresi ini dapat mempengaruhi banyak hal, mulai dari aktivitas sehari-hari, produktivitas, kesehatan fisik, mental sehingga dapat mengganggu waktu tidur kamu juga. 

Dena mencoba mendengarkan musik, manfaatnya tidak hanya untuk meningkatkan kualitas tidur saja. Namun, dengan mendengarkan musik, manfaat mengurangi depresi yang diderita juga sangatlah nyata dan ampuh. Kamu bisa memulainya dengan mendengarkan lagu dengan nada pelan, namun tetap karismatik sehingga mampu mengembalikan semangat untuk menyelesaikan segala masalah yang membuat kamu merasa depresi.

Mampu Mengatasi Rasa Stress

Selain mampu mengurangi depresi, manfaat musik lainnya adalah dapat mengatasi rasa stres yang kamu alami. Musik sangat ampuh untuk mengatasi sekaligus mengelola stres kamu. Dalam sebuah penelitian diungkapkan bahwa seseorang yang mendengarkan musik akan jauh lebih cepat pulih dari stres yang dideritanya, jika dibandingkan mereka yang tidak. 

Hal ini terjadi karena ketika kamu mendengarkan musik, makan akan mengurangi proses pelepasan hormon kortisol atau hormon stres dalam tubuh. Makanya, musik bermanfaat untuk mengatasi rasa stress yang menjadi salah satu gejala utama seseorang terkena depresi

Mencegah Kejang Pada Penderita Epilepsi

Manfaat mendengarkan musik lainnya adalah dapat mencegah kejang pada penderita epilepsi. Karena sebelum mengalami kejang, umumnya penderita epilepsi ini akan merasakan adanya aliran listrik tertentu di area otak. Sehingga mendengarkan musik, khususnya musik klasik dipercaya dapat membantu dengan mencegah munculnya aliran listrik yang memicu kejang pada penderita epilepsi. 

Mempengaruhi Gelombang Otak

Dalam sebuah penelitian medis dikatakan bahwa musik memiliki getaran suara yang dapat merangsang gelombang pada otak. Hal ini juga bergantung dengan getaran suara yang mampu gelombang pada otak. Tentunya hal ini akan berganti dengan getaran musik, dan kecepatannya dapat mempengaruhi kewas[adaan kamu. 

Dalams ebuah survey pad atahun 2001 lalu, ditemukan bahwa orang yang sering mendengarkan musik memiliki otak yang lebih tajam. Berdasarkan penelitian di University of Kansas Medical Center, ditemukan bahwa orang yang terkuat dengan musik , misalnya belajar musik memiliki otak yang jauh lebih awet muda jika dibandingkan dengan orang yang tidak menyukai musik.

Baik Untuk Kesehatan Jantung

Manfaat mendengarkan musik lainnya bagi kesehatan adalah untuk meningkatkan kesehatan dan fungsi jantung. Dalam penelitian University Maryland Medical Center ditemukan, terdapat kaitan antara jantung yang sehat dan kebiasaan mendengarkan musik. 

Dalam sebuah penelitian diungkapkan bahwa seseorang yang mendengarkan musik ceria cenderung memiliki aliran darah yang jauh lebih lancar hingga 26%. Namun, jika mereka mendengarkan musik yang sedih, aliran darah akan mengalami penurunan hingga 6%. 

Memperkuat Daya Ingat

Dari penelitian di Hong Kong, ditemukan jika musik dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan otak anak-anak sekalipun . Partisipan yang mengikuti kelas musik diketahui memiliki nilai yang jauh lebih baik dalam tes daya ingat, jika dibandingkan para partisipan yang tidak mendengarkan musik sama sekali. 

Memberi Efek Menenangkan

Mendengarkan musik dapat membantumu menjadi jauh lebih tenang, Karena tidak heran jika metode terapi satu ini juga efektif dan digunakan oleh Rumah Sakit. Karena musik juga dapat membantumu menjadi lebih rileks. Sehingga akan memberikan efek menenangkan lainnya. 

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Depression and Anxiety, dijelaskan bahwa terapi musik memiliki feke mnenangkan yangs ama baiknya dengan etrapi pijat. Bahkan dikemukakan bahwa partisipan yang melakukan terapi pijat selama 12 minggu memiliki tingkat stres yang sama dengan orang yang mendengarkan musik.

Meredakan Sakit

Dalam penelitian di University of Utah Pain Research Center, dikatakan bahwa mendengarkan musik dapat membantu partisipan menurunkan rasa sakit dan nyeri. Hal ini disebut sebagai media pengalihan, karena musik ditengarai dapat membuat para partisipan dapat melupakan rasa sakit atau nyeri fisik yang mereka alami sendiri. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa manfaat dari mendengarkan musik bagi kesehatan fisik, mental dan tubuh. Banyak sekali manfaat musik yang belum dibahas, namun pada dasarnya dengan terbiasa mendengarkan musik yang baik, maka akan mendatangkan manfaat yang dapat kamu rasakan secara langsung ataupun di kemudian harinya.

mendengarkan musikmusik