10 Manfaat Kumur Air Garam Untuk Gigi

Nesiaverse.com – Peran air garam bagi kesehatan cukuplah penting, salah satunya dijadikan kumur untuk gigi. Namun, masih banyak yang belum mengetahui manfaat dari kumur menggunakan air garam untuk gigi ini. 

Berkumur air garam merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan guna mengatasi permasalahan seperti sakit gigi. Selain itu,air garam juga dinilai bekerja ampuh untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan lainnya.

Selain itu membuat obat kumur dari air garam ini cukuplah mudah sehingga tidak sedikit orang yang memanfaatkannya. Air garam sendiri merupakan salah satu pengobatan alami tanpa medis atau bahan kimia. 

Advertisment

Bagi kamu yang ingin mengetahui manfaat kumur air garam untuk gigi, kamu bisa menyimak pembahasan lengkapnya dalam artikel di bawah ini. Sehingga akan mudah bagi kamu untuk mengetahui dna kemudian menyesuaikan dengan manfaat pun kebutuhannya kelak.

Manfaat Kumur Air Garam Untuk Gigi

Advertisment

Garam tidak hanya digunakan sebagai penyedap makanan saja, namun memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah manaf bagi kesehatan gigi dan mulut. 

Sebagian orang bahkan memilih cara kumur air garam secara rutin untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Manfaat dari kumur air garam untuk gigi ini sangatlah banyak. 

Natrium klorida atau NaCl marijuana salah satu komponen utama garam yang memiliki sifat osmosis, sehingga bekerja dengan cara menyerap cairan pada suatu jaringan atau sel nantinya. 

NACl akan bekerja dengan cara menyerap kelebihan cairan yang ada di dalam mulut, sehingga nantinya mulut akan menjadi lebih kering dan tentunya bakteri akan sulit untuk berkembang. 

Selain itu, air garam juga bersifat isotonik, sehingga tidak akan mengiritasi selaput lendir. Hal inilah yang akan membuat banyak orang percaya mengenai khasiat dari garam guan menjaga kesehatan gigi dan mulut. 

Berikut beberapa manfaat dari kumur air garam untuk gigi yang perlu kamu ketahui. 

Meredakan Sakit Gigi

Manfaat pertama dari kumur menggunakan air garam ini dilansir dari laman National Health, Service, yang menyebutkan bahwa berkumur air garam dapat menjadi salah satu cara mengatasi sakit gigi. 

Menjadi salah satu cara terbaik untuk membuat obat kumur alami, yaitu dengan air garam dan cukup melarutkannya saja dalam air hangat. Kamu juga bisa mulai mengobati sakit gigi yang nyut-nyutan dengan berkumur air garam. 

Namun, cara satu ini sebaiknya tidak dilakukan pada anak-anak, kareena dikhawatirkan mereka akan salah dan menelan air garam yang digunakan berkumur. 

Namun, jika kamu ingin menegarakan si kecil cara untuk berkumur menggunakan air garam, maka sebaiknya untuk memastikan terlebih dahulu bahwa ia sudah bsia membuat air bekas kumurannya. 

Mengatasi Radang Tenggorokan

Dalam sebuah studi di Malaysia, yang mana melibatkan 100 orang yang menderita radang tenggorokan atau faringitis nn bakteri, kemudian berkumur menggunakan larutan garam atau NaCl 3% sleman minggu, maka dapat membantu untuk meredakan sakit tenggorokan tersebut. 

Kemudian, perawatan radang tenggorokan ini bahkan menunjukkan adanya hasil yang jauh lebih bagus jika dibandingkan dengan tipe pengobatan dengan larutan timol. 

Kemudian penelitian ini juga tidak menunjukkan bahwa larutan garam dapat membunuh bakteri, namun meredakan jaringan yang meradang. Nah, karena manfaat tersebut maka kumur air garam ini dapat membantu mengatasi faringitis dan tonsilitis atau amandel. 

Mengusir Bau Mulut

Salah satu penyebab halitosis atau bau mulut diantaranya karena pH di dalam mulut yang terlalu rendah, dan bersifat basa. Namun, jika kamu berkumur menggunakan air garam tentunya dapat memberikan manfaat. 

Manfaat yang didapatkan berupa penetralan pH mulut, sehingga bau mulut bisa sedikit teratasi nantiya. Namun, jika bau mulut justru disebabkan oleh penyakit tertentu, maka berkumur menggunakan air garam hanya akan menghilangkan halitosis untuk sementara waktu saja. 

Meringankan Penyakit Gusi 

Situs International Journal of Dental Clinics yang menyebutkan bahwa sifat anti inflamasi pada larutan garam ini dapat membantu untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan ringan di gusi. 

Selain itu, sifat antibakteri pada air garam ini akan membantu untuk membunuh bakteri yang menyebabkan penyakit gusi, gusi bengkak, gusi berdarah hingga sariawan juga. 

Membantu Penyembuhan Luka Pada Mulut

Manfaat lainnya dari kebiasaan berkumur dengan air garam alah mampu membantu proses penyembuhan luka pada mulut. Dimana luka pada mulut ini terbentuk karena konsumsi makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin. 

Selain itu, luka juga bisa disebabkan oleh prosedur perawatan gigi. Namun, guna merawat luka terbuka kamu sebaiknya menggunakan takaran garam yang mana lebih sedikit supaya tidak terlalu perih nantinya. 

Mengatasi Plak Pada Lidah

Plak putih pada lidah ini rentan muncul jika kamu tidak bisa membersihkan lidah secara telate. Maka, kamu dapat membiasakan berkumur menggunakan air garam untuk mengatasi permasalahan tersebut. 

Namun, memang sebaiknya kamu mengurangi takaran garam ketiak membuat larutan kumur, sehingga tidak akan menyebabkan luka terasa perih juga. Perhatikanlah takarannya. 

Meredakan Penyakit Sinus

Selanjutnya manfaat air garam ini dapat membantu menjaga kesehatan kamu sekaligus meredakan penyakit sinus. Infeksi virus atau bakteri yang menyebabkan sinus ini dibantu dengan cara berkumur menggunakan air garam. 

Nah, hal ini juga dielakan dalam sebuah studi kesehatan pada tahun 2013, yang menyatakan bahwa berkumur menggunakan air garam bekerja lebih efektif untuk mencegah infeksi ulang dibandingkan dengan vaksinasi flu. 

Meningkatkan Kesehatan Mulut

Ketika aroma atau bau mulut kamu menajam, maka salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Hal ini dikarenakan air garam merupakan desinfektan alami yang dapat menjaga kesehatan mulut. 

Dimana hal ini dapat membantu untuk membunuh atau menghilangkan bakteri di mulut yang mampu merusak gigi. Selanjutnya dapat membantu meredakan sakit gigi dan mengurangi peradangan di rongga mulut dengan baik.

Mencegah Batuk dan Infeksi Pernapasan

Terkhair, manfaat dari air garam ini dapat membantu untuk mencegah batuk dan infeksi pada saluran pernapasan. Dimana dengan membersihkan rongga tenggorokan akan membantu menghilangkan iritasi tenggorokan penyebab batuk dan infeksi saluran pernapasan. 

Adapun cara menggunakan air garam untuk gigi yang bisa kamu coba dan praktikan nantinya. 

  1. Cara pertama adalah kamu dianjurkan melarutkan 1/2 sendok teh garam atau sdt dalam segelas air hangat, yaitu 250 ml
  2. Lanjutkan dengan berkumur-kumur hingga seluruh bagian mulut terkena campuran air garam tersebut. Nah, tanah selama 40 hingga 90 detik lamanya, pada area yang ingin diobati
  3. Jika sudah, kamu bisa langsung buang air yang digunakan untuk berkumur tersebut
  4. Ulangi menggunakan cara yang sama sebanyak 2 hingga 3 kali
  5. Selesai

Nah, perlu kamu ingat juga, bahwa berkumur menggunakan air garam tidak akan menggantikan fungsi dari sikat gigi flossing hingga perawatan dokter gigi. 

Maka, kamu memang tetap harus sikat gigi minimal 2 kali dalam sehari, meskipun sudah rutin berkumur menggunakan larutan air garam. Kemudian kamu harus tetap melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi yaitu 6 bulan sekali.

air garamgaramgigi