Manfaat Jeruk Lemon Untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

Nesiaverse.com – Jeruk Lemon merupakan salah satu buah yang dikenal kaya akan kandungan nutrisi dan juga vitamin yang tinggi dan bahkan Lemon yang kerap ditemui pada beberapa produk kecantikan, lalu apa saja manfaat Jeruk Lemon untuk wajah dan cara menggunakannya yuk simak ulasannya dibawah ini.

Jeruk Lemon yang merupakan salah satu tanaman buah Jeruk yang telah dikenal dengan sebutan sitrun dengan memiliki bentuk yang lonjong, bulat dengan ukurannya sekitar 5 hingga 7 cm atau bisa juga lebih, buah Lemon juga yang terdapat tonjolan pada bagian ujungnya dan tidak berbiji jika ada paling terdapat satu atau dua biji.

Buah Lemon yang memiliki warna kulit kuning cerah jika sudah matang dan warna hijau jika masih muda untuk rasanya yang asam, sepet namun sedikit manis, buah ini yang lebih terkenal atau lebih populer pada industri kuliner hal ini dikarenakan Lemon yang memiliki aroma yang segar dan biasanya digunakannya yaitu kulitnya dan air perasaannya.

Advertisment

Selain memiliki aroma yang menyegarkan untuk makanan namun Lemon juga yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan atau kecantikan, nah untuk kamu yang ingin tahu dan penasaran manfaat Jeruk Lemon untuk wajah dan cara menggunakannya bisa simak ulasannya dibawah ini.

Manfaat Jeruk Lemon Untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

Advertisment

Lemon yang terkenal dengan kandungan vitamin dan nutrisi lainnya yang sangat tinggi memiliki manfaat untuk menjaga kulit tetap sehat dan bahkan sekaligus mencerahkan, namun selain itu juga Lemon yang memiliki manfaat lainnya untuk wajah dan juga cara menggunakannya yang bisa kamu coba terapkan yaitu sebagai berikut.

Mengatasi Jerawat

Manfaat Jeruk Lemon untuk wajah yaitu untuk membantu mengatasi dan juga mengobati jerawat dan untuk kamu yang memiliki kulit yang berjerawat maka bisa memanfaatkan buah Lemon ini, dimana buah Lemon yang diyakini mampu untuk membantu dalam mengatasi inflamasi yang diakibatkan jerawat dan manfaat ini yang berasal dari kandungan asam nitrat dan juga antimikroba memiliki peran untuk membunuh propionibacterium acnes.

Untuk cara menggunakannya pun sangat mudah dimana kamu dengan mengikuti caranya dibawah ini:

  • Hal yang harus dilakukan pertama yaitu memeras Lemon dan ambil air perasannya di dalam wadah.
  • Kemudian celupkan kapas ke dalam air perasaan Lemon tersebut.
  • Diamkan di wajah sekitar 10 menit.
  • Jika sudah lalu bilas wajah sampai bersih dan keringkan dengan menggunakan handuk halus.
  • Pastikan untuk selalu membersihkan wajah setelah menerapkan caranya.
  • Jika air perasan Lemon masih menempel maka akan memicu sensasi perih pada wajah yang bisa memicu iritasi kulit.

Membantu Meminimalisir Produksi Minyak yang Berlebih

Untuk kamu yang memiliki jenis kulit yang berminyak maka kamu bisa dengan memanfaatkan buah Lemon untuk membantu meminimalisir produksi minyak yang berlebihan , manfaat ini yang berasal dari kandungan asam sitrat pada buah Lemon yang akan akan menjadi zat dalam mengurangi sekresi atau astringent.

Untuk cara menggunakan buah Lemon untuk membantu meminimalisirkan produksi minyak yang berlebih pada wajah cukup mudah kamu lakukan, dimana untuk caranya kamu hanya cukup dengan mengusapkan buah Lemon pada bagian permukaan wajah dan jika sudah lalu bersihkan hingga bersih dan lap menggunakan handuk lembut.

Membantu Mengangkat Sel Kulit Mati

Kulit Lemon yang diyakini bisa membantu untuk mengangkat sel kulit mati hal ini dikarenakan Lemon yang menjadi sumber vitamin C dan juga kaya antioksidan, dimana dengan sel kulit mati yang tidak dibersihkan dengan baik dan benar maka ini bisa menyumbat pori-pori wajah dan ini memicu terjadinya masalah pada kulit wajah.

Dengan menggunakan Lemon sebagai masker wajah yang akan membantu untuk mengangkat sel kulit mati, adapun untuk cara menggunakannya kamu bisa dengan mengikuti cara dibawah ini.

  • Terlebih dahulu ambil kulit Lemon dan ubah menjadi bubuk dengan cara kulit Lemon ditumbuk hingga halus.
  • Kemudian campurkan dengan susu dingin dan tepung lalu aduk hingga merata.
  • Lalu silahkan eksfoliasi wajah dengan menggunakan cara scrub secara perlahan.
  • Tunggu hingga mengering lalu basuh dengan menggunakan air hingga bersih.

Membantu Melembabkan Wajah

Manfaat Jeruk Lemon untuk wajah yaitu berasal dari kandungan yang terdapat pada buah Lemon ini yang dikenal sangat ampuh untuk membantu melembabkan wajah, kandungan tersebut yaitu senyawa kalium dan potasium yang akan berperan untuk menyesuaikan pH kulit agar tetap terhidrasi dan lembab dan juga untuk antibakteri pada buah Lemon yang menjadi pelembab alami untuk kulit sehingga terasa kenyal.

Untuk cara menggunakannya cukup mudah dilakukan yaitu sebagai berikut:

  • Kompres wajah dengan menggunakan kapas yang telah dibasahi dengan air perasan Lemon.
  • Diamkan selama sekitar 10 hingga 15 menit.
  • Kemudian basuh muka dengan menggunakan air mengalir hingga bersih.

Membantu Menghilangkan Komedo

Dimana untuk manfaat Jeruk Lemon untuk wajah lainnya yaitu untuk membantu menghilangkan komedo walaupun komedi yang berukuran kecil namun jika tidak diatasi ini bisa memicu permasalahan pada kulit seperti jerawat, untuk menghindari hal tersebut terjadi maka kamu dapat memanfaatkan buah Lemon untuk membantu menghilangkan komedo.

Manfaat ini yang berasal dari kandungan asam sitrat pada buah Lemon yang bisa membantu untuk mengangkat komedo dan juga sel kulit mati pada wajah, untuk cara menggunakannya kamu cukup dengan mengoleskan air perasan Lemon pada permukaan wajah yang terdapat komedonya dengan menggunakan cotton bud dan lakukan cara ini secara rutin.

Membantu Menyamarkan Bekas Jerawat

Jika jerawat sudah timbul dan biasanya akan tersisa bekasnya di kulit dan mungkin hal ini tak kunjung hilang dan tentunya kondisi ini yang akan mengganggu bukan, namun kondisi ini bisa kamu atasi dengan menggunakan Lemon yang bisa membantu untuk menyamarkan bekas jerawat.

Dimana kandungan asam alfa hidroksi alami (AHA) yang ada pada air perasan buah Lemon yang memiliki peran untuk membantu memudarkan bintik hitam, mempercepat penyembuhan dan juga revitalisasi kulit sehingga dengan begitu bekas jerawat akan tersamarkan.

Mencegah Penuaan

Manfaat Jeruk Lemon untuk wajah yaitu membantu untuk mencegah penuaan dini hal ini yang dikarenakan kandungan vitamin C di dalamnya yang bisa menangkal radikal bebas dan juga untuk mempercepat regenerasi sel sehingga dengan begitu tanda penuaan seperti keriput, bercak hitam dan lainnya bisa diatasi.

Bahkan selain itu juga buah lemon ini yang bisa membantu untuk merangsang produksi kolagen pada kulit, untuk cara menggunakannya cukup mudah dimana kamu hanya cukup dengan mencampurkan lemon dengan madu dan oleskan pada wajah secara teratur dan cuci bersih jika sudah kering.

Mencerahkan Wajah

Untuk manfaat Jeruk Lemon untuk wajah yang terakhir yaitu membantu untuk mencerahkan kulit, manfaat ini yang berasal dari asam sitrat dan juga vitamin C yang tinggi terdapat pada buah Lemon sehingga dengan kandungan ini yang digunakan untuk pencerah kulit yang aman untuk kulit.

Mungkin hanya itu saja beberapa manfaat Jeruk Lemon untuk wajah dan cara menggunakannya yang bisa kamu ketahui dan praktekan dan untuk kamu yang memiliki jenis kulit sensitif untuk lebih berhati-hati, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

jeruk lemonmanfaat jeruk lemon