5 Manfaat Buah Nangka Untuk Diet

Nesiaverse.com – Tentunya sudah familiar dengan buah Nangka yang beraroma manis yang satu ini, dimana buah Nangka yang menjadi salah satu buah umum yang mudah ditemukan di Indonesia tetapi apakah kamu tahu dengan manfaat buah Nangka untuk diet? Untuk kamu yang tertarik ingin mengetahui manfaatnya bisa dengan simak ulasan pada artikel di bawah ini.

Buah Nangka merupakan salah satu jenis buah yang memiliki nama latin Artocarpus heterophyllus dengan memiliki tekstur kulit yang sedikit berduri dan berwarna hijau kekuningan, sedangkan untuk daging buahnya yang berwarna kuning yang memiliki aroma sangat khas.

Buah Nangka tidak hanya memiliki rasa yang manis namun buah ini juga memiliki manfaat yang melimpah untuk kesehatan terutama untuk diet atau menurunkan berat badan, bahkan hampir seluruh bagian dari tanaman Nangka tersebut yang bisa dimanfaatkan dan diolah dimulai dari kayu, daun, buah hingga bijinya.

Advertisment

Namun paling banyak manfaat yang bisa didapatkan yaitu dari bagian buahnya baik pada saat masih mentah maupun sudah matang, lalu apa saja manfaat buah Nangka untuk diet? Untuk mengetahuinya simak penjelasannya disini.

Manfaat Buah Nangka Untuk Diet 

Advertisment

Nangka adalah buah tropis dengan memiliki sejumlah manfaat untuk tubuh salah satunya dalam membantu menurunkan berat badan atau diet, manfaat ini didapatkan berkat kandungannya sekitar 90% memuat nutrisi yang cukup kompleks di dalamnya. 

Sebelum ke manfaat buah Nangka untuk diet tentu saja ada baiknya untuk mengetahui terkait kandungan nutrisi yang dimiliki buah Nangka terlebih dahulu, buah nangka dalam porsi satu cup atau sekitar 165 gram yang mengandung sekitar 155 kalori.

Sekitar 92% kalori tersebut yang berasal dari karbohidrat dan sisanya yang berasal dari protein serta sejumlah kecil lemak, untuk salah satu membuat buah Nangka ini unik yaitu kandungan protein di dalamnya dan buah Nangka mengandung 3 gram protein dalam per cupnya. 

Terlebih lagi hampir seluruh vitamin dan mineral terkandung  dalam buah Nangka ini yang dibutuhkan oleh tubuh, adapun untuk beberapa kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah Nangka yaitu sebagai berikut:

  • 155 kalori
  • 40 gram karbohidrat
  • 3 gram protein
  • 3 gram serat
  • 18% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG) vitamin C
  • 16% dari AKG mangan
  • 15% dari AKG magnesium
  • 15% dari AKG tembaga
  • 14% dari AKG potassium
  • 11% dari AKG riboflavin, dan
  • 10% dari AKG vitamin A

Dengan beragam kandungan yang terdapat dalam buah Nangka ini sehingga tidak heran jika terdapat sejumlah manfaat yang beragam dari buah Nangka tersebut, salah satu manfaat yang bisa didapatkan yaitu membantu menurunkan berat badan atau Diet.

Adapun untuk beberapa manfaat buah Nangka untuk diet yaitu sebagai berikut:

Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat yang tinggi terdapat dalam daging dan biji buah Nangka yang bermanfaat untuk program diet, bahkan selain itu buah Nangka yang mengandung karbohidrat di dalamnya yang merupakan 90% karbohidrat kompleks.

Dengan begitu kandungan tersebut yang akan lebih lama untuk dicerna oleh perut dan akan membuat kamu menjadi merasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makan dan ngemil yang bisa ditekan karena perut masih merasa lebih kenyang.

Membantu Mencegah Sembelit

Buah Nangka yang mengandung sumber serat didalamnya sebagai pencahar alami sehingga bisa membantu melancarkan sistem pencernaan dan mencegah konstipasi atau sembelit, kandungan serat memiliki fungsi lain untuk membantu mengikat bahan asing di dalam tubuh umumnya menjadi penyebab permasalahan di usus dan diabetes.

Bahkan kandungan serat juga yang dianggap sebagai probiotik dan hal ini yang berarti bakteri baik di dalam usus yang akan dipertahankan karena sifatnya yang menguntungkan untuk pencernaan, kandungan karotenoid dan flavonoid yang memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa mengurangi peradangan yang terjadi di dalam tubuh.

Membantu Mengontrol Gula Darah

Walaupun buah Nangka yang memiliki rasa manis namun hal ini yang tidak akan membuat tubuh mengalami lonjakan gula darah karena indeks glikemik (GI) pada buah nangka yang cukup rendah, dengan mengkonsumsi beberapa potong buah Nangka selama diet yang cukup efektif.

Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan flavonoid nangka berperan aktif dalam menyeimbangkan gula darah, selain buahnya tetap daun Nangka yang diekstrak yang pernah diuji untuk mengatasi diabetes pada tikus dan hasilnya menunjukan tingkat insulin pada tikus menjadi tinggi tetapi gula darah yang tetap rendah namun hal ini perlu diuji lebih lanjut.

Merasa Kenyang Lebih Lama

Kandungan serat pada buah Nangka yang bisa membantu melancarkan pencernaan tetapi dibalik itu dengan mengkonsumsi buah yang tinggi serta yang akan membantu kamu merasa lebih kenyang terutama saat menjalankan program diet, tidak hanya itu kandungan karbohidrat kompleks yang akan membantu mengurangi rasa lapar.

Pada saat kamu merasa kenyang dalam perut terjaga sehingga kamu yang akan bisa mengurangi kegiatan makan atau ngemil yang bisa berpotensi membentuk kalori kosong, tidak hanya itu kandungan vitamin C pada buah Nangka yang akan memenuhi kebutuhan asupan vitamin C tubuh yang berperan dalam memperbaiki sel rusak, meningkatkan imunitas dan juga merangsang pertumbuhan kolagen.

Efek Samping Buah Nangka

Setelah kamu mengetahui dengan beberapa manfaat buah Nangka untuk diet, namun ternyata di samping itu dengan mengkonsumsi buah Nangka tentu saja harus dibatasi porsinya jangan sampai berlebihan.

Jika mengkonsumsi buah Nangka yang berlebihan yang kurang baik untuk penderita ginjal kronis, dan juga dapat menyebabkan hiperkalemia yang akibat kebanyakan kalium, hal ini dikarenakan kadar potasium dalam buah Nangka yang cukup tinggi.

Sehingga dengan begitu manfaat buah Nangka untuk diet yang memang terbukti tetapi alangkah lebih baiknya tidak mengandalkan buah Nangka sepenuhnya, kamu bisa mengkonsumsi makanan lainnya selain buah Nangka untuk mendapatkan nutrisi lainnya.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa manfaat buah Nangka untuk diet yang perlu kamu ketahui dan juga dengan efek sampingnya jika mengkonsumsi buah Nangka dalam porsi berlebihan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

buah nangkadietnangka