7 Makanan yang Bikin Batuk Tambah Parah

Nesiaverse.com – Pada saat batuk yang ternyata harus menghindari makanan tertentu hal ini bertujuan agar kondisi batuk tidak semakin memburuk, lalu apa saja makanan yang bikin batuk tambah parah? Untuk mengetahuinya maka bisa dengan simak ulasannya dibawah ini.

Batuk merupakan salah satu penyakit yang sangat rentan dialami oleh semua kalangan mulai anak-anak hingga orang dewasa, biasanya batuk ini dialami pada saat memasuki musim penghujan atau pancaroba, pada saat musim hujan suhu udara yang akan menjadi lebih rendah bisa membuat virus dan bakteri bisa dengan mudah menyebar.

Berbagai virus dan bakteri ini yang kemudian dapat dengan mudah menginfeksi siapa saja dan juga akan membuat tubuh menjadi lebih rentan mengalami berbagai keluhan kesehatan salah satunya batuk, selain batuk biasanya mengalami juga keluhan lainnya seperti flu dan sebagainya.

Advertisment

Batuk dan juga flu yang biasanya ini yang akan disertai dengan gejala yang akan membuat tubuh menjadi demam dan juga merasa tidak nyaman, salah satunya penyebabnya dari salah mengkonsumsi jenis makanan dan ternyata terdapat sebagian jenis makanan yang dapat membuat penyakit tersebut menjadi semakin memburuk dan parah.

Sehingga dengan begitu sebaiknya jika kamu mengalami keluhan kesehatan seperti batuk untuk mengetahui dengan berbagai jenis makanan yang harus dihindari, tentu saja hal bertujuan agar penyakit tersebut yang tidak semakin parah.

Advertisment

Pada artikel kali ini kita yang akan membahas dengan beberapa jenis makanan yang harus dihindari dan bisa bikin batuk tambah parah, untuk mengetahui lebih lengkapnya bisa dengan simak penjelasannya disini.

Makanan yang Bikin Batuk Tambah Parah

Batuk merupakan salah satu penyakit kesehatan yang umum terjadi dan ini bisa menyebabkan rasa yang tidak nyaman untuk para pengidapnya, beragam gejala yang dialaminya bisa demam, nyeri tenggorokan hingga menggigil dan memang semua gejala tersebut yang bisa menjadi keluhan banyak dirasakan oleh mereka.

Bahkan belakangan ini obat sirup yang banyak menjadi sorotan dikarenakan dianggap bisa meningkatkan risiko penyakit batuk yang lebih berbahaya, sehingga dengan hal ini yang membuat banyak masyarakat yang memilih untuk beralih mengatasi batuk dengan menggunakan cara yang lebih alami.

Beragam cara mengatasi dan mengobati batuk secara alami yaitu dengan memperbanyak asupan air putih, mandi dengan menggunakan air hangat, berkumur dengan air garam, mengkonsumsi makanan yang bernutrisi hingga dengan beristirahat yang cukup.

Berbagai cara di atas yang diyakini menjadi salah satu pilihan yang lebih tepat dan aman untuk membantu menurunkan gejala penyakit batuk, tetapi perlu kamu waspadai dengan beberapa jenis makanan karena tidak semua jenis makanan aman dikonsumsi pada saat batuk.

Terdapat beberapa jenis makanan yang justru bisa memicu gejala batuk yang semakin parah, adapun untuk beberapa jenis makanan yang bikin batuk tambah parah yaitu sebagai berikut:

Makanan yang Pedas

Makanan pedas yang menjadi salah satu jenis makanan disukai banyak orang dimulai dari remaja hingga orang dewasa dan makanan pedas yang dinilai dapat meningkatkan nafsu makan, tetapi ternyata pada saat kamu sedang batuk atau flu sebaiknya untuk menghindari makanan yang pedas satu ini untuk sementara waktu.

Hal ini yang dikarenakan kandungan capsaicin di dalam makanan pedas tersebut dan kandungan ini yang bisa memicu refleks batuk, tidak hanya itu saja kandungan capsaicin tersebut yang bisa meningkatkan jumlah lendir yang bisa memperburuk batuk yang sedang dialami.

Makanan Terlalu Asin

Pada saat kamu sedang merasakan tidak nyaman dengan tubuh dikarenakan batuk maka perlu kamu ketahui untuk menghindari mengkonsumsi makanan yang terlalu asin pada saat batuk, namun kamu yang disarankan untuk berkumur atau memperbanyak minum air putih setelah mengkonsumsi makanan asin pada saat batuk.

Makanan Dengan Tambahan Pemanis

Salah satu jenis makanan yang bikin batuk tambah parah yang harus dihindari yaitu jenis makanan dengan menggunakan tambahan pemanis atau gula dalam jumlah yang terlalu banyak, dengan begitu pada saat kamu sedang batuk sebaiknya untuk menghindari makanan yang menggunakan tambahan pemanis berlebihan.

Dimana menurut jurnal Frontiers Immunology tahun 2017 mengatakan bahwa asupan gula berlebihan di dalam tubuh yang bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dengan begitu fungsinya untuk melawan infeksi menjadi berkurang.

Makanan yang Digoreng

Dengan mengkonsumsi makanan yang digoreng pada saat kamu sedang batuk yang bisa memperburuk kondisi batuk yang sedang dialami, karena makanan yang digoreng ini yang dapat memperburuk peradangan terjadi pada area tenggorokan dan juga memicu penurunan imun tubuh.

Makanan dengan Memiliki Tekstur Keras

Pada saat kamu sedang batuk sebaiknya untuk menghindari mengkonsumsi makanan dengan memiliki tekstur yang keras atau renyah, untuk jenis makanan tersebut seperti biskuit dan sebagainya, karena untuk jenis makanan yang bertekstur kasar atau renyah yang bisa meningkatkan iritasi pada tenggorokan sehingga bisa memperburuk gejala batuk yang sedang dialami.

Cokelat

Salah satu jenis makanan yang bikin batuk tambah parah yang harus dihindari yaitu cokelat, karena jenis makanan yang satu ini yang mengandung kafein didalamnya yang dapat meningkatkan risiko dehidrasi, sehingga dengan begitu akan memperlambat proses pemulihan kesehatan tubuh.

Susu

Pada saat kondisi tubuh yang sedang tidak nyaman dengan mengkonsumsi susu hangat yang dinilai dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk membantu dalam meningkatkan kondisi kesehatan tubuh, salah satu jenis makanan yang bikin batuk tambah parah yaitu harus menghindari minum susu.

Karena pada saat sedang batuk dan meminum susu yang akan membuat jumlah lendir yang menjadi meningkat, bahkan selain itu juga lendir yang akan menjadi lebih menebal serta akan sulit untuk dikeluarkan, tentu saja hal ini yang akan membuat kondisi batuk kamu menjadi semakin parah.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa jenis makanan yang bikin batuk tambah parah yang perlu kamu ketahui dan hindari pada saat batuk, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

batukmakanan