7 Manfaat Mendengarkan Ayat Al-Quran

Nesiaverse.com – Mendengarkan ayat Al-Quran memiliki manfaat tersendiri. Dengan membiasakan mendengarkan murottal merdu Al-Quran adalah salah satu kebiasaan baik yang sangat bermanfaat, tidak hanya untuk meningkatkan koneksi pritula dna keberdayaan diri saja. Namun, mendengarkan murottal Al-Quran juga memiliki manfaat lainnya yang dapat meningkatkan kesehatan kamu. 

Murottal ada salah Satu bentuk atau lantunan dari ayat-ayat suci Al-Quran, yang mana dinyanyikan oleh seorang qori (pembaca Al-Quran0. Istilah satu ini merujuk pada rekaman audio yang kemudian akan diperdengarkan dengan harmoni dan ritme yang khas. Murottal ini umumnya dilakukan dengan tempo yang lambat dan sangat indah di dengar. 

Beberapa Manfaat Mendengarkan Ayat Al-Quran

Advertisment

Mendengarkan ayat Al-Quran ini akan menciptakan pengalaman mendengarkan yang mendalam dan menghanyutkan. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Muhammadiyah Surabaya atau UM Surabaya, mengatakan bahwa manfaat dari mendengarkan murottal menjadi salah satu hal yang dapat menjaga kestabilan emosi seseorang, menurunkan rasa cemas sehingga mampu meredakan rasa nyeri. 

Advertisment

Dengan memulai kebiasaan mendengarkan ayat Al-Quran, maka akan dimulai dengan menentukan waktu yang khusus, karena kamu dapat melakukannya secara rutin di waktu yang sama. Kamu dapat memilih saat-saat yang tenang dan tidak terganggu agar sepenuhnya dapat meresapi dan perhatian kamu fokus dengan ayat-ayat suci yang diperdengarkan tersebut. 

Berikut kami sudah merangkum beberapa manfaat yang didapatkan dari mendengar ayat Al-Quran. 

Meningkatkan Kualitas Hidup Pendengarnya

Manfaat pertama dari mendengarkan ayat suci Al-Quran adalah dapat membantu untuk meningkatkan kualitas hidup pendengarnya. Mendengarkan ayat suci AL-Quran ini akan memberikan dampak positif. Hal ini diungkapkan dalams beuah penelitian yang dilakukan oleh Muladi dkk pada 2012 lalu. Dalam penelitian tersebut, kelompok repsoned yang diberikan intervensi dari bacaan Al-Quran mengalami perbedaan yang bermakna dalam segi dan kualitas hidup, sebelum dan sesudah intervensi tersebut. 

Kemudian kelompok yang menerima intervensi ini menunjukan peningkatan yang nyata dalam kualitas hidup dimana setelah mendengarkan murottal Al-Quran. Mendengarkan ayat AL-Quran tidak hanya memberikan ketenangan batin saja, namun dapat mengurangi tingkat stres dan memberikan ketenangan serta kebahagian juga. 

Mendorong Perkembangan Kognitif Pada Anak Autis Dengan Efektifitas Yang Baik

Dalam penelitian pada tahun 2012 oleh Hady dkk, di soroti efektivitas dari terapi musik murotal satu ayat Al-Quran, yang aman dapat mempengaruhi perkembangan kognitif anak autis secara positif dan efektif. Jika dibandingkan dengan terapi menggunakan musik klasik, karena terapi mendengarkan ayat suci Al-Quran ini menunjukan dampak yang jauh lebih baik untuk memfasilitasi proses perkembangan kognitif anak yang autis. 

Murottal ayat suci Al-Quran dengan nada dan ritme ini,dapat membantu dan merangsang berbagai aspek kognitif si anak. Dimana seperti perhatian, memori hingga pemahamannya. Bunyi yang memiliki irama dan bermakna dalam ayat Al-Quran ini dapat membantu proses peningkatan dan kemampuan dalam proses sensorik dan keterampilan bahasa pada anak-anak autis. 

Dapat Mengalihkan Rasa Sakit

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Hidayah dan Handayani dkk pada tahun 2013-2014 ini mengungkapkan, bahwa mendengarkan ayat Al-Quran untuk terapi memiliki dampak dan manfaat positif karena dapat mengalihkan rasa sakit dan mengurangi rasa nyeri sebelumnya. Dari kedua penelitian tersebut, kelompok yang mendapatkan terapi ayat suci Al-Quran ini memiliki tingkat nyeri yang jauh lebih rendah dibandingkan kelompok yang terpakai tanpa mendengarkan ayat suci Al-Quran. 

Lantunan dari ayat-ayat Al-Quran inilah yang dapat memberikan ketenangan secara spiritual, namun juga menghasilkan efek relaksasi secara fisik. Karena mendengarkan suara merdu dan penuh nilai dan makna dari ayat Al-Quran, maka dapat mengalihkan rasa nyeri dna perhatian yang dirasakan seseorang saat itu. Lantunan dari ayat Al-Quran ini dapat mengurangi kepekaan terhadap rangsangan nyeri, sehingga kamu akan terhindar dari rasa tidak nyaman dan menjadi jauh lebih tenang lagi. 

Mampu Menurunkan Tingkat Kecemasan Individu

Masih seputar terapi, terdapat penelitian yang dilakukan oleh Zahrofi, Zanzabiela dan Alfianti pada tahun 2013-2014 lalu. Dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa terapi dengan mendengarkan ayat Al-Quran ini dapat memberikan manfaat dan dampak positif dimana dapat membantu menurunkan tingkat kecemasan individu secara efektif. 

Dalam penelitian tersebut, terdapat responden yang mendapatkan terapi ayat suci Al-Quran atau murottal, dan respon ini memiliki tingkat kecemasan yang menurun satu menjadi lebih rendah daripada sebelumnya. Sementara bagi mereka yang tidak mendapatkan terapi ini memiliki tingkat kecemasan yang justru semakin tinggi. 

Mendengarkan ayat Al-Quran ini menawarkan ketenangan batin dan dapat menghubungkan individu dengan sumber spiritual. Ayat-ayat Al-Quran ini memiliki makna yang dalam, sehingga dapat memberikan harapan, hiburan dalam menghadapi segala kecemasan yang sedang dihadapi. 

Lantunan yang merdu dengan iramanya yang dapat membantu untuk menenangkan pikiran, mengurangi gejala fisik yang berhubungan dengan kecemasan. Misalnya gejala detak jantung yang cepat dan nafas yang fluktuatif akan menghilang nantinya. 

Mengurangi Perilaku Kekerasan

Tahun 20102 lalu Widhowati SS melakukan penelitian, dimana hasilnya menunjukan bahwa seseorang yang melakukan terapi dengan mendengarkan ayat suci Al-Quran, yaitu dari surah Ar-Rahman dalam kelompok perlakuan jauh lebih efektif karena dapat mengurangi dan menurunkan perilaku dan tindak kekerasan jika dibandingkan dengan mereka kelompok kontrol yang tidak pernah mendengarkan ayat Al-Quran. 

Kareena lantungan dan isi dari ayat Al-Quran sendiri menyampaikan pesan perdamaian, kasih sayang, keadilan yang mana akan berdampak positif terhadap emosi serta perilaku orang yang tengah mendengarnya. Tentunya hal satu ini dapat membantu seseorang yang rutin mendengarkannya akan mampu mengelola kemarahannya, meningkatkan kontrol diri dan dapat mendorong diri bersikap lebih damai dan penuh dengan pengertian. 

Sangat Baik Untuk Psikologi Manusia

Dalam sebuah studi di University of Technology di Malaysia berhasil membuktikan bahwa manfaat mendengarkan ayat Al-Quran baik untuk psikologi manusia. Mereka mencoba melakukan penelitian dengan mengukur aktivitas otak, menggunakan Electroencephalogram atau EEG. Alat satu ini akan membantu untuk mengukur gelombang alfa, beta, gamma, delta dan theta. 

Kemudian tercatat bahwa otak menghasilkan gelombang alfa, ketika membaca maupun mendengarkan ayat Al-Quran, dimana mengindikasikan bahwa otak dalam kondisi dapat, stres, rileks dan lebih fokus lagi nantinya. Maka, sangat baik untuk mendukung psikologi seseorang. 

Meningkatkan Kemampuan Memori

Masalah degeneratif yang sering dialami seseorang adalah kemampuan memori yang mengalami penurunan atau pikun. Salah satu permasalahan ini dapat diatasi dengan melakukan kebiasan mendengarkan ayat Al-Quran. Karena diketahui bahwa ayat-ayat Al-Quran dapat meningkatkan kemampuan dalam mengingat. 

Pada sebuah studi di University of Mohaghegh Ardabili di Iran tahun 2014 lalu, dimana meneliti mengenai pengaruh ayat Al-Quran terhadap memori anak-anak, khususnya pada usia sekolah dasar dan hasilnya sangat baik. Karena terdapat peningkatan performa ingatan siswa yang mendengarkan ayat Al-Quran dan mereka yang tidak mendengarkan ayat Al-Quran selama 15 menit setiap harinya. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa manfaat dari mendengarkan ayat suci Al-Quran. Dari penjelasan diatas diketahui bahwa terdapat banyak manfaat dari aktivitas mendengarkan murottal, bahkan menjadi terapi bagi berbagai macam penyakit atau keluhan yang mungkin kamu alami.

al-quran