10 Manfaat Gula Merah Untuk Kesehatan Pria dan Wanita

Nesiaverse.com – Banyak yang beranggapan ketimbang gula pasir, gula merah yang digadang-gadang lebih aman dikonsumsi, bahkan tidak hanya itu saja gula merah juga yang ternyata memberikan banyak manfaat gula merah untuk kesehatan pria dan wanita yang jarang diketahui.

Gula merah atau gula aren ini merupakan salah satu gula asli Indonesia berasal dari pohon aren dengan memiliki warna coklat, dengan mengkonsumsi gula aren yang bisa memberikan dampak yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Masyarakat Indonesia yang dulunya memanfaatkan kelapa, aren dan juga tebu untuk bisa memproduksi gula merah, tetapi lambat laun gula merah atau gula aren ini yang mulai tersingkirkan oleh gula tebu dan sekarang ini gula aren hanya digunakan sebagai alternatif far gula tebu.

Advertisment

Gula merah atau gula aren ini terkenal sebagai alternatif lebih sehat dari pemanis lainnya karena proses produksinya yang melibatkan pemrosesan yang minimal tanpa menggunakan bahan kimia tambahan, dikarenakan proses pemurnian mineral nabati dan vitamin di dalam gula merah berada di tingkat tinggi yang dapat bermanfaat untuk kesehatan.

Lalu apa saja manfaat gula merah untuk kesehatan pria dan wanita yang bisa dirasakan dan didapatkan? Untuk mengetahui manfaatnya bisa dengan simak ulasannya dibawah ini.

Advertisment

Manfaat Gula Merah Untuk Kesehatan Pria dan Wanita

Gula merah merupakan sumber vitamin dan mineral lebih baik daripada pemanis yang sebanding, selain itu juga gula merah yang memiliki indeks glikemik lebih rendah dibandingkan dengan pemanis yang lainnya, di dalam 100 gram gula merah terdapat beberapa kandungan nutrisi didalamnya yaitu kalori 375 kkal, karbohidrat 33% dari kebutuhan harian dan potasium 20% dari kebutuhan harian.

Walaupun begitu gula aren atau gula merah ini yang memiliki kandungan vitamin dan mineral dalam jumlah sedikit mulai dari kandungan vitamin A, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B8 (inositol), vitamin C, vitamin K, kalsium, fosfor, karbohidrat, magnesium, serat/inulin, zat besi, kalium, lemak, protein, dan juga asam folat.

Bahkan tidak hanya itu saja terdapat juga kandungan fitonutrien yaitu polifenol. flavonoid, antosianin, dan juga antioksidan, berdasarkan penelitian Philippine Food and Nutrition Research Institute gula merah yang memiliki indeks glikemik (GI) rendah yaitu 35.

Indeks glikemik merupakan satuan untuk menunjukan kemampuan dari satu makan untuk meningkatkan gula darah setelah mengkonsumsinya dan indeks glikemik yang bernilai dari skala 0 hingga 100, dengan makanan rendah indeks glikemik dengan nilai 55 atau kurang maka makanan tersebut relatif lebih menyehatkan.

Dengan beragam kandungan tersebut berikut beberapa manfaat gula merah untuk kesehatan pria dan wanita yaitu sebagai berikut:

Kaya akan Antioksidan

Gula merah yang kaya akan kandungan antioksidan didalamnya terutama selenium yang bisa membantu untuk mencegah berbagai efek radikal bebas, dengan mencampurkan gula merah dengan air hangat atau teh yang berfungsi untuk mengobati batuk, pilek dan juga bisa menyembuhkan sakit kepala serta migrain.

Membantu Mengobati Masalah Menstruasi

Untuk manfaat gula merah untuk kesehatan wanita yaitu sebagai pengobatan alami yang sangat efektif untuk mengobati banyak masalah menstruasi, termasuk juga membantu dalam meringankan efek kram pada saat menstruasi dan juga sakit perut.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Dimana gula merah yang memiliki kadar potasium yang tinggi berfungsi membantu dalam meningkatkan metabolisme, mengeluarkan racun di dalam tubuh dan juga mempertahankan keseimbangan elektrolit di dalam tubuh, sehingga dengan begitu hal ini yang bisa membantu untuk membakar lebih banyak kalori dan menurunkan berat badan.

Membantu Meredakan Nyeri Sendi

Pada saat kamu sedang nyeri sendi maka bisa dengan mencoba untuk makan gula merah karena para ahli yang menyarankan bahwa untuk mengkonsumsi gula merah dengan menambahkan sepotong jahe yang akan membantu meringankan nyeri sendi.

Selain itu juga kamu bisa dengan minum segelas susu hangat dengan menambahkan 1 sendok makan gula merah yang akan memberikan manfaat untuk kesehatan yaitu membantu dalam memperkuat tulang, dan juga membantu menjauhkan masalah kesehatan tulang.

Membantu Mencegah Anemia

Untuk manfaat gula merah untuk kesehatan pria dan wanita yaitu membantu dalam mencegah terjadinya penyakit anemia, hal ini dikarenakan gula merah kaya akan kandungan zat besi di dalamnya yang bisa membantu dalam mencegah anemia dengan cara mempertahankan kadar normal sel darah merah.

Membantu Meningkatkan Kualitas Sperma

Masih jarang orang ketahui ternyata dengan mengkonsumsi gula merah yang dicampur dengan bubuk amla yang bisa memberikan manfaat untuk pria yaitu membantu dalam meningkatkan kualitas sperma, gula merah yang dikenal bisa meningkatkan produksi sperma serta membantu mengurangi kelemahan tubuh serta mencegah masalah kencing pada pria.

Membantu Mencegah Masalah Pernafasan

Dengan mengkonsumsi gula merah yang secara teratur yang akan memberikan manfaat untuk membantu dalam mencegah masalah pernapasan seperti bronkitis dan juga asma, dimana pakar kesehatan yang menyarankan untuk menggabungkan gula merah dengan biji wijen yang sangat bermanfaat untuk pernafasan lebih maksimal.

Membantu Membersihkan Darah

Mengkonsumsi gula merah secara teratur yang memiliki efek menguntungkan pada darah dengan cara membersihkan dan juga memurnikan darah, selain itu juga gula merah yang bermanfaat untuk meningkatkan jumlah hemoglobin didalam darah dan juga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Membantu Mengatasi Masalah Kencing

Gula merah merupakan diuretik alami yang akan memberikan manfaat gula merah untuk kesehatan pria dan wanita untuk membantu dalam merangsang buang air kecil, hal ini yang sangat bagus untuk mereka yang mengalami kesulitan buang air kecil dan para ahli juga menyarankan untuk meminum gula merah dengan susu panas untuk membantu mengobati masalah kencing serta meningkatkan aliran urin.

Membantu Mencegah Gangguan Sistem Saraf

Untuk manfaat gula merah untuk kesehatan pria dan wanita lainnya yaitu membantu dalam mencegah terjadinya gangguan sistem saraf, manfaat ini berkat adanya kandungan gula merah yang mengandung banyak sifat alami yang akan membantu dalam melancarkan fungsi sistem saraf dan juga membantu mencegah masalah utama terkait dengan sistem saraf.

Mungkin hanya itu saja untuk beberapa manfaat gula merah untuk kesehatan pria dan wanita yang perlu kamu ketahui dan bisa kamu rasakan manfaatnya dengan mengkonsumsi gula merah secara rutin, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba mengkonsumsi gula merah atau gula aren untuk merasakan manfaatnya pada kesehatan tubuh.

gula merahmanfaat gula merah