7 Manfaat Daun Srikaya dan Cara Pengolahannya

Nesiaverse.com – Tidak banyak orang yang tahu dengan beragam manfaat yang bisa didapatkan dari daun srikaya dan untuk kamu yang ingin tahu manfaatnya serta cara pengolahannya agar bisa merasakan manfaatnya bisa dengan simak ulasan di bawah ini.

Tidak hanya buahnya saja bisa memberikan manfaat melimpah untuk kesehatan tubuh namun ternyata daun srikaya juga yang memiliki manfaat untuk kesehatan maupun untuk kecantikan, sangat sayang jika manfaat daun srikaya ini dilewatkan.

Daun srikaya yang memiliki ukuran sekitar 5 hingga 12 cm panjangnya dan mempunyai tangkai daun yang berbulu, bentuk daun srikaya yang lonjong bisa mengeluarkan aroma sangat kuat pada saat menggunakannya dan memilih cara pengolahannya.

Advertisment

Dimana telah dilansir dari Molecules yang mengatakan bahwa srikaya ini merupakan spesies endemik tropis Hindia Barat, Peru, Ekuador, Meksiko, India, Peru, Bahama, Mesir hingga Amerika Selatan dan Tengah.

Untuk manfaat daun srikaya ini ternyata sudah dipelajari untuk aktivitas biologisnya dan termasuk juga sebagai antidiabetes, antikanker, antimikroba, antioksidan, antiobesitas, fungsi hepatoprotektor hingga penurun lipid.

Advertisment

Biasanya daun srikaya ini yang sering digunakan untuk tujuan pengobatan tradisional, hal ini dikarenakan daun srikaya yang memiliki kemampuan penyembuhannya yang lebih cepat, sedangkan untuk cara pengolahannya yang bisa digunakan secara langsung dioles ke kulit atau bisa juga dengan dikombinasikan dengan bahan yang lain.

Nah untuk kamu yang belum  tahu dengan apa saja manfaat daun srikaya dan cara pengolahannya, maka untuk mengetahui semuanya bisa dengan simak informasi dibawah ini dengan baik dan seksama.

Manfaat Daun Srikaya Untuk Kesehatan

Sebenarnya daun srikaya ini yang sudah lama digunakan sebagai bahan untuk obat tradisional oleh masyarakat pada berbagai negara, karena daun srikaya ini yang mempunyai kandungan senyawa aktif didalamnya yang berfungsi memberikan manfaat untuk kesehatan.

Dengan beberapa senyawa aktif ini yang terkandung dalam daun srikaya diantaranya ada tanin, saponin, flavonoid, alkaloid, dan juga triterpenoid, adapun untuk beberapa manfaat daun srikaya yaitu sebagai berikut:

Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat dari mengkonsumsi daun srikaya untuk kesehatan yang bisa membantu dalam menjaga kesehatan jantung berkat kandungan potasium dan juga magnesium yang terdapat dalam daun srikaya, kedua kandungan ini yang berfungsi untuk mengendurkan otot jantung.

Sehingga dengan begitu daun srikaya ini yang mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan juga stroke, bahkan selain itu daun srikaya kaya akan nutrisi seperti potasium dan magnesium yang berfungsi mengatur tekanan darah.

Kandungan magnesium dan kalium dalam daun srikaya ini yang mampu meningkatkan pelebaran pembuluh darah, pada gilirannya membantu untuk menurunkan tekanan darah, dengan tekanan darah tinggi bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Bersifat Anti-Inflamasi

Selanjutnya manfaat daun srikaya yaitu bisa membantu meredakan nyeri rheumatoid arthritis, manfaat ini berkat adanya senyawa sifat anti inflamasi dan juga analgesiknya dan untuk merasakan manfaat yang satu ini hanya perlu dengan emminum ekstrak dauns rikaya dengan rutin dan jumlah pas.

Sebuah studi yang mengamati sebuah penelitian bahwa hewan tikus diberi makan diperkaya akan epikatekin yang sudah mengurangi kadar protein penanda inflamasi C- reaktif (DRP) di dalam darah, jika dibandingkan pada kelompok kontrol.

Untuk tingkat CRP tinggi yang dikaitkan dengan aterosklerosis pengerasan serta adanya penyempitan arteri secara signifikan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, selain itu bahkan peradangan kronis yang terkait dengan peningkatan banyak risiko penyakit yang termasuk penyakit kanker dan jantung.

Membantu Menstabilkan Kadar Gula Darah

Daun srikaya yang bisa memberikan manfaat dalam menstabilkan kadar gula darah, manfaat ini berasal dari kandungan serat di dalam daun srikaya berfungsi untuk memperlambat penyerapan gula dengan begitu daun srikaya bermanfaat menjaga kadar gula darah tetap normal.

Dimana ada ulasan mencatat bahwa dengan konsumsi daun srikaya dalam 4.700 mg kalium per harinya yang bisa membantu mengurangi tekanan darah sistolik dan juga diastolik pada masing-masing 8 dan 4 mm Hg.

Pada ulasan lainnya dari Nutrition Journal yang menemukan adanya hubungan terbalik antara asupan magnesium dengan risiko tekanan darah tinggi saat membandingkannya pada setiap tambahan 100 mg per hari asupan magnesium yang dikaitkan dengan risiko tekanan darah tinggi 5% lebih rendah.

Memiliki Sifat Antimikroba

Daun srikaya yang memiliki sifat farmakologis sangat besar dan termasuk juga aktivitas antimikroba karena adanya metabolit sekunder didalamnya yang berbeda seperti fitosterol, glikosida, alkaloid, saponin, minyak, flavonoid dan juga fenol.

Untuk beberapa penelitian ekstrak daun srikaya yang diidentifikasi mempunyai aktivitas antibakteri dan juga antijamur sangat luar biasa,dimana aktivitas antimikroba ini signifikan ditunjukan oleh senyawa anno temon atau acetogenin aktif diisolasi dari ekstrak daun kloroform.

Selain itu juga oleh senyawa flavonoid yang tertentu dimurnikan dari ekstrak daun srikaya, ekstrak daun srikaya ini bisa mencegah penyakit bakteri bawaan makanan yang menunjukan ekstrak mempunyai spektrum luas namun aktivitas yang lebih panas terhadap patogen bakteri bawaan dari makanan.

Membantu mengatasi Jerawat

Kulit yang berminyak dan juga rawan terhadap masalah jerawat menjadi salah satu masalah terbesar dihadapi oleh banyak orang, tetapi masalah ini ternyata bisa diatasi hanya dengan memanfaatkan daun srikaya yang bisa membantu mengurangi jerawat dan mencegah munculnya jerawat kembali.

Daun srikaya kaya akan kandungan vitamin didalamnya yang diperlukan dalam membantu mengurangi nanah pada jerawat serta membantu menyembuhkannya dengan seiring waktu, untuk cara pengolahannya bisa dengan menumbuk daun srikaya dan daging buahnya  lalu oleskan pada area jerawat.

Hal ini yang akan membantu dalam mengatur produksi sebum untuk bisa mencegah masalah jerawat datang lagi, untuk mendapatkan hasil maksimal bisa menggunakannya secara rutin.

Membantu Menghindari Hepatosteatosis

Hepatosteatosis ini yang sebagian besarnya disebabkan oleh ketidakseimbangan produksi serta metabolisme lemak di dalam tubuh disebabkan oleh pola makan, stres dan juga gaya hidup kurang gerak, selain itu pada beberapa obat seperti parasetamol bisa menyebabkan kerusakan pada hepatosit sebagai efek sampingnya.

Hal ini karena adanya efek dari dosis lemak tinggi serta kerusakan disebabkan oleh obat-obatan, hepatosit yang menghadapi stres oksidatif selanjutnya menyebabkan hepatosteatosis, untuk cedera hati yang diakibatkan oleh obat menjadi perhatian umum untuk personel serta industri berhubungan dengan kesehatan.

Dengan begitu senyawa dalam daun srikaya bertindak sebagai antioksidan, mempunyai kapasitas penangkap radikal bebas bisa menunjukan aktivitas hepatoprotektif, dan juga menghambat peroksidasi lipid.

Untuk manfaat daun srikaya ini yang menunjukan aktivitas antioksidan sangat tinggi, dengan adanya glikosida, flavonoid, alkaloid, saponin dan juga senyawa fenolik dan semua ini berfungsi memberikan manfaat untuk kesehatan.

Memiliki Sifat Anti Penuaan

Manfaat dari daun srikaya juga yang bisa untuk kecantikan yang dikenal dengan mempunyai sifat anti penuaan seperti antioksidan, kandungan antioksidan ini berfungsi melindungi kulit wajah dari sinar UV dan membantu memperlambat tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Selain itu daun srikaya yang memiliki sumber vitamin C yang tinggi bisa membantu menjaga kulit agar tetap bersinar, tidak hanya itu saja kolagen dalam buah srikaya bisa membalikkan tanda-tanda penuaan serta membuat kulit terlihat awet dan montok selama bertahun-tahun mendatang.

Cara Mengolah Daun Srikaya

Untuk bisa merasakan manfaat dari daun srikaya ini yang bisa menggunakan cara pengolahannya dalam bentuk teh, ekstrak maupun ramuan tradisional, adapun untuk beberapa cara pengolahan daun srikaya bisa dicoba untuk mendapatkan manfaatnya sebagai berikut:

Untuk Gangguan Sistem Pencernaan

  • Terlebih dahulu siapkan daun srikaya yang segar lalu cuci sampai bersih.
  • Giling daun srikaya hingga halus.
  • Tambahkan minyak kelapa secukupnya.
  • Terakhir tempelkan ramuan ini di perut.

Untuk Luka dan Bisul

  • Terlebih dahulu siapkan daun srikaya yang segar lalu cuci hingga bersih.
  • Kemudian daun srikaya digiling hingga halus.
  • Tambahkan sedikit garam.
  • Gunakan ramuan ini sebagai plester dan pembalut luka.
  • Lakukan cara ini dalam sehari 2 atau 3 kali.

Untuk Cacing Usus

  • Terlebih dahulu siapkan daun srikaya sekitar 15 lembar yang masih segar dan cuci hingga bersih.
  • Lalu rebus daun srikaya dengan 5 gelas air sampai mendidih dan menyisakan 3 gelas.
  • Selanjutnya diamkan air rebusan daun srikaya hingga dingin dan saring untuk memisahkan daun srikaya dengan airnya.
  • Minum rebusan daun srikaya 3 kali sehari dan masing-masing satu gelas.

Untuk Kudis

  • Terlebih dahulu siapkan daun srikaya sehar sekitar 15 lembar dan cuci hingga bersih.
  • Lalu daun srikaya digiling sampai halus.
  • Peras air kapur sirih sekitar satu sendok teh.
  • Lalu gunakan untuk menggosok kulit kudis.
  • Lakukan cara ini dua kali sehari.

Untuk Orang yang Pingsan

  • Terlebih dahulu siapkan daun srikaya segar lalu cuci sampai bersih.
  • Lalu daun srikaya ditumbuk hingga halus.
  • Bawa daun srikaya yang sudah halus tadi di hidung pasien agar baunya terhirup oleh pasien.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa manfaat daun srikaya dan cara pengolahannya yang bisa kamu ketahui dan coba dirumah untuk merasakan manfaatnya, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

buah srikayadaun srikaya