10 Manfaat Daging Burung Puyuh Untuk Kesehatan

Nesiaverse.com – Selain telur puyuh yang memiliki peminatnya namun daging burung puyuh juga ternyata banyak yang menyukainya karena memang daging burung yang banyak nutrisi, lalu apa saja manfaat daging burung puyuh untuk kesehatan? Untuk mengetahui dengan beberapa manfaatnya bisa simak ulasan di bawah ini.

Burung puyuh merupakan salah satu jenis unggas yang dikategorikan sebagai burung tetapi burung puyuh ini tergolong jenis burung yang sulit terbang, dengan memiliki ukuran tubuh yang kecil dan gemuk dengan kakinya burung puyuh yang pendek dan umumnya burung puyuh ini yang berukuran panjang sekitar 19 cm, berekor pendek, berbadan bulat.

Memang jenis burung puyuh ini adalah hewan unggas penghasil telur puyuh, biasanya burung puyuh petelur ini yang dipelihara untuk diambil telurnya yang bisa menjadikan usaha karena telur puyuh memiliki banyak peminatnya dimulai anak-anak hingga orang dewasa.

Advertisment

Tidak hanya telur puyuh saja yang memiliki banyak segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, tetapi burung puyuh juga yang memiliki nutrisi yang penting dan baik untuk menjaga kesehatan dan juga mencegah penyakit walaupun tubuhnya yang kecil.

Jika kamu yang belum terbiasa dalam mengkonsumsi daging burung puyuh dan kamu bisa mencobanya untuk bisa merasakan manfaat dari daging burung puyuh untuk kesehatan tubuh, tidak sulit juga untuk bisa menemukan sajian daging burung puyuh yang satu ini.

Advertisment

Karena sekarang ini sudah banyak di beberapa warung makan sederhana yang sering menyediakan sajian makanan dengan bahan dasar daging burung puyuh, nah untuk kamu yang penasaran dengan apa saja manfaat burung puyuh untuk kesehatan maka bisa simak ulasan di bawah ini dengan seksama.

Manfaat Daging Burung Puyuh Untuk Kesehatan

Sudah bukan rahasia lagi bahwa memang burung puyuh ini yang memiliki banyak manfaatnya baik itu dari telurnya maupun dagingnya, pada kesempatan kali ini kita akan membahas dengan manfaat burung puyuh untuk kesehatan.

Walaupun burung puyuh ini mempunyai ukuran tubuh terbilang sangat kecil tetapi dengan tubuh kecil tersebut yang mengandung segudang nutrisi didalamnya yang sangat baik untuk kesehatan, dimana daging burung puyuh yang memiliki banyak nutrisi seperti fosfor, lemak, protein, seng, kalsium dan juga zat besi.

Bahkan selain itu masih terdapat banyak sekali kandungan nutrisi yang terdapat di dalam daging burung puyuh yaitu seperti vitamin B terdiri dari tiamin, riboflavin, niasin, biotin, piridoksin, asam pantotenat, kobalamin, dan juga asam folat mampu untuk memperkuat sistem saraf.

Terdapat juga kandungan  asam askorbat dan vitamin membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin A mampu memperkuat tulang dan juga meningkatkan kesehatan tulang, vitamin D yang berfungsi menjaga kesehatan tulang, serta vitamin K membantu proses metabolisme sel dan menyerap kalsium.

Setelah kamu mengetahui dengan beberapa kandungan nutrisi yang terdapat pada daging burung puyuh, selanjutnya dibawah ini terdapat beberapa manfaat daging burung puyuh untuk kesehatan yaitu sebagai berikut:

Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat daging burung puyuh untuk kesehatan yang bisa kamu rasakan dan dapatkan dengan mengkonsumsi daging burung puyuh ini secara teratur yaitu bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan manfaat ini tentu saja sangat penting untuk tubuh agar tubuh tetap sehat dan kuat.

Dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang tentu saja berperan penting dalam mencegah tubuh terserang dengan penyakit atau virus, bahkan selain itu juga sistem kekebalan tubuh yang baik bisa membantu membunuh parasit dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh kamu.

Membantu Mengatasi Masalah Sistem Pencernaan

Dimana sistem pencernaan yang menjadi salah satu organ yang sangat penting untuk manusia maupun hewan, sistem pencernaan yang menjadi tempat untuk menyerap makanan yang nantinya akan diikat oleh darah lalu dibawa ke seluruh tubuh.

Sehingga pada saat sistem pencernaan sedang terganggu maka bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan karena proses penyerapan makanan yang akan ikut terganggu, masalah pada sistem pencernaan ini yang bisa kamu atasi hanya dengan mengkonsumsi daging burung puyuh yang bermanfaat untuk mengatasi masalah yang terjadi pada sistem pencernaan.

Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Untuk manfaat daging burung puyuh untuk kesehatan lainnya yang berasal dari kandungan vitamin E yang terdapat dalam daging burung puyuh tersebut, kandungan vitamin E layaknya vitamin E pada buah-buahan dan sayuran kandungan ini yang bisa membantu dalam menjaga kesehatan kulit.

Sehingga dengan kamu memakan daging burung puyuh maka kamu bisa merasakan dan mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan dan juga kecantikan, berkat kandungan vitamin E di dalam daging burung puyuh berfungsi dapat mencegah penuaan dini dan juga membantu meregenerasi kulit.

Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Daging burung puyuh yang mengandung vitamin A di dalamnya yang bisa memberikan manfaat untuk kesehatan yaitu bisa membantu menjaga kesehatan mata, kamu bisa menjadikan daging burung puyuh ini sebagai alternatif lainnya untuk pengganti wortel dalam menjaga kesehatan mata.

Bahkan selain itu juga kuning telur burung puyuh juga yang mempunyai kandungan lutein dan juga zeaksantin yang bisa membantu menjaga kesehatan retina, kedua nutrisi tersebut yang dapat dipercaya mampu untuk melindungi mata dari cahaya biru masuk ke mata.

Membantu Mengobati Anemia

Selanjutnya untuk manfaat daging burung puyuh untuk kesehatan yang bisa kamu rasakan yaitu membantu dalam mengobati anemia, manfaat ini yang dikarenakan adanya kandungan zat besi di dalam daging burung puyuh mampu dalam mengatasi darah rendah atau anemia.

Dimana kandungan zat besi tersebut yang berfungsi dalam membantu untuk produksi hemoglobin dan juga eritrosit yang bisa membantu untuk mengatasi lebih sedikit darah dalam tubuh, sehingga untuk merasakan manfaatnya bisa memakan daging burung puyuh secara rutin.

Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan fosfor dan juga kalsium di dalam daging burung puyuh yang memiliki peran penting untuk kesehatan tubuh, sehingga manfaat burung puyuh untuk kesehatan lainnya bisa membantu dalam menjaga kesehatan tulang berkat kedua kandungan nutrisi tersebut.

Sehingga dengan rutin memakan daging burung puyuh maka kamu bisa merasakan manfaatnya dari burung puyuh untuk kesehatan tubuh, kandungan fosfor dan kalsium yang dapat mencegah terjadinya masalah pada tulang seperti osteoporosis disebabkan karena kekurangan kalsium dan juga fosfor.

Sebagai Sumber Energi

Di dalam daging burung puyuh yang terdapat kandungan nutrisi vitamin B2 dan kandungan vitamin ini yang berfungsi dalam mengubah karbohidrat menjadi gula, gula ini merupakan zat energi yang dibutuhkan tubuh sehingga dengan memakan daging burung puyuh yang bisa memberikan manfaat untuk kesehatan sebagai sumber energi.

Membantu Memperbaiki Jaringan Tubuh

Kandungan protein di dalam daging dan juga telur burung puyuh yang tinggi yang sangat penting untuk tubuh, kandungan protein memiliki peran dalam membantu untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak sehingga kandungan ini yang akan meregenerasi beberapa jaringan dan juga sel di dalam kulit, kuku, rambut serta meningkatkan produksi enzim dan hormon di dalam tubuh.

Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat daging burung puyuh untuk kesehatan lainnya yang bisa kamu dapatkan yaitu bisa membantu dalam menjaga kesehatan jantung, dimana manfaat ini berkat adanya kandungan protein di dalam daging burung puyuh dan juga telurnya mampu menstabilkan kolesterol jahat oleh karena itu dengan mengkonsumsi daging burung puyuh dan telurnya mampu menjaga kesehatan jantung.

Membantu Meringankan Gejala Penyakit Pernapasan

Sering terjadi beberapa masalah pernapasan yang bisa diatasi hanya dengan mengkonsumsi daging burung puyuh seperti TBC, asma dan juga distrofi muscular vegetatif, dengan rutin mengkonsumsi daging burung puyuh yang akan mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan sistem pernapasan.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa manfaat daging burung puyuh untuk kesehatan yang bisa kamu ketahui dan bisa kamu rasakan manfaatnya dengan mengkonsumsi daging burung puyuh secara rutin, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba merasakan manfaatnya.

burung puyuh