8 Makanan yang Mengandung Zat Besi Untuk Ibu Hamil

Nesiaverse.com – Ibu hamil harus memenuhi kebutuhan zat besi dalam masa kehamilannya, maka penting untuk mengetahui jenis makanan yang mengandung zat besi untuk ibu hamil

Ibu yang hamil memang mudah merasa lapar saat masa kehamilannya. Hal tersebut merupakan salah satu hal yang wajar. 

Pada masa pembentukan si kecil, tubuh umumnya bekerja secara ekstra sehingga nantinya asupan nutrisi yang dibutuhkan akan turut meningkat. 

Advertisment

Namun, memang ada beberapa hal yang sering disalah pahami oleh para bunda dan ayah dimana ibu hamil harus makan banyak. Padahal bukan hal ini yang harus difokuskan melainkan nutrisi dan mineral. 

Salah satunya adalah kebutuhan zat besi bagi ibu hamil. Nahl kamu dapat mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung zat besi untuk ibu hamil. 

Advertisment

Makanan yang Mengandung Zat Besi Untuk Ibu Hamil 

Tidak sedikit ibu hamil yang tampil tampak pucat, lesu hingga pusing secara terus menerus disertai dengan nyeri dada. Kamu dapat melakukan konsultasi pada dokter yang minta tes Hb. 

Selain itu ada kemungkinan dimana kadar hemoglobin atau Hb mengalami penurunan dan kamu menderita anemia. 

Nah, dokter mungkin akan memberikan suplemen seperti zat besi atau tablet tambah darah guna mengatasi anemia tersebut. 

Anemia sendiri dapat mengundang dampak buruk bagi kehamilan, dimana bayi nantinya lahir dengan berat badan rendah atau kelahiran yang prematur. 

Selain itu, mayoritas penyebab anemia pada ibu hamil adalah karena kekurangan zat besi. Sehingga ibu hamil memang harus memperhatikan asupan makanan yang kaya akan zat besi.

Bagi kamu yang tidak mengetahui jenis makanan yang mengandung zat besi bagi ibu hamil, nah berikut kami rekomendasikan beberapa jenisnya. 

Daging Sapi Tanpa Lemak

Pertama, daging yang mana merupakan sumber zat besi yang baik untuk ibu hamil. Daging merah merupakan salah satu sumber zat besi heme terbaik bagi ibu hamil. 

Dalam jurnal U.S Department of Agriculture, dimana dijelaskan jika dalam satu porsi atau 3 ons daging sapi sirloin tanpa lemak memiliki kandungan zat besi sebanyak 1,5 milligram.

Namun, tentunya sebelum kami memasak steak, harus disiapkan termometer daging dulu. Sehingga ketika mengkonsumsi daging yang kurang matang ini memang harus dihidnari. 

Kamu harus memastikan pengolahannya baik dan benar, sehingga dapat menikmatinya dengan baik dan mendapatkan manfaat serta nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Ayam 

Makanan yang mengandung zat besi untuk ibu hamil, yang mana menurut U.S Department of Agricultultural ini bahwa ayam memiliki kandungan zat besi sebesar 1.5 mg dalam setiap 8 ons-nya. 

Selain itu ibu hamil juga dikatakan aman untuk mengkonsumsi jenis makanan ayam selama masa kehamilan sebagai sumber zat besi bagi para ibu hamil. 

Namun, sama halnya dengan daging sapi, bahkan kamu harus memastikannya dimasak dengan sempurna pada suhu 73,8 derajat celcius. Hal ini guna menghindari konsumsi bakteri berbahaya, seperti Listeria. 

Makan Daging Salmon 

Salmon merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung zat besi dan baik untuk ibu hamil. Ikan salmon atlantik seberats entangah pon ini memiliki aknauangan 1, mg zat besi di dalamnya. 

Dalam mengkonsumsi zat besi dari daging ikan salmon kamu harus memastikan pengolahan yang baik dan benar. Dimana kamu dianjurkan untuk memasaknya dengan suhu 62,8 derajat celcius. 

Selain itu, ikan salmon menjadi sumber zat besi heme, dimana ikan salmon juga dikemas dengan asam lemak omega-3 dan nutrisi lainnya yang dapat bekerja atau berkontribusi dalam mendukung kesehatan sang ibu. 

Salmon juga memiliki kandungan kadar merkuri yang lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Maka, kamu dianjurkan untuk mengkonsumsinya dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan. 

Bayam dan Kangkung

Makanan yang mengandung zat besi untuk ibu hamil lainnya adalah sayur bayam dan kangkung. Nah, ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsinya karena keduanya memiliki kandungan antioksidan, vitamin dan zat besi yang baik untuk ibu hamil. 

Dalam satu cangkir kangkung yang matang memiliki kandungan 1 mg zat besi, selain itu bayam bahkan lebih baik lagi dimana mengandung 6,4 mg zat besi [per porsi autad alam satu cangkirnya. 

Sayuran hijau ini memiliki manfaat yang serbaguna. Sehingga dapat dikonsumsi oleh ibu hamil, bahkan dapat menambahkan salad dan mencampurnya menjadi telur dadar atau menulisnya di panci juga. 

Olahan lainnya yang nikmat dan dapat dikonsumsi oleh banyak orang adalah smoothies, untuk camilan yang manis dan bergii tentunya. Sehingga ibu hamil tidak akan bosan. 

Brokoli 

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran favorit anak-anak. Nah, sayuran satu ini merupakan jenis makanan yang mengandung zat besi untuk ibu hamil. 

Sayuran satu ini mudah disiapkan dan memiliki kandungan banyak nutrisi yang juga bermanfaat, salah satunya sebagai sumber zat besi bagi ibu hamil.

Sayuran satu ini memiliki kandungan lebih dari 1 mg zat besi pada setiap cangkirnya. Selain itu, brokoli juga kaya akan kandungan vitamin C yang dapat membantu proses penyerapan zat besi di dalam tubuh. 

Kehamilan dapat memperlambat sistem pencernaan dan dapat menyebabkan sembelit. Namun, jika kamu menambahkan atau mengonsumsi sumber serat yang baik seperti brokoli ini, maka tentunya bermanfaat dan dapat membantu untuk mengatasi permasalahan sembelit pada ibu hamil. 

Brokoli merupakan sayuran yang baik dikonsumsi, karena mudah disiapkan dan kandungan zat atau nutrisi di dalamnya yang dapat membantu memenuhi kebutuhan zat besi, salah satunya. 

Buah Ara

Buah ara merupakan salah satu jenis makanan yang juga mengandung zat besi dan cocok dikonsumsi untuk ibu hamil. Buah satu ini juga merupakan sumber kalsium non-susu yang mana bagus untuk mendukung masa kehamilan. 

Meskipun gigi kamu tidak menyukai kandungan gula yang tinggi, namun buah satu ini memiliki manfaat dari kalium, magnesium na fosfor di dalamnya. 

Selain itu nutrisi penunjang gigi tidak hanya bagus untuk mulut saja. Namun, baik untuk 32 gigi yang terbentuk di bawah gusi di mulut bayi yang tengah tumbuh. 

Nah, buah ara juga merupakan salah satu sumber zat besi yang baik. Sehingga kekurangan zat besi ini dapat menyebabkan anemia, khususnya pada ibu hamil. Karena peningkatan volume darah dan meningkatkan kebutuhan zat besi oleh bayi guna menghasilkan jutaan sel darah merah. 

Kuning Telur

Terakhir, kamu dapat mengkonsumsi kuning telur sebagai salah satu jenis makanan yang mengandung zat besi dan baik untuk ibu hamil. Telur memang merupakan salah satu jenis makanan tinggi protein. 

Selain itu telur juga memiliki kandungan zat besi yang cukup baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Karena kandungan tertinggi zat besi dari telur ini adalah bagian kuning telurnya. 

Maka kamu dapat mengkonsumsi kuning telur guna memenuhi kebutuhan zat besi harian. Nantinya kamu akan terhindar dari anemia juga. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan zat besi untuk ibu hamil. Sehingga dengan begitu kamu akan memiliki pengalaman masa hamil yang lancar dan tidak terganggu karena anemia dan lainnya.

ibu hamilmakanan ibu hamilmakanan zat besi