6 Manfaat Buah Manggis Untuk Ibu Hamil

Nesiaverse.com – Sebenarnya buah manggis ini sudah terkenal dengan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, tetapi tidak sedikit orang yang ternyata belum tahu lebih dalam mengenai manfaat buah manggis untuk ibu hamil dan untuk mengetahuinya bisa simak ulasan dibawah ini.

Buah manggis atau memiliki nama latin Garcinia mangostana sendiri merupakan salah satu jenis buah yang paling mudah ditemukan di Indonesia, dengan memiliki bentuk bulat berwarna ungu kehitaman dengan rasanya yang manis.

Buah manggis yang memiliki rasa yang manis dan juga sedikit asam ini yang ternyata menjadi salah satu jenis buah dengan memiliki banyak penggemarnya dimulai dari anak-anak hingga orang dewasa, bahkan selain memiliki rasa yang manis buah manggis juga yang ternyata memiliki beragam manfaat buah manggis untuk ibu hamil.

Advertisment

Beragam manfaat ini tentu saja muncul berkat adanya kandungan nutrisi yang terdapat didalam buah manggis tersebut, sehingga menjadikan buang manggis ini baik untuk kesehatan ibu hamil dan juga janin di dalam kandungannya.

Beragam manfaat buah manggis untuk ibu hamil yang bisa diperoleh hanya dengan mengkonsumsi buah manggis yang secara langsung atau bisa juga dengan cara buah manggis diolah menjadi menu makanan yang menarik yaitu seperti dibuat jus, salad atau smoothie.

Advertisment

Bahkan selain itu juga akhir-akhir ini buah manggis ini yang dijadikan ekstrak alami dari buah manggis yang sudah tersedia banyak di jual di pasaran, ekstrak buah manggis ini yang dipercaya mempunyai antioksidan yang tinggi, antivirus, antibakteri dan antikanker.

Nah untuk kamu yang penasaran dengan apa saja manfaat yang bisa didapatkan hanya dengan memanfaatkan buah manggis ini untuk kesehatan ibu hamil dan juga janin, oleh karena itu sebaiknya simak ulasan dibawah ini.

Manfaat Buah Manggis Untuk Ibu Hamil

Ternyata buah manggis ini termasuk buah yang direkomendasikan untuk ibu hamil, hal ini karena buah manggis yang kaya akan kandungan folat didalamnya dan nutrisi ini yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil selama kehamilan berlangsung.

Pasalnya kandungan folat ini yang berfungsi dalam membantu menurunkan risiko cacat pada tabung saraf bayi, selain itu buah manggis juga yang dikemas dengan kandungan vitamin B2, vitamin C, xanthones dan juga magnesium berfungsi menjaga kesehatan ibu hamil.

Adapun untuk beberapa manfaat buah manggis untuk ibu hamil yang bisa di ketahui dan rasakan sebagai berikut:

Membantu Mengontrol Gula Darah

Biasanya ibu hamil yang cenderung mempunyai resiko mengalami diabetes gestasional yaitu kadar gula darah yang tinggi selama kehamilan, jika kadar gula darah ini tidak terkontrol dengan baik maka kondisi ini yang dapat menyebabkan komplikasi pada ibu maupun janin.

Seperti misalnya bayi lahir prematur dan juga preeklamsia, dimana sebuah penelitian yang membuktikan bahwa kombinasi kandungan xanthone dan juga serat pada buah manggis ini yang mampu membantu ibu hamil dalam mengontrol gula darah tetap stabil sehingga risiko mengalami diabetes gestasional yang akan menurun.

membantu Mencegah Anemia

Buah manggis yang memiliki kandungan vitamin C di dalamnya yang memiliki peran penting untuk ibu hamil yaitu mampu untuk mencegah anemia, biasanya anemia ini merupakan salah satu masalah yang paling rentan menimpa ibu hamil.

Pasalnya kandungan nutrisi vitamin C pada buah manggis ini yang berfungsi dalam membantu memaksimalkan penyerapan zat besi dalam tubuh, sehingga dengan begitu pembentukan sel darah merah yang akan semakin optimal dan zat besi dalam buah manggis juga bisa mengatasi kelelahan yang kerap dialami oleh bumil.

Membantu Mencegah Cacat Lahir

Pastinya semua ibu menginginkan janin atau bayi dalam kandungan tersebut bisa lahir dengan sempurna tanpa ada cacat sedikitpun, salah satu cara yang sangat efektif yaitu dengan mengkonsumsi buah manggis dengan kandungan asam folat dalam buah ini berperan penting di dalam pertumbuhan dan juga perkembangan organ bayi.

Dimana sebuah penelitian yang menunjukan bahwa dengan rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi asam folat ini sebelum dan selama kehamilan berlangsung yang bisa membantu dalam mencegah bayi mengalami cacat lahir yaitu seperti spina bifida dan anensefalus.

Kandungan asam folat yang terdapat di dalam buah manggis, sehingga dengan begitu untuk ibu hamil yang disarankan untuk mengkonsumsi buah manggis, ibu hamil juga yang bisa menjadikan buah manggis ini sebagai salah satu cemilan sehat selama kehamilan berlangsung.

Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dimana selama kehamilan berlangsung sistem kekebalan tubuh ibu hamil tentunya harus bekerja lebih keras hal ini karena harus melindungi 2 tubuh sekaligus, yaitu tubuhnya sendiri dan juga tubuh janin dalam kandungan.

Dengan bertambahnya beban sistem kekebalan tubuh tersebut sehingga bisa membuat sebagian sistem perlindungan yang menjadi lebih lemah, dengan begitu ibu hamil yang akan menjadi lebih rentan terhadap infeksi.

Untuk bisa menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil maka bisa dengan mengkonsumsi buah manggis, karena kandungan serat dan vitamin C dalam buah manggis cukup banyak berfungsi membantu ibu hamil dalam menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh.

Bahkan selain itu juga buah manggis ini yang memiliki sifat antioksidan dan juga antibakteri, kedua sifat atau senyawa ini yang tentu saja memberikan manfaat untuk ibu hamil yaitu mampu melindungi tubuh dari radikal bebas dan juga bakteri yang berbahaya.

Membantu Mencegah Sembelit

Untuk manfaat buah manggis untuk ibu hamil yang lainnya yaitu membantu mencegah dan mengatasi sembelit, dimana buah manggis ini yang merupakan sumber serat yang sangat baik dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Dengan kebutuhan serat harian yang tercukupi maka ibu hamil yang akan terhindar dari masalah sembelit dan biasanya masalah ini  yang sering terjadi pada ibu hamil, oleh karena itu ibu hamil yang disarankan untuk mengkonsumsi buah manggis ini dengan jumlah yang pas.

Membantu Mengontrol Berat Badan

Selama kehamilan berlangsung ibu hamil yang cenderung akan mudah mengalami kenaikan berat badan, hal ini yang sebenarnya kenaikan berat badan yang menandakan bahwa janin yang bertumbuh dengan baik.

Tetapi jika berat badan naik yang secara berlebihan justru dapat meningkatkan risiko masalah kehamilan seperti misalnya mengalami diabetes gestasional dan juga obesitas yang bisa membuat ibu hamil perlu menjalankan operasi caesar, untuk membantu mengontrol berat badan ini yang bisa dengan mengkonsumsi buah manggis.

Hal ini karena buah manggis yang memiliki kandungan nutrisi didalamnya yang cenderung rendah sehingga sangat aman dikonsumsi oleh ibu hamil, alhasil ini yang membuat berat badan ibu hamil yang tetap terkontrol dan tidak akan naik yang secara berlebihan.

Dengan beragam manfaat buah manggis untuk ibu hamil ini yang bisa kamu dapatkan hanya dengan mengkonsumsi buah manggis secara rutin tidak berlebihan, namun selain dengan mengkonsumsi buah manggis ibu hamil juga harus menerapkan gaya hidup sehat serta selalu memeriksa kehamilan yang rutin.

Hal ini yang bertujuan untuk memastikan perkembangan bayi dalam janin tersebut tetap sehat, optimal dan juga mencegah terjadi masalah kesehatan, jika kamu memiliki keluhan kesehatan selama  hamil maka sebaiknya untuk segera periksa ke dokter kandungan untuk bisa mendapatkan diagnosis yang tepat.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa manfaat buah manggis untuk ibu hamil yang bisa kamu ketahui dan bisa kamu rasakan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

buah manggisibu hamil