4 Manfaat Asam Folat Untuk Promil

Nesiaverse.com – Kandungan asam folat yang memiliki peran penting untuk tubuh terutama untuk promil atau program hamil, lalu apa saja manfaat dari asam folat untuk promil? Untuk mengetahuinya simak ulasan di bawah ini.

Asam folat untuk promil atau program hamil yang tidak hanya berperan penting untuk membantu dalam meningkatkan kesuburan saja, namun kandungan asam folat ini juga berfungsi untuk mengurangi risiko keguguran.

Dimana Catherine Shepherd yaitu dokter kandungan dan ginekolog di INTEGRIS Women’s Health Edmond yang merekomendasikan untuk para moms mulai mengkonsumsi suplemen asam folat atau vitamin prenatal setidaknya satu bulan sebelum mencoba hamil.

Advertisment

Tetapi dikarenakan 50% kehamilan yang tidak direncanakan sehingga ibu hamil bisa mengkonsumsi vitamin prenatal tersebut setiap hari, sehingga untuk kamu yang ingin tahu dengan apa manfaat asam folat untuk promil untuk mengetahuinya simak penjelasannya dibawah ini.

Manfaat Asam Folat Untuk Promil

Advertisment

Tubuh yang memerlukan asam folat untuk memproduksi DNA bahkan tidak hanya itu asam folat juga yang memiliki peran dalam proses pembentukan serta perkembangan saraf dan otak janin didalam kandungan.

Kandungan asam folat merupakan nutrisi yang sangat penting untuk tubuh termasuk untuk kamu yang sedang berencana memiliki momongan, dimana manfaat asam folat untuk promil yang tidak hanya bisa meningkatkan kesuburan saja tetapi juga bisa mendukung tumbuh kembang janin.

Sehingga dengan begitu asam folat yang memiliki peran penting untuk kesehatan ibu hamil dan juga janin, selain bermanfaat untuk ibu hamil asam folat juga yang penting dikonsumsi untuk mereka yang sedang berencana hamil atau program hamil.

Adapun untuk beberapa manfaat asam folat untuk promil yaitu sebagai berikut:

Membantu Mengurangi Risiko Keguguran

Terdapat beberapa penelitian yang menunjukan bahwa dengan kekurangan folat dikaitkan dengan risiko terjadinya keguguran dini lebih tinggi, studi peneliti Swedia tahun 2002 yang menemukan wanita dengan kadar folat rendah yang memiliki peningkatan risiko keguguran yang signifikan dipengaruhi dengan kelainan kromosom.

sebuah penelitian yang menunjukan bahwa 50% ibu yang tidak mengkonsumsi asam folat cenderung mengalami keguguran dini, dengan kekurangan asam folat dikaitkan dengan pemisahan plasenta selama kehamilan, hipertensi dan juga suplai darah rendah ke plasenta dan ini bisa meningkatkan risiko keguguran.

Membantu Meningkatkan Kesuburan

Tidak sedikit orang yang mengalami masalah kesuburan sekitar lebih dari 12% dan dengan mengkonsumsi asam folat yang yang akan membantu mengurangi masalah ovulasi (kesuburan) untuk program hamil, asam folat yang akan mempengaruhi kesuburan wanita baik itu sebelum maupun sesudah pembuahan.

Untuk kamu yang sedang berjuang untuk hamil maka bisa dengan mengkonsumsi asam folat akan membantu mencegah cacat awal kehamilan yang bisa menyebabkan keguguran, bahkan manfaat asam folat dan kesuburan wanita berperan dalam membantu metabolisme sel di seluruh tubuh termasuk dalam ovarium.

Folat adalah kelompok vitamin B sangat penting untuk kesehatan tubuh dengan bentuk sintesisnya dikenal dengan asam folat berfungsi membantu dalam metabolisme sel dan juga pembentukan sel dalam tubuh, tidak hanya itu asam folat juga yang memiliki peran mengatur stres dan peradangan di tubuh.

Dengan peningkatan stres bisa menyebabkan tubuh membutuhkan lebih banyak folat, stres mulai dari usia yang lanjut sampai kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat bisa mempengaruhi kemampuan ibu untuk hamil, dengan jumlah asam folat yang tepat bisa membantu ibu melawan efek stresor tersebut.

Membantu Perkembangan Bayi dalam Kandungan

Sebuah Fakultas Kedokteran Universitas Stanford yang menyatakan bahwa bayi dalam kandungan yang sedang berkembang akan membutuhkan asam folat untuk membuat sel-sel yang baru dan juga membuat DNA dan RNA.

Kandungan asam folat juga yang sangat penting untuk proses membentuk sel darah merah normal dan juga asam amino tertentu untuk memastikan bahwa bayi tumbuh dan berkembang dengan baik dan sempurna di dalam kandungan.

Membantu Mencegah Bayi Lahir Prematur

Dengan kekurangan asam folat yang sangat berbahaya untuk ibu hamil karena bisa mengakibatkan konsekuensi yang sangat berbahaya untuk bayi, sebuah penelitian dilakukan oleh Li Et Al tahun 2019 yang menunjukan bahwa ibu hamil mengkonsumsi asam folat bisa menurunkan risiko kelahiran prematur.

Setelah mengetahui dengan beberapa manfaat asam folat untuk promil lalu kapan mulai mengkonsumsi asam folat yang baik dan benar? Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyatakan setiap ibu usia subur perlu untuk mengkonsumsi asam folat setiap hari baik yang sedang berencana promil maupun tidak, hal ini untuk membantu dalam proses pembentukan sel-sel baru.

Pada setiap ibu usia reproduksi yang perlu mengkonsumsi asam folat setiap hari sekitar 400 mcg berfungsi mencegah beberapa cacat lahir, hal ini yang disebabkan 50% dari kehamilan yang tidak direncanakan dan selain itu cacat lahir pada tulang belakang atau otak terjadi pada awal kehamilan yaitu 3-4 minggu setelah pembuahan dan ini biasanya ibu tidak menyadari bahwa mereka hamil.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari asam folat untuk promil yang bisa kamu ketahui dan dapatkan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

asam folatpromil