11 Manfaat Burung Puyuh Untuk Kesehatan

Nesiaverse.com – Banyak yang bertanya mengenai dengan manfaat burung puyuh untuk kesehatan, memang burung puyuh ini yang mampu memberikan banyak manfaat untuk tubuh dan untuk mengetahui dengan apa saja manfaatnya bisa dengan simak ulasannya disini.

Pastinya sudah kenal atau tahu dengan burung puyuh terutama untuk pecinta burung, hingga sekarang ini sudah banyak sekali yang mulai ternak burung puyuh untuk diambil telur maupun dagingnya, karena memang telur dan daging burung puyuh ini yang memberikan banyak manfaatnya.

Dimana burung puyuh adalah jenis burung dengan memiliki ukuran tubuh yang kecil seperti anak ayam, walaupun hewan unggas yang satu ini dinamakan dengan burung puyuh tetapi burung puyuh ini tidak bisa terbang terlalu tinggi seperti jenis burung yang pada umumnya.

Advertisment

Burung puyuh sendiri yang memiliki nama latin yaitu Cortunix yang biasanya dikonsumsi daging dan juga telurnya, dan sudah banyak sekali daging burung puyuh yang banyak dijual di pasaran untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

Untuk burung puyuh sendiri yang sudah banyak dibudidayakan sudah lama dan dijual baik itu dalam bentuk yang sudah matang maupun masih hidup, walaupun burung puyuh memiliki ukuran tubuh yang kecil tetapi burung puyuh ini yang memiliki banyak peminatnya dan bahkan terdapat beberapa khasiat dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Advertisment

Sangat penasaran bukan apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari burung puyuh untuk kesehatan? Jika kamu penasaran akan manfaatnya maka kamu bisa dengan simak ulasan di bawah ini dengan seksama.

Manfaat Burung Puyuh Untuk Kesehatan

Beragam khasiat atau manfaat yang bisa didapatkan dan dirasakan dari memakan daging burung puyuh untuk kesehatan ini tentunya berkat adanya kandungan nutrisi dan gizi didalam daging burung puyuh tersebut, beragam kandungan nutrisi tersebut yang memiliki peran penting untuk kesehatan tubuh manusia.

Walaupun burung puyuh yang memiliki ukuran tubuh kecil namun tidak menutup kemungkinan ternyata di dalamnya yang terdapat kandungan nutrisi yang melimpah, secara umum daging burung puyuh yang mempunyai berbagai kandungan nutrisi seperti:

  • Protein
  • Asam folat
  • Biotin
  • Asam pantotenat
  • Kalsium
  • Riboflavin
  • Fosfor
  • Kobalamin
  • Lemak
  • Niasin
  • Seng
  • Tiamin
  • Zat besi
  • Piridoksin
  • Vitamin A
  • Vitamin B
  • Vitamin D
  • Vitamin E
  • Vitamin K

Sedangkan untuk kandungan gizi pada telur puyuh diantaranya terdapat kandungan protein yang tinggi dan juga terdapat kandungan kolin juga yang berfungsi dan sangat baik untuk otak, dengan beragam kandungan nutrisi tersebut sehingga tidak heran jika burung puyuh ini yang mampu memberikan banyak manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan.

Adapun untuk beberapa manfaat burung puyuh untuk kesehatan yaitu sebagai berikut:

Kesehatan Sistem Pencernaan

Salah satu manfaat burung puyuh untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan dan rasakan yaitu untuk kesehatan sistem pencernaan, dimana sistem pencernaan yang menjadi salah satu organ sangat penting untuk tubuh karena sebagai tempat penyerapan sari makanan untuk diikat darah dan dibawa ke seluruh tubuh.

Pada saat sistem pencernaan terganggu maka bisa mengakibatkan berbagai masalah kesehatan lainnya muncul karena proses penyerapan sari makanan pada usus terganggu, gangguan lainnya disebabkan adanya bisul pada usus, bisul perut maupun gastritis dan semua itu masalah pada sistem pencernaan yang bisa diatasi dengan burung puyuh.

Kesehatan Jantung

Pada daging dan juga telur burung puyuh ini yang memiliki kandungan protein didalamnya yang berfungsi mampu untuk membantu dalam menyeimbangkan kolesterol buruk masuk ke dalam tubuh, sehingga dengan mengkonsumsi telur atau daging burung puyuh yang sangat baik dalam menjaga kesehatan jantung.

Kesehatan Jaringan Tubuh

Burung puyuh yang mengandung protein yang tinggi terdapat pada dagingnya dan juga telur puyuhnya yang memiliki peran penting dalam membantu proses pembentukan beberapa jaringan dan juga sel yang ada pada kulit, kuku, rambut serta membantu dalam meningkatkan produksi hormon dan juga enzim didalam tubuh.

Kesehatan Sistem Pernapasan

Untuk manfaat burung puyuh untuk kesehatan lainnya yaitu untuk kesehatan sistem pernapasan, dimana dengan mengkonsumsi daging burung puyuh yang mampu untuk mengatasi masalah atau gangguan pada sistem pernapasan yang sedang dialami.

Untuk beberapa masalah atau gangguan sistem pernapasan yang bisa diatasi hanya dengan mengkonsumsi daging burung puyuh diantaranya yaitu asma, vegetative vascular dystrophy dan juga tuberculosis, memang burung puyuh ini sama hal nya seperti fungsi dari daging tupai dan juga daging kelelawar.

Mencegah Anemia

Kandungan zat besi yang tergantung dalam burung puyuh ini yang bermanfaat atau berfungsi dalam mengatasi kekurangan darah atau biasa disebut dengan anemia, kandungan zat besi ini bisa membantu memproduksi hemoglobin dan sel darah merah yang bisa mengatasi kekurangan dalam di dalam tubuh.

Kesehatan Tulang

Kesehatan tulang yang sangat penting untuk selalu dijaga dan untuk membantu menjaga serta menguatkan tulang yang bisa dengan mengkonsumsi burung puyuh saja, karena memang burung puyuh ini yang bisa memberikan manfaat untuk kesehatan tulang agar tetap kuat

Daging burung puyuh yang mempunyai kandungan kalsium dan fosfor didalamnya dan kedua zat tersebut yang bermanfaat untuk membantu dalam menjaga tulang agar tidak mudah keropos,  dan juga agar terhindar dari masalah tulang seperti osteoporosis.

Kesehatan Otak

Selanjutnya untuk manfaat burung puyuh untuk kesehatan yaitu bisa membantu dalam memberikan nutrisi pada otak sehingga fungsi otak berjalan dengan baik, manfaat ini yang berasal dari kandungan kolin yang terdapat pada telur puyuh yang berperan untuk perkembangan fungsi otak.

Kandungan kolin pada telur burung puyuh juga yang dapat membantu kinerja syaraf ada di dalam otak untuk menjadi meningkatkan daya ingat, sehingga dengan mengkonsumsi telur burung puyuh yang akan membuat daya ingat menjadi lebih baik serta tidak akan mudah lupa.

Kesehatan Kulit

Di dalam burung puyuh yang tidak hanya mengandung vitamin A dan vitamin B saja namun terdapat juga kandungan vitamin E didalamnya, kandungan vitamin E ini yang sama halnya dengan kandungan vitamin E di dalam buah maupun sayur.

Kandungan vitamin E pada daging burung puyuh yang berfungsi dalam membantu untuk mencegah terjadinya penuaan dini, karena memang kandungan vitamin E ini yang bermanfaat untuk proses meregenerasi kulit yang berlangsung pada setiap harinya.

Kesehatan Mata

Kuning telur puyuh yang tidak hanya mengandung protein namun terdapat juga kandungan lainnya seperti lutein dan juga zeaksantin yang bisa membantu menjaga kesehatan retina mata, kedua kandungan ini yang berfungsi melindungi mata dari mengatur sinar matahari yang masuk ke mata.

Karena sinar biru masuk ke mata tanpa di filter sebelumnya yang bisa menimbulkan efek atau dampak buruk untuk kesehatan mata, selain kedua kandungan tersebut telur dan daging burung puyuh yang memiliki kandungan vitamin A dalam burung puyuh yang sangat baik dan memberikan manfaat dan berpengaruh untuk membantu menjaga kesehatan mata.

Kekebalan Tubuh

Dengan mengkonsumsi daging burung puyuh secara rutin yang bisa memberikan manfaat untuk kesehatan yaitu bisa membantu meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh, dengan meningkatkan sistem imun ini yang berfungsi untuk membantu mencegah tubuh agar tidak mudah sakit atau terserang penyakit, selain itu sistem imun yang sehat dan baik bisa membasmi parasit dan bakteri masuk dalam tubuh.

Kebutuhan Energi

Burung puyuh yang mempunyai kandungan vitamin B2 didalamnya yang berfungsi mampu untuk mengubah karbohidrat menjadi gula, sama seperti yang telah kita ketahui bahwa gula ini sebagai bahan energi yang diperlukan tubuh.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa manfaat burung puyuh untuk kesehatan yang bisa kamu ketahui dan bisa kamu rasakan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

burung puyuh