8 Makanan Yang Dapat Menurunakan Daya Ingat

Nesiaverse.com – Kamu harus mewaspadai karena ada beberapa jenis makanan yang dapat menurunkan daya ingat. Daya ingat seseorang memang akan berangsur-angsur menurun, hal ini seiring bertambahnya usia. Namun, ada beberapa faktor yang mempercepat prosesnya, diantaranya makanan yang salah. 

Ada beberapa jenis makanan yang terbukti memberikan dampak negatif terhadap otak,salah satunya adalah mempengaruhi memori atau daya ingat, suasana hati sehingga dapat meningkatkan risiko demensia sekalipun. 

Maka, tentunya penting bagi kamu untuk mengetahui jenis makanan yang memberikan dampak negatif terhadap kesehatan otak dan daya ingat kamu. Maka, ikutilah ulasan dalam artikel kami berikut ini. Nantinya kamu dapat menghindari konsumsi jenis makanan berdampak negatif bagi kesehatan otak. 

Advertisment

Makanan Yang Dapat Menurunkan Daya Ingat

Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia untuk tetap bisa bertahan hidup. Tanpa konsumsi makanan, otak manusia tidak dapat berjalan sesuai dengan rencana atau sebagaimana mestinya. 

Advertisment

Selain itu tidak hanya untuk mengganjal rasa lapar saja, namun makanan juga memiliki fungsi sebagai sumber energi utama selain air untuk minum. Maka, makanan sangatlah berperan penting dalam kelangsungan hidup seorang manusia. 

Meskipun begitu, makanan memang tidak boleh dikonsumsi secara sembarangan, hal ini guna memenuhi kebutuhan nutrisi did alma tubuh. Selain itu kamu harus pandai memilih jenis makanan, karena ada jenis makanan yang berdampak negatif, khususnya pada kesehatan otak. 

Nah, berikut kami sudah merangkum beberapa jenis makanan yang dapat menurunkan daya ingat atau kesehatan otak seseorang. 

Makanan Manis

Di posisi pertama, makanan yang dapat menurunkan daya ingat seseorang atau fungsi otak adalah jenis makanan manis. Makanan masni dikenal dapat mempengaruhi kesehatan tubuh, jika dikonsumsi secara berlebihan. 

Mengonsumsi makanan manis selain berdampak pada peningkatan berat badan dan diabetes, hal ini berpengaruh yang mana dapat menurunkan daya ingat seseorang. Hal ini dikarenakan kadar gula yang sangat tinggi di dalamnya. 

Ketika kadar gula tinggi, maka dapat meningkatkan kadar resistensi insulin pada otak. Maka, akan beprnegatuh terhadap penurunan kinerja dan fungsi dari penyimpanan memori atau dikenal dengan nama daya ingat. 

Sehingga kamu dianjurkan untuk menilai konsumsi jenis makanan yang manis, karena selain memberikan dampak negatif bagi kesehatan tubuh, makanan manis bisa berbahaya bagi otak. Selain kamu menurun ketajaman ingatannya, banyak dampak negatif lainnya. 

Gorengan

Siapa yang tidak tahu camilan satu ini? Gorengan merupakan salah satu jenis camilan andalan di kalangan masyarakat segala usia. Makanan satu ini memang enak disajikan ketika masih hangat-hangatnya. 

Yang mana gorengan ini justru akan memberikan pengaruh atau dampak yang buruk bagi kesehatan, khususnya bagi kesehatan dan kinerja dari otak. Hal ini dikarenakan gorengan memiliki kandungan lemak jahat yang tinggi di dalamnya. 

Sehingga jika kamu mengonsumsi gorengan sedari hangat, dan dilakukan secara rutin dan porsi yang berlebihan, tentunya dapat mengancam kesehatan kamu. Selain itu akan berdampak pada kesehatan otak. Dimana kamu akan cenderung memiliki daya ingat yang buruk atau menurunya daya ingat seseorang. 

Hindarilah konsumsi gorengan, selain tidak baik bagi kesehatan hal ini berpengaruh bagi kesehatan otak. Jika otak kamu mengalami gangguan tentunya hal ini akan berakibat fatal. Maka, alangkah baiknya untuk meminimalkan jenis makanan berminyak seperti gorengan satu ini. 

Junk Food

Berikutnya, ada jenis makanan cepat saji atau biasa disebut dengan junk food ini yang juga tidak kalah populernya. Hampir semua kalangan sangat menyukai dan mengonsumsi jenis makanan instan satu ini. Selain memiliki rasa yang membuat kecanduan, makanan satu ini mudah ditemukan dimana saja. 

Selain itu junk food juga dikenal merupakan salah satu penyebab munculnya obesita, hal ini dikarena konsumsi secara berlebihan. Banyaknya kandungan lemak jenuh dan natrium ini dapat menyebabkan makanan satu ini akan menurunkan daya ingat otak, sehingga kamu lebih pelupa atau pikun. 

Makanan Terlalu Asin

Jenis amaknana yang terkka asain kemenag tidak baik bagi kesehatan. Jika kamu mengonsumsi ya secara berbaikan hal ini akan mengganggu kesehatanmu. Hal ini dikarenakan kandungan garam yang tinggi dan kandungan natrium di dalamnya. 

Jenis makanan yang terlalu asin ini akan berdampak dan dapat menyebabkan penurunan daya ingat otak, nantinya dapat menjalar menjadi penyakit demensia atau alzheimer. Kamu pastinya tidak ingin hal ini terjadi bukan?

Maka, kamu dianjurkan untuk mengurangi kandungan garam dalam setiap makanan yang dikonsumsi sedari dini. Hal ini tentunya dilakukan guna menghindari bahaya tersebut. Jika tidak kamu lakukan sedari dini, maka kamu bisa mendapatkan gangguan daya ingat yang buruk. 

Daging Dalam Kemasan

Segala macam jenis makanan yang disimpan di dalam kemasan plastik ataupun yang, tidak baik bagi kesehatan. Meskipun memiliki kemampuan bertahan dalam jangka waktu yang lama, makanan ini harus kamu hindari. 

Justru karena tahan lama, maka kamu harus berhati-hati, karena itu artinya kandungan bahan pengawet di dalamnya sangatlah tinggi. Selain itu tidak hanya pengawet, namun daging di dalam kemasannya juga memiliki kandungan gula dan natrium yang tinggi. 

Tingginya kadar gula dan natrium inilah yang dapat berdampak dan menurunkan daya ingat seseorang. Maka, lebih baik kamu mengonsumsi daging segar yang dijual pedagang daging segar di pasaran, secara langsung. 

Selain itu kamu dapat mengolahnya sendiri, sesuai yang kamu mau. Sehingga kebersihannya terjamin, lebih murah dan tahan lama sesuai dengan bagaimana kamu membaginya. Maka, kami anjurkan untuk menghindari konsumsi daging dalam kemasan. 

Margarin 

Margarin merupakan salah satu alternatif untuk memasak, yang mana untuk menggantikan minyak goreng ketika memasak. Namun, katanya margarin dapat mempengaruhi keadaan dan kemampuan otak seseorang. Hal ini dapat menyebabkan penggumpalan protein beta amiloid yang ada di dalamnya.

Hal itulah yang dapat menyebabkan daya ingat otak kamu terganggu. Bahkan kamu bisa mengalami penurunan daya ingat dengan cepat. Maka, alangkah baiknya untuk berhenti menggunakan atau mengonsumsi margarin. 

Bahkan penggunaan margarin ini cukup menguras kocek, alangkah baiknya kamu tidak menggunakan margarin lagi. Makanan yang dapat menurunkan daya ingat dan kesehatan otak ini bisa mengundang berbagai macam penyakit yang harus kamu waspadai. 

Ikan Dengan Kandungan Merkuri

Selanjutnya adalah ikan yang aman dikenal memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan omega 3 yang terkandung di dalamnya, dan dikenal mampu mencerdaskan otak. Namun, tidak semua ikan dapat meningkatkan kinerja otak. 

Ada jenis ikan yang justru dapat menurunkan daya ingat otak, yaitu ikan yang memiliki kandungan merkuri. Jenis ikan yang dimaksud adalah ikan tuna, ikan hiu, ikan tenggiri amerika, orange roughy, tilefish, dindara, swordfish hingga albakora kalengan. 

Nah, kamu dianjurkan untuk menghindari konsumsi jenis ikan di atas, karena kandungan merkuri di dalamnya akan mengganggu kesehatan dan fungsi otak. Alangkah baiknya konsumsilah ikan yang bebas dari kandungan merkuri. 

Gula Buatan

Terakhir, adalah gula buatan, yang mana kamu dapat menemukan nya dan menjauhi produksi satu ini dalam berbagai jenis makanan kemasan. Meskipun makna satu ini tidak terlihat selain kasat mata, namun memiliki kandungan yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Gula buatan dapat menurunkan kinerja daya ingat otak, dapat menyebabkan seseorang demensia hingga mengalami diabetes yang kronis. Maka, kamu dianjurkan untuk menghindari konsumsi jenis makanan yang memiliki kandungan gula buatan di dalamnya. 

Demikian pembahasan mengenai jenis makanan yang dapat menurunkan daya ingat. Meskipun Seseorang memegang akan mengalami penurunan daya ingatan seiring bertambahnya usia, namun jika menghindari jenis makanan yang memberikan dampak buruk, maka proses penurunan daya ingat akan terhambat. 

Kamu juga bisa meningkatkan daya ingat dengan mengkonsumsi jenis makanan, buah-buahan, vitamin atau suplemen untuk mengatasinya. Dengan begitu daya ingat kamu akan terjaga dengan baik, dan mempertajamnya kembali.

daya ingatmakanan