3 Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Mata

Nesiaverse.com – Sebenarnya terdapat banyak sekali beragam jenis tanaman yang mujarab memberikan banyak manfaatnya untuk kesehatan salah satunya daun sirih merah, lalu apa saja manfaat daun sirih merah untuk mata? Untuk mengetahui manfaatnya yuk simak ulasan di bawah ini.

Pastinya sudah tidak asing lagi saat mendengar daun sirih merah, karena memang tanaman yang satu ini memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan terutama untuk mata yang banyak dikenal oleh masyarakat.

Daun sirih sendiri merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang paling bermanfaat atau berkhasiat, beragam manfaat bisa dirasakan dari memanfaatkan daun sirih ini yaitu seperti untuk kesehatan, kecantikan, merawat kulit hingga kesehatan mata.

Advertisment

Dengan beragam manfaat dari daun sirih merah ini yang bisa diperoleh dan didapatkan, membuat daun sirih merah banyak digunakan oleh kebanyakan masyarakat apalagi manfaat dari daun sirih untuk kesehatan yang sudah sejak lama diakui.

Beragam manfaat tersebut tentu saja berkat adanya beragam kandungan nutrisi, vitamin dan juga mineral di dalamnya yang berfungsi dalam memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan terutama untuk mata.

Advertisment

Daun sirih merah yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, selain itu juga terdapat kandungan lainnya seperti tiamin, riboflavin, niasin dan juga karoten, daun sirih juga termasuk sumber kalsium yang cukup tinggi.

Dengan kaya kegunaan yang tak lantas membuat harga daun sirih ini dijual dengan harga cukup mahal, untuk kamu yang ingin mendapatkan daun sirih yang bisa membelinya di pasar atau bisa juga menanamnya di rumah agar lebih hemat.

Untuk bisa mendapatkan manfaatnya juga cara penggunaannya sangat mudah, dan untuk kamu yang penasaran dengan apa saja manfaat daun sirih merah untuk mata, maka bisa dengan simak ulasannya dibawah ini.

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Mata

Manfaat daun sirih merah pada mata paling terkenal yaitu sebagai obat sakit mata yang termasuk mata merah, tetapi sebelum menggunakan daun sirih merah ini sebagai obat sakit mata maka alangkah lebih baiknya mengetahui fakta keamanannya.

Daun sirih  yang mengandung sejumlah nutrisi sangat baik untuk kesehatan diantaranya seperti vitamin A, vitamin C, antioksidan seperti fenol dan flavonoid, dan daun sirih yang memiliki sifat antibakteri.

Dengan beragam nutrisi ini membuat masyarakat percaya akan manfaat daun sirih merah untuk mata, untuk bisa merasakan dan mendapatkan manfaatnya dengan cara daun sirih direbus dan airnya digunakan sebagai obat mengatasi berbagai sakit mata.

Berkat adanya kandungan antioksidan dan antibakteri ini menjadikan daun sirih merah memiliki beberapa manfaat daun sirih merah untuk mata yaitu sebagai berikut:

Membantu Mencegah Katarak

Salah satu manfaat daun sirih merah untuk mata yaitu bisa membantu mencegah katarak yang cukup populer di kalangan masyarakat, dimana beberapa penelitian yang menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi antioksidan seperti vitamin C yang bisa mencegah terjadinya katarak.

Jika seseorang menderita katarak maka kandungan antioksidan ini bermanfaat untuk memperlambat perburukan kondisi tersebut, ekstrak daun sirih yang mengandung vitamin A, vitamin C, fenol dan flavonoid bersifat antioksidan.

Dengan kandungan tersebut yang kemungkinan membuat daun sirih dipercaya bisa mencegah katarak, walaupun demikian penelitian langsung terhadap manusia yang masih sangat minim, sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat ini.

Membantu Mengobati Konjungtivitis

Konjungtivitis sendiri merupakan iritasi di salah satu bagian mata paling umum terjadi, dimana iritasi ini yang terjadi pada selaput yang melapisi permukaan bola mata serta kelopak mata di bagian dalam, kondisi seperti ini yang bisa menyebabkan mata merah.

Mata merah yang umumnya disebabkan oleh infeksi virus, infeksi bakteri, iritasi di mata atau reaksi alergi, sebuah penelitian yang menunjukan bahwa antibakteri terkandung dalam ekstrak daun sirih merah yang bisa membantu membunuh bakteri penyebab konjungtivitis terkhususnya bakteri staphylococcus.

Fakta Mengenai Keamanan Daun Sirih Merah untuk Mata

Daun sirih yang sudah dikenal dengan mempunyai banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan termasuk juga membantu mengobati berbagai keluhan pada mata, untuk menggunakan daun sirih dalam mengobati sakit mata yang bisa dilakukan dengan menjadikan air rebusan daun sirih.

Air rebusan daun sirih ini yang dijadikan sebagai cairan pencuci mata atau bisa juga dengan menempelkan daun sirih secara langsung ke mata, tetapi pemakaian daun sirih untuk mata yang belum terjamin kebersihan serta keamanannya.

Hal ini yang dikarenakan air rebusan daun sirih dibuat sendiri di rumah yang kemungkinan mempunyai tingkat keasaman atau pH tidak sesuai dengan kondisi mata, selain itu juga kontaminasi mikroorganisme sangat mungkin terjadi di dalam proses racikan daun sirih justru dapat menjadi penyebab konjungtivitis.

Sehingga oleh karena itu kamu tidak disarankan untuk meracik daun sirih merah sendiri rumah sebagai obat mata, walaupun memang sejumlah penelitian diatas sudah menunjukan potensi menjanjikan terhadap manfaat untuk mata.

Tetapi masih diperlukan penelitian lebih lanjutnya untuk memastikan keamanan, keampuhan dan juga dosis daun sirih sesuai untuk bisa mengobati sakit mata, jika ingin mendapatkan manfaat dari daun sirih sebaiknya untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa manfaat daun sirih merah untuk mata dan juga fakta keamanan dari daun sirih ini untuk mata bisa kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

daun sirihmata