8 Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan

Nesiaverse.com – Manfaat bengkoang untuk kesehatan sangatlah baik bahkan sudah teruji khasiat nya sejak dahulu. Hal ini dikarenakan bengkoang sendiri memiliki kandungan nutrisi yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh.

Bengkoang memiliki kandungan vitamin, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor dan magnesium. Bengkoang sendiri termasuk ke dalam jenis umbi-umbian yang bisa ditemukan dengan mudah. 

Bengkoang memiliki nama latin Pachyrhizus erosus, kamu bisa menumbuhkan bengkoang sebagai salah satu tanaman yang dapat tumbuh subur di Indonesia. Hal ini dikarenakan oleh suhu di Indonesia yang panas dan lingkungan yang lembab karena sinar matahari yang penuh. 

Advertisment

Sehingga tentunya kamu bisa memanfaatkan bengkoang ini untuk berbagi manfaat, salah satunya bagi kesehatan. Untuk mengetahui manfaat dari bengkoang untuk kesehatan apa saja, simaklah ulasan dalam artikel berikut ini. 

Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan

Advertisment

Terlepas dari rasa bengkoang yang menyegarkan, bengkoang ini memiliki banyak kandungan air, bahkan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bengkoang dikenal sebagai umbi-umbian yang kaya akan kandungan serat yang melimpah. 

Di dalam setiap 100 gram bengkoang, terdapat 5 gram kandungan serat dan 40 kalori. Jumlah serat di dalam bengkoang ini dapat memenuhi kebutuhan serat harian orang dewasa sebanyak 10-15%. 

Nah, disamping serat, ada berbagai jumlah nutrisi lainnya yang dimiliki oleh bengkoang dan tentunya penting bagi kesehatan. Berikut beberapa nutrisi yang terkandung di dalam 100 gram bengkuang. 

  • Protein : 0.7 gram
  • Karbohidrat : 8,8 gram
  • Magnesium : 12 gram
  • Kalum: 200 mg
  • Fosfor: 18 mg
  • Zinc : 0,16 mg
  • Kalsium : 12 gram
  • Vitamin C: 20 mg

Selain itu, masih banyak akd nuangan nutrisi di dalam bengkoang, yang diketahui adalah vitamin A, vitamin B6 dan zat besi yang memiliki kandungan jumlah yang sedikit. 

Nah, karena kekayaan kandungan tersebut, berikut beberapa manfaat dari bengkoang untuk kesehatan. 

Melancarkan Pencernaan

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan dari konsumsi bengkoang bagi kesehatan adalah untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan serat pada bengkuang. 

Kandungan serat di dalam bengkoang inilah yang dapat membantu untuk membuat tekstur dari tinja menjadi lebih lunak. Sehingga dengan begitu dapat membantu proses pergerakan tinja melalui saluran pencernaan. 

Selain serat, ada nutrisi lainnya yang terkandung di dalam bengkoang yang bermanfaat guna melancarkan sistem pencernaan adalah inulin dan air.

Dalam beberapa studi dan riset dikatakan bahwa kandungan air, serat serat inulin dapat mengatasi sembelit bahkan dalam kasus yang ekstrim. 

Sehingga bengkoang menjadi salah satu pilihan makanan yang dapat mengatasi permasalahan sembelit karena, bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. 

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat di dalam bengkoang juga memiliki manfaat guna menjaga kesehatan jantung. Dimana ikut serta yang tercukupi ini dapat menghambat proses penyerapan sekaligus mengurangi jumlah kolesterol. 

Sehingga bagi kamu yang memiliki permasalahan kolesterol yang tinggi dapat memanfaatkan bengkoang ini. Karena bengkoang sendiri bekerja untuk mengatasi kolesterol yang tinggi. 

Dimana bengkoang memiliki kemampuan penurunan kolesterol alami, sehingga dapat mencegah terjadinya bentuk penyumbatan atau plak pada pembuluh darah atau aterosklerosis.

Mencegah Dehidrasi

Bengkoang memiliki kandungan air yang tinggi, yaitu dengan dominasi sekitar 85% dari satu buah bengkoang. Sehingga, ketika mengkonsumsi bengkoang tidak hanya memberikan rasa kenyang saja, namun dapat mencegah adanya dehidrasi. 

Karena kandungan air yang tinggi inilah kamu disarankan untuk mengkonsumsinya guna memenuhi kebutuhan atau kecukupan cairan didalam tubuh. Selain mengenyangkan mengkonsumsi bengkoang bisa menghidrasi dengan sempurna. 

Maka, hal inilah yang membuat bengkoang banyak dikonsumsi, khususnya bagi mereka yang tengah menjalani program diet atau penderita diabetes tipe 2.

Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat dari bengkoang bagi kesehatan adalah dapat membantu menurunkan resiko kanker. Dalam sebuah penelitian, paparan radikal bebas dalam jumlah besar dapat meningkatkan risiko mengalami kesehatan serius, salah satunya kanker dan diabetes. 

Bengkoang memiliki kandungan yang bersifat antioksidan, karena terdapat kandungan vitamin C, Sehingga berperan dalam proses penangkalan paparan radikal bebas. Selain itu, kandungan vitamin C pada bengkoang dapat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. 

Dengan begitu tentunya kondisi kamu akan lebih baik lagi dan tidak akan mudah terkena sakit. Buah atau makanan dengan kandungan vitamin C memang sangat baik dikonsumsi penderita jantung dan diabetes sekalipun. 

Meningkatkan Fungsi Otak

Meskipun memiliki kandungan dalam jumlah kecil, kandungan vitamin B6 di dalam bengkoang ini memiliki nilai manfaat yang besar khususnya bagi kesehatan tubuh ketika mengkonsumsinya. 

Vitamin ini dapat membantu otak dan saraf selama bekerja lebih baik lagi, sehingga akan terolah dengan baik. Vitamin satu ini juga memiliki manfaat dimana bekerja untuk memproduksi sel darah merah.

Yang mana sel darah merah ini nantinya akan mengubah protein menjadi energi yang dibutuhkan tubuh. Bahan, kandungan serat dan karbohidrat kompleks di dalam bengkoang baik untuk menjaga kelancaran dari sistem aliran darah pada otak dengan baik. 

Menurunkan Berat Badan

Nah, bagi kamu yang tengah menjalankan program diet satu penurunan berat badan. Maka, kamu bisa menambahkan bengkoang ke dalam menu diet. Hal ini dikarenakan kandungan kalori di dalam bengkoang yang sangat rendah.

Kandungan kalori dalam 100 gram bengkuang inia dalah 40 kalori saja. Sehingga tentunya cocok bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat. Tentunya disertai dengan jenis olahraga yang seimbang. 

Kandungan serat dan karbohidrat kompleks yang tinggi, membuat bengkoang dapat membuat rasa kenyang lebih lama. Efek satu ini dapat membuat bengkoang dinilai baik guna membantu menurunkan berat badan.

Selain itu bengkoang juga bekerja dengan cara tersebut perlu penelitian lebih lanjut lagi. Selain itu bengkoang juga dipercaya mampu membantu untuk mengendalikan kadar gula darah dan mencegah terjadinya resistensi insulin. 

Meredakan Gejala Menopause

Manfaat buah bengkoang bagi kesehatan lainnya adalah untuk meredakan gejala menopause. Hal satu ini dikaitkan dalam studi 30 hari yang kemudian dipublikasikan oleh National Library of medicine dengan data orang pubMed.

Diketahui Sebanyak 24 wanita pasca menopause akan mengganti konsumsi berat, dimana mereka dengan bengkoang sebesar 390 ini per harinya. Sehingga akan mendukung kadar estron dan estradiol dalam darah dan masing masing pesertanya meningkatkan 26 hingga 27%.

Meskipun kadar estron dan estradiol ini biasanya akan menurun selama menopause terjadi. Sehingga artinya dengan meningkatkan hormon satu ini, maka gejala menopause ini akan menjadi lebih ringan. 

Meskipun demikian, memang masih dibutuhkan sejumlah penelitian lebih lanjut. Dimana hal ini dikaitkan dengan manfaat bengkoang untuk meredakan masalah. 

Membentuk Tulang dan Gigi yang Sehat

Berikutnya adalah manfaat bengkoang untuk ibu hamil, dimana mampu mendukung proses pertumbuhan tulang dan gigi yang menjadi sehat. Karena kandungan fosfor dan kalium ini berfungsi guna menjaga pertumbuhan tulang dan gigi. 

Kebutuhan Dari kalsium dan fosfor inilah yang mana dapat dipenuhi dan mengkonsumsi bengkoang. Karena dapat mendukung pertumbuhan normal tulang dan gigi. 

Dengan demikian pembahasan mengenai manfaat bengkoang untuk menjaga dan mendukung kesehatan. Kamu dapat mengkonsumsinya untuk mendukung penyembuhan dengan cepat ketika sakit sekalipun.

bengkuang