8 Manfaat Jalan Pagi Untuk Ibu Hamil Trimester 3

Nesiaverse.com – Di usia kehamilan trimester 3 ada jenis olahraga yang dianjurkan untuk ibu hamil, yaitu jalan pagi yang kaya akan manfaat. Di usia kehamilan, sang ibu akan dianjurkan melakukan aktivitas yang tidak terlalu berat, begitupun dengan aktivitas olahraga. Olahraga tetap diperlukan sekalipun kondisinya sedang dalam keadaan hamil. Justru karena sedang dalam kondisi hamil, sang ibu harus memperhatikan kondisi kesehatan diri dan sang bayi. 

Ibu hamil disarankan untuk melakukan jalan pagi sebagai salah satu alternatif olahraganya. Jalan kaki sendiri memiliki manfaat yang dapat membantu sang ibu untuk menghilangkan rasa ketidaknyamanan selama masa kehamilan berlangsung. Namun, tidak sedikit ibu hamil yang takut melakukan aktivitas untuk olahraga ringan, misalnya jalan. 

Manfaat Jalan Pagi Untuk Ibu Hamil Trimester 3

Advertisment

Dilansir dari Annadelle Ob-gyn, Centers for Disease Control and Prevention atau CDC, mereka merekomendasikan pada wanita hamil untuk melakukan aktivitas fisik intensitas sedang, dengan jumlah waktu 150 menit per minggunya. Sehingga durasi inilah yang dapat dibagi menjadi beberapa hari lamanya, misalnya 30 menit per hari, maka kamu di aurkan untuk melakukannya sebanyak 5 kali dalam seminggu. Pembagian waktu ini bisa kamu selesaikan sendiri. 

Advertisment

CDC mengatakan bahwa berjalan kaki merupakan salah satu aktivitas olahraga yang baik dan memiliki resiko yang rendah, begitupun bagi sang ibu hamil. Aktivitas fisik satu ini dinilai tidak meningkatkan kemungkinan komplikasi pada kehamilan. misalnya,seperti berat badan lahir rendah, persalinan prematur hingga keguguran. 

Maka, berikut kami sudah merangkum beberapa manfaat dari aktivitas jalan pagi untuk ibu hamil trimester 3. Sehingga kamu sebagai ibu hamil tidak ragu dan bingung lagi untuk menjalani aktivitas olahraga ringan seperti jalan di pagi hari.

Trimester Pertama 

Dikutip dari What to Expect, yang aman trimester pertama ini adalah awal mulai jalan kaki. Kamu harus menyiapkan botol air guna menghidrasi tubuh, pastikan menggunakan sepatu olahraga yang kojo, kenakan pakaian yang menyerap keringat dengan baik juga. 

Lakukanlah pertama kali dengan cara pelan-pelan dan dalam durasi yang pendek. Jika kamu sudah terbiasa, mulailah dengan meningkatkan beberapa menit sehari, hingga kamu mampu berjalan selama 30 menit atau setengah jam penuh. 

Trimester Kedua

Memasuki trimester kedua, kamu tidak boleh lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu, begitupun dengan pendinginan pasca aktivitas jalan kami sudah selesai. Seperti berjalan dengan kecepatan lebih lambat dan coba peregangan yang sederhana. 

Namun, pastikan kamu tidak dalam keadaan berbaring telentang guna untuk meregangkan paha depan. Posisi satu ini dapat memberikan tekanan khususnya di area vena cava, vena sendiri memiliki fungsi penting yang membawa darah ke jantung dari bagian tubuh ke area bawah. 

Trimester Ketiga

Ketika kamu jalan pagi selama trimester 3, maka perut sudah dalam kondisi yang membesar, hal ini dapat memengaruhi keseimbangan sanga ibu. Ketika kehamilan berlanjut, kamu dianjurkan untuk memperhatikan beberapa tanda seperti pusing dan kecanggungan untuk melakukan beberapa gerakan olahraga tertentu.

Rutinitas jalan pagi selama hamil, khususnya trimester 3 memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Nah, berikut beberapa manfaat bagi kamu yang rutin melakukan aktivitas jalan di pagi hari. 

Terhindar Dari Risiko Komplikasi

Manfaat pertama dari jalan pagi untuk ibu hamil di usia trimester 3 adalah menghindari dari resiko komplikasi. Dikutip dari Health Site, dr.Rashmi Baliyan, dokter kandungan di Primus super speciality Hospital , New Delhi. Dirinya mengatakan bawah jalan kaki dapat menurunkan risiko komplikasi pada ibu, apalagi jika rutin melakukan aktivitas jalan kaki.

Menurutnya, olahraga secara teratur dan sederhana seperti jalan di pagi hari mampu membantu untuk mengurangi risiko preeklamsia dan diabetes gestasional. Maka, banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari aktivitas atau manfaat jalan pagi untuk ibu hamil trimester 3. 

Tidak Mudah Mood Swing

Rutin jalan di pagi hari ketika hamil, sang ibu cenderung memiliki mood yang baik. Hal ini dikarenakan ketika mau menjalankan aktivitas olahraga dapat menyebabkan tubuh melepaskan hormon endorfin yang mampu membuat ibu hamil merasa nyaman. Selain itu sensasi ketegangan atau kecemasan yang mungkin mengganggu sang ibu hamil akan menghilang seketika. 

Mengurangi Sakit Punggung dan Mengatasi Sembelit

Ketika hamil, mengalami rasa nyeri di area panggul dan punggung bagian bawah merupakan suatu hal yang biasa terjadi. Jika kamu rajin melakukan aktivitas jalan di pagi hari, maka sakit punggung akan berkurang dengan sendirinya. Selain itu akan membantu meringankan penyakit sembelit yang sedang kamu alami. 

Mengurangi Varises 

Varises terjadi dikarenakan adanya pembengkakan pada area pembuluh vena pada bagian tubuh tertentu. Varises menjadi salah satu permasalahan yang kerap kali dirasakan perempuan ketika hamil. Varises pada area kaki bisa menimbulkan rasa perih akan menyebabkan sensasi pegal yang luar biasa. Kondisi ini nantinya akan memburuk, khususnya pada waktu sore hingga malam hari. Dan kerap kali terjadi setelah melakukan aktivitas seperti olahraga dan berdiri terlalu lama. 

Melancarkan Pencernaan

Jalan kaki adalah jenis olahraga kardio, yang mana olahraga ini memiliki manfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Bagi para ibu hamil, manfaat ini sangat membantu untuk mengurangi sensasi mual, muntah, diare hingga sensasi sembelit yang disebabkan oleh hami. Ketika sistem pencernaan sehat, maka akan membantu tubuh kamu untuk membantu menyerap zat gizi, sehingga dapat membantu prose pemecahan makanan menjadi energi dan menurunkan resistensi insulin yang menjadi faktor penyebab diabetes. 

Mencegah Stress

Selama masa kehamilan, terjadi perubahan fisik menjadi salah satu hal yang membuat ibu hamil mudah mengalami stres. Namun, aktivitas olahraga ringan seperti jalan kaki ini menjadi salah satu pilihan olahraga yang efektif untuk membantu memperbaiki suasana hati ketika hamil. 

Orang yang rajin melakukan aktivitas jalan kaki, diantaranya ibu hamil maka akan terjadi peningkatan hormon endorfin. Hal inilah yang membuat suasana hati menjadi lebih baik an munculah rasa senang. Tentunya hal ini baik bagi kondisi snag ibu dan anak. 

Mempermudah Proses Persalinan

Jalan pagi merupakan salah satu usaha yang dapat dilakukan guna membantu untuk mempermudah proses persalinan. Jika kamu akan jalan kaki ketika masa hamil, tentunya akan membantu untuk menguatkan otot pada area paha, betis hingga otot-otot lainnya. Dengan demikian, kamu tidak perlu lama lagi untuk kontraksi dan tidak akan mengalami kesulitan untuk ngeden atau mengejan. 

Bayi Lahir Dengan Berat Sehat

Terakhir, manfaat dari jalan pagi untuk ibu hamil di masa trimester 3, adalah bayi akan lahir dengan berat sehat. Jika kamu sering berjalan kaki, maka kamu dapat ikut mengendalikan pertambahan berat badan diri kamu sendiri.. 

Bayi yang terlatih dan lahir dari ibu yang rutin berjalan kaki, memiliki indeks berat badan yang jauh lebih ideal. Secara umum, bayi yang lahir memiliki berat ideal yang dinilai sehat dan memiliki sensitivitas insulin yang sangat baik, guna melindungi sang anak dari ancaman penyakit. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa manfaat dari aktivitas berjalan di pagi hari untuk ibu hamil di trimester. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir lagi menjalani aktivitas olahraga ringan bahkan ketika dalam kondisi hamil. Justru kamu disarankan untuk melakukan aktivitas olahraga ringan.

ibu hamiljalan pagi