10 Manfaat Buah Srikaya Untuk Ibu Hamil

Nesiaverse.com – Buah srikaya yang bisa dibuat sebagai bahan pembuatan selai, namun selain itu buah srikaya juga yang bisa dikonsumsi untuk ibu hamil yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Buah srikaya (Annona squamosa) merupakan salah satu jenis  tanaman tergolong ke dalam genus Annona berasal dari daerah tropis daerah Hindia Barat, tanaman ini yang bisa tumbuh di dataran rendah hingga daerah dengan memiliki ketinggian 1000 meter dpl.

Buah srikaya sendiri yang dikenal dengan sebutan buah nona atau mona di beberapa daerah, dengan memiliki aromanya yang khas dan rasanya manis dan bahkan kerap disebut sangat mirip dengan campuran buah nanas, buah pisang dan juha buah strawberry.

Advertisment

Dengan memiliki bentuk  yang kecil dengan rasanya yang sehingga menjadi buah srikaya ini disukai banyak orang dimulai dari anak-anak hingga orang dewasa, bahkan buah srikaya juga bisa dikonsumsi oleh bumil atau ibu hamil.

Manfaat Buah Srikaya Untuk Ibu Hamil

Advertisment

Buah srikaya yang dapat menjadi salah satu pilihan terbaik untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil, karena buah srikaya ini yang mengandung nutrisi dan vitamin  yang sangat lengkap dalam mendukung kesehatan ibu dan juga perkembangan bayi selama proses kehamilan berlangsung.

Beragam manfaat buah srikaya untuk ibu hamil ini berkat adanya kandungan nutrisi didalamnya yang beragam dan tergantung dengan ukuran serta tingkat kematangan buah srikaya tersebut, berikut perkiraan dalam 100 gram kandungan nutrisi buah srikaya matang yaitu:

  • 90 kkal kalori
  • 2,3 gram serat pangan
  • 22 gram karbohidrat
  • 2 gram protein
  • 14 gram gula alami
  • 0,2 lemak tak jenuh
  • 0,6 gram lemak
  • 0,2 lemak jenuh
  • 58 IU (1% dari AKG) vitamin A
  • 0,1 miligram (5% dari AKG) vitamin B6 (Piridoksin)
  • 20,9 miligram (35% dari AKG) vitamin C
  • 287 miligram (3% dari AKG) kalium
  • 18 miligram (2% dari AKG) kalsium
  • 18 miligram (2% dari AKG) fosfor
  • 37 miligram (9% dari AKG) magnesium
  • 0,6 miligram (3% dari AKG) zat besi
  • 14 mikrogram (4% dari AKG) folat

Tidak hanya dengan beragam kandungan nutrisi dalam buah srikaya ini namun buah ini juga yang mengandung antioksidan yaitu seperti fitokimia dan karotenoid lainnya yang berperan penting untuk kesehatan tubuh, selain itu buah srikaya juga yang mengandung enzim bromelain didalamnya berfungsi membantu dalam pencernaan.

Dengan beragam kandungan nutrisi pada buah srikaya ini membuat buah tersebut memberikan manfaat melimpah terutama untuk ibu hamil, sehingga ibu hamil yang disarankan mengkonsumsi buah srikaya secara rutin agar mendapatkan manfaatnya.

Untuk ibu hamil tentu saja sangat penting menjaga kesehatan tubuh dan untuk memenuhi kebutuhan asupan hariannya ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi buah srikaya, karena berbagai kandungan nutrisi dan vitamin bisa didapatkan hanya dengan mengkonsumsi satu buah srikaya saja.

Untuk manfaat buah srikaya untuk ibu hamil sendiri yang cukup banyak sehingga dengan begitu direkomendasikan oleh ahli kesehatan, kandungan nutrisi dan vitamin yang terdapat pada buah srikaya ini terbukti bisa memberikan berbagai kebaikan untuk ibu hamil dan juga perkembangan janin dalam kandungan.

Adapun untuk beberapa manfaat buah srikaya untuk ibu hamil yaitu sebagai berikut:

Membantu Meredakan Gejala Mual

Biasanya ibu hamil yang mengalami gejala morning sickness cukup mengganggu pada pagi hari dan gejalanya bisa merasakan mual, pusing, dan juga lemas dalam waktu bersamaan, gejala mual tersebut biasanya terjadi di trimester pertama kehamilan.

Ternyata gejala morning sickness yang dapat diredakan hanya dengan mengkonsumsi buah srikaya dan kamu bisa dikonsumsi secara rutin selama hamil, manfaat ini berkata adanya kandungan vitamin B6 yang berfungsi membantu meredakan mual dan juga pusing pada bumil di awal kehamilan.

Membantu Mencegah Anemia

Buah srikaya yang mengandung lemak, kalori dan karbohidrat cukup tinggi di dalamnya dan nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh para ibu hamil berguna untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap optimal, ibu hamil biasanya kerap mengalami anemia selama masa kehamilan berlangsung.

Ibu hamil yang kekurangan darah tentu saja dapat membahayakan ibu dan juga janin dalam kandungannya, sehingga dengan begitu hal seperti ini wajib diperhatikan lebih untuk menjaga tumbuh kembang janin bisa berjalan dengan baik sampai proses persalinan lancar.

Membantu Meminimalisir Resiko Lahir Prematur

Salah satu ketakutan para ibu hamil yaitu terjadinya kelahiran prematur sehingga untuk meminimalisir resiko lahir prematur yang bisa dengan mengkonsumsi buah srikaya, manfaat ini berasal dari kandungan didalam buah srikaya yang bisa menjaga kandungan sampai proses persalinan serta meminimalisir resiko lahir prematur.

Buah srikaya mengandung mineral zinc tinggi dapat memenuhi kebutuhan mineral dibutuhkan ibu hamil setiap hari mencapai 100 miligram, dengan asupan zinc cukup selama masa kehamilan membuat kadar hemoglobin di tubuh tetap terjaga ideal.

Membantu Mengatasi Sembelit

Dimana semakin besar perkembangan janin bagian perut ibu yang akan semakin tertekan bisa mempengaruhi proses pencernaan, hal ini bisa mengakibatkan ibu hamil menjadi lebih rentan mengalami masalah gangguan pencernaan seperti sembelit.

Kondisi ini dapat membahayakan janin jika terlalu sering mengejan karena gerak usus yang terhambat, masalah ini ternyata bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah srikaya berkat kandungan serat yang tinggi berfungsi melumasi sistem pencernaan sehingga masalah sembelit dapat diatasi.

Sebagai Sumber Energi

Umumnya ibu hamil yang akan lebih sering cepat lelah karena banyaknya kalori terbuang, dengan kondisi kelelahan berlebih pada ibu hamil yang pastinya akan sangat mengganggu aktivitas dan bahkan bisa membahayakan janin dalam proses tumbuh kembangnya.

Oleh karena itu dibutuhkan asupan kalori yang cukup agar ibu hamil tetap kuat dan berenergi, kandungan kalori pada buah srikaya ini yang cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk menjaga asupan kalori di dalam tubuh ibu hamil tetap terpenuhi dengan sangat baik.

Membantu Mengoptimalkan Perkembangan Janin

Selanjutnya manfaat buah srikaya untuk ibu hamil mampu membantu mengoptimalkan perkembangan janin, manfaat ini berkata adanya kandungan vitamin A dan vitamin C dalam buah srikaya bisa memberikan manfaat sangat baik dalam prose perkembangan janin.

Dengan asupan kandungan vitamin pada buah srikaya ini yang bisa membantu proses pertumbuhan dan perkembangan otak, saraf serta imun janin yang menjadi optimal, selain itu bisa menangkal serangan radikal bebas berkat antioksidan.

Membantu Mengurangi Nyeri Melahirkan

Walaupun manfaat buah srikaya untuk ibu hamil yang satu ini yang masih belum terbukti secara medis, tetapi manfaat srikaya ini yang patut untuk dicoba oleh ibu hamil dalam mengurangi nyeri pada saat proses persalinan.

Dengan mengkonsumsi buah srikaya ini secara rutin selama masa kehamilan berlangsung dapat membantu untuk mempersiapkan diri lebih dini untuk menghadapi persalinan normal, karena rasa sakit yang dapat diminimalisir dan buah srikaya di percaya bisa mengurangi risiko keguguran.

Sebagai Obat Detoks

Biasanya selama masa kehamilan yang membuat daya tahan tubuh menurun yang berpotensi mengendapkan racun serta penyakit dalam tubuh, jika hal ini dibiarkan terus maka kemungkinan kesehatan ibu dan juga janin dalam kandungan yang bisa berpengaruh.

Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi buah srikaya ini selama masa kehamilan berlangsung, berkat kandungan antioksidan yang tinggi sehingga ibu yang sudah melakukan detoksifikasi secara alami untuk membantu dalam menjaga daya tahan tubuh agar tetap optimal, membuat racun mengendap dalam tubuh.

Membantu Mengendurkan Otot Tegang

Ibu hamil juga terkadang merasa tegang bagian otot yang tertentu dan ini biasanya karena bertambahnya berat di bagian perut mempengaruhi ketegangan otot punggung dan otot kaki, salah satu manfaat buah srikaya untuk ibu hamil yaitu bisa mengendurkan otot tegang.

Buah srikaya yang dipercaya bisa membantu meredakan ketegangan otot-otot dan juga merelaksasi bagian tubuh tegang selama masa kehamilan berlangsung, untuk manfaat yang satu ini masih jarang diketahui banyak orang.

Membantu Menghindari Serangan Jantung

Terakhir manfaat buah srikaya untuk ibu hamil yaitu mampu membantu menghindari serangan jantung, dimana selama masa kehamilan biasanya ibu hamil yang sering mengalami penurunan daya tahan tubuh serta peningkatan aktivitas.

Bahkan tidak terkecuali juga kondisi jantung ikut melemah karena bumil kelelahan dan juga faktor bawaan lainnya, dengan kandungan magnesium dalam buah srikaya terbukti bisa mengurangi resiko serangan jantung terutama untuk ibu hamil.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa manfaat buah srikaya untuk ibu hamil yang bisa diketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat mencoba merasakan manfaatnya secara optimal bisa dengan mengkonsumsi buah srikaya secara rutin.

buah srikayaibu hamil