6 Manfaat Makan Kurma di Pagi Hari

Nesiaverse.com – Buah Kurma ini selain rasanya yang manis dan penuh nutrisi tetapi ternyata buah yang memiliki manfaat yang melimpah untuk kesehatan tubuh, untuk kamu yang memakan buah Kurma di pagi hari yang bisa memberikan manfaatnya untuk kesehatan.

Buah Kurma atau dikenal dengan Phoenix dactylifera L ini yang merupakan salah satu jenis tumbuhan palem dengan memiliki buah berbentuk kecil yang rasanya yang manis, dengan rasa manis inilah buah Kurma menjadi makanan favorit kebanyakan orang.

Buah Kurma ini yang menjadi makanan yang identik dengan bulan puasa atau Ramadhan dengan memiliki daging buah yang lembut dan manis sehingga sangat cocok dikonsumsi sebagai makanan berbuka puasa, buah ini yang merupakan tanaman tradisional yang penting di Arab, Turki, Irak, Afrika Utara hingga ke Maroko.

Advertisment

Tanaman Kurma ini yang dapat tumbuh kapan saja sepanjang tahun tetapi buah ini yang kerap dipanen pada saat musim gugur atau awal musim dingin terjadi di negara asalnya, namun sekarang ini buah Kurma sudah tersedia di berbagai negara salah satunya di Indonesia yang tersedia di pasaran dengan harganya yang terjangkau.

Buah Kurma juga dilengkapi dengan kandungan nutrisi yang banyak di dalamnya yang akan memberikan manfaat, apalagi jika mengkonsumsi buah Kurma ini di pagi hari yang bisa memberikan manfaat yang lebih untuk tubuh yang dapat kamu rasakan.

Advertisment

Nah untuk kamu yang penasaran dan ingin tahu dengan apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari memakan buah Kurma di pagi hari, untuk itu kamu bisa dengan simak penjelasannya disini untuk mengetahuinya lebih lanjut.

Manfaat Makan Kurma di Pagi Hari

Buah Kurma ini yang paling sering dikonsumsi selama bulan Ramadhan selain sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad S.A.W, ternyata dengan mengkonsumsi buah Kurma juga terbukti mempunyai manfaat yang melimpah untuk kesehatan tubuh.

Hal ini dikarenakan buah Kurma yang mengandung kalori yang tinggi, vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh dan bahkan serat yang banyak terdapat didalamnya, kandungan nutrisi pada buah Kurma diantaranya karbohidrat, vitamin B6, protein, magnesium, potasium, mineral dan juga vitamin yang lainnya.

Dengan buahnya yang memiliki tekstur kenyal dengan rasa yang manis membuat buah ini yang sangat digemari banyak orang di berbagai negara, dimana dilansir dari laman Healthline, Kurma ini yang mengandung banyak nutrisi dan serat yang bisa membuat tubuh merasa kenyang dalam jangka waktu cukup lama.

Selain itu juga buah Kurma yang kerap dijadikan sebagai bahan untuk pengobatan dan juga suplemen kesehatan karena khasiat dan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh terutama dikonsumsi di pagi hari, adapun untuk beberapa manfaat makan kurma di pagi hari yang bisa kamu dapatkan sebagai berikut:

Membantu Mencegah Serangan Jantung

Buah Kurma merupakan sumber potasium yang tinggi dan senyawa potassium ini yang dapat mengurangi risiko terjadinya serangan jantung, penyakit jantung dan stroke serta penyakit yang lainnya berhubungan dengan jantung, sehingga dengan mengkonsumsi buah Kurma di pagi hari yang akan membantu mencegah terjadinya risiko serangan jantung.

Buah Kurma yang baik untuk mengurangi atau meredakan tingkat kolesterol atau LDL di dalam tubuh yang menjadi faktor utama penyebab serangan jantung, sehingga untuk merasakan manfaatnya bisa dengan mengkonsumsi buah Kurma di pagi hari secara rutin sebelum melakukan berbagai aktivitas.

Sebagai Sumber Zat Besi

Dimana buah Kurma sebagai salah satu jenis buah yang mengandung banyak zat besi di dalamnya, dengan kandungan zat besi ini yang mampu membantu untuk mencegah anemia dan juga membantu dalam melancarkan proses peredaran darah.

Bahkan selain itu juga kandungan zat besi dari buah Kurma ini yang bisa memberikan manfaat untuk membantu tubuh dalam mensuplai oksigen di darah, sehingga dengan mengkonsumsi buah Kurma di pagi hari yang akan membantu tubuh merasa lebih aktif dalam menjalankan berbagai aktivitas sehari-harinya.

Kesehatan Tulang

Untuk menjaga kesehatan tulang selain dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi, ternyata dengan mengkonsumsi buah Kurma di pagi hari juga yang dapat membantu untuk menjaga kesehatan tulang, manfaat ini yang berasal dari kandungan vitamin C, calcium, fosfor dan juga magnesium di dalam buah Kurma yang memiliki peran penting dalam merawat serta memperbaiki kualitas tulang.

Kandungan mineral yang sangat tinggi di dalamnya buah Kurma ini yang berfungsi untuk membantu memperkuat tulang dan juga melawan penyakit osteoporosis, selain itu kandungan mangan, tembaga, selenium dan magnesium merupakan komponen dari pertumbuhan dan kekuatan tulang.

Sebagai Sumber Potassium

Buah Kurma termasuk ke dalam salah satu  jenis buah dengan sumber potassium didalamnya yang baik, kandungan potassium ini yang memiliki peran penting untuk membantu memberikan energi yang cukup pada tubuh dalam melakukan kegiatan atau aktivitas sehari-hari.

Selain itu juga kandungan potasium yang merupakan sumber energi yang sangat baik untuk para penderita tekanan darah tinggi, sehingga untuk merasakan manfaat ini yang bisa didapatkan hanya dengan rutin mengkonsumsi buah Kurma di pagi hari.

Menurunkan Berat Badan

Untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan atau diet maka bisa dengan mencoba memasukkan buah Kurma ke dalam menu diet harian, dengan mengkonsumsinya di pagi hari sebelum olahraga yang akan membantu untuk menurunkan berat badan.

Dengan mengkonsumsi buah Kurma di pagi hari yang akan membuat kamu merasa kenyang dengan waktu yang cukup lama sehingga mencegah memakan makanan yang berat, selain itu buah Kurma ini yang memberikan manfaat lainnya sebagai energi booster yang akan membantu untuk meningkatkan metabolisme tubuh untuk melakukan olahraga di pagi hari.

Mencegah Kelelahan

Pada saat bangun tidur di pagi hari yang biasanya tubuh yang terasa lelah dan lesu, dengan mengkonsumsi buah Kurma di pagi hari yang akan memberikan manfaat untuk mencegah kelelahan dan membantu tubuh merasa siap melakukan berbagai aktivitas seharian dan tidak mudah merasa lelah.

Manfaat makan kurma di pagi hari yang satu ini berasal dari kandungan nutrisi yang banyak seperti potassium, dan zat besi di dalamnya yang memiliki peran penting untuk membantu meredakan rasa lelah pada saat bangun tidur.

Mungkin hanya itu saja ulasan dan informasi mengenai manfaat makan buah kurma di pagi hari yang bisa kamu ketahui dan untuk merasakan manfaatnya lebih maksimal maka bisa dengan mengkonsumsi buah Kurma secara rutin, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

buah kurma