Manfaat dan Cara Mengolah Daun Seledri Untuk Kolesterol

Nesiaverse.com – Pastinya salah satu bahan masakan yang satu ini sudah tidak asing lagi untuk ibu rumah tangga yaitu daun seledri, ternyata daun seledri ini selain digunakan untuk untuk bahan masakan ternyata sangat baik untuk kesehatan lalu apa manfaat dan cara mengolah daun seledri untuk kolesterol yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Daun seledri yang merupakan salah satu sayuran hijau yang biasa digunakan sebagai pelengkap masakan atau bisa juga sebagai taburan masakan yang dipotong kecil-kecil, selain digunakan untuk mempercantik tampilan makanan daun seledri juga yang akan menambah cita rasa makanan.

Daun seledri yang mengandung berbagai mineral dan vitamin di dalamnya seperti kalsium, kalium. folate, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, kolin dan juga magnesium, dengan berbagai jenis antioksidan yang terkandung di dalam daun seledri ini seperti lutein, flavonoid beta karoten dan juga zeaxanthin.

Advertisment

Semua kandungan yang terdapat dalam daun seledri ini yang tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh, dimana salah satu manfaat dari mengkonsumsi daun seledri yaitu dapat menurunkan atau mengobati kolesterol tinggi.

Tidak sedikit orang yang mengalami masalah dengan kadar kolesterol tinggi dan bahkan masalah ini yang dapat dialami oleh siapa saja baik itu masih muda maupun orang tua, dengan tingginya kadar kolesterol ini yang bisa meningkatkan risiko penyakit stroke, serangan jantung dan juga hipertensi.

Advertisment

Lalu bagaimana dengan manfaat dan cara mengolah daun seledri untuk kolesterol, nah untuk kamu yang penasaran dan ingin tahu maka bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini.

Manfaat Daun Seledri Untuk Kolesterol

Dimana penyebab dari munculnya kolesterol tinggi yaitu dari pola makan yang kurang sehat sehingga untuk mengatasi kolestrol ini yaitu dengan memulai dari membatasi mengkonsumsi makan yang mengandung lemak atau yang digoreng, selain itu juga ternyata daun seledri jus yang bermanfaat untuk kolesterol.

Dengan mengkonsumsi daun Seledri ini yang faktanya mampu membantu untuk menurunkan kolesterol tinggi, namun kendati demikian kamu juga jangan lupa untuk selalu mendaMpingi dalam mengkonsumsi daun seledri ini dengan pola hidup yang sehat untuk bisa mendapatkan hasilnya.

Kadar kolesterol tinggi yang bisa menimbulkan pengendapan lemak dalam pembuluh darah dan endapan tersebut yang nantinya menyebabkan aliran darah menjadi terhambat, hal ini berdampak terkena serangan jantung dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Dimana daun seledri yang memiliki kandungan fitokimia atau yang biasa disebut dengan phthalates yang dimana kandungan ini yang bisa melemaskan jaringan dinding arteri untuk dapat meningkatkan aliran darah dan juga menurunkan tekanan darah.

Cara Mengolah Daun Seledri Untuk Kolesterol

Untuk cara mengolah daun seledri untuk kolesterol kamu bisa dengan dibuatkan dalam bentuk jus, dan untuk membuat jus seledri sendiri yang mudah serta praktis adapun untuk kamu yang belum tahu dengan caranya bisa dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Terlebih dahulu silahkan bersihkan daun seledri satu ikat dengan menggunakan air yang bersih.
  • Jika sudah dibersihkan lalu potong-potong daun seledri pada bagian akar dan juga daunnya.
  • Lalu potongan daun seledri dimasukkan ke dalam blender dengan menambahkan air 100 cc lalu blender hingga halus.
  • Dapat ditambahkan dengan satu sendok madu untuk menambah rasa.
  • Dapat mengkonsumsi jus daun seledri dalam satu gelas per harinya.

Dalam membuat jus daun seledri ini yang sebaiknya untuk tidak menambahkan pemanis seperti menambahkan gula, hal ini yang akan menyebabkan kenaikan kadar gula darah dan juga kondisi kolesterol yang akan semakin parah.

Namun dalam mengkonsumsi jus daun seledri untuk mengatasi kolestrol kamu juga perlu mengetahui dengan beberapa hal yang harus diperhatikan, dimana untuk menurunkan tekanan darah yang tidak hanya dapat dicapai dengan mengkonsumsi jus daun seledri saja tetapi juga perlu perubahan pola hidup sehat.

Dengan pola makan yang sehat dengan rendah lemak jenuh dan rendah lemak serta kamu juga bisa dengan melakukan olahraga secara rutin, hal ini menjadi salah satu bagian dalam program untuk dapat menurunkan tekanan darah agar tekanan darah tetap stabil.

Tetapi dengan mengkonsumsi daun seledri ini yang secara berlebihan yang ternyata terdapat efek sampingnya yaitu diantaranya dengan dapat menimbulkan alergi, gejala lainnya yaitu gangguan pencernaan, masalah pernapasan, reaksi kulit dan bahkan dapat menurunkan kesuburan karena kandungan dalam seledri ini yang terlalu banyak.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai manfaat dan cara mengolah daun seledri untuk kolesterol yang mungkin bisa kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

daun seledrikolesterolmanfaat daun seledriseledri