9 Makanan Yang Dianjurkan Saat Batuk

Nesiaverse.com – Ada jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi, khususnya saat kamu terserang batuk. Saat ini cuaca sedang tidak baik, sehingga banyak sekali yang mengalami batuk hingga berdahak. Mengalami batuk tentunya sangat mengganggu saluran pernapasan. Batuk-batuk juga akan menyebabkan aktivitas sehari-hari kamu terganggu. Bahkan dalam masa penyembuhannya membutuhkan waktu yang cukup lama. 

Batuk pilek dan batuk berdahak menjadi salah satu masalah kesehatan yang memang umum terjadi. Saat kamu mengalami kondisi tersebut haruslah mengkonsumsi jenis makanan yang tepat. Makanan yang tepat ini saat dianjurkan kamu konsumsi saat batuk, selain untuk meredakan jenis makanan tertentu dapat menyembuhkan batuk yang tengah kamu alami 

Makanan Yang Dianjurkan Saat Batuk

Advertisment

Batuk merupakan salah satu kondisi yang dinilai sebagai respon alami tubuh untuk mengeluarkan kuman atau debu yang meradang dan mengiritasi tenggorokan maupun saluran pernapasan seseorang. Batuk umumnya dapat sembuh dengan sendirinya dengan jangka waktu sekitar 1 hingga 2 minggu, tentunya dengan perawatan sederhana di rumah. Selain perawatan sederhana di rumah, kamu juga membutuhkan asupan makanan yang tepat dan dianjurkan saat batuk. 

Advertisment

Jenis makanan yang dianjurkan saat batuk ini merupakan salah satu bentuk perawatan untuk mengatasi batuk. Hal ini dapat mempercepat proses pemulihan batuk. Maka, kamu dapat mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang dapat meredakan hingga mendukung pemulihan batuk lebih cepat lagi. 

Berikut kamu sudah merangkum berbagai jenis makanan yang dianjurkan dan berguna untuk meredakan keluhan saat batuk. 

Sup Ayam

Makanan pertama yang dianjurkan kamu konsumsi saat batuk dan dapat membantu untuk meredakannya adalah sup ayam. Sup ayam yang hangat dapat membantu kamu untuk mengurangi peradangan. Sehingga dapat meredakan kondisi batuk yang kamu alami. Di dalam sup ayam sendiri kamu dapat menambahkan sayuran dan rempah-rempahan yang memiliki berbagai macam jenis vitamin dan mineral. Sehingga dapat membantu untuk proses pemulihan dari sakit batuk. 

Selain itu ayam di dalam sup sendiri memiliki kandungan asam amino sistein yang dapat membantu mengencerkan lendir ketika kamu batuk. Selain itu ada efek antivirus dan anti radang sekaligus antioksidan ketika kamu mengonsumsi sup ayam karena kandungan rempah-rempah maupun sayuran di dalamnya. Maka, kami merekomendasikan menu sup ayam sebagai salah satu menu yang cocok kamu konsumsi ketika batuk-batuk.

Madu

Berikutnya ada madu, madu memiliki sifat analgesik dari komponen bakteri baik yang dapat membantu untuk mengurangi peradangan yang diakibatkan adanya infeksi di saluran pernapasan. Sehingga mengkonsumsi madu ketika kamu batuk merupakan salah satu pilihan yang cerdas dan tepat. Selain itu dalam berbagai penelitian juga menunjukan bahwa madu bisa menjadi salah satu obat alami untuk meredakan batuk secara efektif, hal ini ditulis dalam Canadian Family Physician. 

Sehingga madu memiliki potensi yang dapat membantu untuk meredakan infeksi yang menjadi penyebab utama seseorang batuk. Untuk mendapatkan manfaat dari madu ini, kamu dianjurkan untuk mengkonsumsinya secara optimal. Kamu dapat mengkonsumsi madu secara langsung atau mengolahnya dengan air rebusan jahe atau air hangat. Selain itu jenis rempah ini juga memiliki sifat anti radang, itu sebabnya, kamu disarankan untuk minum ramuan satu ini secara rutin ketika sedang batuk. 

Ikan

Ikan merupakan salah satu sumber protein dengan kualitas yang baik, dan tepat dikonsumsi ketika kamu sedang batuk. Ikan memiliki manfaat yang dapat mendukung fungsi organ-organ vital dalam tubuh sehingga fungsi dan kinerjanya berjalan secara optimal dan tidak terhambat , dengan kondisi batuk yang menyerang. Ikan dianjurkan untuk kamu konsumsi ketika batuk. Karena kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya inilah. 

Dalam sebuah studi yaitu di jurnal Nutrient diadakan, fungsi dari lemak omega-3 ini memiliki peranan penting untuk membantu mengatasi peradangan di dalam tubuh lebih cepat lagi. Jika batuk disebabkan oleh peradangan karena infeksi yang terjadi di saluran pernapasan, maka mengkonsumsi ikan akan membantu menyembuhkan sumber penyebab batuk ini. 

Konsumsilah jenis ikan laut seperti ikan tongkol, ikan tuna, ikan tenggiri dan jenis ikan yang tinggi protein lainnya. Hal ini dikarenakan kamu membutuhkan nutrisi dan protein baik di dalam ikan. Sehingga dapat membantu untuk mengobati batuk secara optimal dan rasa tidak nyaman karena batuk berangsur-angsur hilang. 

Lemon

Lemon adalah satu satu jenis buah yang kaya akan vitamin C. Buah satu ini terbukti dapat mempercepat penyembuhan batuk yang berat. Kamu dapat mengkonsumsi perasan buah lemon yang diracik dengan madu dan air hangat guna mengobati tenggorokan secara alami dari infeksi di tenggorokan, yang menyebabkan batuk. Minuman satu ini sangat sehat dan akan memberikan efek lega sekaligus nyaman setelah mengkonsumsinya. 

Untuk membuat lemon ini kamu hanya perlu mencampurkan 2 sendok madu dan 250 mL air putih hangat. Setelahnya kamu hanya perlu mencampur 2 sendok teh madu. Selain itu kamu dianjurkan untuk mengkonsumsinya secara rutin untuk meredakan infeksi bakteri yang memicu batuk ini. Konsumsilah pada pagi hari dan malam hari sebelum kamu pergi tidur. 

Yogurt

Yogurt adalah salah satu makanan yang berasal dari fermentasi susu yang kaya akan probiotik di dalamnya. Probiotik dalam yogurt inilah yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan sistem imunitas dan dapat menyeimbangkan bakteri di usus. Dengan mengkonsumsi yogurt maka akan terjadi meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas tubuh. Probiotik inilah yang dapat membantu untuk melawan infeksi yang menyebabkan alergi penyebab batuk-batuk. 

Dalams ebuah penelitian yang dikutip daru Korean Journal of Family Medicine, dikatakan bahwa jenis probiotik dari Bakteri Lactobacillus dapat membantu untuk mencegah infeksi flu atau batuk biasa. Sehingga kamu dapat mengkonsumsi yogurt untuk membantu meredakan gejala batu-batuk maupun flu. Hanya saja kamu harus lebih memperhatikan porsi yang dikonsumsinya. 

Bromelain

Bromelain merupakan salah satu enzim yang terdapat dalam buah nanas. Senyawa satu ini memiliki sifat anti inflamasi yang mana bersifat mukolitik dan dapat membantu memecah lendir dan membantu mengeluarkannya dari tubuh. Sehingga mengkonsumsi buah nanas untuk mendapatkan kandungan bromelain di dalamnya dapat meredakan sakit batuk yang kamu alami. 

Dalam mengkonsumsi buah nanas, kamu diajarkan untuk memakannya langsung maupun kamu olah menjadi jus. Hanya saja hidari pengolahan menggunakan gula maupun pemanis lainnya. Hindari juga campuran dari es yang akan membuat suhu jus yang akan kamu konsumsi menjadi dingin, karena akan memicu sakit batuk yang kamu derita semakin parah. 

Sifat dari bromelain ini dapat bekerja efektif bagi kamu yang mengalami gangguan batuk berdahak. Karena kanduang dari buah nanas ini jika dikonsumsi secara rutin dapat mengurangi lendir di daerah tenggorokan dan menelan batuk. Konsumsilah dengan cara dna pengolahan yang baik untuk mendapatkan nutrisi dan kandungan bromelain di dalam buah nanas. 

Daun Thyme

Thyme memiliki banyak manfaat, tidak hanya sebagai penambah rasa namun juga dapat meredakan batuk yang kamu alami sehingga dapat membantu mengatasi bronkitis dan masalah pencernaan juga. Dalam sebuah studi ditemukan, bahwa sirup obat batuk umumnya memiliki kandungan daun thyme. Yang mana memiliki manfaat untuk meredakan batuk secara efektif dan diklaim lebih cepat dari sirup placebo bagi seseorang dengan penyakit bronkitis yang akun. 

Antioksidan dalam tanam tanaman inilah yang memiliki manfaat dan bertanggung jawab mengatasinya. Sebagai obat batuk yang memiliki kandungan thyme, kamu dapat mengkonsumsinya untuk meredakan gejala atau sakit batuk yang dialami. Selain itu ada cara lain yang dapat kamu coba untuk mengolahnya dari teh thyme dengan secangkir air panas. kemudian seduh selama 10 menit dan saring hingga terpisah antara air dan ampasnya. Selanjutnya kamu dapat mengkonsumsinya secara rutin. 

Jahe

Jahe adalah salah satu rempah yang sangat kaya akan manfaat, salah satunya adalah untuk meredakan batuk kering hingga asma. Hal ini dikarenakan sifat anti-inflamasi yang dimiliki oleh jahe. Dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa beberapa senyawa inflamasi dalam jahe ini dapat membantu mengendurkan area membran di saluran udara sehingga dapat meredakan batuk. Para peneliti juga mempelajari efek jahe dalam sel manusia maupun hewan, hal ini diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan dan mnegembangkannya.

Untuk mengkonsumsi jahe sendiri kamu dapat meraciknya dengan secangkir air panas saja. Kamu dapat memasukan 20 hingga 40 gram irisan jahe segar ke dalam segelas air panas yang sudah disediakan. Lanjutkan dengan menunggunya beberapa lama untuk menurunkan suhu dan membuat kandungan dalam jahe tercampur secara merata. Selain itu kamu dapat menambahkan madu dan perasan lemon agar lebih segar.

Bawang Putih

Bawang putih terbukti dapat membantu mencegah batuk dan flu dengan mengkonsumsinya, secara rutin. Bawang putih sendiri merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang baik dikonsumsi karena kandungan komponen yang dapat meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh. Kamu dapat mengkonsumsi bawang putih baik secara langsung atau mentah-mentah maupun kamu olah dengan makanan lainnya. Namun, cara terbaik dalam mengolahnya ke dalam campuran sup juga. Sesuaikan saja dengan selera kamu. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa jenis makanan yang dapat meringankan gejala saat batuk dan dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin. Meskipun pada dasarnya batuk akan mereda sendiri namun kamu dapat mendukung proses penyembuhannya lebih cepat dengan mengkonsumsi jenis makanan yang kami jelaskanlah diatas.

batukmakanan