Makanan Untuk Penderita Jantung Bengkak

Nesiaverse.com – Mungkin masih banyak orang yang belum tahu atau bertanya-tanya dengan makanan untuk penderita jantung bengkak, memang makan bisa mempengaruhi kondisi jantung bengkak tersebut sehingga harus lebih berhati-hati dan perlu di perhatikan dengan baik.

Kardiomegali atau jantung bengkak yang merupakan salah satu kondisi pembengkakan pada organ jantung yang bisa membuat ukurannya yang menjadi lebih besar dari ukuran jantung yang normal, dimana untuk kondisi jantung bengkak ini yang bukan sebuah penyakit namun sebuah tanda dari kondisi klinis.

Biasanya jantung bengkak yang timbul diakibatkan dari respon terhadap gangguan pada otot jantung, dimana terdapat dua jenis penyebabnya yaitu kardiomegali dilatasi adalah jantung bengkak yang diakibatkan oleh melonggarnya otot jantung sehingga dengan begitu membuat volume bilik jantung yang menjadi besar.

Advertisment

Penyebab yang kedua yaitu kardiomegali hipertrofi yang dimana kondisi jantung bengkak diakibatkan oleh penebalan otot jantung atau hipertrofi, untuk kondisi ini yang biasanya sering disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi atau hipertensi.

Sehingga dengan begitu untuk penderita jantung bengkak yang perlu melakukan pola hidup sehat agar bisa membantu mengobati jantung bengkak salah satunya menjaga pola makan yang tetap sehat dan untuk kamu yang ingin tahu makanan untuk penderita jantung bengkak bisa simak ulasan di bawah ini.

Advertisment

Makanan Untuk Penderita Jantung Bengkak

Untuk penderita jantung bengkak ternyata untuk mengkonsumsi makanan tidak boleh sembarangan, hal ini dikarenakan dengan mengkonsumsi makanan yang tidak baik atau tidak sehat yang dapat menyebabkan kondisi jantung bengkak yang akan lebih parah.

Makanan yang baik untuk penderita jantung bengkak yaitu berdasarkan dengan makanan yang mempunyai kadar garam yang rendah, biasanya untuk penderita jantung bengkak ini yang disarankan untuk menjalankan aktivitas diet rendah garam.

Garam sendiri yang merupakan mineral yang ditemukan di dalam makanan secara alami dengan memiliki fungsi yaitu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh manusia, dengan mengkonsumsi garam berlebihan yang bisa menaikkan tekanan darah dan juga memperparah kondisi jantung bengkak hal ini karena garam yang menahan lebih banyak cairan dalam tubuh,

Untuk penderita jantung bengkak yang disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung garam tidak lebih dari 1/2 sendok teh atau 1.500 mg, hal ini yang bertujuan untuk mampu mengendalikan gejala penyakit yang dialami dan juga mencegah munculnya masalah yang lebih parah pada jantung.

Adapun untuk beberapa makanan untuk penderita jantung bengkak yang baik untuk dikonsumsinya yaitu sebagai berikut.

Daging

Makanan untuk penderita jantung bengkak yaitu daging yang dimasak sendiri yaitu seperti ayam, sapi, atau ikan dan pastikan membeli daging yang mentah dan masih segar, namun jika membeli daging kemasan di supermarket maka pastikan membelinya lebih teliti karena biasanya terdapat daging yang telah ditambahkan garam dan untuk mengantisipasinya kamu bisa dengan membaca label informasi gizinya yang aman dikonsumsi yaitu kadar  garam kurang dari 5%.

Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran bisa menjadi salah satu makanan untuk penderita jantung bengkak yaitu seperti Apel, Jeruk, Pisang, Alpukat, Mentimun, Selada dan yang lainnya, dimana beberapa buah yang bahkan bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah dan pastikan untuk selalu membeli buah dan sayuran yang segar.

Susu

Produk olahan susu menjadi salah satu makanan yang baik untuk penderita jantung bengkak  yaitu seperti susu dan yoghurt yang mengandung garam sedikit dan aman dikonsumsi, namun jika memiliki produk olahan susu yaitu seperti butter dan keju untuk lebih berhati-hati dan pilih yang kadar garamnya rendah.

Sereal

Makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita jantung bengkak yang terakhir yaitu sereal seperti oatmeal yang dimana ini merupakan salah satu pilihan makanan yang sehat, hal ini dikarenakan makanan oatmeal yang tidak mengandung banyak garam dan juga mengandung serat yang tinggi serta untuk memilih jenis makanan oatmeal yang tawar dan bisa disajikan dengan kacang-kacangan atau buah.

Selain makanan yang tepat dan baik untuk penderita jantung bengkak kamu juga perlu memilih bahan makan yang masih segar dan pada saat mengolahnya pastikan mengurangi tambahan garam serta penyedap rasa yang lainnya, selain itu juga menjauhi makan kaleng atau makan yang memiliki kadar garam yang tinggi.

Dengan mengkonsumsi makanan yang rendah garam yang akan membantu mengurangi jumlah cairan yang tertahan di dalam tubuh, sehingga dengan begitu tekanan darah akan tetap terjaga dan juga beban kerja jantung menjadi berkurang.

Untuk penderita jantung bengkak juga yang disarankan untuk membatasi asupan cairan maksimal 1,5 liter dalam per harinya, namun untuk lebih jelasnya dan mengetahui jumlah cairan yang perlu dicukupi setiap harinya bisa dengan berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu.

Lakukan Hidup Sehat Untuk Hasil Optimal

Namun selain memperhatikan makanan untuk penderita jantung bengkak juga untuk melakukan pola hidup yang sehat, hal ini bertujuan agar kesehatan jantung tetap terjaga dan tetap sehat adapun untuk beberapa cara yang dapat diterapkan yaitu sebagai berikut.

Mengkonsumsi Makanan yang Kaya Serat

Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat di dalamnya yang bisa menyehatkan saluran pencernaan, mencegah kolesterol tinggi dan kadar gula darah yang bisa memperburuk kondisi jantung bengkak dan kamu bisa dengan mengkonsumsinya sekitar 25 hingga 35 gram per hari.

Berolahraga

Untuk penderita jantung bengkak juga yang perlu melakukan olahraga ringan yaitu seperti berjalan pagi, berenang, bersepeda, jogging, dan untuk melakukannya secara rutin selama 30 dalam perharinya hal ini yang akan membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai beberapa makanan untuk penderita jantung bengkak yang bisa kamu ketahui dan pastikan untuk mengkonsumsi makanan yang rendah garam, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

Menjaga Berat Badan

Dengan menjaga berat badan tetap ideal yang bisa membantu mencegah kondisi jantung yang menjadi buruk, dimana kamu bisa dengan menentukan diet yang baik untuk bisa membantu menurunkan berat badan untuk kamu yang memiliki berat badan yang berlebih dengan berkonsultasi dengan dokter.

Mungkin hanya itu saja beberapa makanan untuk penderita jantung bengkak yang bisa kamu ketahui dan kamu juga perlu menerapkan pola hidup yang sehat agar jantung tetap sehat, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

jantung bengkakmakananmakanan penderita jantung bengkak