Manfaat Jus Tomat Untuk Diet

Nesiaverse.com – Tomat biasanya bisa ditemukan pada sebuah masakan dan buah Tomat ini juga menjadi salah satu jenis buah yang kerap dijadikan bahan tambahan ke dalam masakan untuk menjadi sayuran, selain itu juga buah ini yang bisa dijadikan sebagai jus yang memberikan banyak manfaat salah satunya untuk diet.

Tomat atau Solanum lycopersicum syn, Lycopersicum esculentum yang merupakan salah satu jenis tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan dari Meksiko hingga Peru, namun sekarang sudah banyak dibudidayakan di negara lainnya termasuk di Indonesia yang sudah banyak masyarakat yang menanamnya di kebun, ladang bahkan dipekarangan rumah.

Tanaman Tomat ini yang memiliki siklus hidup yang singkat dan bisa tumbuhnya mencapai sekitar 1 hingga 3 meter dengan memiliki buah berukuran kecil bulat yang memiliki warna hijau, kuning dan juga merah muda atau merah, selain itu juga buah ini yang mengandung nutrisi antioksidan seperti likopen, polifenol, naringenin dan chlorogenic acid.

Advertisment

Namun selain itu juga buah Tomat yang rendah lemak dan kalori namun kaya akan vitamin A, vitamin C, kalium, gula, lutein, kalium dan juga karotenoid didalamnya, dengan beragam kandungan nutrisi didalam buah ini sehingga tidak heran jika Tomat memiliki manfaat yang melimpah untuk kesehatan tubuh.

Mungkin masih banyak orang yang tidak mengetahui bahwa ternyata buah Tomat juga yang sangat baik untuk program diet dan bahkan buah ini disarankan untuk dimasukkan ke dalam menu diet harian, nah untuk kamu yang ingin tahu dengan manfaat jus Tomat untuk diet bisa dengan simak ulasannya disini.

Advertisment

Manfaat Jus Tomat Untuk Diet

Dimana buah Tomat yang kerap dikonsumsi secara langsung dengan memiliki rasa asam tetapi ada beberapa Tomat yang memiliki rasa tidak terlalu asam, buah Tomat juga yang baik untuk membantu menjalankan program diet atau menurunkan berat badan.

Buah Tomat yang mengandung vitamin C yang tinggi dan kandungan ini yang baik untuk tubuh terutama untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, adapun untuk beberapa manfaat jus Tomat untuk diet yaitu sebagai berikut:

Rendah Kalori dan Karbohidrat

Buah Tomat ini yang memiliki kandungan serat di dalamnya sehingga sangat baik dan bagus untuk mereka yang sedang menjalankan program diet, walaupun demikian buah Tomat juga yang memiliki jumlah kalori dan karbohidrat yang terbilang rendah dengan mengkonsumsi buah Tomat setiap hari yang sangat aman dalam program diet.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada buah Tomat ini yang memiliki peran penting dalam membantu untuk melancarkan sistem pencernaan, tidak hanya itu saja manfaat jus Tomat untuk diet ini yang akan membuat bakteri baik didalam usus menjadi bekerja lebih baik lagi.

Metabolisme Tubuh Menjadi Lebih Baik

Manfaat jus Tomat untuk diet yang akan membuat metabolisme tubuh yang menjadi lebih baik, hal ini karena kandungan asam amino dalam buah Tomat yang sangat baik untuk membantu membakar lemak menjadi lebih cepat, sehingga dengan begitu metabolisme tubuh yang akan semakin baik dan program diet juga yang bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Setelah kamu mengetahui dengan manfaat jus Tomat untuk diet, namun masih bingung bagaimana dengan cara melakukannya maka kamu bisa mengetahui dengan cara membuat jus Tomat untuk diet yang bisa dilakukan dengan mudah dan sederhana di rumah.

Dengan mengetahui resep atau cara membuat jus Tomat untuk diet ini yang bertujuan agar kamu tidak bosan mengkonsumsi buah Tomat, adapun untuk beberapa caranya yaitu sebagai berikut:

Jus Tomat dengan Jeruk

Untuk cara membuat jus Tomat dengan Jeruk untuk diet yang satu ini termasuk salah satu minum jus yang paling umum dengan rasanya yang enak, untuk cara membuatnya yaitu sebagai berikut:

  • Terlebih dahulu silahkan cuci buah 4 buah Tomat dan 2 buah Jeruk hingga bersih.
  • Potong kecil-kecil buah Tomat dan peras 2 buah Jeruk dan ambil airnya perasaannya.
  • Jika sudah masukkan Tomat, air perasan jeruk, gula 1/2 sendok makan dan juga air mineral sekitar 1/2 cup ke dalam blender.
  • Kemudian blender semua bahan hingga halus.
  • Jika sudah halus kemudian saring jus terlebih dahulu.
  • Lalu siapkan gelas dengan es batu dan tuangkan jus yang sudah disaring ke dalam gelas.

Jus Tomat dengan Wortel

Membuat jus Tomat dan Wortel untuk program diet yang bisa kamu coba, dengan kedua bahan ini yang mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh terutama untuk mereka yang sedang menjalankan program diet dan untuk caranya yaitu sebagai berikut:

  • Terlebih dahulu silahkan cuci buah 2 buah Tomat, 1 buah Wortel, 3 helai daun mint hingga bersih.
  • Kemudian masukkan Tomat, Wortel, daun mint, w sendok makan air perasan lemon dan juga air mineral sekitar 1/2 cup ke dalam blender.
  • Kemudian blender semua bahan hingga halus.
  • Jika sudah halus kemudian saring jus terlebih dahulu.
  • Lalu siapkan gelas dengan es batu dan tuangkan jus yang sudah disaring ke dalam gelas.

Jus Tomat, Nanas, Raspberry dan Buah Bit

Untuk membuat jus Tomat yang dicampur dengan buah-buahan lainnya seperti Nanas, Raspberry dan juga buah Bit untuk diet yang bisa dilakukan dengan mudah, untuk cara membuatnya yaitu sebagai berikut:

  • Terlebih dahulu silahkan cuci buah buah Tomat cherry, Raspberry, buah Bit dan Nanas hingga bersih.
  • Potong kecil-kecil 200 gram buah Tomat, Raspberry 25 gram, 25 gram buah Bit dan buah Nanas sekitar 150 gram.
  • Jika sudah masukkan Tomat, Nanas, Raspberry dan juga buah Bit ke dalam blender.
  • Kemudian blender semua bahan hingga halus.
  • Jika sudah halus kemudian saring jus terlebih dahulu.
  • Lalu siapkan gelas dengan es batu dan tuangkan jus yang sudah disaring ke dalam gelas.

Jus Tomat, Lemon dan Nanas

Selanjutnya agar tidak bosan mengkonsumsi buah Tomat ini maka kamu bisa dengan membuat Jus Tomat yang bisa ditambahkan dengan Lemon dan Nanas, untuk cara membuatnya cukup mudah dan bisa dengan mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

  • Terlebih dahulu silahkan cuci buah 2 buah Tomat dan Nanas hingga bersih.
  • Potong kecil-kecil buah Tomat dan buah Nanas sekitar 150 gram.
  • Lalu peras 2 buah Lemon.
  • Jika sudah masukkan Tomat, Nanas, air perasan lemon dan juga air mineral sekitar 1/2 cup ke dalam blender.
  • Kemudian blender semua bahan hingga halus.
  • Jika sudah halus kemudian saring jus terlebih dahulu.
  • Lalu siapkan gelas dengan es batu dan tuangkan jus yang sudah disaring ke dalam gelas.
  • Jika ingin menambahkan gula maka bisa menambahkannya sedikit dan lebih baik tidak menambahkan gula terlalu banyak.

Mungkin hanya itu saja beberapa manfaat jus Tomat untuk diet atau menurunkan berat badan yang perlu kamu ketahui dan juga beserta dengan cara membuat jus Tomat yang dicampur dengan buah lainnya agar tidak mudah bosan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba dan lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil lebih maksimal.

jus tomattomat