10 Makanan Penurun Darah Tinggi Dengan Cepat

Nesiaverse.com – Ada beberapa jenis makanan penurun darah tinggi dan bekerja dengan cepat. Sehingga kamu bisa menghindari konsumsi penggunaan obat-obatan medis, hingga mencegah kambuhnya dikemudian hari. Tekanan darah tinggi atau lebih dikenal dengan Hipertensi sendiri adalah penyakit yang diam-diam mengidap seseorang. Salah satu upaya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. 

Darah tinggi sendiri bukanlah penyakit, namun darah tinggi dapat mengancam kesehatan. Bahkan dalam beberapa kasus dapat mengganggu dan merusak organ vital manusia, hingga menyebabkan stroke sekalipun. Maka, alangkah baiknya untuk menyadari sejak dini dan melakukan tindak pencegahan. 

Makanan Penurun Darah Tinggi Dengan Cepat

Advertisment

Salah satu faktor pemicu seseorang terkena tekanan darah tinggi tanpa disadari adalah pola hidup yang tidak sehat. Kondisi inilah yang mampu membuat tekanan darah kamu menembus angka 130/80 hingga lebih dari itu. Tentunya hal ini akan membahayakan, karena pada kondisi awalnya penderita darah tinggi tidak menyadarinya. 

Advertisment

Gejala yang muncul karena tekanan darah tinggi juga cukup parah. Dalam beberapa kasus darah tinggi bisa memicu berbagai gangguan kesehatan hingga struk bahkan kematian. Salah satu faktor terjangkitnya tekanan darah tinggi adalah faktor keturunan, sehingga bagi kamu yang memiliki riwayat keluarga dengan hipertensi harus melakukan tindakan pencegahan mulai dari sekarang.

Salah satu tindak pencegahan yang bisa kamu lakukan adalah dengan membatasi gaya dan pola hidup serta mengonsumsi makanan yang mampu mencegah hingga membantu penurunan darah tinggi. Hal ini dikarenakan kamu harus membatasi asupan garam yang didapat dari makanan. Dengan menurunkan risiko dan tekanan darah tinggi kamu akan mendapatkan hidup yang sehat. 

Berikut beberapa jenis makanan yang dapat kamu konsumsi untuk penurunan darah tinggi dengan cepat.

Mentimun

Salah satu penyebab darah tinggi naika dlah ketika banyaknya kadar natrium atau garam dalam tubuh, yang berasal dari makanan. Kadar garam yang berlebihan didalam tubuh akan mengikat banyak cairan tubuh. Kondisi inilah yang dapat memicu volume darah dalam tubuh meningkat dan terjadilah tekanan darah tinggi. 

Mentimun merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan kandungan kalium. Kalium sendiri adalah senyawa elektrolit yang berfungsi untuk mengikat atrium atau kandungan dalam garam yang berada di dalam ginjal dan tertahan. Maka, dengan mengonsumsi mentimun, kamu dapat meredakan dan penurunan darah tinggi akan terjadi dengan cepat. Karena mentimun berkea dengan langsung mengikat sumber darah tinggi .

Selain itu mentimun memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C, antioksidan dan kalium. Nutrisi dalam mentimun ini juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh. Maka, konsumsilah mentimun untuk meredakan darah tinggi kamu. 

Sayuran Hijau

Sayuran hijau merupakan makanan yang kaya akan nutrisi dan vitamin bagi kesehatan tubuh. Sayuran hijau sendiri dapat bekerja untuk membantu penurunan darah tinggi dengan cepat. Hal ini dikarenakan kandungan kalium yang akan membantu ginjal, dimana bekerja untuk menyingkirkan natrium atau garam melalui urine. Hal inilah yang akan membantu penurunan tekanan darah tinggi pada tubuh seseorang. 

Selain itu sayuran juga memiliki kandungan serat yang baik dalam tubuh. Jenis sayuran hijau yang bisa kamu konsumsi adalah bayam, kubis, selada, lobak dna masih banyak lagi sayuran hijau yang bisa kamu manfaatkan. Dalam mengkonsumsi sayuran hijau hindarilah mengkonsumsinya dengan pengolahan yang salah, karena akan mengubah konsistensinya. Hindari juga konsumsi sayuran dalam kemasan atau instan, karena rentan dengan kadar natrium di dalamnya. 

Susu Skim dan Yogurt

Susu skim dan yogurt merupakan salah satu jenis makanan yang bisa kamu konsumsi dna dapat meredakan tekanan darah tinggi. Susu skim memiliki kandungan kalsium yang sangat baik, selain itu kadar lemak di dalamnya sangatlah rendah. Jika kamu tidak memiliki susu skim, maka bisa menggantinya dengan yogurt, Dalam sebut penelitian American Heart Association, dikatakan bahwa wanita yang mengkonsumsi yogurt lima porsi dalam seminggu berhasil mengurangi 20% tekanan darah tinggi dalam tubuh. Maka, kamu juga dapat mengkonsumsi susu skim dan yogurt untuk kesehatan tubuh.

Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu makanan yang memiliki kadar natrium dan lemak yang sangat rendah. Namun oatmeal sendiri memiliki kadar serat yang sangat tinggi. Sehingga cocok dikonsumsi bagi penderita tekanan darah tinggi. Oatmeal bisa kamu jadikan menu sarapan maupun makan malam. Kamu bisa mengkombinasikan oatmeal dengan menggunakan buah segar maupun sedikit madu untuk perasa. Pastikan mengkonsumsinya dalam jumlah yang tepat, tidak berlebihan.

Ikan

Ikan merupakan salah satu sumber protein yang baik. Makanan satu ini bekerja ampuh untuk menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan The Journal Nutrition dikatakan bahwa, makan ikan sebanyak 3 kali dalam seminggu dapat meningkatkan penurunan tekanan darah sistolik selama 8 minggu mendatang. 

Dalam sebuah penelitian juga dikatakan bahwa kandungan asam lemak omega 3 pada ikan, memiliki khasiat untuk penurunan tekanan darah tinggi. Maka, mengkonsumsi ikan menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan sebagai upaya penurunan tekanan darah tinggi. Konsumsilah jenis ikan yang baik dan tidak memiliki kadar merkuri yang tinggi. 

Biji Rami

Biji rami masuk ke deretan makanan penurun darah tinggi dengan cepat. Pasalnya biji rami memiliki kandungan omega 3 di dalamnya, atau biasa disebut dengan flaxseed, yang mampu mengatasi tekanan darah tinggi dan meredakannya dengan cepat. Dalam sebuah penelitian di journal Hypertension pada tahun 2013, dikatakan bahwa mengkonsumsi biji rami dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah selama 6 bulan pada penderita tekanan darah tinggi. Selain kandungan omega 3, biji rami juga memiliki kandungan asam alfa linolenat, peptida, lignan dan serat sehingga selain memnuhi kebutuhans eshari-hari daris erat, tentunya berpengaruh baik bagi tekanan darah penderita darah tinggi. 

Cokelat Hitam

Coklat hitam merupakan salah satu jenis makanan penurun darah tinggi dengan cepat. Hal ini dibuktikan dalam jurnal BMC Medicine pada tahun 2010 lalu. Coklat hitam atau dark chocolate memiliki kandungan flavonoid yang kaya disertai sifatnya yang antioksidan. Sehingga dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat. 

Flavonoid merupakan salah satu kandungan coklat hitam yang membantu pembentukan oksida nitrat. Dengan itu dapat bekerja melebarkan pembuluh darah, sehingga aliran darah dalam tubuh menjadi lancar. Konsumsilah coklat hitam dengan kandungan kakao sebanyak 70%. Karena semakin tinggi kandungan kakao dalam sebuah coklat, maka semakin baik dikonsumsi bagi kesehatan kamu. 

Kacang Pistachio

Kacang pistachio merupakan salah satu jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi penderita darah tinggi. Sebab, kacang pistachio memiliki kandungan lemak sehat disertai sumber protein dan serta yang baik. Dalam sebuah studi di US National Library of Medicine dikatakan, dengan mengonsumsi kacang pistachio satu porsi perhatinya akan membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Selain itu kacang satu ini juga mampu menurunkan risiko jantung, menurunkan kadar kolesterol. Maka, kamu dapat mengkonsumsinya sebagai salah satu komponen pelengkap salda maupun cemilan harian. 

Itulah pembahasan mengenai beberapa jenis makanan penurun darah tinggi dengan cepat. Dengan mengkonsumsinya kamu bisa mengatasi gejala tekanan darah tinggi, sehingga terhindar dari berbagai gejala kesehatan lainnya. Konsumsilah makanan sehat yang sudah kami rekomendasikan diatas jangan lupa untuk menyeimbanginya dnegan pola hidup sehat seperti berolahraga.

darah tinggimakanan