5 Makanan Untuk Menaikkan Tensi Darah Rendah

Nesiaverse.com – Hipotensi atau tekanan darah rendah yang merupakan salah satu masalah kesehatan yang kerap dialami kebanyakan orang, sehingga untuk penderita tekanan darah rendah perlu mengetahui jenis makanan untuk membantu menaikkan tensi darah rendah.

Tekanan darah rendah atau hipotensi merupakan salah satu kondisi tekanan darah yang berada di bawah ambang batas normal yaitu sekitar 90 hingga 60 mmHg, sehingga untuk mereka yang memiliki tekanan darah yang kurang dari ambang batas tersebut maka mereka termasuk ke dalam penderita tekanan darah rendah atau hipotensi.

Untuk mengetahui jika kamu mengalami tekanan darah rendah yaitu biasa dengan diikuti oleh berbagai gejala diantaranya seperti panas dingin, jantung berdebar kencang, mual, kehilangan keseimbangan, pandangan buram, lemas, pusing, dehidrasi, napas pendek dan bahkan hingga pingsan.

Advertisment

Biasanya gejala tersebut yang dapat bertahan sementara dan nantinya akan mereda jika sudah beristirahat dan juga minum air putih, selain itu juga untuk mengatasi masalah kondisi seperti ini bisa dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan dan minuman yang akan membantu untuk menaikkan tensi darah rendah.

Memang terdapat beberapa jenis makanan dan juga minuman yang direkomendasikan dikonsumsi oleh penderita darah rendah atau hipertensi, dimana makanan dan minuman tersebut yang diyakini bisa membantu dalam menaikkan tekanan darah yang awalnya rendah ke ambang batas normal.

Advertisment

Untuk kamu yang belum tahu dan ingin mengetahui apa saja jenis makanan yang bisa dikonsumsi oleh penderita tekanan darah rendah atau hipotensi yang dapat menaikkan tensi darah rendah, maka untuk itu kamu bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini.

Makanan Untuk Menaikkan Tensi Darah Rendah

Tekanan darah seseorang sepanjang harinya yang dapat berubah-ubah dan hal ini yang dapat dipengaruhi dengan posisi tubuh, seperti pada saat bangun tidur yang secara tiba-tiba yang dipastikan tekanan darah akan turun.

Tekanan darah rendah kamu bisa mengatasi dengan mencoba untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang akan membantu untuk menaikkan tensi darah rendah, adapun beberapa jenis makanannya yaitu sebagai berikut:

Sayuran dan Kacang-kacangan

Beragam jenis sayuran dan kacang-kacangan yang dipercaya bisa membantu untuk menaikkan tekanan darah rendah dan ini menjadi salah satu jenis makanan direkomendasikan untuk penderita tekanan darah rendah, hal ini dikarenakan makanan dari berbagai sayuran dan kacang-kacangan yang mengandung asam folat didalamnya.

Untuk berbagai jenis makanan yang mengandung asam folat didalamnya yaitu seperti sayuran hijau, brokoli, bit, buah jeruk, kacang polong, biji-bijian, kacang-kacangan dan juga gandum, kamu bisa mengkonsumsi makanan tersebut untuk membantu menaikkan tensi darah rendah.

Air Putih

Tekanan darah rendah yang bisa diakibatkan karena tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan, sehingga dengan begitu agar tubuh tetap terhidrasi dan terhindar dari tekanan darah rendah maka kamu bisa dengan minum air putih yang cukup setiap harinya yang akan menjadi salah satu solusi alternatif untuk membantu menaikan tekanan darah rendah.

Telur

Telur termasuk ke dalam salah satu jenis makanan untuk membantu  menaikkan tensi darah rendah, pasalnya telur yang mengandung vitamin B12 yang sangat tinggi di dalamnya dan kandungan vitamin ini yang dibutuhkan untuk penderita tekanan darah rendah atau hipotensi.

Kamu bisa dengan mengkonsumsi telur ini secara rutin dengan mengolahnya ke dalam berbagai cara seperti di rebus, kari, orak arik atau masakan lainnya, dengan asupan vitamin B12 terpenuhi sehingga terhindar dari anemia atau bahkan penurunan tekanan darah yang sangat drastis.

Teh dan Kopi

Ternyata teh dan kopi termasuk ke dalam salah satu jenis minuman untuk membantu menaikkan tensi darah rendah, dimana teh dan kopi ini yang mengandung kafein didalamnya yang memiliki peran penting untuk membantu dalam meningkatkan tekanan darah ke batas normal.

Dengan kandungan kafein yang terkandung didalam teh dan kopi ini yang akan merangsang sistem kardiovaskular dan juga membantu untuk meningkatkan detak jantung, kamu bisa mengkonsumsi secara rutin untuk mengatasi masalah tekanan darah rendah.

Garam

Untuk penderita tekanan darah rendah atau hipotensi sebaiknya untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung garam didalamnya, dimana garam atau natrium klorida ini yang bisa mempengaruhi pada hormon yang akan mengontrol keseimbangan air tubuh.

Dengan asupan garam yang tinggi bisa membantu untuk menaikkan tensi darah rendah, kamu bisa dengan menambahkan garam dalam menu makanan seperti membumbui makanan dengan garam, menambahkan sejumput garam ke dalam segelas air, memilih cemilan yang rasanya asin dan jua mengkonsumsi makanan asin seperti ikan teri atau zaitun.

Mungkin hanya itu saja beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa kamu konsumsi secara rutin untuk membantu menaikkan tensi darah rendah, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

darah rendahmakanan