10 Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan

Nesiaverse.com – Tidak hanya buah manggis saja yang bisa memberikan manfaat atau khasiat untuk kesehatan, namun ternyata kulit manggis juga bisa memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan dan untuk kamu yang ingin tahu manfaatnya bisa simak ulasan di bawah ini.

Manggis sendiri merupakan salah satu jenis buah yang biasanya banyak tumbuh di kawasan Asia Tenggara termasuk di Indonesia, selain memiliki daging buah yang manis dan sedikit asam yang enak bisa dimakan atau disantap.

Namun kulit manggis juga yang ternyata mempunyai manfaat atau khasiat yang sangat luar biasa untuk kesehatan, dengan beragam manfaat dari kulit manggis ini berkat adanya kandungan nutrisi didalamnya yang sangat baik untuk kesehatan.

Advertisment

Beragam kandungan nutrisi tersebut seperti serat, magnesium dan juga vitamin C, selain itu juga kulit manggis yang juga memuat antioksidan yaitu seperti xanthone yang mempunyai sifat antiradang, antibakteri dan juga antijamur.

Dimana untuk bisa memperoleh beragam manfaat kulit manggis ini yang bisa didapatkan dengan berbagai macam cara dan salah satunya dengan cara dikonsumsi sebagai jus, teh herbal maupun suplemen, nah untuk kamu yang penasaran dengan apa saja manfaat kulit manggis maka bisa dengan simak penjelasannya disini dengan seksama.

Advertisment

Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan

Sebenarnya manfaat kulit manggis ini yang sangat populer sebagai obat herbal, karena hal ini yang berkaitan dengan manfaatnya diklaim bisa membantu mencegah serta menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit.

Bahkan selain itu berbagai produk kulit manggis yang tersedia banyak dan bisa dengan mudah di temukan di pasar, dengan adanya zat penting yaitu xanthone di dalam kulit manggis ini yang membuat kulit manggis ini berharga.

Karena zat xanthones yang dapat menjadi bahan alami untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti mencegah kanker, mencegah diabetes dan juga melawan radikal bebas, manfaat kulit manggis untuk kesehatan serta kecantikan ini dipengaruhi dengan kandungan nutrisi ini.

Ekstrak kulit manggis diperkaya dengan kandungan mineral, vitamin, antioksidan hingga asam amino, dengan begitu tidak heran jika kulit manggis ini yang menjadi semakin populer dikonsumsi digunakan sebagai obat herbal.

Adapun untuk beberapa manfaat kulit manggis yaitu sebagai berikut:

Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat dari kulit manggis yaitu bisa membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, manfaat ini berkat adanya kandungan vitamin C di dalam kulit manggis berperan penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin C ini yang akan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh kapan saja tubuh yang bertemu dengan agen infeksi sehingga dengan begitu kamu tidak akan mudah sakit, kulit manggis juga yang sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sedang sakit.

Hal ini dikarenakan salah satu manfaat kulit manggis untuk kesehatan yang bisa mempercepat proses penyembuhan, kulit manggis memiliki sifat anti mikroba sangat efektif terhadap staphylococcus aureus.

Dimana hal ini yang bisa membuat kulit manggis tersebut yang sangat aman dan bagus untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki kekebalan tubuh yang rendah yaitu seperti pasien HIV/AIDS dan juga tuberkulosis.

Membantu Mengontrol Gula Darah

Kalori di dalam kulit manggis yang sangat sedikit membuat kulit manggis sangat aman dikonsumsi oleh penderita diabetes, kulit manggis yang mengandung serat bisa membantu menjaga gula darah di dalam tingkat normal.

Dengan cara mengikat gula berlebih di usus serta mencegahnya diserap ke dalam darah, tetapi harus diingat bahwa cara terbaik dalam mengendalikan diabetes yaitu dengan menjaga pola hidup sehat seperti melakukan aktivitas fisik secara teratur dan makan makanan yang sehat.

Membantu Mencegah Kanker

Selanjutnya untuk manfaat kulit manggis yaitu bisa membantu mencegah risiko kanker, kulit manggis ini yang sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh mereka yang rentan terhadap kanker atau yang sudah mempunyai penyakit kanker.

Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan dalam kulit manggis yang tinggi memiliki peran penting dalam melawan radikal bebas penyebab kanker, selain itu terdapat zat xanthone berfungsi mencegah proliferasi sel kanker.

Hal ini tentu saja sangat membantu proses penyembuhan kanker, tetapi bukan berarti ekstrak kulit manggis bisa membunuh sel kanker yang sepenuhnya, namun kulit manggis ini bisa dijadikan sebagai suplemen makanan di samping pengobatan kanker lainnya yang tetap dijalani.

Anti Alergi dan Anti Inflamasi

Sebuah penelitian yang menunjukan bahwa kulit manggis memiliki zat anti alergi dan juga anti inflamasi, dengan kedua kandungan ini yang bisa memperbanyak zat prostaglandin dan manfaatnya terbukti ampuh untuk membantu menghambat kadar histamin di dalam tubuh.

Manfaat dari prostaglandin yang sebenarnya berguna meredakan peradangan atau anti inflamasi, dimana keduanya yang berkaitan dengan penyebab seseorang bisa mudah terkena alergi.

Membantu Mencegah Penyakit Jantung

Dimana buah manggis yang memiliki kemampuan dalam mengendalikan kadar kolesterol sehingga manfaat kulit manggis lainnya bisa mencegah penyakit jantung dan juga penyakit kardiovaskular yang lainnya.

Kandungan serat di dalam kulit manggis berperan penting dalam meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan juga mengurangi kolesterol jahat (LDL) serta trigliserida, selain itu terdapat antioksidan yang berkaitan dengan LDL dan trigliserida di dalam darah serta mempercepatnya untuk segera diproses menjadi asam empedu dan nantinya akan dihilangkan dari tubuh.

Dengan kadar kolesterol normal atau seimbang yang bisa mencegah pembentukan plak di dinding di bagian dalam pembuluh darah, sehingga dapat mencegah aterosklerosis, aterosklerosis ini diketahui bisa menyebabkan banyak penyakit kardiovaskular yaitu seperti stroke, hipertensi dan serangan jantung.

Membantu Mencerahkan Kulit dan Mengatasi Jerawat

Kandungan vitamin C pada buah manggis yang berfungsi dalam mencerahkan kulit kusam dan juga berminyak, kandungan vitamin C ini yang dapat mempromosikan pembentukan kolagen yang dibutuhkan dalam menjaga kulit agar tetap awet muda serta kencang.

Selain itu kulit manggis yang mempunyai sifat anti inflamasi yang bisa membantu dalam mengurangi jerawat dan juga jerawat yang meradang, mencegah pembentukan jerawat baru, kulit manggis juga memiliki agen anti mikroba berfungsi menghambat pembentukan bakteri penyebab munculnya jerawat.

Membantu Menyehatkan Tulang dan Mata

Kulit manggis yang memiliki kandungan kalsium didalamnya mampu membantu menjaga kepadatan tulang, menjaga kesehatan tulang serta mencegah osteoporosis, anak-anak dan remaja yang mengkonsumsi kulit manggis bisa mendukung pertumbuhan tulang dengan optimal.

Selain itu membuat anak-anak yang bisa tumbuh lebih tinggi dengan tulang kuat, kulit manggis juga mengandung vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata dan vitamin A ini mampu mencegah xerophthalmia, melindungi retina serta mempertajam penglihatan.

Membantu Mencegah Penuaan Dini

Untuk manfaat kulit manggis yaitu sangat berguna untuk kesehatan kulit dan kecantikan, kandungan antioksidan dalam kulit manggis bisa membantu mencegah penuaan dini, kandungan antioksidan ini juga dapat menghilangkan sel-sel mati serta mendorong proses regenerasi sel-sel baru.

Membantu Membuang Racun di dalam Tubuh

Terakhir manfaat kulit manggis yaitu mampu membantu dalam membuang racun di dalam tubuh, kulit manggis memiliki kandungan antioksidan berfungsi mengikat dengan racun dan senyawa kimia yang masuk dalam tubuh dari makanan yang terkontaminasi, polusi udara, radiasi dan juga rokok.

Dimana zat berbahaya ini yang nantinya akan dihilangkan dari dalam tubuh dengan air seni, jika zat tersebut masuk ke usus maka antioksidan ini yang akan melindungi lapisan lendir usus,dengan begitu lapisan lendir yang tidak akan bersentuhan dengan racun secara langsung dan ini bisa mencegah pembentukan kanker usus besar.

Mungkin hanya itu saja untuk beberapa macam manfaat yang bisa didapatkan dengan memanfaatkan kulit manggis untuk kesehatan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat mencoba merasakan manfaatnya.

buah manggiskulit manggis