8 Makanan Untuk Orang Sakit Gigi

Nesiaverse.com – Ketika sakit gigi ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari dan ada makanan khusus untuk orang sakit gigi juga. Sakit gigi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sering kali dianggap remeh, padahal hal ini bisa berkepanjangan dan menyiksa. 

Selain itu, kamu dianjurkan untuk memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi ketika sakit gigi, Karena rasa nyeri yang menyiksa akan membuat kamu mudah emosi hingga mengganggu aktivitas dan produktivitas harian.. 

Selain melakukan perawat intensif, alangkah baiknya kamu mengonsumsi makanan untuk mengatasi sakit gigi selama beberapa hari, hal ini dilakukan agar konsumsi dan aman bagi kesehatan gigi dengan baik lagi. 

Advertisment

Nah, untuk mengetahui jenis makanan yang sehat dan baik untuk orang sakit gigi, kami sudah merangkumnya dalam artikel di bawah ini. Maka, simak dan ikutilah pembahasan lengkapnya dengan begitu bisa kamu jadikan referensi untuk mengonsumsi jenis makanan ketika sakit gigi.

Makanan Untuk Orang Sakit Gigi

Advertisment

Ada banyak jenis makanan untuk orang yang sakit gigi yang mana dinikmati ketika kondisi gigi dan gusi yang terasa nyeri, misalnya bubur dan oatmeal. Selain itu tentunya aman dikonsumsi, makanan ini juga dapat membantu proses pemulihan. 

Makanan untuk orang yang memiliki permasalahan sakit gigi tidak boleh terlalu panas, panas, asm dan dingin apalagi lengket di gigi. Karena makanan jenis tersebut justru dapat menyebabkan gigi ngilu atau memperparah kondisi dari sakit gigi.

Sakit gigi sendiri dapat menimbulkan berbagai permasalahan rasa nyeri yang tidak tertahankan dan menyebabkan mood menjadi jelek. Terkadang kondisi gusi pada gigi yang sakit ini bisa membengkak dan menjadi lebih parah. 

Maka, memang penting untuk mengatasi permasalahan sakit gigi dari segi makanan, yang lembut, mudah dikunyah, tidak membebani gigi hingga mendukung proses penyembuhan yang lebih cepat.

Nah, langsung saja berikut beberapa jenis makanan untuk orang sakit gigi yang bisa dikonsumsi dengan baik. 

Bubur

Di posisi pertama makanan untuk orang sakit gigi adalah bubur, karena bubur cocok dikonsumsi orang sakit, terlebih jika sakitnya dalam perkara gigi. Karena bubur sendiri memiliki tekstur yang aman, lembut dan membuat kamu ketika mengkonsumsinya nyaman tanpa rasa sakit pada gigi.

Selain itu, tekstur bubur yang lembut ini membuatnya mudah ditelan, sehingga tidak akan meningkatkan atau memperburuk kondisi dari rasa sakit pada gigi yang bermasalah tersebut,. Bubur sendiri memiliki rasa yang cukup gurih, sehingga kamu dapat mengkonsumsi bubur ayam. 

Bubur ayam memiliki topping suwiran dari daging ayam, daun seledri, kecap manis dan kuah kaldu. Dimana daging ayam sendiri menjadi sumber protein yang dapat mengurangi resiko dari infeksi. Sehingga nyeri gigi ni dapat berangsur menghilang dan mempercepat pemulihan. 

Jika kamu menginginkan bubur dengan rasa yang lebih manis, kamu bisa mengkonsumsi bubur kacang hijau. Selain memiliki rasa yang enak, kacang hijau sendiri memiliki manfaat untuk mengurangi peradangan pada gusi yang sedang sakit. Namun pastikan tidak terlalu manis, karena dapat memperburuk gejala sakit gigi sendiri. 

Oatmeal

Oatmeal merupakan jenis makanan yang cocok dikonsumsi oleh orang yang sakit gigi dan susah untuk membuka mulut. Makanan satu ini menyerupai bubur, namun memiliki tekstur yang lebih lembut dan mudah ditelan. 

Oatmeal sendiri memiliki kandungan serat yang akan memberikan rasa kenyang lebih lama. Selain itu oatmeal sendiri memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, salah satunya adalah vitamin B, zat besi, zinc, magnesium dan nutrisi itulah yang dapat menambahkan energi ketika kamu sakit. 

Sayuran Rebus

Sayuran rebus termasuk jenis makanan yang dianjurkan untuk makanan orang yang sedang sakit gigi. Karena sayuran rebus sendiri memiliki tekstur yang lebih lunak, sehingga kamu tidak akan mengalami kesulitan ketiak mengunyahnya. 

Selain itu ada banyak ragam sayuran yang enak diolah dengan cara direbus, misalnya kentang, wortel, sayuran berdaun hijau dan labu siam. Selain itu tentu sayuran rebus mudah dikunyah dan ditelan, sayuran rebus juga kaya akan kandungan nutrisi yang bisa membuat kamu cepat sembuh. 

Smoothies dan Jus

Berikutnya adalah smoothies, dimana smoothies sendiri merupakan salah satu jenis olahan dari buah-buahan ataupun sayuran. Sehingga bagi kamu yang takut nyeri ketika mengunyah buah atau sayuran tertentu, kamu tetap dapat mengkonsumsinya dengan olahan atau dalam bentuk smoothies dan jus. 

Selain memiliki rasa yang enak, kedua jenis makanan dan olahan dari buah dan sayur ini tentunya bernutrisi dan sangat sehat. Kamu dapat memilih buah dan sayuran yang tinggi akan kadar antioksidan, misalnya buah apel, jeruk, brokoli, tomat, alpukat hingga stroberi. 

Telur

Salah satu jenis makanan yang bisa dikonsumsi oleh orang yang sakit gigi adalah telur, sebagai salah satu makanan yang mudah diolah dan dikonsumsi oleh gigi, Kamu dapat membuat telur dadar, ceplok, telur orak-arik juga. 

Selain itu, telur juga dapat dikombinasikan dengan jenis bahan-bahan lainnya, misalnya tomat, kol dan sayuran lainnya. Selain aman digigit oleh gigi, makanan satu ini juga memiliki kandungan protein yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh. Maka, mengkonsumsi telur dianjurkan juga untuk kamu. 

Pisang

Buah-buahan pada dasarnya masuk ke golongan makanan yang aman dikonsumsi oleh orang yang sedang sakit gigi, salah satunya adalah buah pisang. Karena memiliki tekstur yang cenderung lembut dan mudah dimakan ketimbang buah seperti apel, jambu ataupun pir. 

Karena buah seperti apel, jambu dan pir ini harus diolah atau dihaluskan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi ketika kamu sakit gigi. Sementara itu, aad jenis buah-buahan seperti pisang, buah naga yang dapat langsung dikonsumsi karena memiliki tekstur yang lembut. 

Tekstur yang lembut inilah yang membuat pisang aman dikonsumsi oleh orang yang sakit gigi. Banyak jenis buah-buahan yang kaya akan gizi, nutrisi, vitamin dan mineral di dalamnya. Maka, sesuaikan saja dengan kemampuan dan keinginan kamu mengonsumsi buah apa, namun kami merekomendasikan pisang. 

Sup Hangat

Selanjutnya, mengkonsumsi sup yang hangat tentunya akan membantu untuk mengurangi rasa nyeri pada gigi. Dimana campuran sup berupa ayam dan sayuran memiliki tekstur yang lembut, sehingga membuat kamu tidak akan mengalami kesulitan untuk mengunyah. 

Selain itu dengan mengonsumsi sup hangat yang merupakan kebutuhan gizi harian untuk tubuhmu akan tetap terpenuhi, tanpa haru menyebabkan nyeri gigi kamu bertambah parah lagi. Maka, sup hangat direkomendasikan sebagai menu makanan untuk orang sakit gigi. 

Pasta

Terakhir adalah pasta, yang mana merupakan jenis makanan yang mengenyangkan tanpa harus repot mengunyahnya ketika sakit gigi. Selain itu pasta juga merupakan pilihan terbaik, karena pasta dapat direbus. 

Pasta yang disebut ini nantinya memiliki tekstur yang cenderung lembut sehingga akan mudah untuk mengunyahnya. Kandungan karbohidrat sendiri di dalam pasta akan membantu kamu lebih kenyang seperti makanan nasi lainya.

Nah, demikian pembahasan mengenai jenis makanan untuk orang sakit gigi, dengan memperhatikan jenis makanan yang tepat akan mendukung proses pemulihan kamu. Selain itu akan menghidrasi kondisi yang membuat gejala sakit gigi kamu lebih parah lagi.

makanansakit gigi