7 Manfaat Kentang Rebus Untuk Diet

Nesiaverse.com – Kentang rebus kerap kali dijadikan sebagai alternatif pengganti nasi untuk diet, karena manfaat kentang sendiri cukup banyak. Kentang menjadi salah satu sumber karbohidrat yang banyak dimanfaatkan seseorang yang menjalani program diet. Umumnya akan diolah dengan cara direbus saja sebagai salah satu menu dalam program diet untuk menurunkan berat badan. 

Memiliki rasa yang enak dan memberikan efek kenyang lebih lama membuat kentang menjadi alternatif dari nasi yang baik. Selain itu kentang juga dapat kamu olah menjadi berbagai macam menu diet. Hanya saja memang kentang rebus merupakan salah satu olahan yang bekerja paling efektif untuk membantu diet kamu. Namun, benarkah jika kentang rebus bermanfaat untuk diet?

Manfaat Kentang Rebus Untuk Diet

Advertisment

Kentang memang dipercaya sebagai salah satu pilihan asupan karbohidrat yang baik untuk program diet. Hal ini dikarenakan kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang dapat digunakan sebagai pengganti nasi. Karena sekalipun diet tubuh tetap membutuhkan asupan karbohidrat, hal ini guna untuk diolah sebagai salah satu sumber energi dalam tubuh untuk menjalani aktivitas harian. 

Advertisment

Kentang memiliki kandungan yang kaya akan nutrisi, tidak seperti nasi yang hanya memiliki karbohidrat dan tinggi kalori. Kentang memiliki kandungan vitamin C dan vitamin B6 yang merupakan golongan zat antioksidan. Sehingga memiliki banyak manfaat daripada nasi, selain itu jumlah kalori dari kentang juga lebih rendah daripada nasi. 

Kentang rebus menjadi salah satu menu andalan ketika diet. Karena fungsinya sebagai pengganti nasi lah yang membuat kentang memiliki posisi yang berperan dalam memenuhi nutrisi sekaligus gizi bagi tubuh. Berikut kami telah merangkum beberapa manfaat dari kentang rebus untuk mendukung program diet kamu.

Kentang Kaya Akan Nutrisi

Manfaat pertama dari kentang ini adalah kaya akan nutrisi, sehingga dapat memenuhi kebutuhan tubuh dari nutrisi hariannya. Dalam 1 buah kentang rebus dengan ukuran sedang memiliki jumlah kalori sebanyak 129 kkal, 4,9 gram protein, 4 gram serat dan 37 gram karbohidrat. Selain itu kentang rebus juga memiliki kandungan vitamin C di dalamnya sebanyak 14,4 mg.

Selain itu kentang rebus juga memiliki vitamin B1 dan B6 di dalamnya, sehingga dapat mendukung proses pertumbuhan dan produksi sel darah dalam tubuh. Manfaat dari kentang yang kaya nutrisi inilah yang membuatnya menjadi salah satu alternatif terbaik untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat saat program diet berjalan. 

Sumber Energi Yang Baik

Kentang rebus memiliki sumber karbohidrat yang sangat baik bagi tubuh karena tidak sebesar kandungan karbohidrat dalam nasi namun porsi yang kecil. Karbohidrat dan nutrisi dari kentang sendiri dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi untuk aktivitas harian kamu, baik untuk kegiatan berolahraga sebelum maupun sesudahnya. 

Dalam sebuah penelitian di Journal of Applied Physiology tahun 2019 lalu, ditemukan bahwa kentang memiliki efektivitas yang sama baiknya dengan karbohidrat gel yang kerap kali dikonsumsi untuk bersepeda dalam jarak jauh. Sehingga mengkonsumsi kentang sebelum kamu melakukan aktivitas olahraga berat dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh.

Tentunya kamu akan mendapatkan energi yang baik serta performa yang stabil ketika melakukan kegiatan olahraga setelah mengkonsumsi kentang rebus untuk diet. Kamu dianjurkan untuk mengkonsumsinya sebanyak 1 buah saja jika akan melakukan kegiatan olahraga, baik olahraga ringan dirumah maupun olahraga berat. 

Membantu Prose Pneurunana Berat Badan

Fungsi utama yang dicari oleh para pelaku diet selain memenuhi nutrisi dan gizi harian adalah untuk membantu proses penurunan berat badan. Kentang memiliki kandungan karbohidrat komplek yang cukup sulit dicerna oleh tubuh, jika dibandingkan dengan sumber karbohidrat lainnya seperti nasi maupun roti. 

Kandungan yang terdapat di dalam kentang inilah yang akan memberikan efek kenyang lebih lama. Sehingga dapat mengontrol nafsu makan berlebihan hingga keinginan untuk ngemil yang akan berkurang. Karena kondisi dan rasa kenyang yang lebih lama dari biasanya. 

Salah satu cara yang efektif dan simpel untuk mengurangi berat badan adalah dengan program diet dan pemenuhan sumber karbohidrat dengan menggunakan kentang rebus dan memangkas konsumsi nasi putih selama masa diet. Maka, penurunan berat badan akan terjadi dengan cepat dan signifikan. 

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat dari mengkonsumsi kentang rebus saat diet adalah mampu meningkatkan laju metabolisme dalam mencegah gula pada tingkat yang jauh lebih tinggi. Sehingga mengkonsumsi kentang rebus saat diet akan berperan penting dalam menurunkan berat badan. 

” Kentang memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan yang dikenal dengan polifenol, meningkatkan metabolisme dengan cara memecah gula pada tingkat yang jauh lebih tinggi ” ujar Goyal. Bahkan dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa proses pendinginan kentang rebus sendiri dapat membentuk pati resisten dalam jumlah yang tinggi. 

Pati resisten yang tinggi dalam kentang rebus inilah yang bermanfaat untuk mengatur metabolisme tubuh dan melawan kelebihan lemak dalam tubuh. Selain itu masih banyak manfaat lainnya dari pati resisten kentang rebus. Kentang rebus juga sangat baik dikonsumsi oleh pelaku diet karena manfaatnya yang meningkatkan laju metabolisme tubuh. 

Tinggi Kalium dan Baik Untuk Jantung

Berikutnya kandungan kalium yang tinggi dalam kentang rebus akan mencegah proses retensi air dan memiliki peran penting dalam membantu proses penurunan berat badan. Dalam suatu penelitian juga menunjukan bahwa kentang dapat menyebabkan sel lemak mengalami penyusutan. 

Kalium merupakan salah satu jenis mineral yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan fungsi jantung. Kalium dapat membantu funsgi jantung memompa darah ke seluruh tubuh dan menjaga jantung dalam kondisi yang baik dan tetap sehat.

Melancarkan Sistem pencernaan

Mengkonsumsi kentang rebus sebagai salah satu menu program diet adalah hal yang tepat. Karena selain sehat kentang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Disamping itu kentang memiliki kandungan potasium yang baik serta kandungan serat yang cukup tinggi, untuk membantu menurunkan kadar tekanan darah dalam waktu yang singkat. 

Kentang yang kaya akan kandungan serat ini bermanfaat untuk membantu melancarkan proses pencernaan dan menghilangkan kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu hal ini juga bertindak sebagai salah satu sumber vitamin A, C, B komplek dan karbohidrat kompleks di dalamnya. 

Sehingga kentang menjadi salah satu penjamin pelepasan energi lambat dalam proses pencernaan beserta sistemnya. Maka, mengkonsumsi kentang sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh sekaligus membersihkan tubuh dari racun dalam tubuh. Manfaat inilah yang akan membantu penurunan berat badan dengan drastis. 

Kandungan Gula Alami

Kentang memiliki kandungan gula alami, yang mana dikutip dari Health Shots, kentang memiliki kandungan gula alami karena kandungan mangan di dalam kentang rebus. Mangan sendiri merupakan zat yang diperlukan untuk mengaktifkan enzim yang bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Selain itu enzim yang diaktifkan juga memiliki peranan dalam proses pembakaran lemak serta karbohidrat dalam tubuh. 

Sehingga manfaat dari kandungan gula alami dalam kentang rebus akan membantu kamu untuk menjaga kadar tekanan gula darah secara signifikan. Sehingga kamu akan terhindar dari berbagai ancaman seperti lonjakan kadar gula darah yang tinggi, karena hal ini dapat menyebabkan masalah jantung, obesitas hingga diabetes. Karena fungsi dari kentang rebus akan mengurangi gula dara yang membuatnya memiliki peran yang cukup besar untuk menurunkan berat badan.

Demikian pembahasan mengenai manfaat dari kentang rebus yang bisa kamu gunakan untuk menu diet. Kentang juga salah satu menu populer ketika diet bukan tanpa manfaat, karena faktanya manfaat dari mengkonsumsi kentang sebagai pengganti nasi saat diet ini memiliki banyak manfaat yang baik. Kamu hanya perlu memperhatikan jumlah dan porsi yang dikonsumsi setiap harinya.

dietkentangkentang rebus