10 Makanan Untuk Meningkatkan HB (Darah)

Nesiaverse.com – Untuk meningkatkan Hb, ada beberapa jenis makanan yang dapat kamu konsumsi. Hal ini dilakukan guna untuk membantu dan menambah Hb darah yang bisa kamu kenali sesuai dengan kandungan nutrisi di dalamnya. Hemoglobin sendiri memiliki fungsi yang mana membantu mengikat oksigen yang ada di dalam sel darah merah, yang kemudian diangkut ke seluruh tubuh. Sehingga penting untuk memperhatikan cara meningkatkan Hb dalam tubuh. 

Karena jika kadar Hemoglobin di dalam tubuh kamu rendah, maka akan berpengaruh terhadap fungsi tertentu, yang mana akan terganggu. Selain itu hal inilah yang akan menyebabkan kamu jadi merasa lebih mudah lelah, kecapekan letih, lesu, pusing dan berbagai macam gangguan lainnya. Sehingga penting untuk mengetahui jenis-jenis makanan untuk meningkatkan Hb. 

Daftar Makanan Untuk Meningkatkan HB (Darah)

Advertisment

Seseorang akan dikatakan memiliki kadar Hb yang rendah ketika memiliki kurang dari 13,5 gr/dL Hb di dalam darah bagi seorang pria. Kemudian untuk seorang wanita akan dikatakan kurang Hb ketika kadarnya kurang dari 12 gr/ dL. Penyebab terjadi kadar Hb yang rendah ini bisa dikarenakan oleh banyak penyebab, salahs atunya anemia, defisiensi besi kehamilan gangguan ginjal, gangguan pada hati, penyakit kronis hingga beberapa kasus yang tidak memiliki faktor penyebab yang endasainya. Bahkan tidak terdapat gejala atau indikasi apapun bisa memiliki Hb yang rendah.

Advertisment

Dalam catatan WHO atau World Health Organization, dijelaskan, bahwa kadar hemoglobin yang normal, adalah sebagai berikut. 

  • Aba usia 6 bulan hingga 6 tahun : 11,0 gr/ dL
  • Anak usia 6 tahun hingga 14 tahun : 12,0 gr/ dL 
  • Pria dewasa : 13,0 /dL
  • Wanita dewasa : 12,0/dL

Ketika hemoglobin seseorang berada di bawah angka tersebut, maka dirinya menderita HB rendah. Ketika kadar Hb rendah, maka hal ini berkaitan dengan beberapa jenis gejala penyakit seperti anemia, kekurangan gizi, kehamilan, thalassemia dan lainnya. Rendahnya kadar Hb dalam tubuh ini juga memiliki beberapa gejalanya. Sehingga ketika kamu menyadarinya lebih awal, maka dapat menghindari dari berbagai jenis risiko yang buruk. 

Jika kadar Hb di dalam tubuh rendah, maka akan menghambat fungsi dalam tubuh yaitu penyebaran oksigen. Sehingga kamu harus mengetahui cara untuk mengatasi Hb rendah, salah satunya adalah mengonsumsi obat dan mengkonsumsi beberapa jenis makanan untuk meningkatkan HB. 

Makanan yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan Hb adalah jenis makanan yang tinggi kandungan vitamin C, vitamin A, beta karoten, vitamin B12, Asam folat dan zat besi. 

Nah, langsung saja, berikut kami sudah merangkum beberapa jenis makanan untuk membantu meningkatkan Hb di dalam darah. 

Bayam

Pada posisi pertama, jenis makanan untuk meningkatkan Hb yang baika dalah sayur bayam. Makanan satu ini mampu menaikkan Hb darah dengan cepat, sayuran berdaun gelap ini merupakan sumber zat besi yang cukup tinggi. Setengah porsi dari sayur bayam ini memiliki 3 miligram zat besi di dalamnya. Selain bayam, kamu dapat mengkonsumsi sayur kangkung atau brokoli. 

Nah, supaya nutrisi bayi terjaga dan tidak hilang, maka kamu pastikan saja cara pengolahannya yang baik. Hindari cara pengolahan yang terlalu lama atau tidak sehat. Kamu juga disarankan mengkonsumsi sayur bayam yang dipanaskan. Karena sayuran bayam sendiri hanya bertahan dalam jangka konsumsi 5 jam setelah dimasak. Lewat dari 5 jam, kamu tidak boleh mengkonsumsinya. 

Ikan Berlemak

Berikutnya, kamu dapat mengkonsumsi ikan berlemak sehat, diantaranya ada ikan sarden, ikan tuna dan ikan salmon. Jenis ikan berlemak sehat ini umumnya akan anak mudah ditemukan. Ikan berlemak memiliki kandungan lemak sehat, yang mana memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Selain itu dalam 1 porsi ikan tuna, memiliki 1 miligram zat besi. 

Kemudian dalam ikan, terdapat asam lemak omega-3 yang bisa bermanfaat untuk sirkulasi darah dalam tubuh. Kemudian kandungan asam lemak inilah yang akan membantu meningkatkan pelepasan oksida nutrisi, melebarkan pembuluh darah hingga meningkatkan aliran darah dalam tubuh. 

Seafood

Siapa sangka jika seafood termasuk jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk membantu meningkatkan kadar Hb dalam tubuh. Ada beberapa jenis seafood yang memiliki manfaat untuk menambah Hb dalam tubuh, yaitu udang, kerang, kepiting. 

Dengan mengonsumsi makanan laut sekitar 100 gram, maka sudah bisa memberikan asupan zat besi yaitu sekitar 28 miligram dalam satu porsinya. Meskipun dapat memabukan kadar Hb dalam tubuh, kamu tetap harus memperhatikan jumlah seafood yang dikonsumsi. Amannya mengkonsumsi seafood adalah sekitar 226 gram seafood hanya dalam seminggu. 

Kacang, Biji-bijian dan Sereal

Selanjutnya,ada jenis kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang kedelai yang memiliki manfaat untuk meningkatkatkan kadar HB dalam tubuh. Yang mana nantinya kamu dapat mengkonsumsinya dengan ukuran setengah cangkir, rata-rata memiliki kandungan 2 miligram zat besi yang dibutuhkan untuk meningkatkan HB. 

Tidak hanya kacang-kacangan saja, karena biji-bijian dan sereal juga memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Misalnya biji wijen, biji labu, sereal oat, whole grain cereal, bran cereal, sereal jelai, sereal organik, kuasi dan lainnya. Semuanya memiliki manfaat untuk mendukung meningkatkan Hb dalam tubuh. 

Tomat

Tomat merupakan salah satu jenis buah atau sayuran yang memiliki manfaat yang luar biasa. Memiliki kandungan vitamin C dan asam folat di dalamnya, maka dapat membantu meningkatkan sel darah merah dengan baik. 

Vitamin C pada tomat ini memiliki peranan yang penting dalam penyerapan zat besi, sehingga akan membantu untuk melancarkan produksi dari sel merah. Selain itu tomat memiliki manfaatnya tersendiri untuk menambah Hb. Tomat diperkaya antioksidan di dalamnya, sehingga mampu menyehatkan jantung dan menjaga fungsi penglihatan.

Tahu

Tahu merupakan salah satu jenis makanan yang terbuat dari kacang kedelai, yang aman memiliki jumlah zat besi yang cukup tinggi. Tahu sebanyak 126 gram ini memiliki 2,4 miligram zat besi di dalamnya. Nah, kandungan tersebut setara dengan 19%, sehingg mamapu emnyumbang kebtuhan asupan nutrisi harian ke dalam tubuh dengan baik juga. 

Zat besi di dalam tahu memiliki fungsi untuk meningkatkan kadar hobgoblin dalam tubuh. Selain itu mengkonsumsi tahu yang termasuk makanan dengan kandungan rendah kalori sekaligus mengandung protein nabati yang baik untuk tubuh. 

Telur Ayam

Telur ayam dikenal dengan kandungan yang kaya akan protein dan mineral, selain itu telur ayam juga memiliki akd naungan zat besi yang baik. Dengan mengkonsumsi satu butir telur ayam rebus yang matang, maka kamu sudah memenuhi asupan kebutuhan zat besi dalma tubuh sebanyak 1 miligram. Makanan satu ini memiliki kandungan nutrisi lainnya, yaitu karbohidrat, kalsium vitamin B1 dan vitamin B2. 

Buah Bit

Buah bit termasuk ke dalam jenis makanan untuk meningkatkan Hb dalam tubuh. Buah bit bukan hanya tinggi akan kandungan zat besi yang baik untuk peningkatan Hb saja. Namun, buah bit jua memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi, kalsium dan serat. Sehingga mampu bekerja dengan baik untuk sel darah merah dalam tubuh. Umumnya, buah bit dikonsumsi dengan cara diolah menjadi jus. Kamu dapat mengkonsumsi buah bit sebagai makanan untuk meningkatkan Hb dalam tubuh. 

Hati

Hati dapat menjadi salah satu jenis makanan yang mampu meningkatkan Hb dalam tubuh. Kamu dapat mengonsumsi jenis hari ayam maupun hati sapi, keduanya memeilki zat besi yangs ama baiknya dan dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan Hb. Selain itu hati termasuk salah satu jenis makanan yang tinggi atau kaya akan kandungan vitamin A, yang mampu membantu proses penyerapan zat besi secara maksimal. Maka, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi jenis makanan satu ini. 

Cokelat Hitam

Terakhir, adalah coklat hitam yang memiliki kandungan lebih dari 80% kakao, yang mana dipercaya mampu meningkatkan kadar Hb di dalam darah. Hal ini karena kandungan zat besi didalam coklat hitam yang cukup tinggi dan mampu memenuhi kebutuhan tubuh. 

Dalam satu bungkus coklat hitam yang memiliki berat 28 gram, terdapat kandungan zat besi sebanyak 3,5 gram. Selain itu terdapat berbagai jenis nutrisi lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh, misalnya seperti antioksidan dan serta probiotik di dalam tubuh. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa rekomendasi jenis makanan yang dapat kamu konsumsi untuk meningkatkan Hb dalam darah. Sehingga kamu akan terhindar dari berbagai macam risiko penyakit dan gangguan tubuh lainnya.

Selain mengonsumsi makanan untuk meningkatkan kadar Hb, kamu juga dianjurkan mengonsumsi suplemen yang diberikan oleh dokter, sehingga bekerja secara maksimal nantinya.

hbmakakan