10 Manfaat Madu Untuk Burung Kenari

Nesiaverse.com – Banyak yang bertanya-tanya mengenai dengan apa saja manfaat madu untuk burung kenari? Madu yang memang sangat bermanfaat untuk manusia maupun hewan salah satunya burung kenari yang sudah tidak diragukan lagi.

Burung kenari yang terkenal sebagai salah satu jenis burung kicau yang cukup populer karena burung tersebut sering diikutsertakan dalam perlombaan atau kontes, dimana burung kenari atau Serinus Canaria merupakan salah satu burung ocehan berasal dari pulau Canary.

Burung kenari ini yang memiliki suara kicau yang sangat merdu, alunan lagu dan juga variasi cengkoknya yang sangat banyak, tidak hanya itu saja burung kenari juga memiliki keunikan tersendiri yaitu memiliki bulu kuning yang sangat menarik, bisa nyanyi dengan merdu serta sifatnya yang ramah.

Advertisment

Sehingga tidak heran jika burung kenari memiliki banyak penggemarnya dan sudah banyak juga yang memilih untuk memelihara burung tersebut di rumahnya sebagai hewan peliharaannya, apalagi dalam memelihara burung kenari yang terbilang cukup mudah dan perawatannya bisa diberikan secara teratur untuk membuat burung tersebut tetap sehat.

Selain dengan memberikan makanan atau pakan utama kamu juga bisa dengan memberikan madu sebagai extra fooding atau makanan tambahan burung kenari, karena memang madu ini yang memiliki banyak manfaatnya untuk burung kenari yang harus kamu ketahui.

Advertisment

Untuk mengetahui dengan apa saja manfaat madu untuk burung kenari, maka untuk itu yuk simak penjelasannya dibawah ini dengan baik dan seksama.

Manfaat Madu Untuk Burung Kenari

Madu sendiri adalah salah satu wujud kotoran hewan lebah karena madu yang berbentuk air seni lebih tetapi madu yang memiliki rasa manis dan juga khasiatnya cukup beragam, madu yang bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan manusia maupun hewan seperti burung kenari masih banyak yang belum tahu.

Untuk kamu yang berniat melakukan ternak burung kenari maka tentu saja harus melakukan yang terbaik untuk burung kenari tersebut, salah satu caranya bisa dengan memberikan madu untuk membantu dalam meningkatkan kualitas burung kenari.

Karena madu yang memiliki beragam manfaat yang bisa didapatkan untuk burung kenari yang bisa dirasakan, adapun untuk beberapa manfaat madu untuk burung kenari yaitu sebagai berikut:

Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Madu yang sangat baik untuk burung kenari dalam meningkatkan daya tahan tubuh terkhususnya pada saat terjadi perubahan cuaca yang cukup ekstrim lantaran, madu yang mengandung banyak nutrisi didalamnya yang sangat penting dan juga antioksidan yang penting dalam meningkatkan imun tubuh burung kenari.

Sehingga dengan memberikan madu ke burung kenari membuat tubuhnya menjadi lebih kuat dan tidak mudah terserang oleh penyakit disebabkan oleh virus, kuman atau bakteri, selain itu kandungan nutrisi pada madu bisa meningkatkan suhu tubuh burung kenari pada saat cuaca sedang dingin.

Membantu Menjaga Stamina

Dimana burung kenari yang sudah diberikan madu yang sangat baik untuk membantu dalam menjaga stamina burung tersebut agar tetap kuat dan juga tidak akan mudah lemas, terkhususnya pada saat akan mengikuti perlombaan.

Manfaat ini berkat adanya kandungan didalam madu seperti fruktosa, sukrosa dan juga glukosa yang dibutuhkan oleh burung kenari membantu menambah stamina dan juga kekuatan agar dapat berkicau menjadi lebih baik serta lantang, kandungan sifat fruktosa yang bisa dengan mudah diserap oleh tubuh akan mengembalikan stamina tubuh burung yang secara cepat.

Membantu Meredakan Depresi atau Stress

Burung kenari yang terkadang akan mengalami depresi atau stress dan hal ini biasanya terjadi jika burung kenari tersebut yang merasa  terancam atau tidak nyaman dengan tempat tinggalnya atau bahkan perawatan diberikannya yang kurang atau tidak baik.

Stress atau depresi yang terjadi pada burung kenari yang umumnya terlalu lama dan hal ini bisa menyebabkan burung kenari menjadi malas berkicau sampai akhirnya lemas dan tidak ada tenaga bahkan menimbulkan berbagai penyakit, hal ini bisa kamu atasi dengan memberikan madu pada burung kenari yang berfungsi meredakan stress.

Membantu Meningkatkan Produksi Telur

Untuk burung kenari yang sedang dalam proses ternak yang bisa diberikan madu agar produksi telur yang dapat bertambah dan juga menghindari telur yang kosong, berkat adanya kandungan fosfor dalam madu dibutuhkan burung berfungsi untuk membantu mencegah kerusakan pada cangkang telur tipis.

Kandungan fosfor juga bermanfaat mencegah masalah lainnya seperti telur yang mudah pecah, gembur, pecah serta daya tetas yang rendah, madu yang bisa menurunkan angka kematian pada burung dan juga mencegah bulu mengkerut atau proses pertumbuhan bulu yang lambat.

Membantu mengatasi Masalah Pernapasan

Terkadang burung kenari yang mengalami masalah pada sistem pernapasannya seperti sesak karena sirkulasi atau cuaca yang sedang tidak bagus, sehingga hal tersebut membuat burung kenari menjadi malas berkicau, suara serat serta penyakit pernapasan lainnya.

Untuk membantu dalam mengatasi masalah pernapasan pada burung kenari kamu bisa dengan memberikan madu kepada burung tersebut dan jangan sampai mendekap pada bagian dada burung, karena hal tersebut yang akan memperparah sesak nafas yang dialami burung perkutut.

Mengatasi Penyakit Tulang

Manfaat madu untuk burung kenari lainnya yaitu bisa membantu dalam mengatasi penyakit tulang seperti kaki bengkok, sendi bengkak, kaki pincang atau lumpuh, manfaat ini berkat adanya kandungan niasin didalamnya yang dapat membantu untuk memelihara burung merpati sembuh dari penyakit tulang.

Tidak hanya itu saja kandungan niasin pada madu juga yang bisa membantu dalam mengatasi radang mulut dan juga menyembuhkan burung kenari yang kerap mengalami mencret atau diare, untuk memberikan madu yang bisa dilakukan dengan mencelupkan jangkrik atau ulat hongkong pada madu lalu diberikan ke burung.

Menjadi Sumber Energi

Madu yang bisa menjadi sumber energi burung sehingga untuk proses pembakaran lemak di dalam tubuh yang dapat berjalan dengan  lebih baik, sehingga untuk manfaat madu untuk burung kenari yaitu madu yang bisa menjadi sumber energi pada burung kenari.

Madu yang bisa memperkecil oksidasi protein yang menjadi energi sehingga sangat cocok untuk diberikan menjelang perlombaan agar burung merpati semakin ngotot, membantu dalam menjaga fungsi normal dari alat pencernaan burung merpati, dan juga untuk membantu mencegah diare serta berak putih.

Membantu Meningkatkan Suara

Burung kenari yang tentunya membutuhkan makanan yang mengandung gula didalamnya dan hal itu bisa didapatkan dengan memberikan madu pada burung kenari, manfaatnya yaitu meningkatkan kualitas suara dan juga memperindah kicauan suara burung kenari.

Manfaat ini tentu saja berkat adanya gula di dalam madu yang bisa menjadikan burung kenari menjadi lebih rajin atau aktif berkicau alias gacor, dibandingkan dengan burung kicau yang tidak mengkonsumsi gula maka suaranya yang akan terdengar lebih nyaring dan juga kencang.

Dapat Menyembuhkan Luka

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi di dalam madu yang mampu memberikan manfaat untuk burung kenari yaitu menyembuhkan luka, walaupun memang vitamin C yang mampu diproduksi sendiri dalam tubuh burung kenari tetapi dengan memberikan madu sebagai extra fooding cukup disarankan.

Karena memang madu yang bisa membantu dalam proses memulihkan kerusakan pada jaringan tubuh pada burung kenari seperti luka terbuka pada sayap, kaki dan bagian tubuh lainnya, untuk memberikan madu ke burung kenari bisa dengan memberikan madu sebagai air minumnya.

Membantu Mencegah Penyakit Kulit

Untuk manfaat madu untuk burung kenari lainnya berasal dari kandungan asam panthothenate didalam madu bermanfaat untuk mengatasi radang kulit atau dermatitis, sekaligus mencegah gejala perosis, selain itu juga sangat ampuh untuk mencegah bulu yang kasar dan juga mudah patah.

Kamu bisa dengan memberikan madu pada burung merpati untuk mengatasi penyakit kulit pada burung kenari yang bisa dengan cara  menyuntikkan cairan madu pada jangkrik yang bagian kepala, sayap dan kakinya telah dibuang.

Membantu Mempercepat Pertumbuhan Burung Anakan

Terakhir manfaat madu untuk burung kenari yang bisa membantu dalam proses mempercepat pertumbuhan burung kenari anakan, karena memang madu yang mengandung riboflavin atau vitamin B2 didalamnya berfungsi membantu dalam pertumbuhan burung anakan.

Bahkan tidak hanya itu saja madu juga yang tentunya sangat berguna dalam membantu dalam memperbaiki produksi telur pada burung kenari indukan, sehingga dengan begitu daya tetas dan juga pertumbuhan embrio burung kenari yang akan semakin maksimal.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa manfaat madu untuk burung kenari dan juga cara memberikan madu pada burung kenari yang teratur maka bisa merasakan manfaatnya lebih optimal, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

madumanfaat madu