10 Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Kucing

Nesiaverse.com Apa saja sih makanan yang tidak boleh dimakan kucing? Untuk menghindari memberikannya makanan yang salah. Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui makanan apa saja yang tidak boleh kamu kasih ke kucing untuk dimakan.

Kucing pada umumnya menyukai makanan seperti ikan, mau itu ikan laut ataupun ikan tawar. Selain itu kucing juga termasuk hewan karnivora yang memakan daging sebagai sumber utama makanannya seperti daging ayam, sapi, bahkan kambing. Kucing juga membutuhkan kandungan taurine yang ada pada ikan”an dan daging yg bagus untuk kesehatan si kucing.

Karena kucing lebih membutuhkan protein yang banyak untuk membantu pertumbuhannya dibanding memakan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat banyak. Protein sendiri berperan sebagai sumber energi untuk kucing kamu agar bisa lebih bertenaga dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat serta lebih berenergi lagi.

Advertisment

Namun, ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh Kamu berikan untuk dimakan oleh kucing karena hanya akan menyebabkan beberapa masalah pencernaan dan kesehatannya jika dikonsumsi terlalu sering atau dalam jumlah yang banyak. Nah, jadi simaklah ulasannya dibawah ini dengan seksama!

Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Kucing

Advertisment

Sama seperti halnya manusia, kucing pun pasti memiliki makanan yang tidak disukai atau dapat membahayakan jika makanan tersebut dikonsumsi oleh si kucing. Kucing memang bisa memakan apa saja, apalagi dikala mereka sedang merasakan kelaparan.

Terutama untuk kucing kampung, mereka cenderung akan memakan apa saja selama itu bisa dimakan contohnya seperti makanan yang dikonsumsi manusia. Biasanya jika ada kucing yang datang ke rumah pastinya akan diberi makanan-makanan sisa yang sekiranya masih layak.

Sudah menjadi takdirnya bagi kucing-kucing liar yang tidak terawat dan untuk mencari makan pun seadanya. Masih bagus diberi sisa makanan yang masih cukup layak untuk dimakan daripada tidak ada sama sekali. Walaupun memang tidak sehat untuk kucing konsumsi.

Begitupun ada beberapa makanan yang tidak boleh kamu berikan kepada kucing, karena akan memperburuk kondisi dan kesehatan si kucing. Nah, berikut dibawah ini ada daftar makanan yang jangan kamu berikan untuk kucing kamu maupun kucing liar, diantaranya:

Makanan Mentah

Makanan yang harus kamu hindari untuk diberikan kepada kucing kamu maupun kucing liar lainnya adalah makanan yang masih mentah atau belum diproses terlebih dahulu. Karena makanan mentah memiliki banyak enzim atau zat yang dapat mengganggu pencernaan.

Selain itu makanan mentah banyak mengandung bakteri seperti salmonella dan listeria yang dapat membuat si kucing jatuh sakit bahkan bisa berakibat fatal untuknya. Pastinya kamu sebagai majikan yang baik dan paham tentang hal ini tidak akan ngasih makanan mentah.

Berikut ada beberapa contoh makanan mentah yang tidak boleh kamu kasih:

  1. Ikan mentah mengandung bakteri salmonella dan E coli yang dapat membuat kucing kamu keracunan jika diberikan ikan mentah. Entah itu ikan laut seperti tuna mentah, salmon mentah, dan ikan darat mentah lainnya.
  2. Telur mentah juga sama mengandung bakteri salmonella yang dapat mengakibatkan nyawa kucing kamu terancam jika kamu berikan kepada si kucing.
  3. Daging mentah yang tidak masak lebih dulu mengandung banyak bakteri, salah satunya adalah E coli yang dapat membuat kucing kamu cacingan.

Selain itu makanan mentah juga mengandung enzim kitinase yang dapat menghancurkan senyawa vitamin B yang dibutuhkan kucing, sehingga membuat kucing kamu tidak bisa memproduksi vitamin B atau menyerapnya dengan baik.

Olahan Susu

Olahan susu adalah salah satu makanan yang tidak boleh kamu berikan kepada kucing peliharaan kamu, karena kebanyakan olahan susu ini mengandung banyak laktosa yang dapat membuat kucing kamu mengalami gangguan pencernaan seperti diare.

Makanan untuk kucing yang terhitung masih bayi, disarankan untuk menyusui kepada induknya untuk mendapatkan ASI. Namun ada juga kasus dimana induknya enggan untuk menyusui anaknya, dengan begitu kamu bisa mencari susu formula yang rendah laktosa.

Berikut ada beberapa contoh olahan susu yang tidak boleh kamu berikan kepada kucing, diantaranya:

  1. Keju, adalah makanan yang tidak bisa dicerna dengan baik oleh kucing karena tubuh kucing tidak memproduksi enzim yang cukup untuk mencerna olahan susu seperti keju.
  2. Yogurt, adalah salah satu olahan susu yang melalui proses fermentasi dan dapat menyebabkan gangguan gastrointestinal serta membuat kucing diare, mencret-mencret.
  3. Coklat mengandung suatu zat bernama theobromin yang bisa menyebabkan kucing kamu mengalami masalah kesehatan jantung, tremor pada otot, bahkan kejang-kejang.

Terutama dark coklat dan baking coklat dianjurkan untuk tidak memberikannya kepada kucing kamu karena tidak sehat untuk kesehatan tubuhnya. Maka dari itu perlu kamu ingat kalo coklat jenis apapun jangan kamu berikan, walau saat kamu sedang iseng memberinya dalam jumlah sedikit.

Bawang-Bawangan

Semua jenis bawang-bawangan seperti bawang merah, putih, bawang daun, bombay dan bawang lainnya jangan kamu berikan untuk si kucing atau olahan makanan yang menggunakan bahan atau campuran bawang didalamnya karena akan sangat berbahaya bagi kesehatannya.

Kucing juga memiliki penciuman yang sangat sensitif terhadap bau bawang yang menyengat, serta bumbu dapur satu ini tidak dapat tercerna atau dicerna oleh tubuh si kucing. Bawang juga hanya akan membuat kerusakan pada sel-sel yang ada di tubuh si kucing.

Akibatnya kucing kamu akan mengalami anemia karena sel darah merah yang ada pada tubuh si kucing akan kian menghilang atau rusak akibat memakan bawang. Jadi jangan sembarangan memberinya bumbu dapur seperti bawang-bawangan ini, yang ada hanya membuat kucing kamu sakit.

Nasi

Kucing itu termasuk hewan karnivora yang tidak suka memakan makanan seperti ikan atau daging, termasuk nasi. Nasi adalah makanan yang tidak boleh kamu berikan kepada kucing kamu karena tidak akan memiliki pengaruh apapun untuk pertumbuhannya.

Kucing lebih membutuhkan kandungan protein dibandingkan karbohidrat yang terdapat pada nasi sebagai sumber energi dan asupan gizinya. Jadi percuma saja kamu memberinya makan dengan nasi agar si kucing bisa tumbuh dengan cepat dan sehat.

Tindakan seperti itu salah untuk kamu lakukan dan dapat berakibat fatal. Kalau kamu memberinya terus menerus sebagai makanan utamanya, kucing kamu akan mengalami diare bahkan sampai muntah-muntah. Alih-alih untuk pertumbuhannya yang ada malah merusak pencernaannya.

Tulang Sisa

Tulang-tulangan termasuk makanan yang tidak boleh kamu berikan kepada si kucing, walaupun memang mereka akan memakannya tapi itu hanya akan membahayakan kucing kamu. Jangan dilihat dari tindakannya tapi lihatlah dari segi dampaknya juga untuk si kucing.

Bisa-bisa kucing kamu tersedak akibat tulang yang tidak bisa tertelan dengan benar dan hanya akan melukai tenggorokannya. Membuat kucing kamu kesakitan serta tidak bisa menelan dengan baik lagi karena luka akibat tulang yang menusuk atau menyayat tenggorokannya dari dalam.

Selain itu juga jika kamu ngasih makan tulang, gigi kucing kamu bisa terluka bahkan sampai patah. Karena yang namanya tulang pasti memiliki tekstur yang keras dan tidak mudah untuk menggigit dan mengunyahnya sampai benar-benar halus.

Buah Sitrus

Buah sitrus ini mengandung asam sitrat yang tidak baik untuk pencernaannya dan menyebabkan gangguan sistem saraf kucing yang nantinya kucing kamu mengalami kejang-kejang bahkan resiko terburuknya adalah kematian.

Selain karena adanya kandungan asam, buah juga pastinya memiliki biji yang dimana biji-bijian ini tidak baik untuk kucing kamu konsumsi. Karena dapat menghambat usus si kucing akibat biji yang menumpuk di dalam susu kucing kamu.

Biji-bijian akan sangat sulit untuk tercerna dengan baik serta memerlukan waktu yang lama agar bisa tercerna dengan sempurna. Jadi hindarilah memberinya buah-buahan yang memiliki banyak biji didalamnya.

Adonan Roti Yang Mengandung Ragi

Siapa yang suka iseng atau pernah ngasih adonan roti mentah kepada kucing? Jangan diulangi lagi ya, karena adonan roti apalagi yang mengandung ragi ini tidak baik untuk kesehatan kucing kamu serta dapat membuat perut kucing kamu menjadi kembung.

Karena adonan roti dan ragi ini dapat mengembang di perut si kucing dan menumpuknya gas yang tidak bisa dikeluarkan oleh kucing akan berakibat fatal. Sangat berbahaya jika kamu memberikannya dalam jumlah yang banyak.

Selain itu roti juga tidak memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan kucing kamu. Jadi percuma kalau kamu memberi mereka makan roti, karena sumber makanan kucing itu berupa protein dari daging-dagingan.

Itulah beberapa makanan yang tidak boleh dimakan kucing, perlu kamu ketahui agar tidak sembarangan memberinya makanan. Walaupun pernah kamu berikan dalam jumlah yang sedikit, tapi tetap saja usahakan untuk tidak memberikannya lagi jika kamu sudah mengetahui sebab dan akibatnya.

Berilah produk makanan kucing yang sudah diformulasikan untuk dikonsumsi kucing peliharaan. Tersedia berbagai pet shop atau olshop yang bisa kamu beli dengan harga yang beragam sesuai produk yang kamu pilih. Memiliki banyak varian rasa juga yang bisa kamu beli sesuai selera makan kucing kamu. Good Luck semoga membantu.

kucingmakanan kucing