Manfaat Leunca Untuk Asam Lambung

Nesiaverse.com – Pastinya untuk kamu yang menyukai masakan Sunda sudah tidak asing lagi dengan lalapan yang satu ini yaitu Leunca, ternyata lalapan Leunca ini yang memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan dan salah satunya untuk asam lambung.

Leunca yang biasa dikenal sebagai American black nightshade, glossy nightshade atau small-flowered nightshade dengan memiliki nama ilmiah lainnya yaitu Solanum Americanum, dimana tanaman ini yang memiliki warna hitam keunguan jika sudah matang namun jika masih muda maka warnanya hijau.

Dimana tanaman ini  yang asli berada di sekitar Pasifik Tropis dan Samudra Hindia dengan memiliki umur yang pendek, selain itu juga untuk bentuk Leunca yaitu bulat bundar yang mengkilap dan di dalamnya yang mengandung banyak biji kecil.

Advertisment

Biasanya leunca ini yang digunakan sebagai lalapan yang akan memberikan sensasi pada saat dimakan bersama dengan lalapan lainnya apalagi pada saat di cocokkan dengan sambal yang akan memberikan selera makan yang lezat, selain dimakan secara mentah namun ada juga yang diolah dengan memasukkannya ke dalam masakan yang memberikan rasa yang lezat dan lebih kaya.

Selain enak dimakan untuk pelengkap lalapan leunca juga ternyata memiliki banyak manfaatnya secara tradisional dan juga turun temurun untuk kesehatan tubuh, nah untuk kamu yang penasaran dengan manfaat leunca untuk asam lambung bisa dengan simak ulasan di bawah ini.

Advertisment

Manfaat Leunca Untuk Asam Lambung

Leunca yang termasuk ke dalam genus Solanum dan tergolong keluarga tumbuhan Solanaceae merupakan salah satu tumbuhan dengan memiliki banyak jenisnya yaitu sekitar 1.400 jenis, dengan memiliki banyak jenis Solanum ini sehingga sudah tidak heran jika tumbuhan yang satu ini sudah menyebar di berbagai negara yang ada di seluruh dunia.

Dimana Leunca ini yang aslinya berasal dari Britania dan bahkan terdapat sebelum adanya pertanian Neolitik dimulai, tanaman ini yang diyakini oleh kebanyakan orang bahwa tanaman ini yang berasal dari Asia Barat dan Eropa yang telah dibawa masuk ke Indonesia dengan melalui Malaysia.

Leunca yang sudah lama menjadi salah satu keluarga besar lalapan yang memiliki rasa yang enak dinikmati mentah-mentah, selain itu juga dikabarkan bahwa Leunca ini yang memiliki beragam manfaatnya untuk kesehatan salah satunya manfaat Leunca untuk asam lambung.

Untuk itu berikut beberapa manfaat Leunca untuk asam lambung dan untuk kesehatan yang lainnya yaitu sebagai berikut.

Tanaman leunca ini yang mengandung anti tumorigenic yang dapat membantu untuk menghambat pertumbuhan yang berpotensi tumor, hepatoprotektif untuk membantu menjaga kesehatan pada hati dna juga antioksidan, anti inflamasi (anti peradangan).

Selain itu juga dalam Leunca ini yang telah ditemukan fungsi antibakteri dan antispasmodik yang untuk membantu dalam meredakan keluhan perut kembung atau kram perut dan juga nyeri perut, untuk manfaat leunca yang lainnya untuk kesehatan yang dikenal dapat mengobati penyakit maag yang diakibatkan oleh luka pada dinding lambung, penyakit kuning, tuberkulosis.

Leunca juga yang bisa membantu dalam mengobati demam hal ini dikarenakan terdapat akndungan antipiretika untuk penurun demam serta memiliki sifat diaforetika untuk merangsang pengeluaran keringat didalam tubuh, sehingga dengan begitu akan membantu dalam menyeimbangi panas tubuh dengan cara mengeluarkan cairan atau keringat.

Bahkan selain Leunca daun Leunca juga yang dapat dimanfaatkan untuk membantu meringankan peradangan dan juga edema atau pembengkakan pada bagian tubuh yang diakibatkan adanya penimbunan cairan dalam jaringan untuk caranya kamu bisa dengan merebus daun Leunca tersebut dan minum air rebusannya.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai manfaat Leunca untuk asam lambung yang bisa kamu ketahui dna untuk merasakan manfaatnya kamu bisa dengan mengkonsumsi Leunca secara teratur, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

asam lambungleuncamanfaat leunca