10 Makanan Peninggi Badan Untuk Anak Hingga Dewasa

Nesiaverse.com – Dengan mengonsumsi makanan peninggi badan, tentunya bermanfaat khususnya bagi anak-anak dan remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan. Selain faktor genetika dari orang tua, jenis makanan juga akan menentukan dan dapat membantu menambah tinggi badan seseorang. Maka ketahuilah jenis makanan yang dapat mempercepat tumbuh tinggi badan kamu.

Ada beragam jenis makanan yang dapat membantu kamu mendapatkan asupan yang dibutuhkan oleh tubuh. Diantaranya memiliki manfaat baik untuk membantu tumbuh tinggi dan perkembangan badan dengan sehat. Gizi yang didapat dari jenis makanan yang kamu konsumsi memiliki peranan penting terhadap tubuh kamu. Maka, konsumsilah makanan sehat yang kaya nutrisi sekaligus menambah tinggi badan. 

Makanan Peninggi Badan Untuk Anak Hingga Dewasa

Advertisment

Umumnya, seseorang memiliki tinggi badan tidak jauh berbeda dan nyaris bergantung pada faktor genetika, yaitu dari orang tua. Jika orang tua kamu tinggi maka kemungkinan besar kamu juga memiliki tinggi badan yang sama Namun, jika justru kamu memiliki orang tua yang pendek, maka kemungkinan besar kamu juga memiliki tinggi badan yang cenderung pendek. 

Advertisment

Meskipun begitu, kamu bisa mengusahakan untuk menambahkan tinggi badan, dimana olahraga dan jenis makanan peninggi badan bisa kamu manfaatkan. Selain itu kamu juga bisa sekaligus menjaga kondisi kesehatan tulang, persendian sehingga tubuh kamu sehat dan kuat. Dalam sebuah makanan yang sehat memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang baik. Diantaranya adalah protein. 

Protein dalam sebuah makanan memiliki peranan yang cukup penting, khususnya pada proses perkembangan tubuh. Dalam prosesnya sendiri akan mengalami perbaikan jaringan yang mendorong fungsi dari sistem imun atau kekebalan tubuh seseorang. Selain itu kandungan gizi dalam makanan seperti vitamin D, magnesium, fosfor dan kalsium lah yang akan membantu menjaga kesehatan tulang dan sendiri. Sehingga proses pertumbuhan seseorang akan bekerja dengan baik.

Dalam sebuah penelitian pun dikatakan bahwa probiotik dalam jenis makanan tertentu merupakan salah satu jenis bakteri yang menguntungkan. Probiotik sendiri bisa kamu dapatkan dalam makanan yang difermentasi sehingga dapat membantu pertumbuhan anak. Dilansir dari laman Health Line, berikut beberapa jenis makanan peninggi badan yang bisa kamu konsumsi dan manfaatkan khasiatnya. 

Kacang

Kacang merupakan salah satu makanan yang menjadi sumber protein baik berkumpul. Dengan mengkonsumsi kacang bisa membantu dan menambah tinggi badan kamu dengan baik. Kacang memiliki kandungan protein yang dapat meningkatkan kadar faktor pertumbuhan yang baik, misalnya insulin 1 atau IGF-1. Selain itu mampu meningkatkan kadar hormon penting yang membantu mengontrol pertumbuhan pada anak-anak.

Kacang memiliki kandungan vitamin B yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya darah rendah atau kurangnya sel darah merah pada seseorang. Kacang juga memiliki kandungan zat besi untuk pertumbuhan jaringan, selain itu terdapat kontribusi langsung terhadap pertumbuhan yang terhambat bagi anak-anak. Selain itu dengan mengkonsumsi kacang kamu akan mendapatkan nutrisi lainnya seperti kandungan serat yang tinggi, mangan, seng, magnesium dan tembaga. 

Sayuran Hijau

Sayuran memang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, begitu pula sebagai makanan peninggi badan. Sayuran hijau seperti kangkung, bayam, kol dan gula memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Sayuran hijau sendiri memiliki kandungan vitamin C, kalsium, magnesium, potasium dan zat besi yang terkonsentrasi dengan baik. Bahkan memiliki kandungan vitamin K yang dapat meningkatkan kepadatan tulang dalam tubuh. Sehingga dengan begitu dapat mendukung perkembangan dan membantu proses peninggian badan.

Dalam sebuah studi yang melibatkan 103 orang wanita, menunjukan bahwa dengan asupan sayuran hijau yang dikonsumsi secara teratur, memiliki resiko yang lebih rendah dalam proses penurunan massa tulang. Sehingga dapat ditarik kesimpulan jika jenis makanan seperti sayuran hijau memiliki manfaat bagi kesehatan dna massa tulang. Dengan demikian, sayuran hijau memiliki peranan penting sebagai makanan peninggi badan pada seseorang.

Almond

Almond merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral ALmond merupakan jenis makanan peninggi badan yang bisa kamu konsumsi. Selain itu, almond juga memiliki kandungan lemak sehat yang diperlukan tubuh, diantaranya terdapat mangan, magnesium dan memenuhi kebutuhan serat dengan baik. 

Almond memiliki kandungan vitamin E yang tinggi, sehingga dapat berfungsi sebagai antioksidan dan membantu pertumbuhan kembang anak yang sebelum terhambat. Kesehatan tulang juga bisa terjaga dengan mengkonsumsi almond. Dalam sebuah penelitian, dimana terdapat 14 orang yang mengkonsumsi almond ditemukan pembentukan osteoklas, itu merupkaan salh satu jenis sel yang dapat memecahkan jaringan tulang.

Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan salah satu makanan yang sehat dan kaya akan vitamin A. Dengan mengkonsumsi ubi jalar kamu dapat meningkatkan kesehatan serta massa tulang dalam tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsi ubi jalar dapat membantu kamu menambah tinggi badan hingga mempertahankan tinggi badan. Ubi jalar sendiri memiliki kandungan serat larut dan tidak lurus. Sehingga dapat membantu untuk meningkatkan kelancaran pada sistem pencernaan sekaligus membantu pertumbuhan bagi bakteri baik di usus. 

Dnegan cara mmepertahankan mikrobioma usus yangs ehat pada tubuh, kamu dapat meningkatkan penyerapan nutrisi. Sehingga akan menyerap dan mendapatkan vitamin serta mineral yang cukup bagi pertumbuhan dan perkembangan badan. Selain itu banyaknya kandungan vitamin C, mangga, Vitamin B6 dan kalium yang akan meningkatkan sistem imunitas tubuh seseorang.

Telur

Telur merupakan salah satu jenis makanan yang menjadi sumber nutrisi yang baik bagi tubuh. Telur kaya akan sumber protein, bahkan memiliki kandungan 6 gram protein dalam satu butirnya. Telur juga memiliki kandungan mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Diantaranya, kamu bisa mendapatkan jenis vitamin D yang mampu meningkatkan penyerapan kalsium sehingga dapat menjaga kesehatan tulang. Maka, telur cocok untuk kamu konsumsi sebagai makanan penambah tinggi badan. 

Dalam sebuah studi kecil juga dikatakan, memberikan makan-anak kadar vitamin D rendah suplemen vitamin D, mampu membantu dna menghasilkan peningkatan pertumbuhan anak dalam periode 6 bulan saja. Bahkan dalam penelitian lainnya dikaitkan dari 874 anak mengalami peningkatan tinggi badan setelah mengkonsumsi telur secara teratur. Maka, kamu bisa mengonsumsi telur sebagai salah satu menu makanan peninggi badan. 

Susu

Susu merupakan salah satu komponene kunci dari diet yangs ehat dna menyeluruh. Susu juga memiliki fungsi untuk penambahan tinggi badan seseorang. Hal ini dikarenakan nutrisi yang penting bagi kesehatan tulang, diantaranya kalsium, fosfor dan magnesium. Selain itu, susu memiliki kandungan yang kaya protein, kamu bisa mendapatkan kandungan 8 gram protein dengan mengonsumsi satu cangkir susu. 

Susu sapi juga dapat merangsang proses peningkatan pertumbuhan anak-anak, yang mana dapat membantu mendukung penambahan berat badan serta pembentukan otot pada seseorang. Namun, jika kamu memiliki alergi dan intoleransi sebaiknya kamu menghindari susu dan mengkonsumsi makanan peninggi badan lainnya. 

Salmon

Salmon merupakan salah satu jenis ikan berlemak yang memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang cukup tinggi. Sehingga ikan salmon sendiri bermanfaat untuk membantu dna menjaga kesehatan dari jantung, sehingga penting untuk pertumbuhan dan perkembangan seseorang. Dalam beberapa penelitian juga dikatakan bahwa asam lemak omega 3 ini memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan meningkatkan penggantian tulang untuk memaksimalkan proses pertumbuhan. Sehingga kamu bisa mengkonsumsi ikan salmon untuk membantu pertumbuhan tinggi badan dengan baik.

Demikian pembahasan mengenai jenis makanan yang bisa membantu pertumbuhan badan dengan sehat dan alami. Dengan mengonsumsi makanan tersebut akan menopang proses peninggian badan dengan baik. Seimbangilah dnegan melakukan kegiatan olahraga yang mambantu pertumbuhan tulang dan menjaga kesehatan tulang seseorang. Sehingga tidak hanya tinggi badan yang kamu dapatkan saja, namun kamu juga memiliki kesehatan badan yang terjaga.

makanan peninggi badantinggi badan