5 Manfaat Burung Cendrawasih Bagi Lingkungan

Nesiaverse.com – Manfaat burung cendrawasih bagi lingkungan menjadi salah satu pertanyaan yang banyak di pertanyaan, untuk kamu yang penasaran dengan apa saja manfaatnya dari burung cendrawasih tersebut maka bisa dengan simak ulasannya dibawah ini dengan seksama.

Dimana bentangan alam dan juga ekosistem tanah Papua dan juga Kepulauan Maluku yang tidak hanya terkenal kaya dan indah saja namun sangat bervariasi, dengan tingginya kompleksitas ekosistem membuat flora dan fauna yang ada di tanah Papua sangat beragam dan juga unik.

Tanah Papua dan kepulauan Maluku menjadi sangat spesial karena menciptakan ekosistem dan habitat berbagai dimulai dari ekosistem bawah laut, dataran rendah, pesisir pantai, dataran tinggi sampai ke area pegunungan tertutup salju abadi.

Advertisment

Salah satu fauna yang ada di tanah Papua dengan memiliki posisi penting yaitu burung cendrawasih berkaitan erat dengan budaya adat masyarakat di sana, burung cendrawasih memiliki peran besar dalam menjaga keseimbangan ekosistem hutan yang ada di Tanah Papua maupun kepulauan Maluku.

Burung cendrawasih merupakan jenis burung tidak bermigrasi dan tidak terbang terlalu jauh oleh karena itu mereka yang menjadi burung unik di setiap pulau dan pegunungan berbeda-beda di wilayah Tanah Papua dan Kepulauan Maluku dan burung cenderawasih hidup di hampir semua wilayah tanah Papua.

Advertisment

Sedangkan untuk burung cenderawasih yang ada di Kepulauan Maluku bisa ditemui di Halmahera, Bisa, Kasiruta, Obi, Morotai, Rau, Provinsi Maluku Utara dan kepulauan Aru, provinsi Maluku, lalu apa manfaat burung cendrawasih bagi lingkungan? Yuk simak ulasan dibawah ini untuk mengetahuinya.

Manfaat Burung Cendrawasih Bagi Lingkungan

Burung cendrawasih sendiri merupakan salah satu spesies burung dengan memiliki bulu yang indah dan elok, sehingga burung cendrawasih yang terkenal karena memiliki keindahan bulunya terutama untuk burung cenderawasih jantan, burung tersebut yang banyak dinilai orang sebagai jenis burung yang paling indah dan cantik di dunia.

Bng cendrawasih termasuk jenis burung yang telah menyandang status sebagai “Bird of Paradise” atau burung dari surga, biasanya jenis burung cendrawasih ini yang bisa ditemukan di wilayah timur dan habitat aslinya berada di kawasan hutan lebat yang terdapat di dataran rendah Papua.

Dimana keberadaan burung cendrawasih yang dijadikan sebagai maskot atau identitas untuk penduduk Papua, sehingga keindahan bulu yang dimiliki burung cendrawasih ini digunakan sebagai hiasan melengkapi pakaian adat Papua.

Namun hal tersebut yang menjadikan keberadaan burung cendrawasih menjadi berkurang jumlahnya dan terbukti sekarang populasi burung cendrawasih di Indonesia semakin langka, bahkan selain itu juga burung cendrawasih sering diburu dan ditangkap oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Biasanya burung cendrawasih yang sering dijual dan diperdagangkan secara ilegal, hal ini yang tentunya bisa merusak ekosistem yang ada di alam bebas atau liar, padahal dengan menjaga habitat burung cendrawasih di alam liar yang memiliki banyak manfaatnya bisa didapatkan baik untuk alam maupun kehidupan manusia.

Keberadaan burung cendrawasih di hutan menjadi pertanda bahwa kualitas hutan tersebut yang masih dalam kondisi sehat dan baik, burung cendrawasih memegang peranan yang besar dalam ekosistem hutan sehingga kehidupan di dalam hutan yang menjadi seimbang.

Sebagian besar burung cendrawasih yaitu pemakan buah sehingga burung ini memiliki peranan yang penting dalam penyebaran biji, bahkan selain itu juga burung cendrawasih berperan dalam mengontrol populasi serangga di dalam hutan.

Adapun untuk beberapa manfaat lainnya burung cendrawasih bagi lingkungan yaitu diantaranya sebagai berikut:

Membantu Menjaga Ekosistem di Hutan

Terdapat manfaat burung cendrawasih bagi lingkungan dan kehidupan makhluk hidup salah satunya membantu dalam menjaga ekosistem di hutan, dengan keberadaan hutan dan satwa di dalamnya yang memiliki hubungan timbal balik saling menguntungkan untuk bersama-sama menjaga keseimbangan ekosistem.

Dimana hutan yang menyediakan makanan untuk burung cendrawasih dan nantinya manfaat burung cendrawasih bagi lingkungan yaitu dengan menghasilkan kotoran yang bisa menjadi nutrisi untuk tumbuhan yang tersedia di hutan tersebut.

Membantu Menambah Keanekaragaman Satwa

Dengan adanya keberadaan burung cendrawasih semakin langka yang tentunya akan menambah keanekaragaman satwa dimiliki oleh Indonesia, sehingga dengan begitu untuk keberlangsungan hidup burung cendrawasih kepedulian masyarakat terhadap lingkungan yang menjadi kunci utamanya.

Sekarang ini yang sudah banyak sekali pihak yang mengkampanyekan untuk selalu menjaga kelestarian burung cendrawasih yang mulai terancam punah ini, sehingga dengan menjaga keberadaan burung cendrawasih yang bisa memberikan manfaat untuk lingkungan yaitu menambah keanekaragaman satwa.

Dapat Digunakan Sebagai Kepentingan Edukasi

Dengan keanekaragaman hayati flora dan fauna yang memang selalu menjadi salah satu hal yang menarik untuk dipelajari, burung cendrawasih yang merupakan salah satu jenis burung yang unik bisa diamati baik dari perilakunya, cara berkembang biaknya dan yang lain sebagainya.

Sehingga manfaat burung cendrawasih bagi lingkungan yang bisa digunakan untuk kepentingan edukasi, untuk bisa mengatasi burung cendrawasih yang bisa dilakukan tanpa harus datang langsung ke habitat aslinya, karena sekarang ini sudah banyak kebun binatang yang bisa dikunjungi di berbagai daerah memiliki burung cendrawasih didalamnya.

Bisa Mempromosikan Wisata Nusantara

Dimana salah satu manfaat burung cendrawasih yaitu menjadi ikon Papua dan hal ini tentunya akan menjadi menarik minat masyarakat asing untuk melihatnya secara langsung di habitatnya baik itu wisatawan maupun ilmuwan, tentunya hal tersebut yang bisa meningkatkan aspek pariwisata Papua dan juga ikut menambah tujuan wisata khas Indonesia.

Menjadi Sarana Rekreasi

Terakhir untuk manfaat burung cendrawasih bagi lingkungan yang bisa menjadi sarana rekreasi dan kebun binatang yang menjadi salah satu tempat bisa dijadikan pilihan untuk rekreasi bagi manusia yaitu merilekskan pikiran dan melepaskan penat.

Bahkan sekaligus menjadi tempat wisata edukasi untuk anak-anak, di dalam kebun binatang tersebut yang tentunya terdapat banyak berbagai macam binatang yang bisa menghibur, termasuk juga burung cendrawasih yang bisa kamu lihat dan menghibur dengan keindahan bulu yang dimilikinya.

Terdapat banyak sekali manfaat burung cendrawasih bagi lingkungan tersebut, dengan banyak manfaat tersebut yang tentu saja harus semakin termotivasi diri untuk selalu menjaga kelestarian burung cendrawasih, sehingga bisa didapatkan manfaat keanekaragaman hayati yang lebih baik.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa manfaat burung cendrawasih bagi lingkungan yang bisa kamu ketahui dan bisa kamu rasakan manfaatnya, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

burung cendrawasih