6 Manfaat Madu Untuk Kucing Sakit

Nesiaverse.com – Sebagai sesama mahluk hidup tentu saja kucing pun bisa mengalami sakit. Kucing bisa merasakan seperti apa itu keracunan, demam, cedera, dan terserang berbagai virus yang membuat kucing jadi sakit bahkan ada juga beberapa kondisi yang mengancam nyawanya.

Namun, cara mengobati kucing dan manusia cukup berbeda, mulai dari obat-obatannya sampai perlengkapan atau alat pengobatan. Walaupun begitu ternyata ada beberapa bahan alami yang bagus juga untuk menjadi obat tradisional bagi kucing saat sakit, salah satunya adalah madu.

Selain bagus juga untuk manusia, nyatanya manfaat madu untuk kucing sakit juga sangat banyak dan berkhasiat. Madu sendiri memang terkenal dengan segudang manfaatnya bagi makhluk hidup seperti manusia dan hewan, bahkan madu juga cukup aman dikonsumsi kucing.

Advertisment

Lalu kalau begitu apa saja manfaat madu untuk kucing sakit? Nah, disini akan memberikan beberapa penjelasan terkait manfaat madu yang baik untuk kucing konsumsi ketika sedang sakit, secara jelas dan menyeluruh. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Manfaat Madu Untuk Kucing Sakit

Advertisment

Dalam memberikan perawatan kepada kucing memang bukanlah suatu hal yang mudah. Karena kamu harus paham mengenai segala permasalahan kucing mulai dari riwayat penyakit, makanan yang cocok untuk kucing, atau perawatan apa saja yang sesuai kebutuhan kucing dsb.

Apalagi kucing juga bisa mengalami yang namanya sakit, apalagi kucing rentan sekali terkena virus seperti Feline herpesvirus atau Feline calicivirus. Keduanya sangat berbahaya untuk kucing, dan hal itu perlu penanganan yang lebih intensif atau kamu bisa memvaksin si kucing.

Vaksin untuk kucing sangatlah penting dalam mencegah kucing terkena virus, selain itu ada juga bahan alami yang dapat kamu gunakan sebagai vitamin agar kucing tidak mudah sakit, salah satunya adalah madu. Madu dikenal memiliki banyak manfaat untuk kucing yang sakit.

Kandungan dalam madu juga sangat banyak dan beragam macamnya ada antioksidan, asam, vitamin, nutrisi, serat, enzim, dan lain-lain. Semua kandungan tersebut memiliki peran penting untuk tubuh kucing. Nah, berikut ada beberapa manfaat madu untuk kucing sakit, diantaranya:

Membantu Meningkatkan Imun Tubuh

Madu mengandung banyak antioksidan alami yang dapat membantu kucing meningkatkan kekebalan atau imun tubuhnya. Karena ketika kucing sedang sakit imun tubuhnya sedang tidak stabil dan melemah, sehingga berbagai bakteri atau virus akan dengan mudah menyerangnya.

Makanya penting sekali untuk mempertahankan sistem imun tubuh si kucing agar tetap stabil dan perkuat juga dari dalam dengan memberikan makanan bergizi, vitamin atau suplemen, termasuk madu juga bisa kamu gunakan sebagai vitamin alami untuk kucing agar lebih sehat.

Caranya kamu bisa tuangkan 1/2 sdt madu alami kedalam minuman kucing, lalu aduk sampai madu tersebut dapat terlarut di dalam air. Berikan secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil yang lebih maksimal, jangan lupa juga untuk selalu dibarengi dengan pola hidup sehat.

Memberikan Stamina dan Energi

Kucing yang sedang sakit, tentu saja mereka akan terlihat lebih lemah dan tidak berdaya karena imun tubuh mereka sedang melemah. Makanya setiap kali kucing sedang sakit mereka tidak mendapatkan stamina atau energi yang cukup untuk bisa pulih dari sakitnya dengan cepat.

Kandungan asam amonia yang terdapat pada madu dapat membantu dalam pembentukan protein, dimana protein ini sangat dibutuhkan oleh kucing untuk memberikan mereka energi atau stamina agar lebih kuat, tidak lemas, lesu, dan bisa lebih aktif lagi untuk beraktivitas.

Kamu bisa memanfaatkan kandungan madu tersebut ketika kucing sedang sakit, supaya mereka bisa cepat pulih dan menambah stamina mereka dikala sakit. Cukup berikan 1/2 sdt sebanyak 2 kali dalam seminggu, bisa campurkan di air minumnya ataupun makanannya.

Memulihkan Kucing Dari Flu

Ketika kucing sedang sakit flu akibat dari virus atau alergi terhadap alergen, kamu bisa berikan madu. Karena madu dikenal dengan memiliki antioksidan yang tinggi untuk membentuk antibodi yang lebih baik dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh si kucing agar lebih kuat.

Dengan memberikan madu pada kucing, setidaknya dapat membantu kucing kamu pulih dari flunya secara alami. Sebisa mungkin kamu gunakan madu alami tanpa ada tambahan gula, karena kandungan gula berlebih untuk kucing tidak begitu baik dan tidak menyehatkan.

Cara pemberian madu untuk kucing yang sakit flu, kamu bisa dengan mencampurkan 1/2 sdt madu ke dalam air minumnya atau makanannya. Karena kemungkinan saat flu kucing akan kesulitan mengendus makanannya, kamu bisa dihangatkan terlebih dahulu makanan tersebut.

Menurunkan Demam si Kucing

Seperti yang telah kamu ketahui, kalau madu mengandung banyak antioksidan yang baik dalam menurunkan demam si kucing saat sedang sakit. Karena saat kucing demam kemungkinan daya tahan tubuhnya sedang melemah dan virus mudah menyerang si kucing.

Hal itu membuat kondisi kucing menjadi tidak stabil sampai mengalami demam. Dengan memberikan madu pada kucing setidaknya akan cukup membantu dalam menurunkan demamnya. Karena madu bisa menjadi obat alternatif atau vitamin alami sebagai antibodi.

Caranya kamu bisa tuangkan 1/2 sdt madu alami kedalam minuman kucing, lalu aduk sampai madu tersebut dapat terlarut di dalam air. Berikan secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil yang lebih maksimal, jangan lupa juga untuk selalu dibarengi dengan pola hidup sehat.

Sebagai Anti Bakteri Alami

Madu mempunyai sifat anti bakteri alami, hal ini bisa mencegah kucing dari bakteri yang masuk ke tubuhnya. Seperti cacingan atau bakteri lainnya yang dapat menghambat pencernaan si kucing. Sehingga sistem pencernaannya dapat terganggu akibat bakteri yang masuk ke usus.

Namun, tidak perlu khawatir karena madu bisa menjadi anti bakteri alami dan membasmi bakteri yang bersarang atau menginfeksi usus si kucing sebab madu juga bersifat anti radang, jadi bisa sekaligus mengobati peradangan di dalam pencernaan si kucing agar cepat pulih.

Caranya kamu bisa tuangkan 1/2 sdt madu alami kedalam minuman kucing, lalu aduk sampai madu tersebut dapat terlarut di dalam air. Berikan secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil yang lebih maksimal, jangan lupa juga untuk selalu dibarengi dengan makanan sehat.

Meningkatkan Nafsu Makan

Disaat kucing sedang sakit hal seperti ini sudah cukup umum terjadi. Kucing akan susah sekali untuk makan, bahkan tidak bernafsu sama sekali untuk makan. Hal itu akan memperburuk kondisinya jadi semakin parah dan lama untuk pulih karena kekurangan asupan nutrisi.

Namun, kamu bisa berikan madu pada kucing sebagai vitamin alami dalam membantu meningkatkan nafsu makan si kucing. Madu mengandung banyak nutrisi baik yang dapat membantu mengatasi permasalahan susah makan, supaya bisa makan kembali dengan normal.

Caranya kamu bisa tuangkan 1/2 sdt madu alami kedalam minuman kucing, lalu aduk sampai madu tersebut dapat terlarut di dalam air. Berikan secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil yang lebih maksimal, jangan lupa juga untuk selalu dibarengi dengan makanan sehat.

Peringatan!

Perlu untuk kamu ingat bahwasannya pemberian madu untuk kucing jangan berlebihan dan terlalu sering. Dilansir dari Healthy Paws, kucing tidak direkomendasikan untuk mengkonsumsi madu, sebab madu mengandung banyak gula fruktosa dan glukosa. Apalagi kalau menggunakan produk madu yang telah dicampuri dengan tambahan gula berlebih.

Tubuh kucing tidak cukup mampu mencerna cairan tersebut, cairan kental pada madu untuk kucing terlalu intens. Selain itu kandungan gula untuk kucing tidak ada manfaatnya malah cukup berbahaya, serta kucing juga tidak dapat merasakan atau mengecap rasa manis.

Itulah beberapa manfaat madu untuk kucing sakit yang mungkin perlu kamu ketahui, agar bisa mengatasi permasalahan saat kucing sedang sakit dengan memanfaatkan madu sebagai obat alami atau vitamin alami kepada kucing menjadikan madu sebagai obat alternatif dikala sakit.

Pastikan untuk memberikan takaran yang pas atau cukup dalam pemberian madu pada kucing. Jika terjadi reaksi seperti muntah, diare, atau sakit perut, segera hentikan pemberian madu pada kucing karena kemungkinan ada ketidakcocokan. Good Luck semoga membantu.

kucingmadu