5 Manfaat Alpukat Untuk Darah Rendah

Nesiaverse.com – Alpukat atau avocado merupakan salah satu jenis buah-buahan yang dipercaya memiliki manfaat untuk meredakan darah rendah atau hipotensi. Ketika produktivitas seseorang menurun, salah satu penyebabnya dikarenakan darah rendah atau hipotensi yang terjadi secara mendadak. Gejala ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari kamu. Maka, selain mengandalkan obat-obatan medis kamu harus mengetahui upaya yang dapat dilakukan seperti mengonsumsi buah-buahan. 

Hipotensi merupakan hal yang terjadi karena tekanan darah kamu berada dibawah angka 90/60 mmhg, yang mana kamu memiliki tekanan darah yang sangat rendah dan di bawah tekanan darah pada normalnya. Gejala yang ditimbulkan sangat banyak, selain pusing kamu juga bisa jatuh pingsan dalam beberapa kondisi tertentu. Tentunya kamu tidak ingin hal ini terjadi bukan ?

Manfaat Alpukat Untuk Darah Rendah

Advertisment

Alpukat merupakan salah satu buah yang dikenal dengan jumlah nutrisi di dalamnya, sehingga disebut buah yang kaya dan pada akan nutrisi. Manfaat dari buah alpukat bagi kesehatan sangat banyak, salah satunya adalah untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi seseorang dan dapat meningkatan tekanan darah rendah menjadi normal juga. Sehingga buah satu ini kaya akan manfaat.

Advertisment

Buah alpukat kerap kali dikonsumsi dalam bentuk jus, kemudian bagi para pejuang diet buah ini menjadi salah satu menu yang dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat juga. Dikutip dari halaman Doctor NDTV, yang mana dikatakan alpukat adalah buah yang padat nutrisi. Didalam satu buah alpukat terdapat kandungan 20 vitamin dan mineral yang meliputi Vitamin C, vitamin E, vitamin A, Vitamin B5, Vitamin B6, fosfor, folat dan magnesium didalamnya. 

Adapun nutrisi dalam 201 gram buah alpukat :

  • Kalori : 322 kalori
  • Protein : 4 gram
  • Lemak sehat : 33 gram
  • Karbohidrat : 17 gram 
  • Serat : 14 gram
  • Vitamin C : 22 % dari kebutuhan harian
  • Riboflavin : 20 % dari kebutuhan harian.
  • Vitamin E : 28% dari kebutuhan harian/ 
  • Vitamin K ” 35 % dari kebutuhan harian. 
  • Niacin : 22% dari kebutuhan harian. 
  • Asam pantotenat : 56% dari kebutuhan harian
  • Folat : 41% dari kebutuhan harian.
  • Magnesium : 14% dari kebutuhan harian. 
  • Kalium : 21% dari kebutuhan harian. 
  • Tembaga : 42% dari kebutuhan harian. 
  • Tembaga : 42% dari kebutuhan harian
  • Mangan : 12 % dari kebutuhan harian. 
  • Pyridoxine : 30% dari kebutuhan harian. 

Dilansir dari WebMD alpukat memiliki kandungan yang kaya akan serat, dalam setengah cangkir jus alpukat memiliki kandungan 6 gram serat di dalamnya. Manfaat dari buah alpukat ini selain kaya akan nutrisi, memiliki kandungan zat besi yang baik di dalamnya.

Zat besi didalamnya ini dikarenakan buah alpukat sendiri merupakan sumber lemak tak jenuh. Sehingga tidak berbahaya dikonsumsi bagi tubuh. Selain itu kandungan folat dalam buah alpukat ini mampu mengatasi gejala anemia. Sebagai salah satu gejala yang menyebabkan hipotensi atau darah rendah. Maka, bagi kamu yang memiliki permasalahan darah rendah bisa memanfaatkan buah alpukat ini. 

Selain itu buah alpukat juga memiliki kandungan antioksidan di dalamnya, manfaat yang didapat dari fungsi antioksidan ini sangat luas. Selain untuk menjaga kesehatan pembuluh darah, maka akan meningkatkan sistem organ-organ dalam tubuh sehingga bekerja secara optimal. 

Buah alpukat juga kaya akan kandungan kalium di dalamnya, sehingga dapat membantu untuk meningkatkan tekanan darah rendah kamu. Caranya adalah dengan membantu menurunkan kadar natrium dalam darah yang sangat tinggi. Hal inilah yang mengurangi ketegangan pada area dinding pembuluh darah. Sehingga jika kamu mengonsumsi alpukat secara rutin tekanan darah kamu dapat normal kembali. 

Buah alpukat memiliki manfaat yang sangat karena kandunganya yang bermanfaat banyak bagi penderita darah rendah. Memiliki kemampuan untuk membantu mengatasi keluhan darah rendah atau hipotensi. Memiliki banyak kandungan yang dibutuhkan penderita darah rendah, membuat alpukat menjadi buah yang tepat dikonsumsi secara rutin. Dengan begitu dapat membantu memulihkan darah rendah juga. 

Selain untuk mengatasi darah rendah, buah alpukat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat dari buah alpukat yang bisa kamu dapatkan. 

Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat buah alpukat adalah dapat membantu untuk mengontrol tekanan darah rendah. Buah alpukat juga sangat cocok bagi penderita darah rendah dan pengidap diabetes. Meskipun kandungan karbohidrat di dalamnya , namun indeksi glikemik dari buah alpukat sendiri terhitung rendah. Sehingga mengkonsumsinya tidak akan mempengaruhi kadar gula dalam darah. 

Selain itu mengkonsumsi buah alpukat dapat membantu untuk mengontrol metabolisme dalam tubuh. Hal inilah yang baik bagi penderita diabetes dan yang tengah menjalani program diet. Karena dapat mengkonsumsi buah alpukat dengan nikmat dan cara pengolahan tertentu. 

Menjaga Kesehatan Mata

Tidak hanya buah apel, namun buah alpukat juga memiliki sifat antioksidan dengan jenis zeaxanthin dan lutein di dalamnya. Dalam sebuah studi yang dirilis dalam jurnal Investigative Ophthalmology and Visual Science, dikatakan bahwa kedua jenis antioksidan tersebut sangatlah penting untuk membantu menunjang kesehatan dari mata. 

Dengan mengkonsumsi buah alpukat secara rutin dengan jumlah tertentu akan membuat kamu meningkatkan fungsi mata. Selain itu akan menurunkan risiko masalah kesehatan penglihatan di usia senja juga. Studi ini mengatakan bahwa kandungan zeaxanthin dan lutein dalam buah alpukat dapat mencegah mata mengalami katarak atau degenerasi makula. 

Mencegah Sembelit

Manfaat lainnya dari buah alpukat adalah untuk membantu mencegah sembelit. Sembelit adalah salah satu kondisi yang mana tubuh kekurangan asupan serat atau tidak terpenuhinya asupan cairan harian dalam tubuh. Hal inilah yang akan membuat kamu mengalami sembelit hingga memicu berbagai jenis penyakit seperti wasir. 

Namun, dengan mengkonsumsi buah alpukat kondisi satu ini dapat teratasi. Karena kamu akan memenuhi kebutuhan serat dan cairan harian dalam tubuh. Alpukat akan membuat sistem pencernaan kamu menjadi lebih lancar lagi. Karena kamu akan terhindar dari sembelit, kemudian seimbangi dengan memenuhi kebutuhan cairan garian hingga 2 liter atau setara dengan 8 gelas. 

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat dari buah alpukat tidak lepas dari kesehatan jantung. Kandungan mineral, protein dan serat di dalamnya sangatlah baik untuk menjaga kesehatan jantung. Buah alpukat dapat membantu untuk menurunkan kadar density lipoprotein atau LDL dan mampu meningkatkan kadar High Density Lipoprotein HDL di dalam tubuh. 

Sehingga kadar kolesterol jahat yang tinggi yang dapat memicu keluhan kesehatan akan berkurang. Semnetara kadar HDL yang baik bagi tubuh meningkat. Maka, akan membantu untuk melancarkan pembuluh darah ke jantung. Kamu akan terhindar dari penyumbatan pada pembuluh darah di area jantung. Maka, dapat meningkatkan risiko yang terjadi karena masalah kesehatan jantung. Inilah salah satu alasan buah alpukat dianjurkan dalam menu makanan bagi pengidap atau penderita masalah gangguan kardiovaskular. 

Menjaga Kesehatan Mental

Tidak hanya pada kesehatan fisik saja, namun buah alpukat juga memiliki manfaat bagi kesehatan mental. Salah satunya adalah dapat menjaga kesehatan mental. Hal ini dikarenakan buah alpukat dapat membantu kamu untuk mencegah depresi. Buah alpukat memiliki kandungan folat yang cukup tinggi di dalamnya. 

Seseorang yang kekurangan asupan folat memiliki risiko yang tinggi untuk mengalami depresi. Dengan demikian, mengkonsumsi alpukat dapat mencegah penumpukan homocysteine dari folat, yang mana zat tersebut salah salah satu zat yang mengganggu sirkulasi dan pengiriman nutrisi ke otak. 

Demikian pembahasan mengenai manfaat dari buah alpukat untuk darah rendah dan manfaat lainnya bagi kesehatan. Dengan mengetahui kandungan, manfaat bagi darah rendah dan kesehatan buah alpukat memang menjadi salah satu buah yang kaya akan manfaat. Sehingga kamu dapat mengatakannya sesuai dengan kebutuhan kamu dengan baik dan optimal.

alpukatmanfaat alpukat