10 Manfaat Daun Ciplukan dan Cara Mengolahnya

Nesiaverse.com – Ternyata tidak hanya buah ciplukan saja yang bisa memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh, namun  ternyata  bagian daun ciplukan juga yang bisa memberikan manfaat dan untuk kamu penasaran dengan manfaatnya serta cara mengolahnya maka bisa simak ulasan dibawah ini.

Indonesia merupakan negara kaya akan keanekaragaman flora dan fauna, bahkan terdapat juga berbagai tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat herbal atau ramuan tradisional yang dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit didalam tubuh manusia.

Salah satu tanaman tersebut yaitu ada daun ciplukan yang dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk memberikan manfaat untuk tubuh, dan ciplukan ini merupakan salah satu  buah yang sangat populer di Indonesia karena memiliki rasa yang manis sedikit asam.

Advertisment

Buah ciplukan yang dengan memiliki rasa asam manis membuatnya menjadi salah satu jenis buah digemari banyak orang, buah ini yang terbungkus kelopak dengan bentuknya menggelembung dan memiliki warna kuning pada saat sudah matang.

Biasanya buah ciplukan yang bisa tumbuh dimana saja baik itu di kebun, persawahan maupun di perkampungan, dengan memiliki diameter dari buah ini yaitu 1,25 sampai 2 cm dan yang paling menarik dari tanaman yang satu ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Advertisment

Baik itu buahnya maupun daunnya yang sama-sama memberikan ragam manfaat untuk kesehatan, hal ini dikarenakan daun ciplukan yang kaya akan beberapa  kandungan nutrisi di dalamnya yaitu seperti saponin, polifenol, flavonoid, asam sitrat, fisalin, asam malat, tanin, alkaloid, vitamin C hingga cryptoxanthin.

Selain itu daun ciplukan yang memiliki efek anti inflasi dan juga analgesic berfungsi menenangkan sekaligus membantu mempercepat proses penyembuhan, tanaman yang satu  ini sangat cocok menjadi obat untuk penderita diabetes karena berperan menurunkan kadar gula darah atau kemampuan hiperglikemia.

Nah untuk kamu yang penasaran dengan manfaat daun ciplukan dan cara mengolahnya bisa simak ulasan di bawah ini.

Manfaat Daun Ciplukan dan Cara Mengolahnya

Tanaman ciplukan merupakan tanaman liar yang dibiarkan begitu saja namun tidak jarang ada yang mengetahui manfaat daun ciplukan dan cara mengolahnya, karena memang tanaman daun ciplukan ini sudah sejak lama dijadikan sebagai obat herbal alami mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Beragam manfaat daun ciplukan ini yang bisa didapatkan berkat adanya kandungan nutrisi yang terdapat dalam daun ciplukan tersebut, adapun untuk beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari daun ciplukan untuk kesehatan yaitu sebagai berikut:

Sebagai Anti Inflamasi

Salah satu manfaat daun ciplukan yaitu bisa membantu dalam mengurangi berbagai jenis penyakit salah satunya masalah peradangan, hal ini dikarenakan daun ciplukan yang memiliki efek anti inflamasi dan juga analgesic didalamnya berfungsi menenangkan sekaligus membantu mempercepat proses penyembuhan.

Terdapat berbagai macam masalah kesehatan yaitu seperti radang sendi, wasir dan juga asam urat ternyata bisa diatasi dengan memanfaatkan daun ciplukan, selain itu daun ini memberikan nasihat dapat meningkatkan kesehatan jantung, mencegah atau memperlambat perkembangan aterosklerosis untuk penyakit jantung koroner.

Mengatasi Peradangan

Daun ciplukan yang dipercaya bisa membantu dalam mengatasi masalah peradangan, karena daun ciplukan ini yang mempunyai senyawa withanolides di dalamnya yang berperan penting dalam membantu meningkatkan aliran darah ke daerah terasa nyeri.

Dengan begitu yang dipercaya bisa membantu mengurangi rasa sakit atau nyeri yang diakibatkan peradangan, senyawa withanolides juga yang mampu bekerja dalam melawan efek peradangan diakibatkan oleh radang usus sehingga kandungan senyawa ini berpotensi menurunkan risiko kanker usus besar.

Menjadi Obat Herbal Tuberkulosis

Di beberapa hasil uji aktivitas sudah dilakukan yang diketahui bahwa ekstrak murni daun ciplukan ini yang ternyata bisa membantu untuk menghambat pertumbuhan Mycobacterium tuberculosis, hal ini yang memiliki peluang besar agar bisa dikembangkan lebih jauh lagi menjadi obat herbal tuberkulosis.

Menurunkan Kolesterol

Dengan memiliki kondisi kolesterol dalam darah yang tinggi sering menjadi penyakit terjadinya penyakit jantung dan hipertensi, sehingga untuk pengidap kolesterol tinggi disarankan memperbanyak olahraga dan menjaga asupan makanan agar kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah menjadi tidak semakin tinggi.

Dengan daun dan buah ciplukan ini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan sekaligus meningkatkan kolesterol baik (HDL), manfaat ini berkat kandungan asam oleat dan juga linoleat didalamnya.

Mencegah dan Mengatasi Penyakit Asma

Daun ciplukan yang bisa membantu mengatasi dan mencegah penyakit asam, hal ini dikarenakan daun ciplukan yang memiliki kandungan didalamnya berfungsi mencegah dan juga mengatasi penyakit asma dan untuk merasakan manfaatnya bisa dengan daun dan batang ciplukan direbus sebagai minuman ramuan daun ciplukan.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun ciplukan yang bisa memberikan manfaat untuk kesehatan yaitu sebagai anti hiperglikemia atau kemampuan dalam membantu menurunkan kadar gula darah, dimana untuk beberapa senyawa dalam daun ciplukan bisa memperlambat proses pemecahan serta penyerapan karbohidrat.

Tentu saja dengan hal ini yang akan membantu dalam meringankan fungsi insulin di dalam mengatur regulasi glukosa darah agar selalu di dalam batas fisiologis.

Membantu Mengatasi Sariawan

Selanjutnya manfaat daun ciplukan yaitu mampu membantu mengatasi masalah sariawan, masalah ini kerap menimbulkan rasa perih pada bagian area mulut dan kondisi ini yang bisa menyebabkan nafsu makan menjadi turun drastis.

Masalah sariawan juga adalah kondisi umum terjadi pada saat tubuh kekurangan vitamin C, sehingga masalah ini yang bisa diatasi dengan memanfaatkan kandungan vitamin C terdapat dalam daun ciplukan dengan cara merebus daun ciplukan sebagai minuman ramuan.

Daun Ciplukan Kaya Akan Antioksidan

Daun ciplukan yang memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi di dalamnya yang berperan penting menjadi sumber alami dalam pencegahan serangan penyakit kronis, zat antioksidan ini seperti polifenol dan karotenoid yang berfungsi membantu menetralkan radikal bebas masuk dalam tubuh.

Terdapat sebuah penelitian menjelaskan jika kombinasi senyawa polifenol dan karotenoid ini mampu membantu  menghentikan penyebaran berbagai jenis penyakit kanker, dengan begitu daun ciplukan menjadi sumber ramuan alami anti kanker serta sumber makanan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C di dalam daun ciplukan yang bisa memberikan manfaat cukup besar  terhadap kesehatan tubuh, kandungan vitamin C ini yang memiliki sifat antioksidan dan juga bisa membantu merangsang produksi sel darah putih menjadi bagian dari sistem imun tubuh.

Selain itu vitamin C yang dapat memberikan peran penting dalam proses pembentukan kolagen, kolagen ini adalah suatu protein dapat memberikan bantuan dukungan terhadap tendon, pembuluh darah, ligament sampai menjaga kesehatan kulit dan organ tubuh yang lainnya secara keseluruhan.

Sebagai Obat Kanker Payudara

Sebuah penelitian yang menghasilkan fakta bahwa ekstrak daun ciplukan ini yang memiliki efek sitotoksik dapat menginduksi kematian pada sel kanker payudara, hal ini berarti tanaman ciplukan dapat menjadi alternatif yang terbaik sebagai pengobatan untuk penderita kanker payudara lebih aman, efektif dan juga  terjangkau.

Setelah kamu mengetahui dengan beberapa manfaat daun ciplukan, maka selanjutnya kamu juga perlu tahu dengan cara mengolahnya daun ciplukan agar bisa merasakan manfaatnya dan untuk cara mengolahnya sebagai berikut:

  • Terlebih dahulu siapkan daun ciplukan yang sudah dicuci hingga bersih.
  • Kemudian daun ciplukan yang bisa direbus dengan air hingga mendidih.
  • Tunggu sekitar 15 sampai 20 menit.
  • Jika sudah kemudian air rebusan daun ciplukan bisa disaring, agar daun dan airnya terpisah.
  • Lalu minum air rebusan ini sehari satu kali untuk bisa merasakan manfaatnya dengan optimal.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa manfaat daun ciplukan dan beserta dengan cara mengolahnya yang bisa kamu ketahui dan terapkan agar bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat mencoba merasakan manfaatnya.

ciplukandaun ciplukan